10 Manfaat Teh Basi Untuk Kecantikan Wajah

Sponsored Links

Anda suka minum teh? Pastinya, ya. Minum teh memang sudah menjadi kebiasaan banyak orang, sebab teh biasa digunakan sebagai teman cemilan di sore hari. Selain bau wangi dan rasa teh yang khas dari teh banyak disukai orang, teh juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, seperti sebagai anti septik, mencegah kanker, menstabilkan tekanan darah dan menjaga daya ingat. Tapi kalau teh sudah basi, tentunya Anda sudah tidak ingin meminumnya lagi. Tapi mungkin Anda belum tahu bahwa teh yang basi ternyata mempunyai manfaat untuk kecantikan kulit termasuk juga kulit wajah. (baca juga : manfaat air teh untuk wajah)

Kandungan zat dalam teh basi

Manfaat teh ini didapat dari kandungan zat yang terdapat di dalam secangkir teh, yaitu :

  • Polifenol – polifenol yang terkandung di dalam teh adalah jenis senyawa flafanol dan katekin, yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas ini terjadi akibat pengaruh makanan yang kurang sehat dan lingkungan yang tersemar oleh polusi udara. Selain itu senyawa ini juga dapat mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.
  • Vitamin A – vitamin A yang terdapat di dalam teh adalah betakaroten.
  • Vitamin C – vitamin C berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit.
  • Vitamin E – vitamin E berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan juga dapat membuat kulit menjadi halus. Vitamin E yang terkandung di dalam secangkir teh adalah 100-200 IU.

Teh memiliki berbagai macam jenis dan manfaatnya masing –masing. Seperti teh oolong, teh hijau, teh hitam, teh putih dan masih banyak lagi. Tetapi untuk kulit wajah jenis teh yang paling baik adalah teh hijau. Hal ini disebabkan karena berdasarkan penelitian di University of Texas, teh hijau memiliki kandungan yang lebih banyak untuk polifenol, vitamin C dan betakaroten.

Manfaat teh basi untuk wajah

Yang dimaksud teh basi di sini adalah air teh sisa atau teh yang sengaja diendapkan dari sore hingga keesokan harinya. Tetapi tidak hanya air tehnya saja, tetapi juga ampas teh basi dan teh celup bekas pakai bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit wajah. Teh basi yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan adalah teh tanpa campuran apapun seperti gula atau yang lainnya.

Berikut manfaat teh basi untuk wajah dan cara pemakaiannya :

1. Untuk mencerahkan kulit wajah

Kandungan vitamin E yang terdapat dalam teh sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Walaupun teh sudah basi, tetapi kandungan vitamin E-nya tetap ada di dalam teh sehingga teh dapat mencerahkan kulit wajah dan manjaga elastisitas kulit agar tidak cepat kendur.  Bahkan teh basi mengandung 508 kali lebih banyak vitamin C ketimbang jeruk lemon.

Caranya, gunakan ampas teh yang sudah didiamkan semalaman. Usapkan ampas teh seperti scrub atau sebagai masker di wajah. Lakukan hal ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sponsors Link

(baca juga : cara merawat kulit agar tidak kusam)

2. Untuk menghilangkan jerawat

Masalah jerawat sering kali mengganggu penampilan wajah kita. Salah satu cara mudah untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan teh basi ini. Sebab endapan air teh basi ini mempunyai sifat anti-inflamasi, anti bakteri dan anti septik yang bermanfaat untuk menghilangkan b akteri penyebab munculnya jerawat dan mencegah terjadinya peradangan akibat dari jerawat. Selain itu teh basi juga dapat mengurangi jumlah sebum yang mengganggu pori-pori sehingga mencegah munculnya jerawat.

Caranya bisa dengan dua cara :

  • Menggunakan kantung teh celup bekas – Bila Anda ingin menggunakan kantung teh celup bekas, Anda tinggal menempelkan kantung teh celup bekas yang telah direndam semalaman ke bagian kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit. Lalu bilas wajah dengan air hangat.
  • Menggunakan air teh basi – Anda juga bisa menggunakan air teh basi yang telah diendapkan semalaman. Oleskan atau basuh wajah Anda dengan air teh basi ini saat pagi hari. Lakukan cara ini tiga kali seminggu agar mendapatkan hasil yang optimal dan wajah bebas jerawat.

(baca : manfaat jeruk lemon untuk wajah)

3. Untuk menghilangkan mata panda

Mata panda atau disebut juga kantung mata hitam adalah suatu keadaan dimana terdapat kantung dan lingkaran di bawah mata sehingga menyerupai mata panda. Penyebab mata panda adalah akibat kurang tidur, kelelahan, terlalu lama menangis, alergi, dehidrasi, dan masih banyak lagi. Saat Anda akan beraktivitas di pagi hari dan menemukan mata panda di wajah Anda, tentu saja hal ini akan sangat mengganggu penampilan. Mungkin mata panda bisa disamarkan dengan penggunaan kosmetik, seperti krim mata, alas bedak atau bedak di wajah. Tetapi alangkah baiknya bila Anda bisa menghilangkan mata panda ini. Menggunakan teh basi bisa menjadi salah satu cara yang patut Anda coba.

