Sponsors Link

6 Cara Memakai Lipstik untuk Bibir Hitam dan Tebal

Sponsored Links

Bibir indah yang  merekah secara alami menjadi salah satu simbol kecantikan yang didambakan wanita. Namun tidak semua beruntung memiliki warna bibir seperti ini. Beberapa wanita memiliki bibir yang berwarna gelap. Hal ini memang terkesan mengurangi nilai penampilan. Untuk menyamarkan seringkali lipstik menjadi andalan. Tetapi kadang sulit, karena warna lipstik sering tidak dapat menutupi sempurna kekurangan bibir Anda.

Lalu, Warna Apa Yang Cocok?

Wanita yang memiliki bibir berwarna gelap tidak perlu risau lagi mencari warna lipstik yang cocok baginya. Beruntung di zaman sekarang ini warna lipstik sudah semakin beragam dari mulai gradasi warna muda hingga tua, sehingga makin mudah memilih warna yang dapat menutupi kekurangan. Beberapa warna yang cocok seperti berikut ini:

  • Plum: Warna plum atau ungu kemerahan memberi kesan tampilan yang elegan dan seksi. Usahakan jangan memilih yang terlalu gelap , sapukan di bibir secukupnya.
  • Merah: Bibir hitam juga bisa menggunakan warna merah, lho. Sesekali Anda bisa tampil berani dengan warna merah gelap atau merah cherry yang akan terlihat sempurna di bibir Anda.
  • Coklat dan Bronze: Gunakan warna coklat untuk kesan natural. Sebaiknya tidak gunakan warna coklat muda karena bisa membuat bibir tampak pucat. Sedangkan warna bronze merupakan perpaduan dari coklat dan gold. Memberi kesan glamor pada penampilan. Cocok untuk acara pesta. Bisa juga memadukan warna coklat dan bronze untuk memberi kesan beda.
  • Mauve: Ini adalah warna perpaduan pink dan nude. Cocok untuk kesempatan santai dan bagi Anda yang ingin penampilan terlihat muda.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan memilih warna yang terlalu gelap atau terlalu ‘jreng’. Warna terlalu gelap makin menggelapkan kesan keseluruhan pada wajah, sebaliknya lipstik warna terang malah tidak menutupi warna gelap bibir.

Dua macam jenis bibir hitam yaitu :

  • Bibir Hitam Tebal

Untuk bibir hitam yang tebal disarankan memilih warna – warna yang lebih lembut dari pilihan warna diatas. Tujuannya tentu untuk membuat bibir tampak lebih tipis. Pilihlah yang tidak terlalu mengkilat atau glossy atau mengandung glitter.Contoh: Mauve, Coklat, Merah Keunguan

  • Bibir Hitam Tipis

Warna yang lebih berani dari pilihan diatas bisa digunakan oleh pemilik bibir hitam yang tipis. Lipstik bertekstur glossy berfungsi memberikan kesan bibir lebih penuh. Contoh: Gradasi warna merah, ungu plum yang lebih tua, bronze,coklat.

Lalu, walaupun telah mengetahui warna mana yang cocok dengan bibir hitam, hendaknya diperhatikan juga keadaan kulit dan warna kulit wajah Anda, sebab bisa jadi bila lipstik cocok dengan warna bibir, ketika dipakai kurang matching dengan kulit wajah dan rias wajah bagian lain.

Sponsors Link

Cara memakai lipstik untuk bibir hitam

Untuk merawat bibir yang hitam agar tampak lebih cerah dan sehat dan membantu anda memakai warna lipstik yang diinginkan, ada beberapa langkah berikut yang bisa dilakukan sebelumnya:

