Sponsors Link

5 Manfaat Memakai Masker Bengkoang Setiap Hari

Sponsors Link

Selain sering dijadikan bahan rujak, bengkoang selama ini juga dikenal sebagai bahan alami untuk mencerahkan dan cara memutihkan wajah hingga kulit tubuh. Kebiasaan menggunakan bengkoang sebagai bahan alami perawatan kulit tersebut konon diilhami dari tradisi kesultanan Solo yang turun-temurun dan tetap dilestarikan hingga hari ini. Karena terbukti efektif dan memberi hasil nyata, bengkoang pun banyak diekstraksi dalam berbagai bentuk produk instan sehingga masyarakat tidak kesulitan untuk memanfaatkannya demi penampilan yang semakin memesona. Produk-produk tersebut di antaranya adalah masker, lulur, krim, lotion, sabun dan ekstrak bengkoang lainnya.

ads

Cara Membuat Masker Bengkoang

Jika anda adalah tipikal orang yang sangat perhatian terhadap penampilan utamanya pada kesehatan dan kecerahan kulit wajah, masker bengkong bisa menjadi pilihan Anda. Anda bisa meraciknya sendiri ataupun jika ingin yang lebih praktis, silakan membeli produk masker bengkoang yang banyak diproduksi berbagai pabrik perawatan kecantikan. Namun demikian jika ingin menggunakan masker bengkong setiap hari, sangat disarankan untuk menggunakan masker alami yang diracik sendiri. Ini berkait erat dengan bahan dalam produk masker bengkoang instan yang tak jarang mengandung zat-zat kimia yang justru dapat mengancam kulit wajah jika dioleskan setiap hari. (baca juga tentang : bahan kosmetik yang berbahaya)

Nah, berikut adalah cara membuat masker alami bengkoang :

  • Kupas kulit bengkoang
  • Cuci daging bengkoang hingga bersih
  • Parut daging, peras saripati dan buang ampasnya
  • Masukkan saripati ke dalam gelas atau mangkuk
  • Diamkan saripati bengkoang hingga ada partikel yang mengendap di bagian bawah gelas/mangkuk
  • Gunakan endapan saripati tersebut sebagai masker.

Adapun manfaat menggunakan masker bengkoang alami setiap hari adalah sebagai berikut :

1. Mempercepat Regenerasi Kulit Wajah

Endapan dalam saripati bengkoang dapat mencukupi nutrisi yang diperlukan kulit sehingga ini akan mempercepat proses pembuangan sel kulit mati dan merangsang tumbuhnya sel kulit baru.

Sponsors Link

2. Mengobati Jerawat

Untuk hasil terbaik, Anda disarankan mencampur masker bengkoang dengan tepung beras sebanyak dua sendok makan. Kandungan air dalam jerawat berfungsi mengangat sel kulit mati yang menjadi sebab munculnya jerawat. Fungsi ini semakin diperkuat dengan tebung beras yang juga menawarkan manfaat serupa.

3. Mencerahkan dan Memutihkan Kulit

Ini bisa dibilang merupakan manfaat bengkoang yang paling banyak dikenal. Anggapan tersebut tidaklah salah sebab bengkoang memang memiliki kandungan yang dapat membersihkan sel kulit mati sekaligus kotoran yang menempel di kulit dan mencerahkan dari dalam. (baca juga : tips agar kulit menjadi putih)

4. Menyegarkan Kulit

Manfaat ini berasal dari zat antiseptik yang terkandung dalam bengkoang sehingga selain mencerahkan kulit, masker bengkoang juga dapat membuatnya segar. Kulit segar adalah perpaduan yang cocok dengan kulit cerah untuk menunjang penampilan anda.

5. Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Untuk hasil lebih maksimal, Anda bisa mencampur masker bengkoang dengan putih telur. Kombinasi keduanya, di mana putih telur berfungsi mengencangkan kulit dan bengkoang mencerahkannya adalah perpaduan yang pas untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Manfaat ini didukung oleh kandungan vitamin B1 dan C yang amat berguna untuk membuat kulit anda segar.

Empat manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dalam masker kemasan maupun masker alami dengan efek yang berbeda-beda. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa mengimbanginya dengan perawatan lain dan menghindari makanan-makanan yang bisa menimbulkan gangguan pada kulit wajah.

Penggunaan Masker Bengkoang Alami

Untuk penggunaan masker bengkoang yang telah dibuat dengan cara di atas dapat dilakukan dengan :

  • membersihkan wajah terlebih dahulu
  • mengoleskan masker ke seluruh bagian wajah
  • diamkan selama 30 menit hingga mengering
  • Setelah itu, bilas menggunakan air putih hangat lalu keringkan wajah dengan handuk
Sponsors Link

Jika menggunakan produk bengkoang kemasan, Anda dapat memerhatikan cara pemakaian yang tertera di kemasan dan biasanya tidak jauh berbeda dengan cara menggunakan masker alami seperti tersebut di atas. Selain bahan, yang berbeda hanyalah efek dan intensitas pemakaian. Produk bengkoang kemasan biasanya memberi efek yang cukup cepat meski juga akan cepat hilang jika tidak konsisten meneruskan perawatan dan melengkapinya dengan perawatan lain. Sementara itu pada masker bengkoang asli, harus sedikit bersabar untuk mendapat efeknya (sekitar 2 minggu) namun efek tersebut biasanya lebih bertahan lama.

Mengenai intensitas pemakaian anda hanya disarankan menggunakan masker bengkoang setiap hari, jika menggunakan masker alami. Dengan demikian, jika menggunakan masker kemasan, Anda harus mengurangi jadwal tersebut berdasarkan petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan atau, seperti yang banyak direkomendasikan, satu kali seminggu. Menggunakan masker bengkoang kemasan setiap hari dipercaya dapat mempertipis kulit luar yang fungsinya adalah melindungi kulit dari sinar matahari, bakteri dan virus yang bertebaran di udara. Karena itu jika lapisan ini menipis, asupan yang didapat dari masker bengkoang justru tidak akan banyak berfungsi karena kulit sendiri berada dalam keadaan lemah dan rentan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 28th, December 2015 / 09:33 Oleh :
Kategori : Buah Sehat