Caranya bisa dengan 2 cara :

  • Menggunakan air teh basi – Taruh air teh basi yang telah diendapkan semalaman ke dalam wadah baskom. Lalu celupkan wajah Anda ke dalam baskom berisi air teh basi tersebut dengan mata melek atau mata terbuka. Diamkan sebentar lalu setelah beberapa lama mata panda akan hilang dan mata pun akan dapat melihat lebih jelas.
  • Menggunakan kantung teh celup bekas – Masukkan dua buah kantung teh bekas ke dalam lemari es semalam atau direndam di air es. Lalu gunakan kantung the tesebut sebagai alat kompres dengan menaruhnya di atas mata. Apabila Anda menginginkan sensasi yang lebih dingin, bisa dengan memasukkan kantung teh basi dan potongan es batu ke dalam kain tipis. Baru kemudian di kompres ke mata. Rasa dingin dari es batu dan zat yang terkandung dalam teh ini akan mengatasi mata panda.

(baca juga : cara alami menghilangkan mata pandapenyebab kantung mata hitam)

4. Sebagai penyejuk kulit wajah

Kandungan anti-inflamasi yang terdapat dalam teh inilah yang berfungsi untuk menyejukkan wajah. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan air manfaat teh basi untuk wajah dengan cara mengompresnya. Gunakan kain atau kapas dan celupkan pada air teh basi yang telah diendapkan semalaman. Lalu oleskan pada wajah sebagai penyejuk kulit wajah. (baca juga : manfaat memakai masker bengkoang setiap hari)

5. Sebagai pembersih wajah

Sifat anti bakteri yang terkandung di dalam teh basi dapat dimanfaatkan untuk membersihkan wajah. Sehingga the basi bisa dipakai untuk mengusir bakteri yang terdapat di kulit wajah Anda. Gunakan air teh basi untuk membasuh muka setiap hari saat pagi hari atau menjelang tidur malam. Niscaya bila dilakukan rutin wajah Anda akan terlihat bersih selalu. (baca juga : manfaat lidah buaya untuk kecantikan)

6. Sebagai tabir surya

sponsored links
Seperti kita tahu sinar ultra violet dari matahari itu tidak baik untuk kesehatan kulit. Maka buat Anda yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan ada baiknya Anda selalu menggunakan tabir surya. Tetapi produk sun block atau tabir surya dibuat dari bahan-bahan kimia yang bisa memberikan efek samping buat kulit. Untuk amannya, Anda bisa menggunakan air teh basi sebagai tabir surya alami. Caranya hanya dengan membasuh air teh basi ke kulit wajah Anda sebelum beraktivitas ke luar. Air teh basi ini bisa juga digunakan di bagian kulit tubuh lain yang perlu dilindungi dari sinar UV. (baca juga : manfaat tomat untuk wajah)

7. Untuk menghaluskan kulit wajah.

Air teh basi yang mengandung vitamin E ini dapat digunakan untuk menghaluskan kulit wajah Anda. Gunakan air teh yang telah diendapkan semalaman untuk mencuci muka saat bangun tidur di pagi hari. (baca juga : manfaat daun kemuning untuk wajah)

8. Untuk mengencangkan kulit wajah.

Banyaknya kandungan vitamin E di dalam teh basi, maka teh basi ini bisa digunakan untuk menjaga elastisitas kulit agar tidak mudah kendur.  Sehingga dapat mengencangkan kulit wajah dan mencegah penuaan dini pada kulit wajah. (baca juga : cara mencegah penuaan dini)

Lakukan salah satu cara di bawah ini :

  • Menggunakan air teh basi – Gunakan air teh basi yang telah diendapkan semalaman untuk mencuci muka di pagi harinya.
  • Menggunakan ampas teh – Gunakan ampas teh bekas sebagai scrub dengan mengusapkannya pada kulit wajah. Diamkan sebentar, lalu bilas dengan air.

9. Untuk menghilangkan komedo.

Sama halnya dengan jerawat, komedo dapat mengganggu penampilan wajah kita. Komedo merupakan bintik-bintik hitam yang biasanya terdapat di area sekitar hidung. Komedo muncul karena kurangnya menjaga kebersihan wajah terutama setelah bepergian atau menggunakan make up. Untuk menghilangkan komedo bisa dengan memanfaatkan kandungan vitamin E dalam teh basi.

Caranya, gunakan ampas teh basi untuk menggosok area sekitar hidung yang terdapat komedonya. Lakukan hal ini rutin hingga komedo hilang. Tetapi jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah setelah beraktivitas agar komedo tidak muncul lagi di wajah. (baca juga : manfaat timun untuk wajah)

10. Untuk menghilangkan kemerahan pada kulit wajah.

Adanya kemerahan di kulit wajah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti bekas luka atau bekas gigitan nyamuk. Selain itu air teh basi juga bisa menghilangkan rasa sakit akibat luka goresan di kulit wajah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencelupkan kain atau kapas ke dalam air teh basi lalu dioleskan kebagian kulit wajah yang kemerahan. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal hingga kulit kembali mulus. (baca juga manfaat teh lainnya : manfaat teh untuk rambut)

Jadi kalau Anda suka minum teh, cobalah untuk tidak membuang air sisa teh, ampas teh ataupun kantung teh celupnya. Anda bisa memanfaatkan teh basi untuk kecantikan kulit wajah Anda.  Bahkan dengan minum teh pun Anda mendapatkan manfaat kesehatan tub uh Anda juga. Tetapi bila Anda tidak minum teh dan ingin melakukan perawatan dengan manfaat teh basi untuk wajah, Anda dapat secara khusus menyeduh teh untuk diendapkan semalaman dan digunakan untuk perawatan wajah saat paginya. Dengan perawatan alami, wajah Anda juga akan terbebas dari efek samping produk-produk yang berbahan kimia.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 22nd, June 2016 / 07:40 Oleh :
Kategori : Wajah