12 Cara Memilih Bedak untuk Kulit Berminyak dan Mengkilap

Sponsored Links

Mungkin bagi beberapa wanita dengan kulit berminyak, mencari bedak yang tepat agak begitu sulit. Karena bukannya wajah kelihatan bersih dari minyak, hanya dalam waktu beberapa jam, justru wajah bakal kelihatan lebih berminyak dari biasanya. Penggunaan kosmetik sebaiknya disesuaikan pula dengan jenis kulit supaya kalaupun kulit Anda berminyak, bedak mampu menyerap minyak dan menahannya.

Jangan asal pilih bedak hanya dikarenakan harganya yang ekonomis atau kemasannya yang super menarik. Perhatikanlah apakah jenis bedak tersebut bakal sesuai dengan keadaan wajah Anda. Kalau Anda bingung, ada beberapa cara memilih bedak untuk kulit berminyak dan mengkilap seperti di bawah ini yang patut Anda perhatikan dan ikuti supaya memperoleh yang terbaik.

(Baca juga: cara merawat kulit berminyak – bahaya kandungan paraben pada kosmetik)

1. Memilih Produk Bedak Berlabel BPOM

Apapun jenis atau merk bedak untuk kulit berminyak yang Anda ingin beli, tentunya mengecek label BPOM adalah suatu kewajiban. Dalam proses pemilihan bedak, selain label BPOM, label terdaftar dari DepKes juga harus dicek lebih dulu untuk memastikan bedak tersebut adalah produk aman dan asli.

Adanya label tersebut bukan semata-mata tanda biasa, melainkan intinya produk bedak tersebut telah teregistrasi di DepKes dan dijamin pula oleh BPOM bahwa sangat aman dipakai. Karena sudah melalui proses uji klinis juga, maka biasanya yang sudah ber-BPOM dan ada label DepKes tak mengandung bahan berbahaya bagi kulit.

2. Memilih Merk Terpercaya

Supaya aman, Anda bisa memilih produk bedak yang memang dikeluarkan oleh merk yang terpercaya dan sudah bereputasi baik. Merk-merk terkenal biasanya tak akan mengecewakan, apalagi membahayakan bagi kulit wajah Anda karena kualitasnya pun sudah tinggi. Hanya saja, sayangnya banyak yang memalsukan sehingga Anda harus lebih cermat.

Selalu ingat untuk membeli bukan yang produk KW atau palsu, melainkan produk bedak yang asli saja. Pada umumnya, produk yang palsu jauh lebih murah dari produk asli sehingga ini cukup menggiurkan bagi para pembeli. Murah belum tentu bagus dan asli, maka kembali ke poin nomor 1, perhatikan ada tidaknya label BPOM.

(Baca juga: ciri-ciri kulit sensitif)

3. Memilih Loose Powder

Bedak tabur atau loose powder adalah yang paling dianjurkan bagi pemilik kulit wajah berminyak. Meski memang ada merk bedak padat untuk kulit berminyak, bedak tabur adalah yang terbaik karena biasanya bakal lebih melekat ketika digunakan bagi wajah dengan produksi minyak lebih. Kemampuan menyerap minyak juga lebih ampuh ketimbang bedak padat.

Bedak tabur sendiri memiliki beberapa kriteria yang harus dipenuhi khusus untuk mempercantik kulit wajah berminyak. Loose powder pun juga memiliki beberapa jenis lagi yang harus Anda pilih dan pertimbangkan. Itulah mengapa sangat penting juga untuk mengenal setiap jenis bedak, apalagi yang memang sesuai dengan kondisi kulit wajah.

sponsored links

4. Memilih Loose Powder tanpa Kandungan Wax

Wax adalah lilin dan pastikan bahwa bedak tabur atau loose powder yang Anda pilih bukanlah yang mengandung wax. Bedak tabur dengan kandungan wax atau lilin bakal membuat pori-pori tersumbat serta mampu membuat jerawat muncul sebagai efeknya. Itulah alasan mengapa Anda perlu menghindari bedak tabur jenis ini.

