Sponsors Link

15 Manfaat Tomat Untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

Sponsored Links

Tahukah Anda? Tomat merupakan tumbuhan yang pertama kali ditemukan di Amerika Selatan. Tumbuhan ini masih merupakan kerabat (famili) dari kentang, terong, dan paprika, baik paprika merah maupun hijau. Meskipun begitu, tomat sebenarnya merupakan buah karena strukturnya yang mempunyai daging dan biji yang aman apabila ditelan. Tetapi memang masih banyak sebagian orang yang terkecoh dengan menganggapnya sebagai sayuran dikarenakan fungsinya yang memang cenderung digunakan untuk lalapan sayur maupun pelengkap aneka macam sambal.

Namun demikian, tomat tetaplah tomat yang memang harus diakui banyak disukai oleh siapapun di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Meski sayangnya tomat memiliki satu kelemahan yang terkadang sering membuat kecewa pemiliknya, yaitu ketahanannya yang lemah sehingga mudah busuk dan tidak dapat dikonsumsi lagi. Sedemikian sehingga untuk memperpanjang ketahanannya, tomat bisa dibekukan. Artinya, diletakkan di lemari es (kulkas), tentunya setelah melalui proses pembersihan maupun pencucian terlebih dahulu. Bahkan ada juga yang merekomendasikan agar melakukan perendaman terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam lemari es (kulkas).

Di dalam tomat sendiri juga terdapat berbagai macam kandungan yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin C dan air. Selain itu, tomat juga memiliki manfaat tersendiri yang sangat ampuh untuk kesehatan kulit termasuk wajah. Sehingga tak heran bahwa tomat juga banyak digunakan sebagai masker di berbagai terapi perawatan kulit wajah dalam dunia kecantikan wanita. Berikut beberapa manfaat tomat untuk wajah dan cara pemekainnya, antara lain :

1. Menjadikan kulit putih dan bercahaya

Sejatinya bukan kaum wanita saja yang ingin memiliki kulit putih dan bercahaya apalagi kulit wajah, tetapi para pria juga. Salah satu cara alami untuk mewujudkan hal tersebut ialah dengan menggunakan tomat. Bisa dikonsumsi secara teratur maupun ditambah lagi dengan mengolahnya menjadi sebuah masker. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin dan nutrisi yang dimilikinya mengandung zat antioksidan yang dapat menambah kolagen kulit dan mencegah kulit agar tidak kendur. Sehingga akan menjadikan kulit tampak lebih putih dan kondisinya yang bersih akan membuat kulit tampak bercahaya.

2. Mengatasi masalah jerawat

Jerawat yang rentan sekali muncul di wajah biasanya akan membuat seseorang kurang percaya diri. Sehingga berbagai cara pun dilakukan agar bisa menghilangkan jerawat tersebut. Salah satu cara alami dan mudah yang bisa dilakukan ialah dengan menggunakan tomat sebagai masker atau mengiris tomat dan menempelkan irisan tersebut pada bagian wajah yang menjadi tempat munculnya jerawat. Lakukan sedikit tekanan agar kandungan/cairan pada tomat keluar dan terserap ke dalam kulit wajah. Diamkanlah hingga mengering, kemudian bilas dan bersihkan dengan menggunakan air.

3. Menjadikan kulit halus

Mengkonsumsi tomat secara teratur juga dapat menghaluskan kulit termasuk kulit wajah. Di samping cara lain yang juga bisa dilakukan dengan cara menjadikan tomat sebagai masker dan menambahkan putih telur. Caranya ialah campurkan tomat yang telah dihaluskan dengan satu sendok putih telur dan air secukupnya. Aduk hingga tercampur seperti pasta. Kemudian, oleskan pada permukaan kulit wajah, lalu diamkan hingga mengering. Barulah bilas dan bersihkan dengan menggunakan air.

sponsored links

4. Membuat wajah tampak awet muda

Kandungan lycopene yang dimiliki oleh tomat bermanfaat bagi kecantikan kulit termasuk kulit wajah karena dapat menangkal radikal bebas dan mempercepat proses regenerasi sel. Sehingga akan membuat kulit tampak awet muda. Oleh karena itu, konsumsilah tomat secara teratur entah tomat yang masih dalam kondisi buah segar maupun tomat yang sudah dihaluskan menjadi segelas jus.

5. Mendinginkan kulit

Wajah yang biasanya terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung akan terasa panas dan tidak nyaman. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mendinginkannya ialah dengan menggunakan tomat. Caranya ialah mengompres wajah dengan irisan tomat atau tempelkan irisan tomat pada wajah dan diamkan selama 10 menit. Barulah bilas dan bersihkan dengan air. Kondisi dingin dan menyegarkan yang terjadi di wajah dikarenakan tomat memiliki kandungan vitamin C serta air yang banyak.

6. Mengecilkan pori-pori kulit pada wajah

Ukuran pori-pori kulit yang terdapat pada wajah biasanya cenderung besar hingga tak heran kalau wajah rentang terkena jerawat. Dengan demikian, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperkecil pori-pori tersebut hingga resiko terkena jerawat dapat diminimalisir ialah menjadikan tomat sebagai masker dan bisa juga diselingi dengan meminum jus tomat.

