Sponsors Link

4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Alis Mata

Sponsors Link

Seberapa besar keberadaan alis bagi Anda? Jika Anda seorang pria, alis mungkin nyaris tidak mendapat perhatian dan dianggap sesuatu yang penting. Alis hanya salah satu bagian dari tubuh yang ada di wajah Anda. Namun bagi kaum wanita, keberadaan alis sangat penting sebagai bagian yang membingkai mata dan wajah mereka. Sebagian besar wanita mendambakan alis yang tebal, panjang dan sehat yang bisa dibentuk dengan cara dicabut, dicukur, atau dibentuk sesuai keinginan untuk mempercantik wajah. Namun, sebagian orang juga bisa kehilangan alis matanya.

ads

Banyak penyebab yang bisa terjadi, misalnya karena suatu penyakit, salah mencukur atau membentuknya, dan lain – lain. Setiap rambut yang tumbuh di tubuh kita memiliki folikel. Kesehatan folikel yang menentukan kondisi kesehatan rambut. Jika kehilangan rambut tetapi folikel masih utuh dan sehat, maka rambut akan bisa tumbuh kembali. Sebaliknya jika folikel mengalami kerusakan, maka rambut akan sulit tumbuh kembali. Begitu pula dengan alis mata.

Fungsi Alis Mata

Selain sebagai salah satu pembingkai mata dan wajah, alis mata juga memiliki kegunaan tersendiri. Fungsi alis mata manusia ada beberapa yang bisa kita ketahui sebagai alasan keberadaan alis di wajah kita, yaitu:

  • Fungsi Kecantikan – Kontur wajah seseorang ditegaskan dengan bentuk alisnya, terutama kaum wanita. Bagi pria alis juga berperan menegaskan ketampanan mereka, namun tidak sepenting pada para wanita. Karena itulah banyak wanita yang mengetahui manfaat mencukur alis agar wajah mereka semakin berkarakter dengan dibingkai alis yang indah. Gunakan manfaat bawang merah untuk alis yang bisa membuat alis lebat dan kuat pertumbuhannya.
  • Fungsi Kesehatan – Alis mata akan mencegah masuknya keringat dan benda asing lainnya ke dalam mata. Begitu pula dengan debu dan kotoran yang dapat mencederai mata akan terhalang oleh keberadaan alis. Ada pula manfaat urang aring untuk alis yang bisa menyehatkan pertumbuhan alis dan memjaganya tetap indah.
  • Fungsi Komunikasi –  Sebagai salah satu bagian dari wajah, alis akan menunjukkan arti dari ekspresi wajah kita juga. Alis memperkuat ekspresi wajah dalam menyampaikan kesan non verbal kepada orang lain.
  • Fungsi Emosi – Dengan gerakan alis, seseorang juga bisa mempelajari bagaimana emosi orang lain yang ada di hadapannya. Rasa kesal, marah, gelisah dan lain – lain terkadang akan mudah dibaca dari gerakan alis tertentu. Bentuk alis juga dapat memperkuat kesan tentang kepribadian seseorang dari sejak pandangan pertama.

Bahaya Mencukur Habis Alis

Mungkin untuk mempermudah membentuk alis dengan pensil atau menato alis, seorang wanita akan mencukur habis alisnya. Padahal mencukur habis alis mata sampai gundul sangat tidak disarankan. Hal itu akan mengurangi efektifnya fungsi alis untuk wajah kita. Beberapa bahaya mencabut alis mata sampai gundul adalah:

  • Timbulnya jerawat – Tanpa rambut alis, kulit di atas mata akan lebih rentan terkena bakteri. Salah satu akibat dari  bakteri adalah timbulnya jerawat. Lindungi alis dengan manfaat vaseline untuk alis yang bisa mengatur bulu alis, menebalkan dan melembutkan area yang habis dicukur.
  • Iritasi mata – Keringat yang akan memasuki mata akan ditahan lebih dulu oleh rambut alis. Tanpa rambut alis, mata akan rentan mengalami iritasi karena kandungan garam pada keringat. Cobalah manfaat kemiri untuk alis yang juga bisa menjadikan alis tebal dan kuat.
  • Rambut tidak tumbuh lagi – Mencukur atau mencabut alis pun harus dilakukan dengan cara yang benar. Jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan, selain resiko terluka, kemungkinan besar alis akan menjadi rusak dan tidak tumbuh lagi. Gunakan manfaat es batu untuk alis atau manfaat baby oil untuk alis sebelum mencukur atau mencabut agar Anda tidak merasa sakit.
  • Beberapa resiko lain yaitu timbulnya infeksi yang berasal dari luka akibat mencukur atau mencabut alis sembarangan, dan juga konon akan mempengaruhi keseimbangan hormon tubuh serta resiko penyakit kanker akibat darah beku yang mengumpul di sekitar alis yang dicukur atau dicabut.

