Sponsors Link

8 Manfaat Kentang Untuk Perawatan Kulit Wajah

Sponsors Link

Kentang sudah dikenal menjadi bagian dari menu makan kita sehari-hari, entah itu dimasak dengan digoreng, direbus, bahkan dipanggang. Kentang yang merupakan jenis umbi-umbian yang mengandung karbohidrat ini, juga menjadi makanan pokok penting beberapa tempat di Eropa dan Amerika. Rasa kentang yang lezat ini bahkan menjadikan kentang menjadi makanan ringan atau camilan, contohnya  seperti keripik kentang.

ads

Tidak hanya rasanya yang enak, kentang juga memiliki banyak kandungan gizi dan unsur-unsur yang dapat berguna jika dikonsumsi oleh tubuh yaitu :

  • Kentang termasuk kelompok vitamin B kompleks, vitamin B6, thiamin, niacin, asam pantotenat dan folat.
  • Kentang sebagai sumber an tioksidan dari vitamin yaitu vitamin C, sehingga membantu tubuh menjaga kekebalan tubh terhadap infeksi dan radikal bebas.
  • Kentang mengandung banyak mineral penting seperti besi, mangan, magnesium, fosfor, tembaga dan kalium.
  • Mengandung vitamin A dan flavonoid antioksidan seperti karoten dan zeaxanthins, yang mempunyai sifat anti kanker.

Kalau selama ini kita mengenal kentang hanya untuk dikonsumsi, tapi ternyata kentang juga baik untuk merawat kecantikan kulit wajah, yaitu :

  1. Dapat menghilangkan lingkaran hitam pada mata

Lingkaran hitam pada mata sering juga disebut mata panda. Lingkaran hitam di mata ini tentu saja sangat mengganggu penampilan wajah kita. Hal ini bisa terjadi karena kurang istirahat yang cukup ataupun tubuh yang kekurangan vitamin B. Sehingga kentang yang mengandung vitamin B kompleks ini bisa membantu menghilangkan mata panda ini.

Cara untuk menghilangkan lingkaran hitam di mata :

kupas dan iris kentang membentuk lingkaran dan gunakan untuk mengompres mata anda selama kira-kira 15-20 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat. Untuk menghilangkan mata panda dengan kentang bisa juga dengan cara menghancurkan kentang kemudian dijadikan masker untuk daerah sekitar mata yang menghitam. Lakukan secara terus menerus sampai lingkaran hitam menghilang.

(Baca juga : cara menghilangkan komedo secara alami)

  1. Memutihkan kulit wajah

Kentang bersifat mempercepat regenerasi sel kulit mati pada wajah dengan cepat, sehingga kulit dapat lebih putih dan cerah.

Cara untuk memutihkan wajah dengan kentang :

  1. Parut kentang dan oleskan pada wajah anda. Setelah 30 menit, bilas wajah anda dengan air yang bersih.
  2. Cara yang lain yaitu dengan mencampurkan kentang dengan madu. Caranya dengan menghaluskan kentang yang sudah dicuci bersih lalu dicampurkan madu. Kemudian oleskan pada wajah, dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan  air.
  3. Cara yang ketiga yaitu dengan mencampur kentang dengan tepung beras dan susu. Caranya sama seperti sebelumnya, dengan menghaluskan kentang atau parut kentang sampai halus. Campur kentang dengan tepung beras dan susu cair dalam wadah, lalu diaduk hingga rata. Kemudian oleskan ramuan tadi pada wajah sampai merata. Jika sudah mongering di wajah, bersihkan dengan handuk yang sudah direndam dalam air hangat agar pori-pori wajah terbuka. Kemudian bilas dengan air bersih.
Sponsors Link

(Baca juga : cara memutihkan wajah secara alamimanfaat eksfoliasi wajah)

  1. Mendinginkan kulit wajah

Untuk anda yang mempunyai kulit wajah sensitif,  paparan sinar matahari dapat membuat kulit terbakar sehingga kulit wajah terasa gatal bercampur pedih.

Cara untuk menghilangkan gejala tersebut adalah :

Dengan meletakkan potongan-potongan kentang pada kulit wajah yang terbakar. Lakukan perawatan hingga rasa pedih di kulit wajah hilang. (Baca juga : manfaat menthol untuk wajah)

  1. Menghilangkan sembab pada mata

 Sembab pada mata atau yang biasa disebut kantung mata, biasanya terjadi akibat menangis ataupun begadang atau kurang tidur. Kentang yang mengandung zat catecholase ini dapat mengempiskan bengkak.

