Sponsors Link

6 Penyebab Kulit Berminyak Saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Sponsors Link

Pernahkah anda merasakan sesuatu hal yang aneh ketika anda bangun tidur di pagi hari? Salah satu hal yang mungkin terasa aneh pada saat anda bangun tidur di pagi hari adalah kulit yang menjadi terasa berminyak. Kulit berminyak biasanya merupakan pertanda bahwa sekresi minyak di dalam tubuh berjalan dengan baik. Namun demikian, kulit berminyak juga sangat mengganggu. Kenapa kulit bisa berminyak saat bangun tidur?

ads

Berikut ini penyebab kulit berminyak :

1. Tidak dibiasakan untuk mencuci wajah sebelum tidur

Hal pertama yang bisa menyebabkan kulit wajah anda berminyak ketika bangun tidur adalah karena anda tidak pernah atau tidak terbiasa untuk mencuci wajah atau muka anda sebelum anda tidur. Ya, tidak mencuci wajah anda sebelum tidur merupakan salah satu penyebab kulit berminyak saat bangun tidur. Kulit wajah anda selama tidur, meskipun berada di dalam satu ruangan tertutup, namun tetap mengalami reaksi – reaksi tertentu, sehingga dapat menimbulkan munculnya minyak, yang akan dirasakan ketika anda bangun tidur pada pagi hari.

Hal ini tentu saja sangat mengganggu, karena ketika anda bangun dan menyadari bahwa kulit anda terasa berminyak, maka anda akan merasa sangat tidak nyaman dengan kondisi tersebut, dan anda pun nantinya akan terbangun dengan kondisi mood yang tidak baik, padahal seharusnya manusia bangun pada pagi hari dengan memiliki mood yang baik, dan menyegarkan setelah istirahat semalaman. Nah, Cara merawat wajah agar tetap segar di pagi hari adalah dengan membiasakan membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum tidur.

Artikel terkait :

2. Faktor jenis kulit yang memang berminyak

Beberapa orang memang memiliki sifat – sifat dan juga kondisi kulit wajah yang berminyak. Jadi, hal ini adalah salah satu hal yang dialami terjadi pada anda ketika anda bangun tidur dan mendapati kulit anda berminyak saat bangun tidur. Yang harus anda lakukan ketika mendapati hal ini adalah, anda harus tau persis bagaimana jenis dan juga kondisi kulit anda. Banyak orang memiliki kondisi dan juga tipe – tipe kulit wajah yang berbeda – beda. Ada yang memiliki tipe kulit wajah kering dan ada yang memiliki tipe kulit wajah yang berminyak.

Hal ini biasanya dipengaruhi oleh faktor keturunan dan juga faktor lingkungan tempat tinggal mereka. Nah, jadi apabila anda mendapati diri anda mengalami banyaknya minyak yang mengganggu, maka ada kemungkinan bahwa faktor jenis dan kondisi kulit wajah anda lah yang menjadi penyebab kulit berminyak saat bangun tidur pada diri anda. Cara mengatasi wajah berminyak bisa dengan menggunakan bahan alami dan skin care yang cocok untuk kulit anda.

ads

3. Faktor hormonal

Faktor ketiga yang menjadi penyebab kulit berminyak saat bangun tidur adalah faktor hormonal. Ya, perlu kita ketahui dan juga kita ingat bahwa hampir segala bentuk aktivitas yang dilakukan oleh tubuh kita dipengaruhi oleh faktor hormonal. Faktor hormonal merupakan suatu faktor alami, yang terdapat di dalam tubuh kita, dimana ada kemunculan reaksi hormon tertentu dan adanya sekresi hormon tertentu. Apabila anda masih berusia remaja, maka hal ini adalah sesuatu yang wajar, dimana kulit anda akan terasa berminyak saat bangun tidur.

Mengapa wajar? Karena aktivitas hormonal pada usia remaja cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan usia dewasa, sehingga kondisi kulit berminyak saat bangun tidur ini sangat umum terjadi pada remaja. Nah, apabila hal ini terjadi pada mereka yang sudah dewasa, maka ada kemungkinan penyebab kulit berminyak saat bangun tidur ini adalah karena faktor kelainan fungsi hormon, ataupun fungsi hormon yang terlalu kuat bekerja di dalam tubuhnya.

Ini merupakan hal wajar – wajar saja, karena aktivitas hormon memamg normal dan bisa menyebabkan munculnya sekresi berupa minyak di bagian kulit anda. Salah satu hal yang bisa membuat aktivitas hormonal mempengaruhi kulit berminyak saat bangun tidur adalah karena faktor genetika, alias faktor keturunan.

4. Pola makan atau dietary

Faktor berikutnya yang bisa juga menjadi penyebab kulit berminyak saat bangun tidur adalah faktor pola makan atau dietary. Ya, pola makan yang kurang tepat dan juga cenderung asal – asalan juga dapat menyebabkan kulit berminyak saat bangun tidur. Konsumsi makanan yang banyak mengandungnya minyak, merupakan salah satu hal yang menjadi penyebab kulit berminyak pada diri anda. Untuk dapat mengendalikan hal ini, maka paling tidak anda harus bisa untuk mengendalikan pola makan anda dengan baik, misalnya adalah mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung minyak, dan menyebabkan kulit anda menjadi berminyak.

