Sponsors Link

16 Pembersih Wajah Alami Untuk Pria dan Wanita

Sponsored Links

Agar kulit wajah selalu tampak segar dan cantik serta sehat, rahasia paling sederhana adalah tentunya membersihkannya secara rutin. Tak dapat dipungkiri bahwa produk pembersih wajah memang tersedia dan dijual di pasaran dengan pilihan segudang. Namun, benarkah seluruh produk tersebut aman? Dengan bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya, tentu terkadang ada kemungkinan untuk tidak dapat sesuai dengan jenis kulit kita.

Saat tidak cocok dengan produk pembersih kulit wajah, kulit akan timbul masalah seperti reaksi alergi. Kemerahan, ruam, jerawat, kekeringan, flek hitam, atau masalah lainnya dapat menjadi tanda bahwa kulit wajah Anda tak cocok dengan pembersih wajah yang sedang digunakan. Untuk pembersih wajah alami, pakailah bahan-bahan yang alami dengan risiko efek samping lebih kecil.

(Baca juga: manfaat anggur untuk rambut – manfaat totok aura wajah)

1. Anggur

Jenis buah satu ini adalah buah yang tepat untuk dijadikan pembersih wajah super alami karena buah ini mengandung sifat anti aging. Otomatis pembersih wajah ini akan dapat menghindarkan Anda dari kerutan atau tanda-tanda penuaan dini lainnya.

  • Caranya: Sediakan buah anggur 10 buah, bersama dengan segelas susu segar, serta mentimun secukupnya. Mentimun bisa dihaluskan lebih dulu, barulah bahan lainnya ditambahkan dan dicampurkan. Sebagai tambahan, Anda dapat memasukkan oatmeal sesuai yang dibutuhkan. Ramuan pembersih ini dapat dioles ke wajah hingga merata lalu dibilas menggunakan air biasa.

2. Lidah Buaya

Sudah tak dapat dipungkiri lagi bahwa manfaat lidah buaya untuk kecantikan sudah terbukti dan memang efeknya begitu luar biasa. Untuk meratakan warna kulit dan menghidrasinya, membersihkan wajah dengan lidah buaya adalah ide yang bagus. Hanya saja, Anda perlu memastikan bahwa lidah buaya yang Anda pakai adalah organik.

  • Caranya: Bila produk pembersih wajah mengandung aloe vera tetap mengkhawatirkan, gunakan saja gel dari tanamannya langsung. Oleskan secara merata ke area wajah sambil memijat-mijatnya selama 1-2 menit. Tunggu mengering sebelum Anda basuh wajah Anda dengan air bersih. Membersihkan 2-3 kali setiap harinya akan memberikan Anda hasil memuaskan bagi kulit wajah Anda.

(Baca juga: manfaat tomat untuk kulit)

3. Tomat

Tomat adalah bahan yang juga sangat efektif dalam membersihkan wajah dan menjaga kesehatan kulit. Meski biasanya tomat digunakan sebagai pembuat makanan dan juga minuman jus, tomat rupanya dapat dijadikan pembersih alami untuk wajah yang bila dilakukan rutin akan membantu Anda mendapat hasil luar biasa.

  • Caranya: Sediakan tomat 1 buah, berikut juga susu cair 1 sendok teh dan juga air perasan dari 1 buah jeruk lemon. Tomat dapat Anda haluskan lebih dulu yang baru kemudian Anda tambahkan dan campur rata dengan bahan lainnya. Setelah jadi, usapkan ke wajah dan tunggu sekitar 10 menit sebelum wajah Anda bilas menggunakan air. Gunakanlah pembersih ini setiap hari untuk hasil optimal.
sponsored links

4. Nanas

Ada buah lainnya yang begitu bagus untuk dijadikan pembersih wajah, yakni buah nanas yang memang cocok untuk tipe kulit berminyak. Kandungan baik nanas akan membersihkan wajah juga dari jerawat yang mengganggu akibat produksi minyak yang terlalu berlebihan.

  • Caranya: Sediakan buah nanas 2 potong saja yang dalam ukuran tebal, ditambah dengan sesendok teh baking soda serta jeruk lemon 2 buah. Nanas harus dihaluskan dulu dengan diblender atau ditumbuk, lalu lanjut dengan memasukkan dan mencampurkan bersama bahan lainnya. Larutan bisa dioles ke wajah sebagai pembersih yang harus ditunggu 10 menit sebelum dibilas. Pembersih ini lebih cocok digunakan hanya setiap pagi.

(Baca juga: cara menghilangkan bibir hitam)

5. Stroberi

Buah merah segar yang kerap digunakan sebagai penghias maupun pembuat kue ini sangat baik juga digunakan untuk membersihkan kulit wajah. Bervitamin C tinggi, tentu stroberi inilah pencerah dan penyegar kulit wajah alami yang bisa Anda andalkan.

