15 Manfaat Buah Kelapa Bagi Kecantikan Tubuh

Sponsored Links

Wanita mana sih yang tidak ingin terlihat cantik? Setiap wanita tentu ingin bukan? Oleh karena itulah maka tak heran jika saat ini telah banyak bermunculan salon-salon kecantikan yang menawarkan jasa perawatan tubuh yang tentunya akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit bagi para konsumen untuk bisa memanfaatkan jasa tersebut. Sebenarnya jika mau, kita bisa memanfaatkan produk alam yang banyak dijumpai di sekitar kita untuk melakukan perawatan kecantikan lho. Salah satunya adalah dengan menggunakan buah kelapa. (Baca Juga: Bahaya Facial di Salon , Jenis Perawatan Rambut di Salon)

Buah kelapa telah terkenal memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti menurunkan darah tinggi, mencegah dehidrasi, dan masih banyak sekali manfaat lainnya. Tapi, manfaat yang dimiliki buah berbentuk bulat tersebut tak hanya sebatas itu, karena ternyata buah kelapa juga memiliki segudang manfaat bagi kecantikan. (Baca Juga: Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Wajah , Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Rambut)

Kandungan Nutrisi buah kelapa

Fakta telah menunjukkan bahwa buah kelapa memiliki kandungan asam amino seperti arginin, alanin, serin, dan sistein yang lebih tinggi daripada susu sapi. Selain itu, terdapat kandungan asam amino lainnya yang terkandung di dalam air kelapanya, yaitu berupa asam amin esential berupa fenilalanin, glutamin, tirosin, lisin, leusin, serta histidin yang sangat diperlukan dalam proses penyusunan protein serta molekul lainnya di dalam tubuh kita. (Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Perawatan Alis)

Tapi yang tak kalah penting adalah, bahwa terdapat berbagai macam kandungan nutrisi lainnya seperti protein, protein, mineral, karbohidrat, lemak (dalam jumlah sedikit), vitamin C, asam folat, riboflavin, asam pantotenat, asam nikotenat, dan masih banyak lagi nutrisi lainnya. (Baca Juga: Suntik Vitamin C dan Kolagen , Manfaat Vitamin E Untuk Kulit)

Manfaat Buah Kelapa bagi Kecantikan

1. Makeup removal

Bekas penggunaan make up yang tidak dibersihkan bisa menimbukan berbagai masalah pada kulit wajah, salah satunya adalah dengan timbulnya jerawat. Caranya cukup dengan menggosok-gosokkan minyak kelapa dengan gerakan memutar pada bagian wajah dan leher. setelah itu, bersihkan dengan produk pembersih yang biasa Anda gunakan. (Baca Juga: Pembersih Wajah Alami , Cara Merawat Kulit Wajah agar Putih)

2. Melembabkan kulit

Minyak yang diekstrak dari buah kelapa memiliki sangat efektif untuk meningkatkan hidrasi serta mengurangi resiko kondisi kulit mengalami kekurangan air serius. Minyak tersebut memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, serta terkandung bahan pelembab yang baik digunakan untuk kulit wajah maupun anggota tubuh lainnya seperti bibir, tumit, dan lain sebagainya. (Baca juga: Cara Merawat Kulit Kering , Manfaat Madu Untuk Kesehatan Kulit)

sponsored links

3. Menyegarkan Nafas

Sifat antibakteri dan antijamur yang dimiliki oleh minyak kelapa juga sangat baik untuk membantu membersihkan kuman-kuman yang bersarang di mulut. Cobalah untuk berkumur dengan minyak yang diekstrak dari buah kelapa selama +- 20 menit. Anda akan mendapatkan nafas yang segar, gigi yang putih, serta gusi yang lebih sehat. (Baca Juga: Cara Merawat Wajah Agar Tetap Segar , Manfaat Air Teh Untuk Kecantikan Wajah)

4. Mengatasi kulit kering

Kulit kering seringkali menimbulkan efek kulit terlihat pecah-pecah, kusam, dan keriput. Minyak kelapa dipercaya dapat membantu mengangkat kotoran pada kulit serta membantu menjaga kelembaban kulit dari luar. Dengan begitu, masalah kulit kering, kusam, dan keripu yang Anda miliki akan bisa Anda hindari. Dan hasilnya, kulit Anda akan terlihat lebih segar dan kenyal. (Baca Juga: Langkah Perawatan Kulit Kering , Vitamin untuk Kulit Kering)

5. Memudahkan dalam Bercukur

Minyak kelapa juga bisa dijadikan sebagai alternative lain untuk memudahkan Anda dalam mencukur bulu kaki maupun ketiak. Selain murah, sifat antimikroba yang dimiliki oleh minyak tersebut akan membuat hasil cukuran bisa lebih optimal jika dibandingkan dengan cream cukur lain yang beredar di pasaran. (Baca Juga: Merk Pelembab untuk Kulit Sensitif , Pelembab Untuk Kulit Kombinasi)

6. Sebagai lulur

Ingin luluran tak harus mengeluarkan biaya mahal untuk membeli krim lulur atau pergi ke salon kecantikan lho. Cukup dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang lebih aman yang ada di sekitar kita, yaitu dengan mencampurkan garam laut atau gula dengan minyak kelapa yang dipanaskan. Sebagai tambahan, Anda juga bisa menambahkan minyak essential dengan aroma kesukaan Anda. Penggunaan scrub atau lulur tersebut akan membantu menjaga kelembaban kulit serta menghilangkan sel-sel kulit mati. (Baca Juga: Cara Membuat Lulur Susu Yang Mudah , Cara Membuat Lulur Kunyit)

