Sponsors Link

9 Cara Memilih Bedak sesuai Warna Kulit Sawo Matang secara Mudah

Sponsored Links

Bagi para wanita berkulit sawo matang, sebagian dari mereka bakal merasa bahwa kulit dengan warna sawo matang sulit untuk dipercantik. Bagi beberapa pemilik kulit dengan warna tersebut akan berpikir bahwa warna kulitnya cukup menjadi masalah ketika harus memilih kosmetik, apalagi warna bedak. Tak jarang warna bedak yang dipilih justru terlalu terang atau putih.

Cantik tidaklah harus memiliki kulit yang putih dan mulus sempurna karena kulit sawo matang pada dasarnya sangatlah eksotis. Kulit warna ini juga akan tambah cantik serta menawan apabila dirias secara sempurna juga. Mungkin masalah yang sering ditemui adalah pemilihan bedak yang kurang pas, untuk itulah di sini bisa disimak cara memilih bedak sesuai warna kulit sawo matang yang Anda miliki.

(Baca juga: bedak padat untuk kulit berminyak – krim pemutih palsu)

1. Memilih Bedak Ber-BPOM

Kebanyakan bedak yang ditawarkan di pasaran sekarang ini tak terjamin keamanannya karena rata-rata juga tak ditemukan adanya label BPOM. Kosmetik KW sudah banyak beredar dan yang biasanya tak mengantongi label dari BPOM justru adalah yang berbahaya karena mengandung bahan kimia yang seharusnya bukan untuk kulit manusia.

Pastikan bahwa bedak yang Anda pilih merupakan bedak yang sudah terdaftar pula di DepKes RI berikut ada label BPOM yang menandakan bahwa produk bedak sudah diuji keamanannya. Merk yang bervariasi dan harga yang super terjangkau belum tentu aman dan biasanya tanpa kedua label tersebut, produk bedak akan berbahaya bagi kesehatan kulit penggunanya.

2. Memilih Bedak dengan Bahan yang Tidak Berbahaya

Tentu saja salah satu cara memilih bedak untuk kulit sawo matang adalah dengan mengecek bahan yang tertera pada label yang tertempel di kemasan. Banyak produk kosmetik dengan kandungan merkuri dan hidroquinon yang mampu menjanjikan kulit lebih cerah.

Kedua bahan tersebut dapat Anda cek lebih dulu apakah ada pada kosmetik bentuk bedak yang hendak Anda beli. Bila sudah ber-BPOM dan telah terdaftar di DepKes, bedak terbukti jauh lebih aman dan tidaklah mengandung bahan-bahan tersebut sehingga tak akan berpengaruh buruk bagi kulit wajah Anda.

Mungkin sebagian dari Anda cukup bingung dalam menentukan mana produk bedak yang mengandung merkuri dan mana yang bebas dari bahan berbahaya seperti itu. Kemungkinan juga, ada kalanya produk bedak tak dapat dicek tentang ada tidaknya. Oleh sebab itu, ada cara-cara yang bisa Anda cek di bawah ini:

  • Poleskan bedak pada jari Anda secara tebal-tebal.
  • Bedak kemudian bisa Anda gosok-gosok dengan sebuah benda yang terbuat dari emas, misalnya cincin emas.
  • Lihatlah apakah warna bedak bisa berubah menjadi hitam atau abu-abu. Pada bedak yang berubah warna menjadi gelap, itu artinya bedak mengandung merkuri.
  • Semakin digosok semakin hitam, maka artinya dalam bedak tersebut begitu banyak kandungan merkurinya.

(Baca juga: bahaya penggunaan kosmetik yang berlebihan)

3. Bedak Tabur dan Padat untuk Kulit Sawo Matang Bertipe Normal

Kabar baik bagi Anda yang memiliki kulit berwarna sawo matang dengan jenis kulit normal, jenis bedak yang dipilih bisa bedak apa saja. Bila untuk kulit sawo matang dengan tipe berminyak dan kering ada batasannya, maka kulit normal tidak ada.

