Sponsors Link

14 Penyebab Wajah Kusam Tak Bercahaya

Sponsors Link

Kulit wajah kusam biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki jenis kulit berminyak walaupun tidaklah selalu demikian. Kekusaman pada kulit akan memengaruhi penampilan dan mengurangi sisi menariknya, jadi tak heran kalau kebanyakan wanita bakal bingung bila kulit mulai kusam. Hal ini pun mampu membuat seseorang merasa risih ketika hendak bepergian karena tak percaya diri.

ads

Kenali penyebab wajah kusam agar Anda mampu mengatasinya. Di bawah ini ada sejumlah faktor yang mampu meningkatkan potensi kulit seseorang menjadi kusam atau kehilangan kecerahannya. Cara penanganan bakal dapat diketahui dengan mudah apabila sudah mengenali sebab-musababnya.

(Baca juga: cara merawat wajah agar tidak kusam)

1. Kurang Minum Air Putih

Air putih sangat penting bagi tubuh karena tugasnya adalah untuk membuat tubuh terhidrasi, begitu pun dalam menjaga kelembaban kulit. Memang benar bahwa pelembab untuk kulit kering dan kusam tersedia dalam banyak pilihan produk, namun pada dasarnya kulit membutuhkan asupan cairan cukup. Asupan cairan tersebut datang dari air putih di mana tentunya jauh lebih alami ketimbang menggunakan produk pelembab.

Bahaya dehidrasi dapat begitu mengancam kesehatan kulit, yaitu membuatnya kelihatan kusam, apalagi kalau juga diimbangi dengan pemakaian kosmetik setiap hari. Operasi sel-sel kulit yang paling baik adalah ketika kulit terhidrasi dengan baik. Kurangnya minum air putih bisa diselesaikan dengan cara menambah asupan air putih, dan yang paling benar adalah mengonsumsi 8 gelas per harinya.

(Baca juga: cara menghilangkan komedo putih di hidung)

2. Faktor Genetik

Rupanya selain kekurangan air putih dalam tubuh, faktor keturunan atau genetik juga bisa menyebabkan kulit kusam. Faktor gen satu ini tentunya menandakan bahwa kulit kusam Anda diturunkan oleh salah satu anggota keluarga, seperti dari kakek, nenek, ibu atau ayah. Bila memang dari faktor genetik, memang cukup sulit menghilangkan kekusaman tersebut.

Apabila salah satu keluarga Anda memang mempunyai kondisi kulit kusam seperti yang Anda miliki, itu artinya memang ada faktor keturunan. Pada umumnya, risiko kulit berminyak jauh lebih besar dan inilah yang menjadi awal dari kekusaman kulit juga. Untuk mengatasi kusamnya kulit, atasi lebih dulu kulit berminyak tersebut.

3. Stres

Faktor stres pun mampu menjadi pemicu dari kulit yang tampak tak sehat. Kondisi pikiran yang terus terganggu dan jauh dari ketenangan adalah gangguan psikologi yang bisa terjadi pada wanita dan pria. Selain produktivitas kerja yang terpengaruh, kesehatan kulit pun mampu terkena imbasnya sehingga tampak kusam dan kurang menarik.

(Baca juga: cara merawat wajah agar tetap segar)

4. Kurang Tidur

ads
Kebanyakan orang suka begadang, entah karena hobi atau memang karena tuntutan pekerjaan yang belum selesai. Kurang istirahat atau kurang tidur bisa berpengaruh juga terhadap kesehatan kulit. Apapun  alasannya, baik itu karena jalan-jalan, main, menonton TV, atau pekerjaan, semuanya akan memotong jam istirahat malam Anda.

Kebiasaan demikian harus segera dikikis karena malam hari adalah waktunya tidur di mana sel-sel jaringan tubuh mengalami proses perbaikan juga. Kurang tidur bisa membuat kulit menjadi mudah pucat, lesu, kuyu, kusam, serta berminyak, jadi bijaklah dalam menggunakan waktu Anda. Memperoleh kualitas tidur cukup adalah cara merawat kulit agar tidak kusam dan kering.

