Sponsors Link

10 Manfaat Madu Untuk Masker Wajah (No. 10 Paling Menakjubkan)

Sponsors Link

Makanan kesukaan tokoh kartun Winnie The Pooh ini sudah dikenal memiliki banyak manfaat alami bagi tubuh kita. Cairan yang dihasilkan dari lebah, tawon dan serangga lain dari nektar bunga ini mempunyai karakteristik cairan yang kental dan terasa manis.Rasa manis alami madu berasal dari monosakarida fruktosa dan glukosa. Jarang ada mikroorganisme yang bisa tumbuh pada cairan madu karena kadar airnya yang rendah. Aromanya berbeda tergantung dari sumber nektar yang dipakai lebah untuk menghasilkan madu. Karena sifat manisnya yang alami, madu bisa dikonsumsi langsung atau dipakai sebagai pengganti gula. Madu juga mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

ads

Khasiat madu untuk kecantikan ada banyak. Manfaat utamanya adalah sebagai pelindung wajah dari segala kerusakan yang diakibatkan faktor luar serta dalam tubuh. Cara yang paling sederhana untuk mendapatkan manfaat madu adalah dengan memakainya di wajah sebagai masker wajah. Beberapa manfaat madu untuk masker wajah dan cara pembuatannya seperti berikut ini yaitu:

1. Melembabkan  Kulit

Madu bisa mengatasi masalah kulit kering bahkan kulit wajah yang sudah cenderung mengalami iritasi. Ada dua cara untuk mengatasi masalah kulit kering dengan madu:

  • Cara pertama yaitu mencampur madu dengan telur untuk dijadikan masker. Ambil satu buah putih telur lalu campurkan dengan satu sendok makan madu, kemudian dioleskan ke wajah. Bersihkan dengan handuk yang dicelup air hangat. Beberapa manfaat telur untuk rambut juga bisa diperoleh dari bagian putih telur.
  • Cara kedua yaitu mencampur madu dengan pisang. Manfaat pisang untuk kulit salah satunya adalah memberi kelembaban pada kulit yang kering.

2. Penghilang Jerawat

Jerawat bisa terjadi pada siapa saja, tidak hanya pada anak remaja. Jika kurang perawatan atau sering dipegang – pegang, jerawat akan meradang dan memerah, membuat wajah terasa sakit dan tidak nyaman. Memakai riasan wajah atau bedak pun jadi sulit jika sedang berjerawat. Cara mengatasi jerawat menggunakan madu ada beberapa macam:

  • Masker yang terbuat dari campuran madu dan garam ini cocok untuk kulit berminyak serta berjerawat. Caranya larutkan satu sendok teh garam dengan tiga gelas air hangat hingga tercampur rata. Setelah garam larut, campurkan tiga sendok teh madu. Oleskan merata ke seluruh kulit wajah, biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat, setelah itu menggunakan pembersih muka atau sabun agar benar – benar bersih. Hindari daerah wajah yang terdapat luka.
  • Campuran madu dan kayu manis juga berkhasiat mengobati jerawat. Isi campurannya adalah satu sendok makan madu, tiga sendok teh tepung beras, dua sendok teh bubuk kayu manis dan dua sendok teh bubuk kunyit. Setelah tercampur rata, pakailah di seluruh wajah seperti biasa lalu dibilas dengan air hangat. Dengan begini tidak hanya manfaat madu untuk masker wajah saja, tetapi juga Anda bisa mendapatkan manfaat bubuk kayu manis untuk wajah dan manfaat masker kunyit untuk wajah.
Sponsors Link

3. Menghaluskan Kulit

Kulit halus berarti tidak mempunyai jerawat atau komedo akibat sel kulit mati yang tidak dibersihkan yang menutup pori. Membersihkan sel kulit mati dan sisa – sisa kotoran bisa dilakukan dengan scrub wajah. Manfaat eksfoliasi wajah bisa Anda dapatkan dengan mencampurkan madu dengan dua sendok makan almond yang sudah dihaluskan dan setengah sendok teh jus lemon. Gosokkan campuran ke seluruh wajah agar semua kotoran dan kulit mati terangkat. Lakukan secara teratur. Kacang almond juga mempunyai manfaat selain untuk kulit wajah. Manfaat almond untuk rambut juga bisa Anda dapatkan.

4. Memutihkan Wajah

Tips agar kulit menjadi putih secara alami adalah dengan menggunakan kombinasi madu dan beras. Pertama – tama yang harus dibuat adalah tepung berasnya terlebih dulu. Rendam beras secukupnya seharian, kemudian ditumbuk sampai halus dan dijemur hingga kering. Ambil dua sendok makan tepung beras dicampur dengan dua sendok makan madu, aduk hingga menjadi seperti pasta. Kemudian oleskan ke wajah dan leher, hindari area mata dan bibir. Agar tidak terlalu lengket bisa ditambahkan beberapa tetes minyak zaitun. Ada lagi manfaat minyak zaitun yaitu sebagai cara menghaluskan telapak tangan dan juga manfaat minyak zaitun untuk rambut anak.

