Sponsors Link

9 Cara Memakai Bedak agar Tahan Lama di Wajah

Sponsored Links

Bedak adalah alat kosmetik yang jelas dibutuhkan oleh kebanyakan wanita karena tak semua wanita memakai bedak untuk menyempurnakan riasannya. Alat kosmetik dasar inilah yang biasanya membuat wajah lebih cerah sekaligus segar. Namun memang cara pemakaian bedak harus benar-benar tepat supaya riasan tak mudah luntur oleh minyak di wajah dan juga keringat.

Supaya bedak yang Anda pakai awet sampai sepanjang hari serta mampu menutupi segala noda dan kekurangan di wajah, Anda perlu tahu bagaimana cara memakai bedak agar tahan lama. Berikut di bawah ini bisa Anda lihat dan coba di rumah cara-cara apa saja yang bisa Anda lakukan untuk pemakaian bedak sehari-hari.

(Baca juga: cara make up natural untuk wajah bulat – krim pemutih palsu)

1. Memilih Jenis Bedak

Selain Anda harus tahu bagaimana cara memilih bedak untuk kulit sawo matang, Anda juga perlu tahu cara memilih bedak untuk kulit Anda yang berwarna cerah. Bahkan jenis bedaknya pun harus disesuaikan, seperti apakah Anda ingin memakai pressed powder alias bedak padat atau justru loose powder alias bedak tabur.

Ketika Anda bertujuan untuk menutupi kekurangan yang ada pada wajah seperti jerawat, bekas jerawat, maupun noda hitam, bedak padat adalah yang paling baik. Sifatnya akan menutupi kekurangan di wajah secara lebih sempurna ketimbang bedak tabur. Hanya saja, bedak padat sendiri masih dibagi menjadi beberapa jenis, two way cake (yaitu bedak plus alas bedak) dan light pressed powder yang merupakan bedak ringan.

(Baca juga: pelembab untuk kulit kering dan kusam)

2. Memilih Bedak dengan Sifat Penyerap Minyak

Supaya bedak bisa tahan lama, jelas Anda bisa memilih bedak yang bisa memberikan kesegaran di wajah sepanjang hari. Keunggulan satu ini paling bisa Anda peroleh dari bedak yang teksturnya datang dengan daya serap yang bagus. Fungsi lain dari bedak penyerap minyak adalah mencegah komedo untuk tidak gampang muncul saat minyak menyumbat pori-pori kulit. Kemasan bedak harus Anda perhatikan secara seksama dan belilah bedak dengan sifat non-comedogenic serta oil absorber sehingga jerawat dan komedo mampu Anda cegah.

3. Membersihkan Wajah Lebih Dulu

Sebelum mengaplikasikan makeup, termasuk bedak, Anda perlu membersihkan seluruh wajah dengan baik lebih dulu. Ini adalah langkah awal yang amat penting dan saat membersihkan pun Anda sebaiknya memakai cleansing milk, barulah dengan sabun pembersih wajah biasa. Setelah itu, pakailah toner yang dapat Anda sesuaikan dengan tipe kulit wajah di mana tujuannya adalah meringkas pori-pori kulit.

(Baca juga: cara merawat wajah agar tetap segar)

4. Menggunakan Pelembab Wajah

Setelah membersihkan wajah, Anda bisa mulai menerapkan pelembab wajah, baik itu merk pelembab untuk kulit berminyak atau mungkin Anda memakai merk pelembab wajah untuk kulit kering. Asalkan sesuai dengan jenis kulit, maka ini akan jauh lebih aman. Diamkan dulu kurang lebih 5 menit setelah aplikasi pelembab agar pelembab meresap lebih dulu.

sponsored links

5. Menerapkan Sunblock

Sesudah menunggu hingga pelembab terserap sempurna ke dalam kulit wajah, Anda bisa mulai menyiapkan sunblock. Sunblock ini dipakai setiap sehabis pemakaian pelembab dan fungsinya di sini adalah untuk memberikan proteksi terhadap wajah dari paparan sinar matahari atau sinar UV yang merusak kulit.

Jangan sembarangan dalam memilih atau membeli sunblock karena sunblock dengan SPF 17-lah yang perlu Anda beli dan pakai. SPF 17 merupakan kandungan penting yang memang sangat sesuai dengan jenis kulit kita yang tinggal di daerah tropis. Tak hanya bedak, sunblock pun perlu dipilih secara lebih seksama.

(Baca juga: cara merawat kulit berminyak)

6. Menerapkan Foundation

Barulah setelah sunblock, Anda siap dengan foundation alias alas bedak. Ada foundation untuk kulit gelap dan juga kulit terang yang bisa Anda pilih serta sesuaikan dengan warna kulit Anda. Tak semua foundation itu baik dan juga tahan lama, jadi memang Anda juga harus memilih secara hati-hati.

Bila Anda menggunakan foundation, pastikan bahwa penerapannya adalah dengan menyapukan foundation secara merata ke seluruh wajah. Tak hanya yang kelihatan saja, tapi area wajah yang kiranya agak tersembunyi pun perlu Anda berikan foundation. Bagian kening yang tertutup oleh rambut sekalipun perlu memperoleh sentuhan foundation secara merata.

