13 Tips Memakai Eyeshadow untuk Penampilan Lebih Menawan

Sponsored Links

Wanita jelas tak bisa jauh-jauh dari yang namanya tata rias, walau memang tak semua wanita menggemari kosmetik dan berdandan. Salah satu hal yang mungkin mengganjal di hati Anda kini adalah tentang bagaimana cara mengenakan eyeshadow dengan baik dan tampak indah. Beberapa tips memakai eyeshadow berikut kiranya mampu membuat tampilan Anda secara total dan lebih menawan.

(Baca juga: cara memilih bedak sesuai warna kulit sawo matang foundation untuk kulit gelap)

1. Membersihkan Bagian Kelopak Mata

Sebelum mulai memulas eyeshadow pada kelopak mata, tentu Anda perlu membersihkannya lebih dulu. Terkadang dikarenakan kelopak mata yang kotor serta berkeringat, maka eyeshadow hasilnya kurang bagus dan tak bisa melekat sempurna dan maksimal. Anda bisa menggunakan sabun khusus pembersih wajah untuk mencuci wajah lebih dulu berikut bagian kelopak mata. Atau, gunakan saja toner dan cleanser; lalu, keringkanlah kelopak mata menggunakan handuk bersih atau tisu.

2. Mengolesi dengan Concealer

Sesudah kelopak mata bersih pun, Anda jangan lupa untuk mengoleskan foundation atau yang kita sebut juga dengan concealer. Base makeup sangatlah penting dan concealer ini sendiri bertujuan supaya eyeshadow nantinya bisa terkunci alias melekat lebih maksimal dan tahan lama. Concealer jugalah yang dapat membuat warna kelopak mata yang kelihatan gelap lebih rata.

Hanya saja, ada juga yang perlu Anda pertimbangkan, yaitu penggunaan concealer yang bentuknya liquid atau krim saja. Concealer ada juga yang tersedia dalam bentuk bedak, namun hindari yang bentuknya demikian sebab kulit kelopak mata biasanya lebih tipis dari kulit area lainnya. Concealer dalam bentuk bedak juga tak akan membuat eyeshadow awet. Tak hanya itu, perhatikan pula bahaya make up palsu karena produk eyeshadow pun juga banyak yang sudah dipalsukan.

3. Memilih Kuas yang Tepat

Selain pemilihan concealer yang pas untuk kulit kelopak mata, selanjutnya Anda juga perlu memilih kuas yang sempurna di mana kuas ini nantinya bakal digunakan dalam proses pengaplikasian eyeshadow. Hasil polesan eyeshadow yang luar biasa indah pada mata juga ditentukan oleh kuas yang digunakan.

Itulah mengapa Anda dapat memilih kuas secara lebih hati-hati, dan akan lebih baik apabila kuas yang dibuat dari bulu binatanglah yang Anda pilih. Diketahui bahwa tekstur pada kuas ini lebih halus dan hasil polesan pun dijamin rata dan menyeluruh. Kuas apa yang seharusnya tidak Anda pilih? Kuas sintetis adalah jawabannya karena jenis kuas seperti ini tak akan mampu memadukan 2 atau lebih warna eyeshadow dengan maksimal.

Anda juga disarankan untuk memakai kuas kering apabila ingin memulas eyeshadow secara natural. Jadi, pemilihan eyeshadow pun sangat berpengaruh terhadap hasil pada bagian kelopak mata Anda. Jika Anda masih bingung, Anda bisa juga meminta saran dari staf yang melayani Anda di toko kosmetik.

(Baca juga: cara memilih bedak untuk kulit berminyak)

4. Membasahi Kuas Lebih Dulu

Saran lainnya yang bisa Anda perhatikan dan ikuti adalah membasahi kuas lebih dulu sebelum mulai memakainya. Apa tujuannya? Rupanya dengan membuat kuas basah lebih dulu, maka saat dipoles ke area kelopak mata, eye shadow bakal kelihatan lebih tajam sehingga hasil sapuannya akan begitu menawan.

