Sponsors Link

13 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut dan Kulit Kepala

Sponsors Link

Minyak kelapa sudah sejak dulu dikenal sebagai bahan alami yang biasa dimanfaatkan untuk merawat serta menjaga kesehatan rambut oleh para putri raja pada zaman kerajaan. Minyak ini mengandung kandungan yang baik sehingga sangat ampuh ketika dijadikan ramuan alami merawat rambut. Ada sejumlah manfaat minyak kelapa untuk rambut yang bisa Anda peroleh seperti di bawah ini.

ads

(Baca juga: manfaat vco untuk rambut bayi – perawatan rambut smoothing)

1. Melindungi Rambut dari Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Jika ingin melindungi rambut Anda dari kelepekan dan kekusaman serta kerusakan yang diakibatkan paparan sinar UV, jadikanlah minyak kelapa sebagai tabir surya alami bagi rambut Anda. Pemakaiannya bisa dilakukan setiap pagi ketika hendak beraktivitas dengan cara yang sederhana.

  • Caranya: Siapkanlah lebih dulu sisir rambut serta 2 mangkok ukuran yang berbeda, yaitu yang satu lebih besar dan satunya lagi lebih kecil beserta minyak kelapa organik virgin. Ambil secukupnya atau sejumlah kecil minyak kelapa mangkok yang lebih kecil. Taruhlah mangkok yang lebih kecil pada mangkok yang lebih besar, lalu mangkok besar tersebut Anda bisa isi dengan air panas tapi jangan sampai mangkok kecil mengambang. Tunggu dan biarkanlah minyak kelapa meleleh betul lalu ambil secukupnya untuk dioles ke seluruh rambut sambil disisir supaya merata. Setelah itu bisa Anda tata rambut Anda seperti biasanya.

2. Menyuburkan Rambut

Sudah bukan rahasia lagi bahwa manfaat minyak kelapa untuk alis tebal sangat luar biasa, jadi tak salah bila Anda memanfaatkan bahan alami ini sebagai penyubur rambut. Di dalam minyak kelapa ini ada kandungan asam lemak esensial alami serta vitamin yang bisa membuat kulit kepala lebih sehat. Dari situlah, folikel rambut kemudian dapat terbangun.

  • Caranya: Setiap sebelum tidur pada malam hari, jadikanlah minyak kelapa sebagai sampo alami, dan cucilah rambut serutin mungkin dengan bahan ini. Sediakan juga sisir serta shower cap atau handuk untuk menyisir rambut saat pengolesan agar merata, barulah Anda bisa menutupnya dengan shower cap semalaman. Melakukannya setiap hari secara teratur selama beberapa bulan akan memperlihatkan hasil terbaik.

(Baca juga: cara membuat rambut lembut)

3. Sebagai Kondisioner

Anda juga bisa menjadikan minyak kelapa sebagai kondisioner alami karena minyak kelapa dapat meresap lebih dalam dan bahkan lebih cepat apabila dibandingkan dengan kondisioner lainnya. Untuk melakukan perawatan dengan menjadikan minyak kelapa sebagai kondisioner pun tak begitu sulit.

  • Caranya: Pastikan bahwa Anda memakai kondisioner minyak kelapa sesudah Anda keramas dan rambut sudah dalam kondisi kering. Hangatkan dan lelehkan minyak kelapa, lalu dengan jari Anda bisa mengambilnya lalu mengoles serta memijat bagian kulit kepala serta rambut Anda. Sisirlah karena dengan demikian akan teratakan dengan lebih baik, kemudian tutuplah rambut dengan shower cap atau handuk, tunggu setengah jam lebih. Anda dapat melanjutkan dengan mengeramasi rambut Anda kembali.

4. Menghilangkan Ketombe

Di dalam manfaat minyak kelapa untuk rambut ada kandungan asam laurat yang memang sangat berkhasiat dalam memperlancar peredaran darah dan udara pada kulit kepala. Jadi ketika Anda melakukan perawatan dengan minyak kelapa secara rutin, ini akan menjadi cara alami menghilangkan ketombe secara ampuh.

