Sponsors Link

17 Cara Make Up Natural untuk Wajah Bulat

Sponsored Links

Memiliki wajah bulat seringkali dianggap memiliki kekurangan, seperti membuat efek penampilan tampak lebih gemuk. Namun wajah bulat memiliki banyak kelebihan, karena tampak lebih segar dan muda. Make up natural adalah salah satu trend make up saat ini, dimana trend make up natural akan memberikan efek seolah alami dan tidak menggunakan ornamen make up yang berlebihan. Make up jenis ini juga cocok untuk berwajah bulat.

Ciri-ciri Wajah Bulat

cara make up natural wajah bulatAda ciri khusus yang dimiliki oleh wajah bulat. Paling tidak terdiri atas beberapa bagian yang menonjol. Pada bagian inilah teknik kontur dapat digunakan untuk membuat efek lebih tirus dan terkesan alami :

  • Dagu yang memiliki jarak yang dekat dengan bibir
  • Pipi terlihat lebih berisi
  • Tulang alis biasanya tampak tidak terlihat
  • Daerah dagu nampak lebih sempit

Make up natural yang halus akan membuat si pemilik wajah seolah tidak menggunakan makeup. Padahal dibalik natural ini, ada trik-trik yang perlu dilakukan agar pemilik wajah bulat dapat tampil dengan natural secara sempurna dan lebih tirus. Make up natural adalah fokus agar wajah lebih flawless dan segar. Ada beberapa langkah make up agar nampak natural. Dimana pemilik wajah bulat bisa nampak lebih tirus dengan menggunakan teknik kontur, lalu penambahan aplikasi make up dapat disesuaikan untuk meningkatkan efek make up pemilik wajah bulat.

Persiapan Memulai Make Up

1. Membersihkan wajah dengan cleansing (pembersih)

Hal ini dengan menyempurnakan persiapan kulit dahulu. Agar make up dapat lebih mudah diaplikasikan ke wajah, maka membersihkan diperlukan pembersihan wajah sampai bersih menggunakan cleansing jika perlu. Cleansing bisa dipilih sesuai kebutuhan dan sisa-sisa kulit mati dapat terangkat menempel pada kapas. Cleansing sendiri tersedia dalam berbagai macam. Bisa berbentuk cleansing milk, cleansing cream, cleansing oil maupun berbentuk tissue. Selesai dibersihkan, maka wajah dapat menggunakan toner agar menyepurnakan proses pembersihan kulit.

Wajah yang bersih layaknya sebuah kanvas lukis, wajah siap untuk diberikan aplikasi make up untuk dilukis. Selesai menggunakan make up maka membersihkan wajah adalah hal penting, gunakan double cleansing agar make terangkap sempurna. Jika tertinggal residu make up maka akan menyebabkan gangguan kulit seperti jerawat, komedo hingga iritasi.

2. Melembabkan wajah

Pelembab dasar dapat digunakan untuk melembabkan wajah. Bahkan untuk kulit berminyak pun dapat mengalami masalah kulit kering dengan terkelupasnya bagian tertentu dan berminyak dibagian yang lain. Maka wajah berminyak juga memerlukan pelembab agar wajah tidak kering. Terutama untuk wajah kering maka akan lebih membutuhkan pelembab. Pelembab sendiri juga menyesuaikan kebutuhan jenis kulit. Ada yang berbahan dasar air dan ini sangat baik untuk kulit berminyak maupun kering.

Mengkoreksi Wajah dengan Teknik Kontur

1. Koreksi wajah pada pipi

Pada wajah dapat diberikan garis shading didaerah pada tulang pipi, yaitu garis yang dapat dibuat pada paling ujung tas cuping telinga kemudian kearah cuping hidung kearah depan. Garis shading ini  dapat menggunakan foundation berwarna gelap dan di baurkan kearah atas untuk memberikan kesan lebih tirus pada daerah pipi.

sponsored links

2. Koreksi wajah pada rahang

Tak hanya tulang pipi yang diberigaris kontur, karena wajah bulat seolah seperti tak memiliki rahang, maka bisa berikan shading dibawah telinga dengan garis kedepan kemudian dibaurkan kearah atas seperti saat membuat garis shading dipipi tadi. Foundation yang digunakan adalah sama yaitu foundation yang lebih gelap dari warna kulit asli.