Baik itu bedak tabur maupun bedak padat, Anda bisa memakai keduanya asalkan warna sesuai dengan warna kulit Anda yang sawo matang. Inilah salah satu keuntungan bagi warna kulit sawo matang dengan kondisi normal pada kulitnya di mana bedak tabur maupun bedak padat dapat digunakan sesuai keinginan.

4. Memilih Bedak dengan Warna Natural Beige

Untuk pemilik kulit berwarna sawo matang, agak sulit memang menemukan warna bedak yang paling tepat supaya penampilan kelihatan natural. Namun natural beige adalah warna yang paling dianjurkan agar digunakan oleh para pemilik warna kulit yang sawo matang karena jauh lebih pas dan sesuai.

sponsored links

Natural beige pada seluruh merk dan produk bedak rata-rata tentunya memberikan kesan alami dan natural pada penampilan Anda. Warna yang ditampilkan dari bedak tersebut juga tidaklah kontras maupun memberikan kesan kusam sehingga memang cocok. Pastikan setiap Anda datang ke toko kosmetik, Anda memilih natural beige, apapun merk bedak yang Anda hendak beli.

(Baca juga: bahaya makeup palsu)

5. Mengetes Warna Bedak sebelum Membeli

Sebelum memutuskan untuk membeli produk dan warna bedak tertentu, Anda bisa lebih dulu mencobanya karena di toko-toko kosmetik biasanya selalu tersedia produk khusus tester. Walau Anda sudah menyebutkan bahwa yang hendak Anda beli adalah natural beige, namun banyak dari pihak penjual kemungkinan menyarankan warna lain.

Atau, bisa jadi justru warna natural beige pada merk tertentu masih terlalu terang untuk kulit Anda yang sawo matang. Guna mengetes warna produk adalah untuk mendapatkan yang terbaik. Ketika warna masih terlalu terang untuk Anda, silakan untuk mencari dan mencoba warna lainnya atau warna natural beige pada merk lain untuk membandingkan.

(Baca juga: ciri-ciri kulit sensitif)

6. Bedak Anti-Alergi bagi Kulit Sawo Matang Bertipe Sensitif

Bagi yang mempunyai warna kulit sawo matang namun bertipe sensitif, ini juga akan begitu sulit dalam memilih bedak. Tak semua bedak dengan warna natural beige bakal pas untuk kulit yang sensitif. Penyebab kulit sensitif sendiri juga cukup beragam, namun Anda perlu mengenalinya.

Untuk kulit yang berjenis sensitif, Anda bisa melihat lebih dulu kandungan apa saja yang ada pada bedak supaya tak menyebabkan reaksi alergi seperti rasa panas pada kulit, gatal-gatal dan iritasi. Setelah mendapatkan bedak yang diinginkan, Anda juga bisa mencari cara merawat kulit sensitif pada pria dan wanita.

7. Bedak Berpelembab untuk Kulit Sawo Matang Bertipe Kering

Setelah membahas sedikit apa yang harus dilakukan ketika memilih bedak untuk kulit berwarna sawo matang dengan tipe sensitif dan normal, untuk kulit kering Anda bisa menggunakan bedak dengan kandungan pelembab. Ada sejumlah produk bedak yang memang dibuat dengan kandungan pelembab yang baik.

Jenis bedak untuk kulit kering pun sebaiknya adalah bedak padat dan berpelembab. Namun ketika Anda kesulitan untuk menemukan produk bedak seperti ini, Anda bisa coba memakai pelembab lebih dulu pada wajah sebelum bedak diaplikasikan ke wajah. Barulah foundation yang bisa Anda pakai setelah bedak.

Khusus pada cara ini, warna bedak yang digunakan seharusnya setingkat lebih gelap dari warna kulit. Warna yang dimaksud adalah warna tropical beige di mana warnanya lebih sedikit coklat namun tak berbeda jauh dari warna kulit asli. Cara pemakaian tersebut pun merupakan cara memakai bedak agar tahan lama pada wajah dan Anda dapat memraktikkannya nanti.