Hal ini tentu berbeda dengan orang yang memiliki kelainan tidak memiliki alis sejak lahir. Biasanya jika tidak memiliki alis atau memiliki alis yang tipis, seseorang akan memiliki tulang di atas mata yang lebih menonjol dan bulu mata yang lebih tebal.

Mengatasi Alis yang Hilang

Para wanita yang mengalami kehilangan rambut alis akibat penyakit atau salah mencukur dan membentuknya, seringkali punya solusi yang cepat sebagai cara menebalkan alis mata yang cepat dan aman. Ada yang menutupi area alis yang hilang dengan pensil alis, atau menato alisnya sehingga kembali tampak sempurna. Beberapa menggunakan obat – obatan seperti Minoxidil, yang biasa digunakan untuk pengobatan pada kebotakan. Salah satu cara yang mudah dan murah serta minim resiko adalah dengan menggunakan bahan alami. Beberapa bahan alami seperti manfaat mentega untuk alis, manfaat sirih untuk alis, dan manfaat seledri untuk alis bisa digunakan untuk kembali memulihkan alis mata yang hilang dengan merangsang pertumbuhannya kembali.

Minyak Zaitun

Selain beberapa bahan alami yang telah disebutkan diatas yang bisa membantu perawatan alis, ada pula minyak zaitun yang bisa digunakan. Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak yang dihasilkan dari pohon zaitun yang berasal dari Mediterania. Buahnya berbentuk bulat dan berwarna hijau kekuningan. Zaitun sangat dikenal dalam dunia kesehatan, kuliner dan juga kecantikan. Beberapa minyak zaitun yang telah diketahui dengan baik untuk kulit tubuh dan wajah yaitu:

Selain manfaatnya untuk kulit wajah dan tubuh, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk membantu pertumbuhan alis mata.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Alis

Selain bermanfaat untuk kulit tubuh dan wajah, minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk alis wajah. Adapun manfaatnya sebagai berikut:

1. Membantu Pertumbuhan Alis

Sejak zaman Romawi kuno, banyak orang yang telah memanfaatkan minyak zaitun sebagai salah satu bahan untuk merawat kecantikan karena mangandung asam lemak tak jenuh yang tinggi. Manfaat extra virgin olive oil untuk kecantikan salah satunya adalah untuk membantu pertumbuhan alis. Menurut banyak orang yang telah berpengalaman mencobanya, minyak zaitun memang bisa membantu alis untuk tumbuh kembali, walaupun memerlukan waktu yang agak lama. Minyak zaitun bisa berperan dalam pertumbuhan alis karena minyak zaitun dikenal sebagai salah satu minyak esensial terbaik untuk menutrisi folikel rambut karena mengandung vitamin dan nutrisi terbaik.

2. Menebalkan Alis

Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun juga berperan membantu pertumbuhan alis sebagai cara menebalkan alis secara alami. Menurut para ahli, mengoleskan minyak zaitun ke area alis mata menghilangkan sebum dan kotoran di kulit alis. Selain itu, minyak zaitun juga mengkondisi dan menutrisi folikel rambut pada alis untuk tumbuh lebih tebal sehingga pada akhirnya akan membuat alis Anda tumbuh semakin lebat dan penuh. Kandungan antioksidan pada minyak zaitun menyediakan semua nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan alis.

