Sponsors Link

9 Manfaat Eksfoliasi untuk Wajah

Sponsored Links

Kulit wajah yang mulus dan bersinar, merupakan dambaan hampir setiap wanita. Yah, wanita mana yang menolak tampil cantik dan memesona? Karena itu banyak sekali ritual perawatan kulit wajah yang dilakukan. Yang paling mendasar, yaitu membersihkan wajah dengan pembersih dan penyegar, dan memakai tabir surya untuk melindungi wajah, pelembab, dan sebagainya. Akan tetapi, membersihkan, melembabkan, dan tabir surya saja tidak cukup, sebab sel – sel kulit mati yang terdapat di kulit wajah tidak akan hilang hanya dengan susu pembersih.

Apa gunanya eksfoliasi wajah?

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit wajah, adalah cara untuk meluruhkan sel-sel kulit mati yang tidak meluruh dengan sendirinya. Tubuh kita mempunyai siklus regenerasi sel nya sendiri. Namun, sesuai pertambahan usia, proses regenerasi sel akan melambat. Inilah penyebab wajah bisa tampak kusam, kering dan kasar, yaitu karena sel sel kulit mati yang menumpuk tidak meluruh sebagaimana mestinya. Utamanya, eksfoliasi kulit wajah bermanfaat untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati. Khususnya, eksfoliasi yang dilakukan secara teratur juga mempunyai manfaat seperti berikut ini:

  1. Menghilangkan komedo dan mencegah jerawat, membersihkan kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk yang menyumbat pori – pori. (Baca juga tentang : cara menghilangkan komedo secara alami)
  2. Mengembalikan kesegaran, kehalusan dan kelembaban wajah. Dengan kata lain dapat juga mencegah penuaan dini pada wajah, mengatasi kulit yang keriput. (Baca juga : cara mencegah penuaan dini  dan penyebab kulit  keriput di usia muda)
  3. Mencegah kulit muka berminyak berlebihan. ( Simak juga cara mengatasi muka berminyak)
  4. Membantu proses regenerasi atau peremajaan sel kulit baru, menipiskan noda atau flek pada wajah termasuk noda bekas jerawat. (Baca juga: manfaat daun kelor bagi kecantikan, masker untuk kulit kering dan flek hitam) .
  5. Mencerahkan kulit yang kusam
  6. Memaksimalkan manfaat produk perawatan kulit wajah . Jika  pori – pori kulit wajah terhalang oleh penumpukan sel – sel kulit mati, produk perawatan wajah yang digunakan tidak akan terserap sempurna.

Memaksimalkan manfaat eksfoliasi

Untuk memaksimalkan manfaat yang didapat dari perawatan eksfoliasi,  sebelumnya Anda harus mengenali kondisi kulit wajah sendiri, apakah normal, kombinasi, berminyak atau cenderung kering dan sensitif. Dengan menggunakan ramuan scrub yang sesuai, sel kulit mati kita sudah pasti terangkat dengan efektif dan menyeluruh. Dua cara perawatan berikut bisa digunakan untuk eksfoliasi kulit wajah:

Sponsors Link

1. Perawatan yang  dapat dilakukan sendiri di rumah: Menggunakan bahan tradisional yang mudah didapatkan. Bahan – bahan berikut ini dan beragam manfaat lainnya di antaranya:

2. Menggunakan produk perawatan yang tersedia di pasaran. Banyak merk kosmetik ternama yang membuat produk untuk eksfoliasi wajah dalam bentuk gel berbutiran (scrub) dan disesuaikan dengan kondisi kulit wajah. Sesuai untuk Anda yang tidak mempunyai banyak waktu untuk meracik ramuan tradisional.