  • Caranya: Setiap malam sebelum tidur Anda bisa merawat rambut Anda dengan mengoleskan minyak kelapa secukupnya pada kulit kepala dan rambut secara menyeluruh. Namun jangan lupa untuk menghangatkannya lebih dulu sebelum digunakan. Gunakan sisir saat proses mengoles supaya lebih rata ke seluruh rambut. Bungkuslah rambut menggunakan handuk untuk mendiamkannya semalaman dan esok harinya Anda dapat menerapkan garam epsom sebagai eksfoliator, barulah dibilas dengan air biasa.

(Baca juga: cara mengatasi rambut mengembang)

ads

5. Sebagai Dasar Pewarna Rambut

Manfaat lainnya dari minyak kelapa organik dan murni adalah dapat dijadikan campuran pewarna rambut alami yang Anda gunakan. Karena penyerapan minyak kelapa ini cukup cepat dan lebih dalam daripada minyak lainnya, ini akan membantu agar rambut yang Anda warnai jauh lebih hidup. Bahkan warna rambut pun akan lebih awet dari biasanya dengan menggunakan bahan ini.

  • Caranya: Hangatkan lebih dulu minyak kelapa yang sudah Anda siapkan, lalu setelahnya barulah Anda campurkan dengan pewarna rambut alami yang hendak Anda pakai. Setelah diaplikasikan pada rambut secara menyeluruh, Anda dapat menunggu beberapa saat agar warna lebih terserap, barulah keramasi dengan air hangat supaya kelebihan minyak dan pewarna dapat dihilangkan. Tutuplah dengan shower cap selama beberapa waktu (kalau bisa tinggalkan semalaman) dengan tujuan supaya warna yang didapat akan lebih sempurna.

6. Mengatasi Rambut Keriting

Rambut yang terlalu keriting akan lebih gampang kusut dan ini akan sangat mengganggu setiap kali Anda hendak mengatur atau menatanya. Jadi, minyak kelapa ini organik murni bisa Anda gunakan dalam waktu jangka panjang demi menata rambut dan membuatnya lebih gampang diatur tanpa kusut lagi.

  • Caranya: Hangatkan lebih dulu minyak kelapa yang hendak digunakan, lalu setelah itu Anda bisa mengambil secukupnya dengan jari untuk dioles ke rambut Anda yang keriting. Jangan lupa untuk juga mengoleskannya ke bagian akarnya dan setelah itu bisa Anda sisir supaya rambut akan jauh dari kusut. Diamkan beberapa waktu supaya minyak meresap, tak usah dibasuh air atau dikeramasi.

(Baca juga: cara merawat rambut keriting)

7. Menghilangkan Kutu

Minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami penghilang kutu atau mencegah supaya kutu rambut tidak menyerang kulit kepala serta rambut Anda. Justru minyak kelapa ini telah terbukti lebih ampuh dan efektif dalam mengatasi masalah kutu rambut daripada obat kutu rambut.

  • Caranya: Anda bisa menggunakan minyak kelapa sebanyak 3 sendok makan yang dicampurkan dengan minyak ylang sebanyak sesendok teh bersama dengan minyak pohon teh dan adas manis yang bertakaran sama. Resep ini bisa dibuat dobel apabila memang rambut Anda sangat panjang karena resep sebelumnya hanyalah cukup untuk rambut dengan panjang sebahu.

8. Mengatasi Rambut Bercabang

Kebanyakan wanita akan memiliki rambut bercabang dikarenakan terlalu sering ditata di salon atau menggunakan produk maupun alat penata rambut. Alat maupun produk penata rambut dapat memicu kerusakan rambut, yakni berupa rambut bercabang. Inilah yang para wanita ingin selalu hindari dan solusi yang paling sering dilakukan adalah dengan ujung rambut dipotong secara berkala. Tapi sebenarnya ada cara merawat rambut bercabang lainnya yang dapat Anda pertimbangkan, yakni dengan minyak kelapa.

  • Caranya: Ambil beberapa tetes minyak kelapa secukupnya dan disesuaikan dengan panjang pendek serta sedikit banyaknya rambut Anda. Anda boleh mengoleskannya hanya di bagian ujung rambut atau pada seluruh rambut ditambah juga kulit kepala. Kandungan baik dari minyak kelapa inilah yang akan memberikan perlindungan bagi rambut supaya risiko rambut bercabang dapat menurun.