Sedangkan bedak tabur yang tanpa kandungan wax merupakan jenis bedak yang aman karena otomatis menandakan bahwa tak ada bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Bahkan bedak ini ketika digunakan bakal membuat wajah berminyak bisa menjadi tampak tak terlalu berminyak serta tidak akan kelihatan kering juga.

(Baca juga: penyebab kulit sensitif)

5. Memilih Loose Powder Bertekstur Ringan

Loose powder yang digunakan akan jauh lebih baik kalau bertekstur ringan karena semakin ringan tekstur dari loose powder, maka bedak itu pun bakal semakin gampang juga dalam penyerapan minyak yang diproduksi kulit wajah. Tingkat keringanan tekstur pada bedak tabur berbeda-beda, jadi Anda bisa mencari yang sangat ringan.

Ketika kulit Anda berminyak, itu artinya kulit pun mempunyai pori-pori yang besar dan itulah yang menyebabkan minyak keluar lebih banyak. Dengan bedak bertekstur ringan, maka kulit tak akan mudah memroduksi minyak terlalu banyak, tapi juga tak akan membuat kulit menjadi kelihatan kering sehingga tak perlu Anda khawatirkan.

6. Memilih Bedak Bayi

Beberapa orang memiliki kulit sensitif sehingga mereka selalu ekstra hati-hati dalam mencari cara merawat kulit sensitif pada pria dan wanita. Saat jenis kulit wajah terlalu sensitif dan sulit menemukan jenis bedak yang benar-benar sesuai, bedak bayi adalah solusi yang terbaik dan bisa Anda coba secara langsung.

Kriteria dari bedak bayi sangatlah tepat untuk para pemilik kulit wajah berminyak nan sensitif. Ini karena bedak bayi termasuk sangat ringan teskturnya, oil free serta tak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Seperti kita tahu, kulit bayi sangatlah sensitif, maka bedak bayi pun cocok untuk digunakan bagi yang kulitnya mempunyai sensitivitas tinggi.

(Baca juga: penyebab kulit berminyak – bahaya penggunaan kosmetik yang berlebihan)

7. Memilih Bedak dengan Kandungan Rose Fruit Extract, Saw Palmetto dan Porous Powder

Bedak dengan kandungan tinggi akan rose fruit extract, kemudian juga saw palmetto dan porous powder diketahui dapat berfungsi mengatasi kulit berminyak. Kalau kebanyakan produk bedak justru membuat muka lebih berminyak dan terlihat tak menarik saking mengkilapnya, bedak jenis ini berbeda.

Ketiga bahan tersebut bila ada terkandung di dalam bedak yang Anda beli maka akan sangat bermanfaat untuk mengontrol produksi minyak yang super berlebih. Memang harus lebih cermat dalam membeli bedak dan perlu melihat kandungannya dengan baik sebelum memakainya. Jika Anda menemukan bedak semacam ini, tak perlu ragu untuk memilihnya.

8. Memilih Bedak yang Tidak Ada Kandungan Bahan Kimia Berbahaya

Tentunya setiap kita ingin selalu aman ketika menggunakan kosmetik apapun, termasuk juga bedak. Oleh karena itu, Anda bisa selalu rajin mengecek label dan review sebelum membeli sebuah produk tertentu demi mengecek ada tidaknya bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Bahan yang dimaksud berbahaya di sini tentunya adalah bahan seperti merkuri dan hidroquinon yang bila digunakan dalam jangka waktu panjang mampu menyebabkan kanker kulit. Jadi, mulailah cermat dalam membeli bedak, meski bedak khusus untuk kulit berminyak. Bedak yang alami jauh lebih positif efeknya dan tak akan berefek buruk bagi kesehatan kulit Anda.

