8 Manfaat Menthol Untuk Kecantikan Wajah

Sponsored Links

Kata menthol sepertinya kurang dikenal ditelinga masyarakat namun sebenarnya menthol atau dengan nama latin nya adalah Mentha Pipertia, Mentha Arvensis dan Metha Herba atau dengan nama lain yaitu mint termasuk kedalam family Labiata yang sering tumbuh di daratan Uttar Pradesh India yang sering sekali kita digunakan setiap hari seperti pada balsem ketika kita sedang gatal atau ketika badan kita merasa pegal-pegal, namun sebenarnya menthol sendiri sudah digunakan selama kurang lebih 200 tahun di Roma dan juga Mesir merupakan senyawa kimia yang berasal dari daun peppermint yang berwujud minyak atau liquid dari hasil perpaduan dengan metode hidrogenasi timol atau penggabungan hidrogen dengan zat isopropilfenol yang terdapat dalam minyak daun dan kuncup dari daun peppermint. Menthol sendiri sering dijadikan obat rumahan untuk mengobati nyeri otot, sakit perut dan juga sakit kepala.

Sifat-sifat Menthol

Menthol yang memiliki sifat yang larut dalam air dan memiliki sifat antiseptik yang biasanya dapat menghambat pertumbuhan kuman, biasanya ketika menthol dioleskan pada kulit menimpulkan sensasi panas dingin seperti terbakar yang sejuk namun memiliki manfaat yang luar biasa dan juga dapat mengurangi rasa sakit. Sensasi tersebut karena iritasi pada kulit tetapi pada dasarnya menthol tersebut tidak menaikkan dan menurunkan suhu pada kulit, itulah mengapa pada menthol menimbulkan sensasi panas dingin karena sifatnya yang analgetik.

Manfaat menthol sendiri terkenal sebagai penyegar mulut agar nafas selalu tetap terasa segar dan menghilangkan bau mulut tak sedap. Kandungan menthol sendiri biasanya digunakan pada pasta gigi atau obat bau mulut dan sebagainya karena memiliki aroma yang sangat khas. Namun selain digunakan sebagai penyegar mulut banyak sekali manfaat menthol untuk wajah, sering digunakan untuk campuran pada pelembab, cleanser dan juga sebagai lotion.

1. Sunblock alami

Bagi yang suka dengan produk kecantikan dari bahan alami, hal ini bisa dijadikan referensi bagi perawatan kulit anda. Kandungan yang terdapat dalam menthol bisa mengatasi masalah kulit yang salah satu akibatnya dari paparan sinar matahari, Folat dan Omega-3 asam lemak yang terkandung mampu membantu merawat kulit sehingga membuat menjadi lebih sehat dan terawat karena kandungan yang terdapat dalam daun peppermint yang menghasilkan menthol itu sendiri. Selain Folat dan Omega-3 asam lemak terkandung banyak juga Vitamin C dan Vitamin A, caranya hanya dengan mengoleskan pada kulit.

2. Mengurangi minyak berlebih

Banyaknya minyak pada sekitar muka membuat resah bagi kaum hawa, karena dengan banyaknya minyak pada sekitar muka membuat wajah terlihat lebih kusam hitam dan not good looking sekali sehingga membuat tidak pede karena terlalu banyak minyak disekitaran wajah. Bisa saja timbul minyak berlebih karena hormon yang dikeluarkan ketika menstruasi sedang banyak sekali, namun untuk mengatasinya bisa dengan menthol yang terdapat pada daun peppermint karena dapat mengurangi pengeluaran hasil kelenjar minyak dari kelenjar sebaceous pada kulit sehingga minyak pada kulit dapat berkurang secara alami.

sponsored links

3. Menghilangkan jerawat

Timbulnya jerawat biasanya diakibatkan oleh banyaknya minyak pada sekitaran kulit wajah, atau bisa saja ketika mau datang bulan yang dapat menimbulkan jerawat. Selain banyaknya minyak pada kulit wajah, masalah timbulnya jerawat menjadi sesuatu hal yang sangat membuat kaum wanita dalam kepedeannya sangat menurun sekali dan dengan menthol mampu mengatasi timbulnya jerawat. Rasa dingin yang dihasilkan dari menthol bisa menjadi pendingin bagi kulit dan menghilangkan jerawat, karena vitamin A yang terkandung dalam menthol mampu mengatasi produksi minyak berlebih pada kulit sehingga menimbulkan jerawat pada kulit wajah.

4. Mengatasi peradangan pada kulit

Menthol yang memiliki sifat anti inflamasi ini dapat mengatasi peradangan pada kulit, kulit yang mengalami iritasi yang disebabkan oleh gigitan serangga atau karena luka bakar dapat diatasi dengan menthol yang terdapat pada daun peppermint dengan pengobatannya tidak perlu menggunakan produk yang mengandung bahan kimia yang dijual dipasaran dengan menthol yang terdapat pada daun peppermint bisa diatasi.

Dengan ditambahkan madu dan menthol akan menghasilkan hasil yang lebih baik, karena pada madu sendiri terkandung sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat mengobati kulit yang teriritasi.

5. Menghilangkan bekas jerawat

Setelah adanya minyak yang berlebih pada kulit lalu timbul jerawat ternyata masalah juga timbul adanya bekas jerawat yang membuat hitam pada kulit wajah seperti flek hitam pada kulit wajah, dengan menthol mampu meregenarasi kulit sehingga kulit seperti kondisi awal sebelumnya sebelum adanya jerawat.

6. Menghilangkan komedo

Masalah yang sering banyak dirasakan oleh setiap orang pada sekitaran hidung yang paling banyak timbul adalah komedo, menthol yang terdapat pada daun peppermint bisa digunakan untuk menghilangkan dengan menthol.

