5 Manfaat Ginseng untuk Kecantikan

Sponsored Links

Di dunia ini banyak sekali tumbuhan yang dikenal mempunyai banyak manfaat bagi kecantikan. Salah satu tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat bagi kecantikan adalah ginseng. Sebelum kita membicarakan mengenai manfaat ginseng bagi kecantikan, kita akan mengenal terlebih dahulu tentang apa itu ginseng.

Ginseng mempunyai nama latin Panax,yaitu sejenis tumbuhan obat yang termasuk dalam suku Araliaceae. Ginseng ini banyak tumbuh di wilayah belahan bumi utara, seperti di daerah Siberia, Manchuria, Korea, dan juga di Amerika Serikat. (Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut , Manfaat Ginseng Untuk Rambut)

Ginseng ini banyak digunakan dalam pengobatan tradisional. Bagian ginseng yang mempunyai manfaat sangat banyak adalah di bagian akarnya. Oleh karena itu bagian ginseng yang sering diekspose adalah di bagian akarnya. Akar tanaman ginseng mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Beberapa manfaat untuk kesehatan yang diberikan tanaman ginseng antara lain dapat memperbaiki aliran darah, meningkatkan produksi sel darah merah, dan juga membantu memulihkan tubuh dari penyakit. Dan manfaat ginseng untuk kecantikan ini  terutama untuk merawat kulit.

Baca Juga:

Kandungan Nutrisi yang Terdapat pada Ginseng

Ginseng merupakan satu tanaman akar- akaran yang banyak sekali mengandung kandungan nutrisi yang bermanfaat. Seperti tanaman- tanaman obat lainnya, ginseng ini mempunyai kandungan berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Nutrisi yang dikandung oleh ginseng ini dapat kita peroleh manfaatnya dengan cara dikonsumsi maupun dengan cara digunakan diluar tubuh. (Baca Juga: Manfaat Susu Untuk Rambut Kering , Manfaat Susu Kedelai Untuk Kulit)

Berbagai kandungan nutrisi yang dimiliki oleh ginseng antara lain ginsenosida, polisakarida, panaxans, serat, zinc, dan berbagai vitamin seperti vitamin B1, B2. B3, B5, dan juga vitamin C. Kandungan nutrisi- nutrisi yag dimiliki oleh ginseng tersebut merupakan nutrisi yang sangat berguna bagi pemeliharaan kulit agar tetap sehat. Selain nutrisi yang disebutkan tersebut, ginseng juga mengandung saponin yang mempunyai manfaat sebagai antioksidan alami yang dapat melindungi tubuh dan juga kulit dari radikal bebas dan juga paparan sinar matahari (ultraviolet). Untuk memperoleh manfaat dari ginseng ini dapat diolah dengan menjadikannya sebagai body lotion atau dibuat minuman atau ramuan tertentu. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Belang di KakiPenyebab Kulit Kering dan Kusam)

Sponsors Link

Manfaat Ginseng untuk Kecantikan

Ginseng merupakan tanaman akar-akaran yang banyak sekali manfaatnya. Ginseng ini sangat terkenal manfaatnya bagi kesehatan maupun bagi kecantikan. Maka dari itu seringkali kita menjumpai produk minuman kesehatan atau semacamnya dengan bahan jandungan ginseng ini. Bahkan di Korea Selatan yang terkenal akan kecantikan dan ketampanan orang- orangnya, menjadikan ginseng sebagai bahan pokok dalam merawat kulit. (Baca Juga: Manfaat Anggur Untuk Rambut , Cara Menghaluskan Kulit Wajah)

Ginseng memang sangat terkenal manfaatnya. Bahkan manfaat dari ginseng ini sudah dikenal sejak dahulu dan dijadikan obat ramuan sejak kuno. Lalu,  Sebenarnya, apa saja manfaat yang dihasilkan dari ginseng ini? Dan bagaimana cara mendapatkan manfaat dari ginseng tersebut? Beberapa manfaat yang dihasilkan dari ginseng, terutama untuk kecantikan antara lain:

1. Melembabkan kulit

Manfaat ginseng yang pertama kali kita dapatkan untuk kulit kita adalah untuk melembabkan kulit kita. Kandungan berbagai nutrisi yang dimiliki oleh ginseng ini memang dapat mendatangkan manfaat terutama bagi kecantikan kulit kita. Cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan manfaat ginseng bagi kelembaban kulit adalah dengan menjadikan ginseng sebagai body lotion. Kita bisa mengubah ginseng sebagai body lotion dengan cara kita sendiri, maupun dengan menggunakan body lotion yang emngandung ginseng. (Baca Juga: Merk Pelembab Wajah untuk Kulit Kering , Merk Pelembab untuk Kulit Berminyak)