7. Menghilangkan komedo

Komedo juga merupakan salah satu masalah yang biasanya muncul pada wajah dan dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Oleh karena itu, membuat masker tomat merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan komedo pada wajah hingga wajah tampak bersih.

8. Melindungi kulit dari radikal bebas

Dalam tomat juga terdapat kandungan antioksidan berupa senyawa flavonoid dan zea-xanthin sehingga mampu melindungi kulit termasuk kulit wajah dari radikal bebas yang dapat menyebabkan rusaknya sel-sel kulit dan membuat kulit menjadi cepat tua.

9. Melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV)

Sebagaimana kita tahu bahwa sinar ultraviolet (UV) memiliki bahaya tersendiri, yaitu dapat merusak kolagen kulit termasuk kulit wajah tentunya. Yang mana, rusaknya kolagen dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi keriput. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi tomat akan membantu kulit Anda dalam mengganti sel-sel yang rusak dengan sel-sel yang baru sehingga kulit akan terhindar dari kerutan. Selain itu, disarankan pula untuk menggunakan tabir surya yang biasanya dioleskan pada wajah. Hal ini dikarenakan efek dari sinar ultraviolet (UV) yang cenderung kuat.

10. Mengatasi kulit wajah berminyak

Masalah kulit wajah yang berminyak juga sering dialami oleh siapapun, tak terkecuali pria dan wanita. Sehingga menyebabkan kulit wajah menjadi kusam. Oleh karena itu, menggunakan masker tomat secara teratur dapat membantu Anda mengatasi kulit wajah yang berminyak.

11. Mencegah kerusakan sel

Mengkonsumsi tomat juga mampu mencegah kerusakan yang mungkin terjadi pada sel termasuk sel pada wajah. Yang mana, kerusakan pada sel wajah biasanya dapat menimbulkan kerutan.

sponsored links

12. Mengatasi kulit kering

Masalah kulit kering juga merupakan hal yang sering terjadi di wajah. Sehingga akan menyebabkan timbulnya flek-flek wajah. Oleh karena itu, manfaat tomat untuk wajah dapat dikonsumsi atau dibuat sebagai masker akan membantu mengatasi kulit kering. Hal ini dikarenakan tomat memiliki kandungan zat besi dan vitamin di dalamnya.

13. Menyegarkan mata

Kondisi mata yang segar tentunya juga akan menunjang penampilan wajah Anda. Oleh karena itu, agar dapat menjadikan mata tetap segar terlebih setelah seharian melakukan berbagai macam aktivitas yang melelahkan, Anda dapat mewujudkannya dengan tomat.

Caranya ialah tempelkan dua iris tomat di kedua bola mata (tentunya mata dalam keadaan tertutup), lalu lakukanlah pijatan-pijatan ringan. Kandngan yang menyegarkan pada tomat nantinya akan mampu merilekskan mata Anda hingga terasa lebih segar.

14. Menghilangkan kantung mata

Memiliki kantung pada mata karena efek kelelahan dan sebagainya tentu juga akan mempengaruhi kondisi dan penampilan pada wajah Anda. Sehingga membuat Anda terlihat seperti orang yang baru bangun tidur maupun orang yang kurang tidur.

Cara menghilangkannya agar wajah kembali tampak segar ialah sama dengan menyegarkan mata pada poin 14, yaitu tempelkan dua iris tomat pada kantung mata, lalu lakukanlah pijatan-pijatan ringan.

15. Menyembuhkan kulit yang meradang

Masalah kulit yang meradang bisa ditimbulkan oleh berbagai hal termasuk kulit pada wajah, seperti terlalu sering terkena cahaya matahari secara langsung. Efek dari kulit yang meredang biasanya ialah timbul bitnik-bintik kemerahan pada kulit dan terasa gatal.

Cara penyembuhannya dengan menggunakan tomat, yaitu :

  • Pertama – Parut tomat, lalu campurkan dengan dua sendok makan yoghurt polos
  • Kedua – Oleskanlah pada wajah dan tunggu sekitar 20 menit
  • Ketiga – Bilas dan bersihkanlah dengan air

Kandungan tomat ini nantinya akan mampu mendinginkan kulit dan menetralkan permukaan kulit wajah, sedangkan yoghurt memberikan protein yang juga dibutuhkan oleh kulit sehingga membuatnya menjadi lebih lembut dan kenyal.

Demikian beberapa manfaat tomat untuk wajah. Tentunya dari setiap manfaat yang dihasilkan bergantung kepada tingkat kerutinan dan keteraturan dalam menggunakan tomat tersebut, mulai dari mengkonsumsinya atau menjadikannya sebagai masker atau mengolahnya menjadi segelas jus. Semakin rutin dan teratur Anda dalam melakukan perawatan wajah dengan menggunakan tomat, maka akan semakin tampak dan hasil dari manfaatnya. Intinya, semua tergantung dari kerutinan dan keteraturan Anda. Selamat mencoba!

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 04th, February 2016 / 09:07 Oleh :
Kategori : Wajah