Sponsors Link

7 Manfaat Melon untuk Kecantikan

Sponsored Links

Buah melon selama ini terkenal karena rasanya yang manis dan segar sehingga disukai dan diolah menjadi berbagai produk mulai dari sirup, juice, es buah, es campur, minuman kemasan, ekstrak rasa dalam makanan-makanan kemasan, masker dan lain sebagainya. Selain itu, tekstur kulit buah melon yang alami dan unik juga banyak diadopsi dalam berbagai produk semisal keramik dan wallpaper, hiasan dinding dan keperluan dekorasi lain. Di balik dua hal tersebut, buah melon yang kaya vitamin C dan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Rasanya yang enak dan segar membuat banyak orang memilih buah ini sebagai bahan alami perawatan kecantikan untuk mendapatkan hasil maksimal nan alami.

Nah, untuk Anda yang masih penasaran apa saja manfaat buah melon yang bisa Anda gunakan untuk mendukung penampilan dan mempercantik diri, berikut adalah rincian detailnya;

1. Menghindarkan dan Mengobati Jerawat

Untuk keperluan ini, Anda bisa menggunakan masker melon sebelum atau ketika jerawat tumbuh di wajah. Cara meracik masker melon terbilang sederhana dan murah, yakni dengan menghaluskan buah melon kemudian mencampurnya dengan dua sendok makan air jeruk nipis. Setelah siap, basuh wajah dengan air hangat kemudian oleskan masker ke seluruh wajah secukupnya. Diamkan hingga 15 menit kemudian bilas kembali dengan air dingin. Selama jangka waktu 15 menit tersebut, Anda mungkin akan merasa perih sebagai tanda bahwa zat-zat dalam masker yang Anda gunakan tengah bekerja.

Selain mencegah dan mengobati jerawat, masker melon semacam ini juga bisa memperkecil pori-pori kulit wajah dan menghilangkan noda-noda hitam bekas jerawat yang seringkali susah dihilangkan. Ada juga yang menggunakan cara lebih praktis untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat, yakni dengan menggosok-gosokkan daging melon pada bagian wajah, utamanya tempat noda hitam muncul.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Memiliki kulit wajah cerah adalah impian semua orang. Anda dapat mendapatkan wajah yang cerah baik dengan mengonsumsi melon (200 gram perhari) ataupun mengoleskan daging melon yang telah dihaluskan ke wajah dan leher Anda. Bedanya dengan treatment pertama, Anda tidak perlu mencampurnya dengan air perasan jeruk nipis dan mendiamkannya lebih lama, yakni 20 menit. Sebaiknya, perawatan ini dilakukan sebelum tidur. Air yang berlimpah dalam melon seperti yang Anda rasakan di gigitan pertama menyantap buah ini dapat mencerahkan kulit karena dapat membersihkan sel kulit mati secara menyeluruh pada bagian yang dilumuri masker.

Baca juga tentang :

sponsored links

3. Melembabkan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Cara meracik ramuan masker untuk dua tujuan ini tidak jauh berbeda dengan perawatan pertama, yakni dengan menghaluskan daging melon. Bedanya, Anda dapat menambahkan 2 sendok madu ke dalam melon yang telah halus kemudian mengoleskannya ke wajah Anda yang terlebih dahulu telah dibersihkan. Selain itu, Anda juga harus membiarkan melon menempel di kulit Anda sepanjang malam selama tidur.

Cara lain yang juga banyak dilakukan untuk mencegah penuaan dini menggunakan melon adalah dengan menggunakan adonan melon dan madu tak ubahnya lotion yang dioleskan dan dipijat pada seluruh bagian wajah. Setelah itu, 15 menit kemudian, Anda bisa membilas wajah dengan air bersih. Langkah ini tentu cukup praktis dibanding membiarkan adonan melon semalaman di wajah Anda karena berpotensi didatangi semut, mengotori kasur atau sarung bantal dan kemungkinan-kemungkinan lain.

Baca juga perawatan kulit lainnya :

4. Menyehatkan Rambut dan Kulit Kepala

Melon juga dapat mencegah kerontokan dan menyuburkan rambut jika dijadikan semacam kondisioner sebelum keramas. Untuk tujuan ini, Anda perlu menghaluskan melon secukupnya, menambahkan 2 sendok madu dan oleskan di kulit kepala Anda sambil dipijat-pijat lembut. Lakukan hal tersebut selama 15-20 menit kemudian susul dengan keramas dan penggunaan shampo. Dengan perawatan seminggu dua kali, treatment ini dapat mengatasi rambut rontok dan menambah kesuburan rambut. (baca juga : penyebab kulit kepala gatal)

5. Menyehatkan Mata

Selain kandungan air dan vitamin C yang berlimpah, melon juga memiliki kandungan vitamin A yang begitu bagus untuk mata Anda dan akan berefek pada penampilan Anda juga. Dipadu dengan kulit cerah, kencang dan sehat, mata yang sehat dan bebas gangguan akan terlihat lebih indah dan ini dapat sangat menunjang penampilan Anda.

Sponsors Link

6. Menyehatkan Kulit

Buah melon mengandung banyak kolagen yang berguna mempercepat proses regenerasi kulit dan pelepasan sel kulit mati. Karena itu, konsumsi buah melon yang teratur dapat membantu Anda memiliki kulit segar dan kencang serta sehat. Sel kulit mati yang tidak segera terangkat dan diganti oleh yang baru sangat berpotensi menggelapkan warna kulit. Mudahnya, jika Anda mau sel kulit mati Anda segera diganti sel kulit baru dan warna kulit wajah Anda cerah, rutinlah mengonsumsi melon sehingga sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Anda dapat merasakan melon yang manis dan segar dan dalam waktu yang sama menjaga kesehatan dan kecerahan kulit, utamanya kulit wajah.

7. Menyejukkan Kulit

Ini utamanya akan sangat berguna bagi Anda yang sering terkena sinar matahari. Setelah beraktivitas di luar, tak jarang kulit terasa gosong dan kerontang sehingga akan menggelapkan warna kulit wajah dan merasakan sensasi panas yang tidak ringan. Untuk mengatasi keluhan ini, Anda bisa memanfaatkan melon dengan cara mengiris tipis buahnya kemudian membungkusnya dengan kain kasa atau kain tipis. Setelah itu, letakkan pada wajah sekitar 15 menit maka wajah akan sejuk dan dingin serta segar. Dalam keadaan semacam ini, Anda tidak disarankan menggunakan air hangat atau air dingin karena akan menyebabkan iritasi dan mematikan sel kulit yang masih baru.

Mengetahui manfaat-manfaat tersebut di atas tentu dapat meningkatkan kecintaan Anda pada buah manis ini. Karenanya, Anda memiliki semakin banyak alasan untuk memilih buah ini di toko buah karena sedikitnya, Anda bisa memanfaatkannya untuk dua hal. Yang pertama adalah untuk konsumsi dengan berbagai olahan yang menggoda selera sedang yang kedua adalah menggunakkanya sebagai bahan perawatan wajah, mulai dari masker, tumbukan halus hingga irisan-irisan melon yang ditempelkan pada kulit. Jangan lupa untuk menjaga konsistensi dalam mengatur pola konsumsi, termasuk dalam hal porsi, serta dalam perawatan agar Anda bisa mendapat hasil terbaik.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 10th, December 2015 / 09:48 Oleh :
Kategori : Buah Sehat