2. Mencerahkan kulit

Manfaat dari ginseng bagi kecantikan kulit yang selanjutnya adalah dapat mencerahkan kulit. Ya, ginseng juga dapat mencerahkan kulit kita apabila kita menggunakannya sebagai obat perawatan yang teratur. Cara yang digunakan pun juga sama dengan cara mendapatkan manfaat kelembaban kulit, yakni dengan menjadikan ginseng ini sebagai body lotion untuk kulit kita. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kusam , Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Wajah)

3. Mencegah timbulnya kerutan

Ginseng ini juga dapat mendatangkan manfaat untuk mencegah kerutan. Biasanya kerutan ini sering muncul di bagian wajah manusia. Oleh karena itu ginseng ini bisa digunakan di bagian kulit wajah kita sebagai perawatan bahan alami. Cara yang dapat digunakan adalah dengan menjadikan ginseng ini sebagai masker untuk wajah.

Baca Juga:

4. Mengurangi pigmentasi kulit

Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya pigmentasi ini merupakan proses penggelapan warna kulit, sehingga kulit yang tadinya berwarna cerah menjadi terlihat gelap. Pigmentasi ini terjadinya bisa disebabkan karena berbagai hal. Nah, untuk mengatasi masalah pigmentasi ini kita bisa menggunakan ginseng sebagai bahan perawatan. Cara yang masih digunakan juga masih sama, yakni menjadikan ginseng ini sebagai bahan perawatan kulit yang dapat digunakan secara langsung maupun dirubah menjadi krim. (Baca Juga: Merk Foundation untuk Kulit Gelap , Cara Memilih Bedak untuk Kulit Sawo Matang)

5. Merawat kulit wajah

Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya kulit di area wajah berbeda dengan kulit tubuh atau kulit daerah lainnya. Kulit wajah ini akan terasa lebih sensitif bila dibandingkan dengan kulit di bagian tubuh yang lainnya. Maka dari itu kita sering menemukan berbagai problematika yang menyerang kulit wajah kita. beberapa problematika yang menyerang kulit wajah kita antara lain seringnya timbul jerawat, komedo, maupun minyak, dan masalah- masalah lainnya yang tidak kita temui di area kulit bagian lain. Dan hal inilah yang menjadi satu alasan mengapa kulit wajah ini memerlukan perawatan yang lebih ekstra daripada bagian kulit yang lainnya. (Baca Juga: Ciri Ciri Kulit Sensitif  , Penyebab Kulit Sensitif)

sponsored links

Untuk merawat kulit di bagian wajah agar tetap sehat, dan bahkan terlihat halus serta merona, kita dapat menggunakan ginseng sebagai obat perawatan yang alami. Menjadikan ginseng sebagai ramuan untuk perawatan kulit wajah ini bisa dilakukan dengan mudah dan bisa dilakukan di rumah. Lalu, bagaimanakah caranya? Cara yang dapat digunakan yaitu:

  1. Ubahlah ginseng menjadi berbentuk bubuk
  2. Siapkanlah bubuk ginseng
  3. Campurkanlah bubuk ginseng dengan madu murni secukupnya
  4. Aduklah hingga merata kedua bahan tersebut hingga tercampur sempurna
  5. Aplikasikan ramuan yang sudah jadi tersebut pada kulit wajah hingga merata, dan berikanlah sedikit pijatan pada wajah Anda
  6. Kemudian diamkanlah selama kurang lebih 20 menit, sampai masker ginseng tersebut mengering
  7. Setelah itu bilaslah wajah Anda dengan menggunakan air bersih, dan akan lebih baik lagi jika air tersebut mengalir

(Baca Juga: Manfaat Masker Beras Kencur  , Manfaat Masker Kuning Telur)

Itulah beberapa manfaat yang dapat dihasilkan dari ginseng ini. Ginseng memang mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan kulit kita. Dan ginseng ini menjadi andalan bagi masyarakat Korea Selatan. Oleh karena ginseng ini menjadi bahan perawatan kulit yang diandalkan oleh masyarakat disana, hingga ada ginseng yang dikenal sebagai ginseng korea. Apakah Anda penasaran dengan khasiat ginseng tersebut? Jika benar, Anda bisa mencobanya. (Baca Juga: Jenis Produk Pemutih Badan)

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 08th, November 2016 / 00:03 Oleh :
Kategori : Herbal Sehat