  • Caranya: Sediakan buah stroberi sebanyak 5 buah saja, lalu campurkanlah bersama dengan yogurt tawar sebanyak 2 sendok teh. Bila bentuk pasta sudah didapat, gunakan pasta tersebut untuk membersihkan wajah sehari 2 kali. Asalkan melakukan perawatan wajah ini secara rutin alias setiap hari, wajah tak hanya akan menjadi lebih putih, tapi juga lebih lembut dan kelihatan sangat sehat.

6. Apel

Sebagai pembersih wajah, apel adalah bahan yang juga sama alaminya dengan bahan yang sudah disebutkan sebelum-sebelumnya. Bila penggunaan kulit apel saja bisa menjadi salah satu tips agar kulit menjadi putih secara alami, tentu membersihkan wajah dengan apel akan memberikan efek yang sama.

  • Caranya: Untuk para pemilik tipe kulit wajah kering, silakan siapkan 1 buah apel, sesendok teh susu murni, sesendok teh minyak zaitun, serta sesendok teh air perasan jeruk lemon. Apel perlu direbus lebih dulu dnegan 2 gelas air sampai lembek teksturnya, barulah buah apel bisa dilumatkan dan dicampur bersama bahan lain yang sudah disiapkan. Larutan inilah yang bisa dipakai untuk membersihkan wajah, lalu terakhir dibasuh menggunakan air biasa.

(Baca juga: cara merawat wajah agar tidak kusam)

7. Jeruk

Seperti yang kita tahu, buah jeruk sangat kaya akan kandungan vitamin C-nya. Kandungan tersebutlah yang banyak digunakan untuk memutihkan wajah bahkan menjadi penghilang komedo serta jerawat membandel. Jadi, tak salah bila menggunakan bahan ini sebagai pembersih wajah.

  • Caranya: Gunakan bagian kulitnya, dan tumbuklah kulit jeruk yang telah Anda keringkan sebelumnya. Tumbuk hingga lembut lalu Anda bisa campurkan hingga rata dengan krim susu sesuai yang dibutuhkan. Wajah bisa langsung dibersihkan menggunakan campuran tersebut, lalu setelah itu akhiri dengan membasuh wajah menggunakan air hangat sampai bersih.

8. Tanah Liat atau Lumpur

Tanah liat pada dasarnya memiliki kemampuan dalam menarik racun atau zat-zat berbahaya yang ada pada kulit. Peradangan pada kulit pun akan ditenangkan oleh bahan alami ini. Tak hanya sebagai masker, tanah liat juga dapat diandalkan sebagai pembersih wajah.

  • Caranya: Khusus untuk kulit berminyak, gunakan Ghassoul. Untuk kulit berjenis sensitif, lebih baik menggunakan tanah liat merah dan putih. Untuk kulit yang kusam dan layu, tanah liat merah muda adalah yang paling tepat. Sedangkan untuk kulit kering, tanah liat merah adalah yang terbaik. Campurkan tanah liat bersama dengan sedikit minyak esensial pilihan Anda untuk membuat pasta. Oles pasta ke wajah sambil memijatnya beberapa menit, bilas dengan air.

(Baca juga: cara merawat wajah agar tetap segar)

9. Madu

Khasiat madu tentunya sudah terdengar santer dan madu sendiri begitu bagus dalam mengatasi masalah jerawat. Jadi bila Anda menggunakan madu untuk membersihkan wajah setiap hari, maka tak diragukan lagi wajah pasti akan menjadi lebih sehat, khususnya yang bertipe kering.

  • Caranya: Sediakan madu asli dan murni atau madu organik, ambil beberapa tetes yang dicampur bersama air perasan lemon sedikit saja. Campuran ini dapat Anda oles langsung ke wajah sampai menyeluruh sambil juga dipijat-pijat. Wajah kemudian dapat Anda bilas menggunakan air hangat sesudahnya. Melakukan perawatan rutin akan membuat Anda memperoleh hasil yang menakjubkan.

10. Minyak Zaitun

Minyak zaitun untuk kulit begitu berkhasiat karena cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun pun sudah terbukti keampuhannya. Supaya kulit rusak mendapat perbaikan dan kulit juga menjadi lebih lembab jauh dari komedo serta jerawat, minyak zaitun dapat dipakai rutin.

  • Caranya: Sediakan minyak zaitun yang bisa dicampurkan dengan minyak jarak secukupnya saja. Campuran kedua minyak tersebut dapat Anda gunakan untuk membersihkan wajah sambil memberikan pijatan ringan. Setelah selesai mengoles dan memijat, gunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan wajah. Perawatan rutin akan mampu mencegah jerawat serta komedo untuk datang lagi.

(Baca juga: prosedur chemical peeling)

11. Baking Soda

Bahan pembuat kue yang lebih dikenal dengan istilah soda kue ini tak hanya bermanfaat ketika sedang membuat kue saja. Baking soda pun telah terbukti mampu secara alami merawat kulit dan menjaga kesehatannya. Jadi, tak salah juga bila Anda memilih bahan ini sebagai pembersih wajah alami.

