11 Manfaat Air Beras untuk Kecantikan

Sponsored Links

Seringkali pada saat kita mencuci beras sebelum dimasak, kita membuang air beras yang kita gunakan untuk mencuci beras tersebut. Kita membuang air beras tersebut karena menurut kita air beras tersebut adalah termasuk limbah, selain kotor juga tidak mempunyai manfaat sama sekali.

Namun tahukah Anda bahwa pemikiran kita yang seperti itu merupakan pemikiran yang terkadang bisa salah. Faktanya, air beras yang kita anggap sebagagi limbah tersebut, yang sealu kita buang karena diaggap sebagai kotoran, memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.

Baca Juga:

Air beras mempunyai banyak kandungan nutrisi untuk kesehatan dan juga kecantikan kita. Beberapa kandungan nutrisi yang dimiliki oleh air beras antara lain vitamin B1, Vitamin C, vitamin E, dan berbagai mineral yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Beberapa manfaat air beras untuk kecantikan kita antara lain: (Baca Juga: Suntik Vitamin C dan Kolagen , Manfaat Emas untuk Kecantikan Kulit)

  1. Memudarkan noda hitam

Air beras mempunyai manfaat yang pertama untuk menghilangkan noda hitam di kulit kita. Manfaat air beras yang satu ini sudah dikenal sejak zaman dahulu. Selain menggunakan air cucian beras secara langsung untuk menghilangkan noda hitam, kita juga bisa menambahkannya dengan kunyit ke dalam air beras tersebut sebelum dibilaskan ke kulit wajah. (Baca Juga: Manfaat Masker Kunyit untuk Kulit Wajah , Cara Menghilangkan Noda Hitam Di Wajah)

  1. Mnyembuhkan jerawat

Manfaat air beras yang selanjutnya adalah untuk menyembuhkan jerawat. Asalkan kita mau mencuci muka dengan menggunakan air beras secara teratur, maka produksi jerawat yang ada di wajah kita akan sedikit demi sedikit berkurang. Meskipun mencucui muka dengan air beras perlu dilakukan secara teratur, namun jangan terlalu keseringan. Hal ini karena mencuci menggunakan air beras terlalu sering dapat membuat kulit muka menjadi kering. (Baca Juga: Manfaat Seledri Untuk Wajah , Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah)

Sponsors Link

  1. Mengatasi komedo

Berbagai macam manfaat dari air beras ini salah satunya sebagai penghilang komedo yang membandel. Cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan komedo dengan menggunakan air beras ini adalah dengan menghangatkan air beras sampai suam- suam kuku. Lalu, bilaskan pada wajah Anda, dan biarkan hingga mengering. Setelah itu gosoklah komedo dari hidung Anda dengan menggunakan handuk yang lembut. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo Dengan Putih Telur , Cara Menghilangkan Komedo Putih Di Hidung)

  1. Mencerahkan kulit

Bagi Anda yang menginginkan kulit wajah yang tampak cerah, Anda bisa menggunakan air beras sebagai alternatif perawatan. Atau bagi Anda yang memiliki wajah kusam, Anda juga bisa menggunakan air beras ini untuk perawatan kulit wajah Anda. Caranya cukup dengan menjadikan air beras ini sebagai pencuci muka Anda. Gunakanlah secara tertatur air beras ini, maka secara perlahan- lahan kulit wajah Anda akan terlihat cerah. (Baca Juga: Cara Mencerahkan Kulit Wajah , Manfaat Ginseng untuk Kecantikan)

  1. Mengencangkan kulit

Manfaat dari air beras yang selanjutnya adalah untuk mengencangkan kulit wajah. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang telah memasuki usia dewasa dan mulai kehilangan kekencangan kulit wajah Anda. Selain itu, bagi Anda yang melakukan program diet, terkadang kulit wajah Anda akan mengalami pengenduran. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan air beras sebagai perawatan kulit wajah Anda. (Baca Juga: Cara Mengencangkan Paha ,  Cara Mengencangkan Perut)

  1. Mengurangi keriput

Salah satu efek dari kulit wajah yang tidak kencang adalah timbulnya keriputan di kulit wajah. Keriput ini biasanya dimulai dari sudut mata, dimana mempunyai tingkat kekeriputan yang paling tinggi. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan air beras sebagai perawatan pada wajah Anda. Namun perlu diketahui bahwa untuk mengatasi masalah ini, kita perlu menggunakan air beras yang berasal dari nasi atau yang biasa disebut dengan tajin. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Keriput pada Wajah Secara Alami , Penyebab Kulit Keriput di Usia Muda)