(Baca juga: bahan kosmetik yang berbahaya)

8. Bedak Tabur untuk Kulit Sawo Matang Bertipe Berminyak

Jika kulit sawo matang bertipe kering disarankan untuk memakai bedak padat berpelembab, untuk kulit berminyak memang akan lebih baik kalau memakai bedak tabur meski ada bedak untuk kulit berminyak. Loose powder adalah sebutan lain untuk bedak tabur dan jenis bedak ini akan sangat membantu dalam menyerap minyak berlebih pada wajah.

Sebaiknya hindari two way cake powder dan compact powder karena justru malah akan meningkatkan produksi minyak dan kilapan pada wajah. Bila Anda tak ingin kulit wajah kelihatan mengkilap, Anda bisa menggunakan bedak tabur dengan warna yang lebih gelap dari warna kulit Anda. Lebih dianjurkan lagi Anda bisa menggunakan warna bedak yang serupa dengan foundation yang Anda pakai.

sponsored links

9. Memilih Bedak yang Ringan Teksturnya

Selanjutnya, dalam memilih bedak terbaik yang sesuai dengan warna kulit sawo matang Anda, penting juga untuk menggunakan bedak bertekstur ringan. Hal ini khususnya berlaku bagi yang mempunyai kulit yang gampang berminyak dan mengkilap.

Bedak yang teksturnya berat biasanya justru tidak cocok untuk kulit berminyak karena kulit yang berpori-pori besar otomatis akan menyebabkan penyumbatan sehingga timbul jerawat. Bedak yang bertekstur ringan jauh lebih dianjurkan karena minyak yang berlebih pun mampu diserap secara sempurna. Dengan demikian, kulit wajah akan terasa ringan juga serta bebas dari minyak dan kelihatan segar.

(Baca juga: bb cream untuk kulit berminyak)

Tips Pemakaian Bedak

Untuk memakai bedak yang benar supaya hasilnya sempurna, ada beberapa langkah untuk diikuti, seperti misalnya:

  • Membersihkan wajah lebih dulu. Sebelum Anda memakai kosmetik apapun, selalu ingat untuk mencuci wajah lebih dulu. Anda bisa menggunakan toner untuk membersihkan wajah, tapi boleh juga bila mencuci wajah menggunakan sabun pembersih muka dan air.
  • Memakai foundation lebih dulu. Sebelum bedak dipoles ke wajah, foundation lebih dulu bisa diaplikasikan ke wajah; pilihlah foundation yang warnanya juga sesuai dengan warna kulit Anda sehingga tidak tampak begitu mencolok. Baru setelah foundation sudah selesai teraplikasi, Anda bisa menggunakan bedak. Namun terkadang ada juga cara di mana bedak lebih dulu diaplikasikan baru sesudah itu memakai foundation.
  • Mencuci kuas dan spons 1 minggu sekali. Jaga selalu kebersihan kuas atau spons yang Anda miliki dan sebaiknya Anda cuci 1 minggu sekali. Kuas atau spons yang kotor akan menjadikan kulit wajah menjadi mudah teriritasi. Akan banyak bakteri yang menumpuk pada alat kosmetik tersebut dan ketika disapukan ke wajah otomatis menjadikan wajah mudah berjerawat atau iritasi.
  • Bedak tabur lebih dulu, baru bedak padat. Bagi Anda yang memiliki kulit sawo matang bertipe normal dan bisa memakai dua tipe bedak, Anda dapat menggunakan bedak tabur lebih dulu sebelum kemudian dilanjutkan dengan bedak padat. Hasilnya bakal jauh lebih maksimal dengan cara ini.

(Baca juga: cara makeup natural untuk wajah bulat – bahan pemutih wajah berbahaya)

Itulah sedikit informasi tentang cara memilih bedak sesuai warna kulit sawo matang yang bisa Anda coba pertimbangkan dan lakukan. Kiranya dengan cara-cara tersebut, Anda bisa memperoleh bedak terbaik untuk warna kulit Anda.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 10th, December 2016 / 16:24 Oleh :
Kategori : Tips