5. Pemakaian Eyeshadow Natural

Setelah mengintip apa saja tips umum sebelum memakai eyeshadow, kini kita akan beralih pada praktiknya langsung. Khusus untuk penggunaan eyeshadow natural, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda coba:

  • Menggunakan Warna Netral

Tak masalah apabila Anda masih belajar dalam hal tata rias apalagi khususnya dalam penggunaan eyeshadow. Anda bisa memulai dengan pemilihan warna eyeshadow yang netral, contohnya abu-abu, putih, hitam, serta coklat. Warna-warna tersebut adalah yang paling sesuai untuk segala jenis dan warna pakaian, selian itu untuk berbagai acara memang warna eyeshadow netral lebih cocok dan selalu kelihatan cantik.

sponsored links
  • Memakai Spons atau Kuas Lebar dan Berukuran Kecil

Ada baiknya pemakaian kuas juga diperhatikan sekalipun Anda hanya ingin memoles eyeshadow secara natural. Untuk hasil yang lebih baik dan cantik, And dapat menggunakan spons atau kuas yang ukurannya kecil tapi lebih lebar. Ingat bahwa spons atau kuas dengan rambut yang halus sekaligus tebal dan lebar biasanya berkualitas lebih baik.

  • Menggunakan Satu Warna

Pemakaian eyeshadow natural pada umumnya hanya berfokus pada satu warna saja dan Anda bisa menyapukannya langsung di kelopak mata sampai menyeluruh. Sesudah itu, jangan lupa untuk membuat eyeshadow terbaur hingga pada bagian atas kelopak mata. Cara ini biasanya akan membuat tampilan lebih sempurna.

(Baca juga: bb cream untuk kulit berminyak)

6. Pemakaian Eyeshadow Dua Warna

Selain dari pemakaian eyeshadow natural yang merupakan satu warna, ada juga metode penggunaan eyeshadow dua warna di mana Anda bisa juga memraktikkannya di rumah.

  • Memilih Warna Tua dan Muda

Dalam penggunaan eyeshadow dua warna, Anda dapat memadukan antara warna yang tua dan yang muda. Untuk variasi pemakaian, tentu hal ini tergantung dari selera masing-masing penggunanya, tapi ingat juga untuk memerhatikan peletakannya. Yang pertama, Anda bisa memulai pada garis kelopak mata dengan memoles eyeshadow warna tua, baru setelah itu Anda bisa memperindah bagian atas garis dengan eyeshadow warna muda.

  • Warna Muda pada Kelopak Mata dan Warna Gelap pada Sudut Mata

Tips selanjutnya yang sebetulnya sudah cukup umum dan banyak digunakan adalah memoles warna eyeshadow muda di bagian kelopak mata, lalu warna gelap digunakan pada bagian sudut mata. Eyeshadow dapat dipoles sampai ¾ bagian lipatan di kelopak mata, barulah bisa ditambah dan ditumpuk dengan warna terang di bagian bawah alis.

Khusus untuk penggunaan eyeshadow dua warna ini memang bukanlah tips yang sering digunakan untuk keseharian, melainkan hanya sewaktu Anda hendak menghadiri suatu acara formal. Ketika Anda merasa bahwa warna kedua eyeshadow kurang mencolok, tambahkan lapisannya yang bisa disesuaikan dengan warna eyeshadow sebelumnya.

7. Pemakaian Eyeshadow Tiga Warna

Selain satu warna dan dua warna, penggunaan eyeshadow juga bisa dilakukan secara tiga warna. Sama halnya dengan pemakaian dua warna, tiga warna biasanya diaplikasikan sewaktu hendak menghadiri acara formal dan pesta.

  • Memulai dengan Warna Netral

Untuk mengawalinya, Anda bisa menyapukan lebkih dulu warna eyeshadow yang berwarna netral agar kelihatan lebih natural dan lembut pada lipatan mata. Pakailah spons atau kuas eyeshadow berukuran kecil seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya pada tahap penggunaan warna netral.

  • Menggunakan Warna Medium

Pada satu kuas Anda bisa mencampurkan dua warna sekaligus, namun pada langkah ini silakan untuk memilih warna medium. Aplikasikanlah ke area tengah mata dengan memanfaatkan kuas yang ukurannya lebih besar.

  • Memakai Warna Gelap pada Langkah Akhir

Untuk mengakhiri, Anda bisa menggunakan eyeshadow berwarna gelap yang diaplikasikan di area luar mata. Anda bisa memakai kuas yang ukurannya kecil supaya dapat menonjolkan kontur mata. Jadi, warna lembut di awal, warna medium di tengah-tengah, lalu warna gelap untuk sentuhan akhir.