5. Efek Paparan Sinar Matahari

Kegiatan yang menuntut Anda aktif di luar ruangan sehingga sering terkena paparan sinar matahari berbahaya memang cukup mengganggu. Efek dari sinar UV-lah yang sebetulnya lebih memengaruhi kesehatan dan tampilan kulit. Sinar matahari sendiri memang adalah sumber vitamin D, tapi sinarnya di siang hari cukup mengancam.

Ada efek samping yang bakal dirasakan oleh seseorang yang terlalu sering berada di luar dan terpapar sinar matahari, yakni kulit terbakar dan berminyak. Lapisan kulit bakal rusak ketika matahari siang hari begitu teriknya menusuk kulit. Bahkan tak hanya kusam, bintik-bintik hitam pun bisa mulai bermunculan sehingga makin menurunkan rasa percaya diri.

(Baca juga: cara menghilangkan komedo dengan putih telur)

6. Faktor Cuaca

Tidak hanya faktor sinar matahari terik atau UV yang begitu memengaruhi kulit menjadi lebih kusam. Ada faktor cuaca juga yang bisa membuat kulit memroduksi minayk secara berlebihan sehingga menyebabkan kulit super kusam. Suhu cuaca yang panas alias meningkat akan menaikkan tingkat kelembaban juga; ini yang membuat kulit terasa lengket juga.

7. Pemakaian Kosmetik yang Kurang Tepat

Penggunaan kosmetik juga bisa menjadi pembawa bencana bagi kulit, apalagi kalau kosmetik tersebut tidaklah disesuaikan betul dengan jenis kulit pemakainya. Ingat bahwa kosmetik, produk yang dikatakan seaman apapun tetap saja mengandung bahan kimia. Ketika tidak cocok, bahan kimia tersebutlah yang membuat kulit kusam.

Tampilan kulit yang terlihat kusam bisa jadi karena kulit memroduksi terlalu banyak minyak. Produksi minyak berlebih ini biasanya terstimulasi oleh bahan kimia dari produk kosmetik yang digunakan. Dari situlah kulit dapat berubah menjadi kusam dan minyak akan terus keluar sebelum akhirnya dicuci bersih menggunakan sabun pembersih wajah.

(Baca juga: penyebab wajah bruntusan)

8. Pola Makan Tak Sehat

Buruknya pola makan seseorang juga mampu menjadi faktor pemicu utama kulit yang tak sehat dan tampak kusam. Namun sayangnya, faktor satu ini bukanlah yang sering disadari oleh Anda yang memiliki kulit kusam. Jenis makanan dengan kandungan lemak dan minyak tinggi adalah yang perlu dihindari sebagai cara merawat kulit berminyak agar tidak kusam.

Makanan berlemak dan berminyak tinggi tak hanya bakal menyebabkan kolesterol tinggi serta penyakit jantung, tapi juga merusak kesehatan kulit. Dari makanan-makanan itulah lemak bakal menimbun di dalam tubuh sehingga produktivitas minyak pada kulit secara otomatis bertambah banyak. Kulit pun akhirnya menjadi lebih kusam dan kurang menarik.

Kulit kusam terjadi akibat konsumsi makanan yang kaya akan gula juga, jadi perbanyaklah asupan serat, makanan berantioksidan, berasam lemak esensial tinggi, serta berkadar protein banyak. Makan buah-buahan, terutama yang mengandung vitamin C, adalah yang paling baik. Tak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, kulit juga dapat lebih cerah berkat vitamin C.

(Baca juga: cara mencegah kerutan di wajah)

9. Kurang Bersih saat Mencuci Wajah

Mencuci wajah sehari 2 kali saja belumlah cukup karena yang rutin juga belum tentu membuat wajah cerah bersinar. Proses membersihkan wajah tak hanya sekadar menyabuninya dan membilasnya ketika busa sudah keluar. Proses mengangkat sel-sel kulit mati juga penting untuk dilakukan.