  • Caranya: Sederhana saja, cukup sediakan baking soda secukupnya yang bisa dicampurkan bersama air yang cukup banyak. Gunakan campuran alami ini untuk membilas wajah Anda setiap harinya. Namun setelah menggunakan air baking soda untuk mencuci wajah, Anda masih perlu untuk membilasnya lagi dengan air biasa. Jangan biarkan baking soda terlalu banyak pemakaiannya apalagi hingga mengering di wajah.

sponsored links

12. Almond

Pembersih alami lainnya yang layak untuk Anda coba di rumah adalah pembersih berbahan almond. Khusus bagi pemilik jenis kulit kering, almond akan menjadikan kulit lebih bercahaya dan lembab. Asalkan pemakaiannya rutin, maka hasil tersebut akan dirasakan dan dialami sendiri.

  • Caranya: Sediakan 5 biji kacang almond disertai juga dengan sesendok makan madu murni dan juga 1 butir telur ayam kampung yang diambil kuningnya saja. Almond perlu ditumbuk hingga lembut dulu barulah Anda campurkan sampai rata dnegan madu dan kuning telur. Setelah jadi, oles secara menyeluruh pada wajah Anda sambil juga memijat sedikit. Gunakan air hangat setelahnya untuk membasuh.

(Baca juga: manfaat telur untuk rambut)

13. Putih Telur

Selain dapat dinikmati, putih telur sangat berkhasiat menjadikan pori-pori wajah yang membesar menjadi lebih kecil dengan perawatan yang maksimal. Untuk kulit berminyak dan berjerawat, putih telur bisa Anda manfaatkan sebagai pembersih wajah setiap hari. Dengan pembersih wajah satu ini, minyak akan lebih terkendali dan jerawat tak akan berani muncul lagi.

  • Caranya: Sediakan 2 butir telur yang diambil bagian putihnya saja dengan cara memisahkannya dari kuningnya lebih dulu. Putih telur ini dapat Anda kocok sampai bentuknya kaku, lalu oleskanlah ke area wajah secara perlahan sambil memijat. Sesudah merata, tunggu 20 menit sebelum akhirnya bisa dibilas dengan air hangat.

14. Cuka Sari Apel

Sebagai disinfektan alami, cuka sari apel memiliki beragam manfaat, termasuk juga sifat antibakteri yang tinggi. Menggunakan cuka sari apel yang organik dan alami adalah yang paling baik dan dianjurkan supaya manfaatnya dapat lebih dirasakan secara maksimal.

  • Caranya: Ambil saja cuka sari apel secukupnya yang kemudian dicampurkan bersama dengan air sedikit agar lebih aman, khususnya bagi yang berkulit sensitif. Pakailah sebagai toner alami di mana Anda dapat mencelupkan kapas yang kemudian Anda oles untuk membersihkan wajah. Selanjutnya, tentu Anda masih harus membersihkan wajah dengan membilasnya menggunakan air seperti biasa supaya aroma dan larutan cuka sari apel bersih dari wajah.

(Baca juga: manfaat eksfoliasi wajah)

15. Susu

Susu murni tanpa campuran gula adalah yang terbaik bila ingin memakainya sebagai pembersih wajah. Manfaat susu untuk kulit wajah sendiri juga sudah banyak yang membuktikan, hanya saja kali ini Anda dapat menggunakannya sebagai pembersih sehari-hari.

  • Caranya: Sediakan segelas susu atau secukupnya saja sesuai dengan kebutuhan Anda. Campurkan dengan air mawar beberapa tetes saja, lalu ambil kapas untuk dicelup ke ramuan tersebut. Oleskan ke wajah secara pelan-pelan pada seluruh bagian wajah, dan akan lebih baik kalau Anda bisa mengulanginya 2-3 kali lagi sebelum kemudian dibasuh menggunakan air biasa.

16. Minyak Lavender

Masih ada lagi jenis minyak yang bakal secara efektif merawat dan menjaga kesehatan kulit bila Anda menjadikannya sebagai pembersih wajah. Minyak lavender bersama beberapa minyak esensial lainnya dapat Anda kombinasikan.

  • Caranya: Sediakan minyak esensial lavender sebanyak 10 tetes, ditambah juga dengan minyak esensial mawar 5 tetes, minyak esensial geranium 5 tetes, dan minyak biji anggur 6 sendok makan. Campurkan seluruh bahan tersebut pada sebuah botol kosong di mana Anda dapat mengocoknya pelan agar tercampur rata. Setelah itu, tuang sebanyak sesendok teh ke telapak tangan Anda untuk kemudian dioles serta dipijat pada wajah. Untuk membersihkannya, gunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat dengan cara menyekanya perlahan. Menggunakan rutin akan memperoleh hasil luar biasa, terutama wajah akan kelihatan awet muda.

(Baca juga: manfaat air hangat untuk wajah – cara menghilangkan bekas luka)

Itulah serangkaian rekomendasi pembersih wajah alami yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dan murah segala bahannya. Bahkan penggunaannya pun cukup sederhana tanpa membuang waktu banyak. Selain itu, pembersih wajah tersebut memiliki efek samping jauh lebih sedikit daripada produk-produk berbahan kimia.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 21st, September 2016 / 18:10 Oleh :
Kategori : Wajah