5. Mencegah Penuaan

Keriput yang muncul sebelum waktunya memang mengganggu penampilan wajah kita karena bisa membuat wajah kelihatan lebih tua dari usia sebenarnya. Untuk mengatasinya ada banyak cara menggunakan bahan alami sebagai perawatan wajah. Salah satunya dengan menggunakan madu. Penggunaan madu sebagai masker wajah juga bisa menjadi cara mencegah penuaan dini dan mengatasi penyebab keriput di usia muda.

6. Menyembuhkan Luka

Dalam madu terkandung pula senyawa antibiotik yang berfungsi sebagai pencegah infeksi, serta zat anti inflamasi atau peradangan sehingga luka bisa sembuh lebih cepat tanpa infeksi. Memakai madu merupakan salah satu cara menghilangkan bekas luka yang menjadi penyebab keloid pada kulit. Madu juga menjadi cara menghilangkan keloid secara alami dan secara cepat yang ampuh.

7. Membersihkan Kulit

Untuk membersihkan kulit cukup dengan cara sederhana yaitu mengoleskan madu ke seluruh wajah, pijat sedikit kemudian dibersihkan menggunakan kapas yang dicelup ke air hangat. Manfaat air hangat untuk wajah juga dapat membersihkan dan merelaksasi kulit wajah yang tegang karena stres sehari – hari. Kosmetik yang dipakai setiap hari juga harus dibersihkan secara rutin dengan baik, karena jika tidak, sisa kosmetik atau bahan kosmetik yang tidak cocok dapat menjadi penyebab alergi kulit wajah.

8. Menyamarkan Noda Hitam

ads
Noda hitam di wajah bisa timbul karena pemakaian kosmetik yang tidak cocok, faktor genetis, atau paparan sinar matahari dan juga masalah hormonal. Madu dicampur dengan perasan air jeruk lemon bisa menyamarkan noda di wajah. Caranya campurkan hingga rata dua sendok makan madu dan satu sendok makan air jeruk lemon. Jangan diaplikasikan ke area bibir dan mata. Pakai selama 20 menit di wajah lalu bilas memakai air dingin. Manfaat lemon masih ada lagi seperti manfaat jeruk lemon untuk wajah berminyak dan manfaat lemon untuk rambut.

9. Menjaga Kekenyalan Kulit

Kulit yang kenyal membuat wajah juga tampak muda karena terlihat kencang serta tidak kendur. Campurkan tiga sendok air mawar dengan seperempat gelas madu. Oleskan ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama lima belas menit. Bersihkan sesudahnya dengan air hangat atau menggunakan handuk yang dicelup ke air hangat. Untuk cara mengencangkan kulit lainnya, Anda bisa mencoba manfaat wortel untuk kulit.

10. Membantu Regenerasi Kulit

Kandungan magnesium, potasium dan kalsium dalam madu berperan sangat besar dalam regenerasi kulit yaitu dengan mempercepatnya. Manfaat kentang untuk kulit wajah dan manfaat seledri untuk wajah salah satunya juga dapat berperan membantu proses regenerasi kulit.

Madu telah banyak diproduksi dan ditemui dalam kemasan yang praktis dan telah dijual dimana – mana sehingga kita tidak perlu repot mencari apabila ingin menggunakan atau mengkonsumsinya. Namun Anda harus berhati – hati karena tidak jarang juga terdapat kemasan madu yang tidak asli atau telah dicampur dengan bahan lain. Beberapa cara membedakan madu yang asli dengan yang palsu adalah seperti ini:

  • Madu asli tidak akan membeku bila dimasukkan ke dalam freezer.
  • Madu asli akan sulit tercampur dengan air, jadi apabila madu dicampurkan ke dalam air akan membentuk endapan di dasar gelas. Madu yang mudah larut dalam air kemungkinan telah dicampur dengan bahan lain.
  • Mengetes madu menggunakan kertas. Teteskan madu di sebuah kertas kemudian lihat hasilnya setelah beberapa menit. Madu yang asli tidak akan meninggalkan jejak basah atau membolongi kertas. Madu asli hanya memiliki kandungan kadar air sebanyak 20%, karena itu akan sulit membasahi atau menembus kertas.
  • Tes madu dengan dipanaskan menggunakan satu sendok makan madu dan api lilin, taruh sendok yang berisi madu di atas api lilin. Jika madu mengeluarkan busa yang cukup banyak hingga akan tumpah, maka bisa dipastikan madu itu asli.
  • Madu asli tidak akan didekati semut karena mengandung suatu enzim yang tidak disukai oleh semut.

Satu hal yang perlu diingat bahwa perawatan dengan menggunakan bahan alami hasilnya memang tidak akan secepat perawatan yang menggunakan bahan kimia. Oleh karena itu kesabaran Anda sangat diperlukan jika ingin mencobanya. Bagaimanapun perawatan alami lebih minim risiko dari bahan kosmetik yang berbahaya dan bahan pemutih wajah berbahaya serta lebih hemat dalam segi anggaran biaya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Monday 27th, June 2016 / 05:19 Oleh :
Kategori : Herbal Sehat