(Baca juga: cara memakai bedak agar tahan lama)

8. Pemakaian Eyeshadow untuk Mata Berkantung

Bagi Anda yang mempunyai mata yang kelihatan membengkak, terutama mata berkantung, Anda bisa menggunakan eyeshadow dengan jenis matte daripada shimmer. Caranya, cukup dengan memoles pada setengah area kelopak mata lebih dulu, lalu baurkan sedikit dengan memakai warna yang sedikit lebih gelap. Sepanjang kelopak pada atas mata dapat dibubuhkan eyeshadow yang tebal, terutama di bagian sudut paling luar dan baurkan.

sponsored links

9. Pemakaian Eyeshadow untuk Mata tanpa Garis Lipatan Kelopak Mata

Untuk mata yang tidak memiliki garis lipatan kelopak mata atau yang disebut juga dengan monolid eyes, Anda bisa menyapukan eyeshadow berwarna terang sampai seluruh bagian di lipatan mata. Jika ingin menambahkan kesan bahwa lipatan kelopak mata eksis, poles bayangan sedikit di mana dapat menciptakan garis yang berada di antara setengah lipatan kelopak mata. Garis dapat dibubuhkan kembali menggunakan eyeshadow gelap atau sekalian saja memakai eyeliner warna hitam pada bagian atas setengah kelopak mata di mana pada sudut luar matalah ujung eyeliner dijatuhkan.

(Baca juga: cara memilih lipstik sesuai warna bibir)

10. Pemakaian Eyeshadow untuk Mata Turun

Ada juga beberapa orang yang memiliki bentuk mata turun atau sedih di mana istilah yang sering terdengar adalah downturned eyes. Untuk jenis mata seperti ini, gunakan warna terang yang bisa dipoles ke seluruh area kelopak mata beserta bagian dalam lipatan mata. Supaya terkesan mata bisa tegas dan terangkat, pakailah warna gelap yang diaplikasikan di setengah daerah kelopak mata sampai dengan daerah luar sudut mata. Untuk setengah daerah sudut paling luar dari mata Anda, gunakan eyeshadow matte dengan warna lebih gelap.

11. Pemakaian Eyeshadow untuk Mata Sayu

Untuk mata yang sayu dikarenakan kelelahan atau kurang tidur, Anda juga bisa memakai eyeshadow supaya kelihatan lebih segar. Eyeliner harus disapukan lebih dulu kali ini; carilah cara agar eyeliner tidak luntur juga. Selanjutnya, pakai eyeshadow warna terang dan gelap untuk dibaurkan pada area 2/3 mata. Sebagai langkah akhir, bulu mata palsu yang ketebalannya cukup tinggi bisa ditambahkan juga.

(Baca juga: cara memilih bedak untuk kulit sawo matang)

12. Pemakaian Eyeshadow untuk Mata Lebar

Khusus bagi pemilik mata yang lebar memang harus lebih jeli dan hati-hati dalam memilih warna eyeshadow. Pemakaian eyeshadow bisa dimulai dengan memoles eyeshadow yang warnanya gelap yang berawal dari sudut luar hingga daerah tengah kelopak mata. Selanjutnya, pakai eyeshadow warna terang yang disapukan dari area tengah hingga sudut bagian dalam kelopak mata. Bagian tengah kelopak mata adalah titik baur pada kedua warna eyeshadow.

13. Pemakaian Eyeshadow untuk Mata Cekung

Bagi yang memiliki mata cekung, ada trik juga untuk membuat mata kelihatan lebih cantik. Gunakan eyeshadow warna terang untuk disapukan pada sudut dalam kelopak mata hingga bagian luar. Supaya efeknya lebih dramatis, silakan lapisi dengan eyeshadow warna gelap tepat pada sudut ekor kelopak mata. Sapukanlah kedua warna ke atas supaya eyeshadow warna terang dan gelap dapat dipadukan dengan sempurna.

(Baca juga: cara memakai lipstik untuk bibir hitam – bb cream sebagai pengganti foundation merk lipstik tahan lama)

Demikianlah sedikit tips memakai eyeshadow yang perlu diketahui supaya dapat menyesuaikan dengan acara yang hendak dihadiri berikut juga tipe dan bentuk mata Anda. Mulailah dulu dengan satu warna, dan ketika telah terbiasa, Anda bisa mencoba perpaduan dua hingga tiga warna eyeshadow. Hanya saja, perhatikan juga bahaya penggunaan kosmetik yang berlebihan untuk kesehatan kulit Anda.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 11th, December 2016 / 02:49 Oleh :
Kategori : Tips