(Baca juga: penyebab rambut bercabang)

9. Menyehatkan Kulit Kepala

Kulit kepala yang berminyak berlebihan atau justru yang sangat kering sehingga dapat dengan mudah mengalami peradangan atau ketombe bisa ditangani dengan minyak kelapa. Ada sifat antibakteri dan antijamur yang ditawarkan oleh minyak kelapa yang akan menjaga kulit kepala Anda tetap sehat. Bahkan adanya jerawat yang mengganggu pada kulit kepala Anda juga dapat diatasi menggunakan minyak ini.

Karena di dalam minyak kelapa pun ada kandungan asam kaprat berkadar cukup tinggi sehingga tak hanya akan menjauhkan dari ketombe tapi akan senantiasa menjaga kelembaban serta kesehatan kulit kepala. Ketika kulit kepala selalu dalam keadaan sehat, ini otomatis akan menjadikan rambut tumbuh dengan baik.

10. Mengurangi Risiko Kekurangan Protein pada Rambut

Setiap orang perlu mengetahui komposisi total protein pada rambut karena ada potensi untuk kehilangan protein dari rambut. Karena kurang atau hilangnya protein tersebutlah sebagian orang mengalami rambut yang rapuh dan tak sehat. Minyak kelapa adalah solusi tepat yang dapat diandalkan untuk merawat rambut dan menstabilkan komposisi protein yang dibutuhkan rambut untuk tetap sehat dan jauh dari kerapuhan.

Kerapuhan menandakan bahwa rambut akan mudah patah dan rontok, hal tersebut akan memicu pada masalah rambut lainnya, yaitu kebotakan. Karena sudah melalui penelitian, maka telah dibuktikan bahwa hanya minyak kelapalah yang bermanfaat untuk mengurangi potensi dari pengurangan atau hilangnya protein rambut. Memakainya secara sederhana dengan mengoleskan ke kulit kepala serta rambut hingga menyeluruh setiap hari akan memberikan hasil memuaskan.

(Baca juga: jenis perawatan rambut di salon – cara merawat rambut agar tidak mengembang)

Sponsors Link

11. Mencegah Uban

Perawatan rutin menggunakan minyak kelapa akan sangat membantu agar rambut tak gampang dan cepat beruban. Ini akan otomatis menghambat pertumbuhan rambut putih yang dikhawatirkan oleh banyak orang yang sudah berada pada usia 30 dan hampir memasuki usia 40. Bahkan minyak ini juga dipercaya sangat efektif dalam menghilangkan rambut beruban, jadi silakan dicoba untuk membuktikannya sendiri.

12. Melembabkan Rambut

Karena dapat dijadikan sebagai kondisioner, tentu minyak kelapa sangat efektif dalam membuat rambut lebih lembab. Khusus bagi yang rambutnya sering lepek dan tampak kusam karena kelebihan produksi minyak atau yang sangat kering hingga tampak kusut dan susah diatur, manfaat minyak kelapa untuk rambut dapat membuat tingkat kelembaban rambut meningkat. Rambut dan kulit kepala yang lembab menandakan keadaannya yang sehat.

13. Melembutkan Rambut

Minyak kelapa juga berguna dalam membuat tekstur rambut lebih rapi dan halus. Jadi bagi yang memiliki jenis kulit kepala dan rambut kering sehingga menjadikannya kusut dan tampak seperti jerami, minyak kelapa yang dioles setiap hari ke rambut sebagai perawatan akan menjadikannya mudah diatur.

  • Caranya: Ambil beberapa tetes minyak kelapa secukupnya yang sudah dihangatkan, lalu oles ke rambut dan kulit kepala sambil memijat-mijatnya lembut. Melakukannya setiap hari secara rutin, apalagi di pagi hari, akan membuat rambut senantiasa lembut. Setelah dioles, tunggulah 30 menit sebelum membasuh menggunakan air seperti biasa.

(Baca juga: cara merawat rambut agar tidak bercabangcara merawat rambut panjang)

Demikianlah manfaat minyak kelapa untuk rambut yang dapat meyakinkan Anda untuk menggunakan bahan ini secepatnya. Daripada melakukan perawatan di salon, Anda punya kesempatan untuk melakukannya sendiri di rumah dengan bahan yang gampang didapat dan alami, yakni minyak kelapa organik.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 22nd, September 2016 / 05:00 Oleh :
Kategori : Herbal Sehat