3. Menguatkan Alis

Selain menumbuhkan kembali alis dan membuat alis tumbuh lebih tebal, dengan kandungan vitamin E nya pula minyak zaitun juga bisa membuat alis menjadi lebih kuat. Vitamin E akan menutrisi folikel rambut yang akan berperan penting dalam pertumbuhan alis. Apabila folikel rambut terbentuk dengan kuat, maka rambut alis juga tidak akan mudah rontok dan mengalami kerusakan atau masalah lain, misalnya ketombe, jerawat atau jamur. Selain itu ada pula manfaat minyak kelapa untuk alis dan cara menebalkan alis dengan kemiri yang bisa Anda coba.

4. Menghitamkan Alis

Semua wanita pasti ingin memiliki alis mata yang tebal, namun jika alisnya berwarna hitam legam sesuai dengan warna rambut pastilah akan lebih menyenangkan dan membuat percaya diri akan penampilannya. Dengan alis yang hitam alami wanita tidak perlu menebalkannya lagi menggunakan pensil alis, karena itu sudah cukup untuk membingkai wajahnya dan menegaskan raut wajahnya pula.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Alis Mata

Untuk para wanita yang ingin menumbuhkan kembali alisnya atau ingin memiliki alis tebal dan indah, begini cara menggunakan minyak zaitun pada alis mata Anda:

1. Minyak Zaitun Murni:

Menggunakan minyak zaitun berjenis estra virgin olive oil adalah pilihan yang terbaik. Cara menggunakannya adalah:

  • Bersihkan terlebih dulu area alis mata, ini bisa Anda lakukan sekalian membersihkan wajah.
  • Ketika kulit masih dalam keadaan lembut dan lembab setelah dibersihkan, oleskan satu atau dua tetes minyak zaitun ke alis mata.
  • Pijat dengan lembut dengan gerakan melingkar area alis mata agar minyak zaitun makin mudah menyerap ke dalam kulit dan dapat menutrisi folikel rambut serta menstimulasi pertumbuhan alis yang lebih cepat.
  • Biarkan semalaman untuk menstimulasi pertumbuhan alis
  • Pastikan untuk menggunakan perawatan ini dengan minyak zaitun murni setiap hari sebelum tidur malam.
  • Hasil yang diharapkan dari perawatan menggunakan minyak zaitun pada alis mungkin tidak akan secepat harapan Anda, karena itu perawatan ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang bisa sabar dan telaten menunggu hasilnya.

2. Minyak Zaitun dan Madu

Campuran madu juga dapat diberikan untuk perawatan alis menggunakan minyak zaitun. Manfaat madu untuk wajah seringkali digunakan sebagai manfaat madu untuk masker wajah. Cara menggunakan minyak zaitun dan madu untuk alis adalah:

  • Campur setengah sendok makan minyak zaitun dan beberapa tetes madu.
  • Oleskan pada alis dan pijat selama beberapa menit.
  • Tunggu selama setengah jam lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

3. Minyak Zaitun Hangat

Selain menggunakan minyak zaitun murni, Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun hangat untuk merawat alis agar cepat tumbuh. Cara menggunakannya yaitu:

  • Hangatkan minyak zaitun secukupnya. Karena akan digunakan untuk alis, maka jumlah sedikit sudah cukup.
  • Anda cukup menghangatkannya di atas api pada sebuah sendok.
  • Pijat alis dengan minyak zaitun hangat lima menit sebelum tidur malam.
  • Biarkan semalaman, dan cuci dengan air hangat.

Alis yang tebal memang senantiasa menjadi suatu tuntutan jika kita ingin tampak cantik dan memiliki bentuk wajah yang tegas. Jika memungkinkan, kita harus berhati – hati ketika sedang melakukan hair removal pada tubuh, termasuk alis. Keuntungannya, rambut sangat mudah dihilangkan dari tubuh kita. Namun akan jauh lebih sulit untuk menumbuhkannya kembali. Jangan sampai berlebihan ketika mencabut, mencukur, melakukan waxing atau lainnya agar ketika terjadi kesalahan, kita akan mudah memperbaiki hal tersebut. Minyak zaitun relatif aman untuk digunakan merawat alis, namun untuk berjaga – jaga usahakan untuk melakukan tes alergi lebih dulu.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 16th, December 2016 / 03:55 Oleh :
Kategori : Herbal Sehat