  1. Pakai lip balm terlebih dulu agar bibir lembab dan tidak pecah saat dioleskan lipstik. (Baca juga: cara melembabkan bibir kering dan pecah pecah, pelembab untuk kulit kering dan kusam, manfaat lidah buaya untuk kecantikan)
  2. Gunakan lip liner . Pilih liner berwarna mendekati lipstik yang akan dipakai. Bentuk bibir sesuai yang diinginkan. Bisa menggunakan kuas, jari atau langsung dari tube ke bibir.  (Baca juga:  cara alami memerahkan bibircara memerahkan bibir dengan cepat secara alami )
  3. Oleskan secukupnya , jangan sampai Anda mengoleskan terlalu banyak karena ingin menutupi warna hitam bibir,padahal itu membuat bibir malah tampak lebih tebal dan tidak seimbang dengan make up yang lainnya. (Baca juga: cara membuat muka tirus secara alamicara memakai eyeliner agar tidak luntur)
  4. Lakukan pembersihan bibir secara tuntas setiap habis memakai lipstik. Bisa juga menggunakan sikat gigi untuk membersihkan sisa sisa lipstik yang menempel di bibir, atau melakukan scrub dengan bahan alami, misalnya gula dan madu. Selain bibir, wajah pun perlu juga di bersihkan atau di scrub secara teratur, agar kilaunya sejalan dengan kilau bibir Anda. (Baca juga: manfaat eksfoliasi wajah, manfaat daun kelor bagi kecantikan)
  5. Pakai foundation sebelum lipstik. Fungsinya hampir sama dengan lip balm, yaitu membuat lipstik lebih tahan lama dan mengeluarkan warna asli lipstik yang dipakai. Selain itu juga berfungsi menutupi warna gelap di bibir.
  6. Jangan lupakan penampilan bagian wajah dan tubuh yang lain agar tampak sama menariknya dengan bibir Anda. (Baca juga : cara mengatasi muka berminyak secara alami, cara memutihkan wajah secara alami, cara menghilangkan lemak di perut secara alami)

Mengapa bibir berwarna hitam?

Kulit bibir memiliki lapisan epidermis yang lebih tipis dari kulit wajah. Juga mengandung melanin yang lebih sedikit daripada bagian kulit lainnya, karena itu mudah berubah warna bila terpengaruhi beberapa faktor berikut ini:

  • Genetis

Warna kulit dan bibir manusia sebagian besar ditentukan oleh faktor genetis. Bibir juga memiliki pigmen dalam jumlah yang kecil seperti yang terdapat pada kulit . Bibir gelap atau hitam memiliki pigmen lebih banyak dari pada bibir yang berwarna merah. Berarti warna bibir ini adalah bawaan dari lahir.

sponsored links

  • Rokok dan kopi

Kandungan nikotin dalam rokok dan kafein dalam kopi bisa membuat bibir menghitam dan pecah – pecah. Rokok juga bisa membuat kulit menghitam,kusam dan keriput. (Baca juga: cara mencegah penuaan dini kulit dan wajah, penyebab kulit keriput di usia muda, cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami)

  • Alergi

Bahan kimia atau parfum yang terkandung dalam lipstik bisa mengubah warna bibir alami jika  kulit bibir Anda tidak tahan dengan bahan-bahan tersebut. (Baca juga: penyebab alergi kulit wajah pada orang dewasa)

  • Paparan sinar UV

Terpapar sinar UV yang terlalu sering atau dalam jangka waktu lama mengkibatkan bibir menjadi hitam, juga kering dan pecah – pecah. Agar bibir terlindung Anda bisa memilih lipstik yang mengandung UV protector atau lip balm SPF tinggi. (Untuk mengatasi kondisi kulit yang sering terkena sinar matahari, baca juga: tips agar kulit menjadi putih secara alami)

  • Kurang vitamin C

Kekurangan nutrisi tubuh juga membuat warna alami bibir memudar. Konsumsi sayuran dan buah-buahan atau vitamin C secara rutin memberi nutrisi yang baik bagi kulit dan bibir Anda, juga minum air putih yang cukup setiap hari. ( baca juga: manfaat melon bagi kecantikan, manfaat kiwi bagi kulit, suntik vitamin c dan kolagen)

  • Pemakaian yang terlalu lama

Sebaiknya sesekali mengistirahatkan bibir dari pemakaian lipstik. Bahan kimia yang terkandung dalam lipstik jika tidak dibersihkan dengan baik dapat menumpuk dan menghitamkan bibir. Gantilah dengan lip balm atau lip gloss sementara, setelah itu bisa kembali menggunakan lipstik. Pastikan juga lipstik yang dipakai tidak mengandung bahan berbahaya. (Baca juga: Bahan kosmetik berbahayabahaya kandungan paraben pada kosmetikbahan pemutih wajah berbahaya, )

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 27th, April 2016 / 05:30 Oleh :
Kategori : Tata Rias