3. Koreksi wajah pada hidung

Koreksi wajah pada bagian garis hidung ini menggunakan foundation dengan warna gelap, untuk memberikan efek, agar hidung terlihat memiliki tulang tulang bagian hidungnya. Buat garis shading pada batang hidung dua garis diarah luar. Sehingga membuat garis kontur terlihat lebih mancung.

Tips membuat wajah lebih tirus :

Langkah 1-3 menggunakan foundation lebih gelap dari tone wajah untuk membuat shading sehingga membentuk efek garis wajah tirus.

4. Koreksi wajah pada mata

Selesai membuat kontur wajah, maka dilanjutkan menggarap bagian mata. Dimana mata merupakan fitur yang penting untuk mendapatkan sorotan menarik. Dimulai dengan memberikan foundation lebih cerah dari warna kulit pada bawah kantung mata. Hal ini  untuk memberi kesan lebih terang pada daerah yang gelap seperti bawah mata yaitu kantung mata.

5. Koreksi wajah pada dagu

Setelah daerah mata selesai, lanjutkan dengan bagian dagu. Berikan foundation yang terang seperti pada mata untuk diaplikasikan didaerah dagu. Pemberian foundation terang didaerah dagu ini akan memberikan kesan lebih lebar atau wajah menjadi lebih memanjang.

6. Koreksi wajah pada dahi

Selain mata dan dagu, foundation terang juga digunakan pada dahi, aplikasikan antara kedua alis, karena jarak alis satu dengan alis yang lain berdekatan.

Tips agar wajah bulat lebih panjang :

Langkah 4-6 menggunakan foundation lebih terang dari tone wajah untuk membuat shading sehingga membentuk efek wajah lebih memanjang.

Mengaplikasikan Foundation Keseluruh Wajah

1. Menggunakan foundation terakhir

Gunakan foundation terakhir untuk meratakan warna wajah. Pilihlah foundation dengan tone yang mendekati warna wajah. Perlu memilih foundation yang memiliki daya covering tahan lama, tidak menempel pada kerudung atau pada kerah baju, warna tentu disesuaikan dengan warna kulit.

2. Cara mengaplikasikan foundation

Cara aplikasinya sendiri bisa dengan tepuk tepuk foundation kearah samping bawah mengikuti bulu-bulu halus pada wajah. Jika menggunakan kuas untuk mengaplikasikan wajah, gunakan gerakan memutar dari luar ke dalam.

Tips mengcover kerutan :

Jika memiliki masalah dengan kerutan, maka perlu memilih foundation yang smoothi, dimana keunggulannya adalah menghaluskan kerut pada wajah. Selain itu bisa memilih foundation yang memiliki fungsi sebagai skin care, selain menutrisi kulit wajah namun juga dapat mengcover wajah lebih baik sehingga kerutan tersamarkan.

Mengaplikasikan Blush On Keseluruh Pipi

1. Menggunakan dua tingkat warna blush 

sponsored links
Agar tampilan wajah nampak natural dengan blush on, maka wajah bulat dapat mengoleskan secara tipis blush on dengan dua tingkat warna yang berbeda. Pertama menggunakan warna gelap bagian tulang pipi dan berikan sentuhan warna terang diatas warna gelap agar lebih segar.

2. Blush on dipakai seblum bedak finishing

Agar natural dapat memilih blush on yang tidak mengandung shimmer, atau blush on dengan warna yang cocok dengan pemulas bibir yang dipilih. Tak perlu tebal-tebal, namun blush on bisa digunakan tipis-tipis sebelum menggunakan bedak. Sehingga memberikan efek merona dan tidak tebal.