Cara Mencegah dan Mengatasi Kulit Berminyak

Nah, anda sekarang sudah mengetahui penyebab kulit berminyak saat bangun tidur. Lalu sekarang mungkin anda bertanya – tanya bagaimana sih caranya untuk mencegah ataupun mengatasi dan juga mengurangi kulit berminyak saat bangun tidur? Beberapa cara yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut ini :

  1. Mencuci wajah sebelum tidur

Biasanya, anda sudah mandi pada sore hari sebelum anda tidur. Ini diasumsikan, bahwa seluruh tubuh anda tidak akan berminyak saat anda bangun tidur nanti, karena sudah bersih oleh sabun dan juga air. Namun beberapa orang mengalami masalah pada kulit wajah mereka, yang seolah tidak mempan apabila hanya dicegah dengan mandi saja. Nah, salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah kulit berminyak saat bangun tidur adalah mencuci muka atau wajah anda.

Tentu saja anda harus melakukannya dengan menggunakan foam pembersih muka yang sesuai dengan kondisi dan karakteristik kulit wajah anda. Penggunaan foam atau sabun pembersih wajah merupakan salah satu cara yang dianggap paling efektif untuk mengatasi masalah kulit berminyak, terutama pada saat anda bangun tidur. Jadi, cobalah untuk membersihkan wajah anda untuk bisa mendapatkan kulit wajah yang tetap cerah dan tidak berminyak saat bangun di pagi hari.

  1. Perbaiki pola makan

Seperti sudah dibahas sebelumnya, bahwa yang menjadi penyebab kulit berminyak pada saat bangun tidur adalah faktor pola makan yang tidak terjaga dengan baik. Maka dari itu, untuk bisa menjaga dan membersihkan kulit anda dari masalah kulit berminyak, terutama pada saat bangun tidur di pagi hari adalah dengan cara memperbaiki pola makan anda.

Perbanyaklah konsumi makanan yang memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Vitamin E merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki manfaat sangat penting untuk kesehatan kulit anda. Selain itu, kurangi pula konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung lemak dan juga minyak, karena jenis makanan yang memiliki kandungan minyak dan juga lemak yang tinggi berpotensi untuk menyebabkan kulit berminyak menjadi bertambah parah.

Artikel terkait :

  1. Menggunakan teknik masker sebelum anda tidur

Bagi anda yang memang memiliki masalah yang lebih parah, terutama pada bagian wajah, dan mengalami kondisi wajah yang berminyak saat bangun tidur, maka maskeran merupakan salah satu metode yang cocok dan bisa anda terapkan untuk mencegah dan juga mengatasi kulit berminyak saat bangun tidur. Ada banyak sekali metode – metode maskeran yang bisa anda gunakan dan juga anda pilih untuk membantu mencegah dan juga mengatasi masalah kulit berminyak pada diri anda. Dan pastinya masker – masker tersebut dibuat dengan menggunakan bahan – bahan alami.

Sponsors Link

Berikut ini adalah beberapa jenis masker yang bisa anda gunakan untuk membantu anda dalam mencegah dan juga mengatasi masalah kulit berminyak :

  • Masker alpukat

Anda bisa menggunakan buah alpukat yang dihaluskan dengan air biasa. Setelah alpukat dihaluskan dengan air tersebut, anda kemudian bisa mengoleskannya ke bagian wajah anda. Hal ini berguna untuk memberikan nutrisi pada kulit wajah anda, sehingga dapat mencegah kemunculan minyak pada kulit wajah anda pada saaat bangun tidur di pagi hari. Selain itu, masker dari alpukat juga dapat membantu menjaga kecerahan kulit wajah anda. Untuk hasil lebih maksimal, juga bisa gunakan manfaat beras untuk wajah.

  • Masker jeruk nipis

Jeruk nipis juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mengontrol kadar minyak berlebih di wajah anda. Anda bisa menggunakan air perasan jeruk nipis untuk melumuri bagian kulit wajah anda sebelum anda tidur. Hal ini akan membantu mengontrol sekresi minyak di kulit wajah anda, dan mencegah kulit berminyak pada saat bangun tidur di pagi hari dan untuk hasil lebih baik gunakan juga manfaat madu untuk masker wajah.

  • Masker putih telur

Masker putih telur sebelum tidur di malam hari juga efektif untuk mencegah wajah berminyak saat bangun tidur. Anda bisa mengoleskan putih telur pada wajah anda sebelum tidur, menunggu hingga kurang lebih 30 meit, lalu bilas hingga bersih. Selain putih telur, gunakan juga manfaat kuning telur untuk wajah  untuk menjaga kelembaban kulit.

  • Masker tomat

Masker tomat juga efektif dalam mencegah kulit berminyak pada saat bangun tidur. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan cacahan tomat ataupun irisan tomat, lalu tempelkan sebentar pada wajah anda. Hal ini dapat membantu mengurangi potensi kulit berminyak saat bangun tidur dan gunakan juga manfaat susu kedelai untuk kulit untuk menjaga kelembaban kulit.

  • Masker bengkoang

Anda juga bisa menggunakan masker bengkoang untuk mencegah kulit berminyak pada saat bangun tidur. Jenis masker tersebut memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mengendalikan kadar minyak, sehingga dapat mencegah kondisi kulit berminyak pada saat bangun tidur. Ditambah pula dengan, manfaat masker pepaya bagi kulit yang mampu mengatasi jerawat akibat minyak berlebih.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Monday 29th, August 2016 / 05:15 Oleh :
Kategori : Wajah