  1. Memudarkan warna coklat pada kulit

Jika kita melakukan aktivitas berjemur di pantai, seringkali meninggalkan noda yang berwarna coklat di kulit kita. Untuk menghilangkan noda coklat yang ada di kulit kita akibat berjemur, kita bisa menggunakan perawatan dari air beras. Caranya, dengan mengoleskan air beras ini ke selutuh tubuh (bisa menggunakan kapas atau handuk yang lembut), diamkanlah selama 20 menit. Selain menggunakan air beras saja, kita juga bisa menggunakan tomat sebagai campurannya. Setelah 20 menit berlalu, kemudian bilaslah dengan cara mandi untuk menghilangkan sisa- sisa air beras tersebut dari kulit kita. (Baca Juga: Manfaat Tomat untuk Kulit , Manfaat Tomat Untuk Wajah)

  1. Melembutkan kulit

Air beras juga sangat bermanfaat untuk mendapatkan kulit wajah yang lembut. Bukan hanya kulit wajah saja, namun juga kulit di semua bagian tubuh. Biasanya untuk mendapatkan kulit yang lembut, di salon ada perawatan mandi susu. Namun tahukah Anda, bahwa mandi menggunakan air beras juga mempunyai khasiat yang besar untuk dapat melembutkan kulit yang bersisik dan juga kusam. Hal ini karena air beras mengandung protein glutein, selulosa, hemiselulosa, gula, dan juga vitamin lainnya yang sangat berperan bagi oembentukan kulit yang lembut. (Baca Juga: Manfaat Alpukat Untuk Kulit , Cara Melembutkan Telapak Tangan yang Kasar)

sponsored links

  1. Mengontrol produksi minyak

Bagi Anda yang mempunyai produksi minyak berlebihan pada kulit Anda, maka Anda bisa mengandalkan air beras sebagai bahan perawatan pada kulit Anda. Ya, hal ini karena air beras sangat dikenal sebagai bahan yang mampu mengurangi produksi minyak yang ada di wajah. Cara yang digunakan pun cukup mudah, yakni cukup menjadikan air beras ini sebagai bahan pencuci muka setiap pagi. Kemudian tunggulah hasilnya, yakni kulit kita menjadi normal dan juga terbebas dari produksi minyak berlebih. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Minyak di Wajah , Cara Merawat Kulit Berminyak)

  1. Mengecilkan pori- pori wajah

Bagi yang mempunyai pori- pori wajah tampak lebar dan membuka atau besar- besar, Anda bisa menggunakan air beras sebagai perawatan kulit wajah Anda. Ya. Keberadaan pori- pori yang terlalu besar selain dapat mengganggu penampilan juga akan menyebabkan kotoran mudah masuk ke dalam kulit. Maka dari itu, pori- pori ini akan lebih baik dikecilkan. Air beras juga berkhasiat untuk mengecilkan pori- pori wajah Anda. Caranya, celupkan kapas ke dalam air cucian beras kemudian usapkan pada wajah dan gosoklah perlahan- lahan. Lakukan hal ini secara rutin hingga pori- pori wajah terlihat mengecil. (Baca Juga: Cara Mengecilkan Pori Pori Besar)

  1. Sebagai perawatan untuk rambut

Rambut juga bagian dari kecantikan wanita, bahkan rambut ini dijuluki sebagai mahkotanya wanita. Setiap wanita ingin memiliki rambut yang indah. Dan untuk mewujudkan hal itu, kita bisa menggunakan air beras sebagai perawatan rambut kita. hal ini karena air beras mempunyai banyak manfaat untuk rambut kita. beberapa manfaat yang dimiliki oleh air beras bagi kecantikan dan kesehatan rambut kita antara lain: mengurangi kerontokan rambut, menghilangkan ketombe, mengirangi rambut yang bercabang, meningkatkan pertumbuhan rambut, meningkatkan tekstur rambut, membuat rambut menjadi berkilau, mengatasi rambut yang rusak hingga membasmi kutu rambut. Cara yang digunakan adalah dengan mencuci rambut kita menggunakan air beras, diamkan hingga beberapa menit dan terakhir bilaslah dengan menggunakan shampo. (Baca Juga: Cara Menghaluskan Rambut , Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok)

Itulah berbagai macam khasiat dari air beras yang sangat bermanfaat bagi kecantikan kita, terutama kecantikan kulit dan juga rambut. Selain manfaat yang disebutkan di atas, masih banyak lagi khasiat yang dimiliki oleh air beras ini. penasaran ingin membuktikannya? Cobalah perawatan dengan air beras ini. semoga bermanfaat.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Tuesday 08th, November 2016 / 00:32 Oleh :
Kategori : Herbal Sehat