7. Mengurangi pecah-pecah pada bibir

Masalah lain sekitar wajah selain kulit adalah pecah-pecah pada bibir, bagi yang memiliki bibir yang kering bahkan sampai berdarah menthol bisa dijadikan sebagai pelembab bagi bibir. Namun menthol yang satu ini berupa minyak yang dioleskan pada bibir yang mengalami pecah-pecah, menthol sendiri sering digunakan menjadi campuran bahan dari produk lipsblam.

8. Menjaga kesahatan dan merawat mata

Kandungan yang terdapat pada manfaat menthol untuk wajah, salah satunya adalah Vitamin A. Vitamin A sendiri berfungsi bagi kesehatan dan merawat mata agar menghindar terjadi rabun ketika usia senja. Untuk itu dianjurkan sejak dini untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung mint atau menthol dan wortel yang mengandung vitamin A.

Manfaat Menthol Lainnya

Manfaat lain dari menthol selain digunakan pada wajah, juga berguna untuk kesahatan. Dapat dijadikan sebagai referensi obat alternatif rumahan, selain menggunakan obat kimia untuk mengobatinya, yaitu :

  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi

sponsored links
Menthol sering ditemukan dalam campuran bahan pasta gigi yang hanya dipikirkan hanya sebagai penyegar bagi mulut dan juga hanya menambah aroma yang sejuk ketika dipakai, namun ternyata memiliki manfaat bagi pertumbuhan tulang dan gigi. Hal ini karena terdapat kandungan kalsium dan fosfor yang berguna sebagai untuk mengurangi pemenuhan atau pemadatan pada tulang, bagi usia lanjut dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung menthol agar pertumbuhan tulang dan gigi bisa terjaga.

  • Mengobati alergi

Rasa gatal yang membuat tidak nyaman pada kulit sehingga harus menggaruknya dan meninggalkan bekas hitam pada kulit membuat tidak bagus untuk dipandang, kandungan yang terdapat pada menthol mampu mengontrol rasa gatal tersebut sehingga rasa gatal dapat berkurang dan dapat membunuh bakteri jahat atau jamur pada kulit yang menimbulkan rasa gatal.

  • Membantu mencegah timbulnya kanker

Zat antioksidan yang terkandung dalam menthol yang sangat memiliki peran aktif dalam mencegah kanker timbulnya kanker pada usus besar, penelitian ini baru ditemukan karena sebab kandungan radikal bebas yang terkandung dalam menthol mampu menetalisasir dengan menthol.

  • Meningkatkan konsentrasi

Menthol sering digunakan untuk aromaterapi karena mengeluarkan aroma yang sejuk, biasanya menthol yang digunakan adalah menthol yang berbentuk kristal lalu menthol tersebut dibakar dan aroma yang dikeluarkan mengeluarkan aroma yang sejuk sehingga membuat tubuh lebih rileks, dan juga otak semakin fokus sehingga tingkat konsentrasi pun meningkat.

  • Melegakan sesak nafas

Orang yang sering terkena sesak nafas penyebabnya bermacam-macam mungkin karena faktor gen atau dari lingkungan seperti terkena debu, alergi akan cuaca dingin dan sebagainya. Biasanya orng yang terkena hal tersebut membutuhkan pelega yang dapat melegakan pernafasannya, salah satunya bisa diberikan dengan menthol. Kandungan khusus yang terdapat pada menthol dapat membuka rongga kerongkongan untuk jalannya pernafasan sehingga udara dapat masuk dengan lancar.

  • Menjaga kekebalan tubuh

Kebutuhan tubuh yang maksimal akan membuat kekebalan tubuh menjadi lebih kebal dari biasanya ketika tubuh mengalami kekurangan dalam pemenuhan kebutuhannya. Vitamin yang merupakan salah satu nutrisi makronutrien yang bermfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh atau imunitas, nutrisi yang terkandung tersebut adalah vitamin C. Vitamin C sendiri berperan sebagai tameng dalam tubuh yang dapat menjaga kekebalan tubuh ketika radikal bebas masuk kedalam tubuh. Porsi dari vitamin C sendiri sekitar kurang lebih 500mg, jika setiap harinya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

  • Mengobati nyeri otot

Ketika tubuh merasa kecapean atau ketika olahraga tidak melakukan pemansan terlebih dahulu yang dapat nmenimbulkan pegal-pegal disebagian tubuh atau bahkan sekujur tubuh hal itu disebabkan karena otot yang tegang sehingga menimbulkan nyeri otot pada tubuh, biasanya untuk mengobati rasa nyeri tersebut dioleskan dengan balsem. Balsem tersebut mengandung campuran menthol dari daun peppermint yang diolah menjadi minyak mint atau menthol, menthol tersebut memiliki kandungan zat antispasmodic yang mampu bekerja untuk mengendurkan otot-otot tubuh yang mengalami penegangan.

  • Menjaga kesehatan mulut

Salah satu yang dapat menurunkan tingkat kepedean seseorang adalah karena bau tidak sedap yang dikeluarkan dari mulut, biasanya aroma tidak sedap itu dihasilkan karena tidak bersihnya ketika menggosok gigi sehingga masih banyak sisa makanan yang menempal pada gigi atau sekitar mulut lalu setelah itu membusuk yang mendatangkan bakteri didalam mulut. Menthol bisa dijadikan sebagai obat kumur yang dapat membunuh kuman-kuman tersebut, dan penggunakan menthol sendiri lebih efektif dibandingkan dengan obat kumur dari bahan kimia. Menthol yang digunakan berupa minyak menthol dari hasil pengolahan daun peppermint itu sendiri.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 24th, March 2016 / 05:16 Oleh :
Kategori : Wajah