Cara menghilangkan sembab pada mata :

Oleskan campuran jus kentang dan mentimun pada daerah di sekitar mata dan diamkan hingga sembab berkurang. Pencampuran mentimun dalam ramuan ini disebabkan karena mentimun mengandung asam askorbat dan asam caffeine, yang dapat membantu  mengempiskan mata yang bengkak.

(Baca juga : manfaat air garam untukwajahmanfaat timun untuk wajah)

  1. Menghilangkan bintik hitam pada wajah

Bintik-bintik hitam di wajah yang sering juga disebut flek hitam ini biasanya disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet, polusi, pengaruh kosmetik ataupun obat-obatan. Kentang yang mengandung vitamin C yang tinggi ini bisa membantu meregenerasi kulit yang rusak, dan mampu menghilangkan bintik hitam di wajah.

Cara menghilangkan bintik hitam pada wajah :

Blender kentang dan oleskan pada wajah sambil memberikan pijatan lembut. Biarkan selama 5 menit, setelah itu bilas wajah dengan air bersih. Lakukan hal ini hingga flek hitam di wajah menghilang.

(Baca juga : masker untuk kulit kering dan flek hitammanfaat daun kelor bagi kecantikan)

  1. Mengurangi keriput di kulit wajah.

Kentang mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan zat anti penuaan yang sangat efektif dan bermanfaat untuk mengurangi dan menangkal keriput.

Cara mengurangi keriput di wajah dengan kentang adalah :

Dengan memblender atau memarut kentang kemudian dioleskan secara merata ke wajah anda. Lakukan masker kentang ini setiap dua hari sekali agar keriput pada kulit wajah anda cepat hilang.

(Baca juga : cara mencegah penuaan dini)

Sponsors Link

  1. Mengatasi kulit wajah yang kering.

Kandungan air yang ada dalam kentang bisa mengatasi kulit wajah anda yang kering. Jenis kulit wajah yang terlalu kering akan membuat penampilan wajah terlihat kusam. Sehingga untuk membantu menjaga kelembaban kulit anda, bisa dengan menggunakan kentang.

Cara mengatasi kulit kering dengan kentang :

Buat masker kentang yang terbuat dari parutan kentang yang dicampur dengan curd. Untuk penggunaannya cukup oleskan masker pada wajah selama 20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Masker kentang ini juga dapat membantu menghilangkan garis-garis halus pada wajah.

(Baca juga : manfaat oatmeal untuk wajah sensitifmanfaat lidah buaya untuk kulit wajah)

  1. Mencerahkan kulit wajah

 Kandungan yang terdapat dalam kentang sangat baik untuk mengangkat  sel-sel kulit mati yang ada pada wajah dan membuat wajah terlihat lebih cerah.

Cara mencerahkan kulit wajah dengan kentang :

Gunakan masker kentang dengan cara diparut atau diblender dan oleskan ke wajah secara merata selama 10 menit setiap hari.

Bisa juga dengan mengoleskan irisan-irisan kentang, kemudian diamkan dan bilas dengan air bersih. Dengan pemakaian teratur, akan membantu peremajaan kulit.

(Baca juga : manfaat memakai masker bengkoang setiap harimanfaat tomat untuk wajah)

Begitu banyak manfaat yang bisa kita ambil dari kentang ini untuk kecantikan kulit wajah. Perawatan kulit wajah secara tradisional menggunakan kentang ini harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan keinginan kita. Waktu yang dibutuhkan untum perawatan ini juga tidak banyak sehingga tidak menyita banyak waktu anda. Serta biaya yang dikeluarkan juga murah daripada harus melakukan perawatan ke salon atau membeli produk-produk perawatan kulit wajah.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah kentang yang digunakan bukan sembarangan. Pilih kentang yang tidak berlubang dan yang belum mengeluarkan tunas karena biasanya kentang yang jenis ini sudah terkontaminasi mikroba yang dapat memicu pembusukan. Kemudian kupas tuntas kulit kentang dan pastikan tidak ada kulit yang tertinggal. Baru setelah itu kentang tersebut baru bisa diolah menjadi masker untuk kesehatan kulit wajah.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 04th, May 2016 / 15:55 Oleh :
Kategori : Wajah