3. Tambahkan bedak tabur

Jika kulit nampak mengkilap atau mengnginkan hasil yang matte maka untuk hasil akhir dapat diberikan sentuhan bedak tabur untuk menyerap minyak. Bedak tabur dapat di tap-tap dengan puff maupun dapat menggunakan kuas dengan gerakan melingkar. Hal ini akan membuat butiran bedak teraplikasi sempurna kedalam kulit, sehingga pori-pori nampak mengecil.

Bedak tabur dapat menyesuaikan kebutuhan. Jika memiliki jenis kulit berminyak dapat yang memilih zero sebum atau control pore yang tinggi. Bedak tabur ini akan memberikan efek natural, seolah tidak menggunakan bedak sama sekali.

Make Up Daerah Mata dan Bibir

1. Memilih eyeshadow yang alami

Untuk wajah bulat agar terlihat lebih natural, maka bagian mata dapat menggunakan eyeshadow dengan warna kecoklatan untuk meningkatkan kontur alami mata. Warna juga dapat dibuat menjadi lebih gelap. Jika ingin tampak lebih terang pada bagian mata maka dapat dibuat efek ke pusat kelopak, tulang alis, dan sudut bagian dalam mata.

2. Memberikan efek alami pada bulu mata

Selain kelopak mata, bulu mata juga sangat penting, karena sebagai pusat interaksi secara langsung. Agar lebih indah, maka dapat menggunakan sikat eyeliner yang datar untuk mengambil sedikit saja maskara dan gunakan hanya akar bulu mata bawah. Tidak perlu disikat semua karena menyebabkan bulu mata menjadi sangat tebal yang justru membuat glamour. (baca juga : jenis eyeliner wardah)

3. Membuat garis mata agar lebih tegas

Jika bagian mata kurang tegas maka dapat menambahkan garis mata dengan pensil warna abu-abu atau coklat pada bulu mata bagian atas. Selain bulu mata alis juga menjadi sorotan. Alis adalah bingkai penting bagi wajah bulat, hal ini dapat difokuskan pada lengkungan agar lebih dekat ke ujung luar meruncing. Untuk membuatnya lebih rapi dapat menggunakan sisir alis, jangan menggunakan pensil alis terlalu tebal. Berikan saja efek nampak lebih berwarna sesuai dengan warna yang diinginkan, baik coklat maupun hitam. (baca juga : bahaya menebalkan alis secara alami)

4. Warna bibir agar segar dan natural

Untuk mendapatkan warna yang cukup natural, maka dapat memilih warna yang cocok dengan bibir dan hindari warna yang glamor, hal ini bisa digantikan dengan lipgloss yang lebih ringan atau lip spa. Selain itu dapat menggunakan lip tint. Dimana warna dapat lebih matte dibibir. Hindari warna bibir yang bold dan terang. Maka pilih warna dengan nude yang lembut seperti watna pastel agar senada dengan warna eyeshadow yang natural. Sebelumnya jika memerlukan kelembaban bibir, maka dapat menggunakan lipbalm terlebih dahulu. (baca juga : cara alami memerahkan bibir).

Sentuhan terakhir untuk memadukan make up natural ini,  yakni dengan menyesuaikan warna pakaian yang natural untuk digunakan. Penampilan menjadi lebih hidup dan seimbang. Memilih riasan rambut juga menjadi point penting untuk menegaskan kesan natural. Maka tak perlu menggunakan banyak ornament dikepala.

Jika berhijab jangan gunakan banyak asesoris pada hijab, hal ini dapat membuat kesan natural menjadi lebih kuat. Warna agar nampak natural dapat menggunakan warna alam, mulai dari coklat, koral hingga warna hijau segar. Pemilihan asesoris memang tidak dilarang selama hal ini dapat membentuk aksen agar lebih chic dengan pakaian dan warna make up yang telah dipilih.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 23rd, December 2015 / 09:23 Oleh :
Kategori : Make Up