Sponsors Link

Exfoliation atau pengelupasan kulit juga krusial, apalagi kalau kulit yang kusam disebabkan oleh kulit yang mengalami ekstra kekeringan. Ketika melakukan pengelupasan kulit atau mengangkat sel-sel mati, ini bakal membuat wajah kelihat lebih segar dan cerah. Namun hati-hati ketika melakukan exfoliation karena kalau tidak malah bisa menyebabkan inflamasi atau iritasi kulit.

10. Merokok

Kebiasaan satu ini benar-benar membahayakan organ dalam tubuh Anda, entah itu dalam jangka pendek atau jangka panjang. Tapi tak hanya itu, zat karsinogeniknya mampu membuat kulit terusak kesehatannya. Bahkan kolagen pun dapat rusak akibat kebiasaan merokok yang berlebih dan terlalu aktif sehingga tak salah kalau efeknya membuat kulit kusam.

Integritas dan struktur kulitlah yang diserang oleh karsinogen pada rokok sehingga membuat kulit juga kelihatan pucat. Penuaan dini pun tak terelakkan karena memang efek rokok juga mampu menimbulkan kerutan dan garis halus. Menghentikan kebiasaan buruk ini sesegera mungkin dibarengi dengan banyak minum air putih tentu akan menghilangkan kulit kusam Anda.

(Baca juga: penyebab kulit keriput di usia muda)

11. Kurangnya Penggunaan Pelembab

Pelembab sebenarnya adalah pendukung dari pola hidup sehat yang sudah dijalankan, namun pendukung ini juga penting untuk Anda dapatkan. Demi meningkatkan retensi air dan juga fungsi perbaikan kulit, sel-sel kulit membutuhkan pelembab wajah yang baik. Kandungan asam hyaluronic di dalam sebuah pelembab juga bagus untuk memudarkan kekusaman kulit.

12. Faktor Hormonal

Perlu diketahui pula bahwa faktor hormonal dapat menjadi penyebab dari kulit yang berminyak serta kusam. Faktor ini merupakan pemicu kulit kusam terutama pada wanita yang sedang masa pubertas. Ada masa perkembangan hormon yang dialami oleh para wanita, dan perkembangan tersebut tidaklah seimbang sehingga berimbas buruk bagi kulit.

13. Kekurangan Vitamin A dan B

Kalau biasanya kita tahu bahwa vitamin yang baik untuk kulit adalah vitamin E, kekurangan vitamin A dan B pun ternyata berpengaruh cukup signifikan terhadap kesehatan kulit. Salah satu gangguan atau masalah pada kulit yang kerap ditemui karena kurangnya asupan kedua vitamin tersebut adalah kekusaman. Ketahui apa saja tips membuat kulit putih secara alami sehingga Anda terbebas dari kulit kusam mengganggu tersebut.

(Baca juga: manfaat suntik kolagen bagi kulit)

14. Paparan Polusi

Sinar matahari bukanlah satu-satunya yang perlu Anda khawatirkan ketika berada di luar rumah, melainkan juga paparan polusi. Debu dan asap kendaraan adalah faktor selanjutnya yang seharusnya membuat Anda makin waspada. Memberikan perlindungan terhadap kulit wajah dan tubuh sangat penting dalam hal ini.

Pastikan Anda mengenakan pakaian berlengan panjang, celana panjang, topi, masker, kacamata hitam, serta perangkat lainnya yang kiranya bisa mendukung agar tak membuat kulit wajah dan tubuh kusam. Lingkungan yang penuh debu dan kotor juga sangat memengaruhi, jadi pastikan bahwa Anda tahu bagaimana merawat kulit dengan menjalankan pola hidup benar dan sehat.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kering pada wajah)

Itulah daftar penyebab wajah kusam yang kiranya menolong Anda untuk lebih menyadari pentingnya kesehatan kulit. Mulailah merawat kulit baik dari luar maupun dari dalam supaya kekusaman hilang dan kulit dapat kembali cerah bersinar.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 24th, August 2016 / 14:29 Oleh :
Kategori : Wajah