7. Mengatasi masalah ketombe

Ketika kondisi kulit kepala menjadi kering, resiko timbul ketombe pada kulit kepala akan semakin meningkat. Untuk itu, menjaga kelembaban kulit kepala juga perlu menjadi perhatian Anda. Minyak kelapa bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan membantu memberikan kelembaban pada kulit kepala Anda. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami , Cara Alami Menghilangkan Ketombe)

8. Sebagai kondisioner alami

Salah satu alasan mengapa minyak kelapa sangat baik jika diterapkan sebagai kondisioner adalah karena minyak kelapa memiliki kekuatan yang lebih baik dalam menembus kulit kepala sertaaa dapat mencegah hilangnya protein dari dalam rambut. Caranya mudah, cukup dengan menerapkan beberapa tetes minyak kelapa pada kulit kepala di malam hari. Tutup kepala dengan menggunakan handuk atau shower cup selama +- semalam. Paginya, bilas rambut dengan menggunakan shampo.

9. Membantu memutihkan gigi

Minyak kelapa juga bisa dijadikan alternative lain dalam hal membersihkan gigi Anda, misalnya saja ketika Anda kehabisan pasta gigi atau mereka yang memiliki gigi tidak putih. Cukup dengan mencampurkan beberapa tetes minyak kelapa dengan sedikit backing soda. Selanjutnya terapkan ramuan tersebut sebagai pasta gigi untuk menggosok gigi Anda. (Baca juga: Cara Merapikan Gigi Tanpa Behel , Cara Merapikan Gigi)

10. Menghilangkan garis-garis halus di sekitar mata

Biasanya, kulit yang berada di daerah di bawah mata kita sangat halus dan juga tipis. Hal inilah yang menyebabkan bagian kulit tersebut lebih rentan timbulnya garis-garis halus, lingkaran hitam, serta pembengkakan. Kandungan antioksidan dari minyak yang diekstrak dari buah kelapa dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Cobalah untuk menggunakannya sebagai krim malam Anda, yaitu dengan menggosok-gosokkan secara perlahan minyak kelapa pada kulit di bawah mata Anda. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata , Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Sendok)

11. Menghilangkan stretch mark

Ini adalah masalah yang sering menimpa kaum wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Minyak kelapa bisa digunakan sebagai cream penghilang stretch mark lho, yaitu dengan mencegah timbulnya bintik-bintik gelap serta lecet akibat pembentukan stretch mark.(Baca Juga: Manfaat Daun Pegagan Untuk Kulit)

12. Membantu mengobati luka

Selain menghilangkan strestch mark, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk menyembukan luka. Jadi tidak hanya ibu hamil saja, akan tetapi semua bisa mengambil manfaat buah kelapa tersebut, khususnya untuk mengobati luka seperti memar, luka bakar, digigit serangga, dan lain sebagainya. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka)

sponsored links

13. Sebagai parfum alami

Memiliki tubuh yang wangi tidak harus menggunakan produk-produk parfum yang mahal harganya. Cobalah untuk menerapkan beberapa tetes minyak kelapa pada kulit Anda setelah mandi. Selanjutnya Anda hanya tinggal mengeringkannya saja. selain memiliki aroma tropis, minyak tersebut juga mengandung SPF 4 alami. Selain itu, minyak kelapa juga bisa diramu menjadi deodorant alami yang bisa Anda pergunakan. Caranya adalah dengan mencampurkan minyak kelapa dengan tepung maizena, bubuk garut, baking soda, serta parfum.

14. Menghilangkan kutu rambut

Munculnya kutu di kulit kepala atau rambut tentu saja akan mengganggu penampilan Anda setiap harinya. Anda menjadi kurang percaya diri dalam menghadapi rekan-rekan Anda. Tapi Anda tak perlu khawatir karena terapi dengan menggunakan minyak kelapa dipercaya ampuh untuk mengatasi timbulnya kutu-kutu pada rambut Anda tersebut. caranya adalah, setelah Anda membersihkan atau mencuci rambut dengan menggunakan cuka sari apel. Setelah mengering, oleskan minyak kelapa ke seluruh kulit kepala. Diamkan selama +- 12 jam atau bisa juga semalaman. Langkah selanjutnya adalah dengan cara menyikat atau menyisir sebelum proses pembilasan rambut dilakukan. (Baca Juga: Manfaat Hair Tonic)

15. Minyak urut

Saat ini, banyak toko-toko yang menyediakan minyak pijat yang berasal dari minyak kelapa di tokonya. Selain memberikan efek licin, penggunaan minyak kelapa sebagai bahan pijat juga bisa membantu melembabkan kulit Anda. Dan satu hal yang harus selalu Anda ingat adalah bahwa minyak kelapa sangat ramah dengan kulit Anda, jadi ketika minya tersebut diterapkan pada kulit maka hal itu tidak akan memberikan efek apapun. (Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut)

Ternyata tak hanya nikmat dikonsumsi dan menyehatkan saja yang bisa didapatkan dari buah yang memiliki nama latin coconut tersebut ya. Banyak manfaat lain yang bisa didapatkan, salah satunya adalah dalam dunia kecantikan. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya, selamat mencoba.

 

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 09th, January 2017 / 00:37 Oleh :
Kategori : Buah Sehat