(Baca juga: bb cream untuk kulit berminyak)

9. Memilih Bedak yang Pas dengan Warna Kulit

Dalam proses pemilihan bedak khusus untuk kulit berminyak, tak hanya tekstur dan keamanannya saja yang perlu dipertimbangkan. Masalah warna bedak pun juga perlu untuk Anda sesuaikan dengan warna kulit. Bila kulit Anda termasuk sawo matang, carilah cara memilih bedak untuk kulit sawo matang.

Saat warna kulit Anda sawo matang dan Anda memilih menggunakan bedak dengan warna terang, maka ini akan menjadikan tampilan kurang begitu natural. Sebaliknya, warna kulit yang terang memakai warna bedak yang gelap juga tak akan kelihatan sempurna. Kesesuaian antara warna bedak dan kulit bakal mendukung penampilan yang jauh lebih cantik dan alami.

10. Memilih Bedak Tanpa Efek Panas dan Gatal di Wajah

Tak semua bedak untuk kulit berminyak itu bagus dan aman, karena kita tidak pernah tahu apa saja kandungan bahan yang ada di dalamnya selama proses pembuatan. Bahkan terkadang walau diperuntukkan bagi pemilih wajah berminyak, bedak tersebut tidaklah cocok di kulit.

sponsored links

Efek yang kemungkinan terjadi adalah timbulnya rasa panas sekaligus gatal-gatal sehingga memunculkan rasa tak nyaman pada kulit wajah. Terkadang apabila bedak ini terus dilanjutkan pemakaiannya bisa-bisa malah merusak kulit. Jadi, segera hentikan pemakaian bila sudah begini dan gantilah dengan bedak lain yang lebih aman dengan bahan-bahan terpercaya.

(Baca juga: cara memilih bedak untuk kulit sawo matang)

11. Memilih Bedak Oil Free

Produk bedak yang menjanjikan efek positif bagi kulit berminyak terkadang tidaklah sesuai dengan apa yang diharapkan. Bedak yang benar-benar oil-free adalah yang paling dibutuhkan oleh para pemilik kulit berminyak pada wajah. Kini sudah banyak bedak oil free yang sangat sesuai bagi jenis kulit Anda.

Biasanya, produk-produk tersebut juga sudah dilengkapi dengan bahan seperti asam glikolat yang bisa membantu pencegahan terjadinya pori-pori tersumbat sehingga tak akan memicu jerawat. Produk dengan oil free total juga bakal awet di kulit wajah karena tak gampang luntur meskipun Anda memakai bedak untuk melakukan kegiatan sepanjang hari.

12. Memilih Bedak Anti Kilap

Ada jenis-jenis bedak yang memang memberikan efek kilap bagi kulit wajah, namun sebetulnya jenis bedak seperti ini hanyalah cocok bagi yang mempunyai kulit kering. Terkadang orang yang memiliki kulit kering menginginkan kulit wajahnya terlihat sedikit mengkilap ketimbang kering dan kelihatan mengelupas.

Bedak tabur yang antikilap adalah solusi bagi wajah dengan tipe berminyak. Bila hendak mengaplikasikannya, Anda bisa menggunakan puff yang diaplikasikan dengan cara menepuk-nepuk wajah. Tapi ada juga orang-orang yang lebih nyaman menggunakan kuas ketika proses pengaplikasian. Anda bisa memilih salah satunya karena kedua cara sama saja dan sesuaikan dengan kenyamanan Anda saja.

(Baca juga: cara memakai bedak agar tahan lama – bahan kosmetik yang berbahaya)

Itulah sejumlah cara memilih bedak untuk kulit berminyak yang bisa Anda pertimbangkan. Ada begitu banyak kriteria yang perlu dipenuhi karena rata-rata kulit wajah berminyak mempunyai pori-pori besar, sensitif, serta mudah berjerawat sehingga penggunaan kosmetik pun harus ekstra hati-hati. Kiranya tips tersebut mampu membantu Anda supaya terjauh dari masalah kulit berjerawat.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 10th, December 2016 / 19:05 Oleh :
Kategori : Tips