3. Perawatan yang dilakukan di salon atau klinik kecantikan. Anda juga bisa melakukan eksfoliasi di klinik kecantikan yang Anda pilih yang diantaranya menyediakan     layanan kecantikan menggunakan metode chemical peeling atau mikrodermabrasi. Pilihan cara perawatan ini hanya bisa dilakukan salah satu saja pada suatu waktu, untuk menghindari komplikasi dari bahan kimia yang berbeda pada wajah . Baca juga info lebih lanjut berikut ini tentang layanan kecantikan, prosedur chemical peeling, mikrodermabrasi.

Sebelum memulai eksfoliasi sendiri di rumah, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan:

  • Bersihkan terlebih dahulu wajah Anda, rapikan menggunakan bando atau ikat rambut.
  • Kompres wajah sejenak dengan handuk kecil berbahan halus yang dicelupkan ke air hangat suam – suam kuku, supaya pori – pori wajah terbuka dan kotoran mudah terangkat. Melakukan scrub dengan keadaan wajah basah amat penting, agar wajah lembab dan tidak terluka oleh bahan scrub yang kesat.
  • Scrub wajah perlahan menggunakan bahan yang Anda pilih. Jika menggunakan produk yang sudah jadi, teliti terlebih dulu kandungan bahan tersebut, apakah ada kandungan yang berbahaya didalamnya. Ingat, tidak perlu menggosoknya secara berlebihan sampai membuat kulit memerah. Cukup gosok perlahan dengan gerakan memutar selama 15-20 detik dengan ujung jari hingga butiran scrub luruh. (Baca juga : Bahaya kandungan paraben pada kosmetik)
  • Bersihkan ramuan scrub di wajah menggunakan handuk basah yang diberi air hangat tadi sampai sisa scrub hilang, lalu lanjut gunakan pembersih atau sabun wajah agar bersih maksimal.
  • Gunakan pelembab setelahnya.                                                                                                                                       Beberapa pelembab alami untuk kulit kering seperti menggunakan manfaat lidah buaya untuk kulit wajah.

sponsored links

Frekuensi

Jika kulit wajah Anda normal, pengelupasan menggunakan scrub cukup dilakukan 1 atau 2 minggu sekali. Sebaliknya jika kulit wajah berminyak, bisa dilakukan agak sering yaitu 1-2 kali seminggu untuk hasil maksimal. Namun, hati-hati bagi pemilik kulit wajah yang cenderung kering, sebaiknya memilih ramuan scrub nya dengan teliti dan tidak bisa dilakukan sesering kedua jenis kulit diatas sebab dapat membuat kulit semakin kering dan rusak. Ramuan yang alami sangat cocok untuk jenis kulit yang sensitif dan kering. Sebaiknya dilakukan sejarang mungkin.

Efek samping

Jika dilakukan dengan benar sesuai petunjuk, tidak akan ada efek samping yang timbul. Efek samping bisa terjadi apabila :

  • Menggunakan scrub tanpa membasahi kulit wajah terlebih dulu. Butiran scrub yang kesat akan mencederai kulit wajah yang kering
  • Tidak meneliti kandungan bahan dalam produk scrub yang dijual bebas. Sangat penting untuk mencari tahu bahan apa saja yang terkandung di dalamnya agar Anda terhindar dari paparan bahan kosmetik yang berbahaya. Akibatnya sangat luas, mulai dari sekedar iritasi, alergi pada kulit wajah sampai kanker kulit jika digunakan dalam jangka waktu panjang. (Baca juga: Bahan kosmetik yang berbahaya Penyebab alergi pada kulit wajah)
  • Terlalu sering melakukan pengelupasan dan menggosok wajah terlalu keras. Akibatnya, kulit akan mengalami iritasi, kehilangan kelembaban dan elastisitasnya sehingga malah menimbulkan keriput.
  • Tidak teliti memilih salon atau klinik kecantikan. (Baca juga tentang: bahaya facial di salon sembarangan).

Nah, setelah mengetahui tips dan triknya, sekarang giliran Anda mencoba salah satunya yang telah diulas di atas. Selamat mencoba!

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Monday 25th, April 2016 / 07:29 Oleh :
Kategori : Wajah