Foundation pun adalah alat makeup yang akan membantu Anda menutupi kekurangan pada wajah. Namun alangkah lebih bagusnya kalau Anda bisa memakai foundation dengan sifat anti-aging serta yang coverage-nya tebal tapi menimbulkan efek halus saat menutupi kulit wajah yang kurang sempurna. Foundation yang waterproof juga dapat Anda pilih supaya tak mudah luntur nantinya.

7. Menerapkan Bedak

Setelah pelembab, sunblock, serta foundation sudah selesai teraplikasikan dengan baik dan menyeluruh, Anda dapat mulai menggunakan bedak. Aplikasikan bedak secara langsung ke area wajah bukan dengan mengoleskannya, tapi dengan menepuk-nepuk saja secara pelan-pelan. Supaya hasilnya lebih rata (untuk menghindari belang-belang), Anda kiranya memerlukan spons.

Bedak pun juga dapat mengatasi kekurangan pada wajah, jadi untuk menutupinya secara sempurna, pakailah bedak padat untuk menyempurnakan tampilan wajah. Saat hendak mengaplikasikan bedak tersebut ke wajah, Anda bisa memakai puff basah atau kering tergantung keinginan Anda. Jangan diusap, tapi sebaiknya dengan metode ditekan-tekan saja, baik itu di area wajah maupun di bagian leher.

(Baca juga: bahaya facial di salon)

8. Tidak Memoles Bedak Terlalu Berlebihan

Para wanita mungkin sebagian berpikir atau mengira bahwa semakin banyak dan tebalnya bedak yang diaplikasikan ke wajah bakal membebaskan wajah dari produksi minyak. Anggapan ini tidaklah benar karena justru bedak yang dibubuhkan ke wajah terlalu banyak dan tebal malah akan menjadi perangsang pori-pori kulit wajah untuk menghasilkan minyak lebih banyak.

Untuk amannya, bedak bisa dipoles ke wajah secara tipis namun merata. Karena Anda sudah memakai foundation yang berfungsi menutupi kekurangan wajah, sebetulnya pemakaian bedak setelah itu tak usah terlalu tebal. Selain itu, pilihlah jenis bedak yang dilengkapi dengan formula matte translucent.

sponsored links

9. Melakukan Touch Up yang Tepat

Saat sudah seharian beraktivitas, makeup atau riasan Anda pasti akan mulai kelihatan tak karuan atau mulai luntur dan super mengkilap. Ketika memang pengaplikasian makeup kembali dibutuhkan saat ada keperluan atau acara penting pada sore atau malam harinya, bedak memang penolong sejati.

Bedak yang tadi sudah Anda aplikasikan dapat digunakan lagi untuk touch up karena fungsinya adalah untuk menyegarkan kembali wajah yang sudah tampak kusam dan lepek. Banyaknya minyak yang keluar akan membuat wajah kelihatan kurang menarik meski riasan masih menempel. Jadi, touch up-lah dengan cara yang benar untuk menyelamatkan riasan Anda.

Cara yang dianjurkan untuk touch up menggunakan bedak adalah gunakan lebih dulu tisu khusus wajah atau kertas minyak. Tujuannya adalah untuk menghilangkan minyak berlebih di bagian wajah. Baru setelah itu Anda bisa mengaplikasikan bedak secara merata dengan cara ditepuk-tepuk. Ini karena ketika Anda menimpa wajah yang penuh minyak dengan bedak langsung, wajah akan lebih mudah berkomedo dan berjerawat.

(Baca juga: bb cream untuk kulit berminyak – bahaya kandungan paraben pada kosmetik)

Tips Penting Lainnya

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan setelah Anda memakai bedak dan riasan lengkap. Untuk menjadikan riasan tetap cantik dan kulit Anda juga senantiasa dalam keadaan sehat, beberapa hal ini perlu Anda ketahui dan lakukan.

  • Selalu sedia kertas minyak ke manapun Anda pergi. Walaupun kiranya Anda hanya pergi sebentar dan tidak sampai berjam-jam, Anda dapat tetap membawa kertas minyak. Saat mengenakan riasan, produksi minyak bisa lebih banyak sewaktu-waktu, jadikan kertas tersebut sebagai penyelamat Anda.
  • Cara memakai kertas minyak pun bukan dengan menggosokkannya ke wajah. Justru cara yang paling benar adalah dengan menekan-nekannya ke area wajah yang berminyak. Dijamin meski hanya ditekan pun minyak akan hilang dan terserap ke dalam kertas tersebut.
  • Supaya wajah tak begitu memiliki minyak berlebih, Anda perlu memerhatikan kesehatannya. Rutinlah mencuci wajah setiap pagi dan juga setiap malam menjelang tidur. Hal ini tak hanya akan mengurangi minyak tapi juga akan mencegah munculnya jerawat. Masker wajah yang terbuat dari bentonite clay atau kaolin bisa digunakan 1-2 kali dalam seminggu supaya wajah tetap kelihatan segar tanpa minyak berlebih.

(Baca juga: bb cream sebagai pengganti foundation – bahan kosmetik yang berbahaya)

Itulah sejumlah cara memakai bedak agar tahan lama di wajah yang Anda bisa praktikkan setelah ini. Supaya lebih percaya diri dengan riasan yang lebih awet, langkah-langkah tersebut penting untuk Anda coba.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 06th, October 2016 / 01:13 Oleh :
Kategori : Tips