Sponsors Link

4 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bibir (Paling Sehat)

Sponsors Link

Sekarang ini banyak orang yang beralih dari produk-produk kimia kepada yang lebih organik, karena hal tersebut diyakini memiliki efek yang lebih bagus ketimbang mengkonsumsi hal yang berbau obat-obatan kimia. Makanya tidak heran produk kesehatan yang berbasis bahan alami lalu dikemas dengan apik dan dijual di pasaran semakin banyak ditemui. Toko-toko obat herbal pun kian menjamur diseluruh Indonesia. (baca juga : manfaat santan untuk rambutmanfaat vitamin E untuk kulit)

ads

Back to nature, istilah tersebut sangat sering dikampanyekan untuk mengajak orang-orang menggunakan produk alami dibandingkan produk instan dan pabrikan, karena memang sejak dahulu bahan alami atau organik lebih sedikit memberikan dampak negatif dari pada produk kimia atau olahan pabrik.

Alam adalah sumber kekayaan yang tak terhitung lagi manfaatnya. Baik itu untuk obat, untuk perawatan, bahan utama makanan sumber energi dan vitamin yang sangat bagus untuk tubuh manusia. Dari zaman dahulu kala orang telah memanfaatkan sumber daya alam untuk berbagai hal tersebut. Sebut saja untuk kesehatan. Kecantikan dan lain sebagainya.

Semua bagian tubuh penting dan perlu dirawat dengan intensif agar tetap awet dan tidak gampang sakit. Bibir adalah bagian tubuh yang tidak kalah pentingnya untuk dijaga, karena bibir yang tidak sehat, bisa mengakibatkan susah makan dan bicara, oleh karena itu kesehatan bibir juga penting diperhatikan.

Kaum perempuan tidak sedikit yang rela menghabiskan banyak uang demi mendapatkan bibir yang indah dan sehat, mulai dari melakukan operasi plastic, dan lain sebagainya. Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan bibir tetap lembab dan sehat bisa menggunakan bahan alami yang lebih murah dan mudah didapat.

Berbicara perawatan kesehatan bibir, Minyak zaitun adalah salah satu yang sangat bagus digunakan, karena  kaya nutrisi.  Zaitun  sendiri dalam bahasa latin dikenal dengan nama olea euorpea adalah buah yang tumbuh di daerah Asia, Afrika dan Laut Tengah. (baca juga : makanan untuk kulit berminyaktips agar awet muda)

Buah zaitun berbentuk kecil- kecil, yang muda berwarna hijau  sedangkan yang sudah matang berwarna hitam dan ini biasanya di ambil minyaknya. Minyak zaitun ini lah yang dijadikan dan diolah dalam berbagai obat dan bahan makanan seperti minyak zaitun yang kaya dengan nutrisi. (baca juga:  cara merawat rambut rontok)

Ciri-Ciri Zaitun

Tanaman seribu manfaat ini sudah dikenal oleh orang ribuan tahun lalu, namun mungkin anda belum tau seperti apa bentuk dari tanaman zaitun tersebut. Berikut ini ciri dari zaitun

  • Dikenal dengan tanaman perdu
  • Tinggi batang sekitar 8-15 m untuk farietas lain yakni piesciotanna berukuran lebih besar dan tinggi
  • Daunya tunggal dan berhadapan, warnanya hijau keparak-perakan.
  • Buahnya bulat kecil-kecil, muda berwarna hijau bisa dimakan lansung sedangkan yang sudah tua berwarna hitam untuk diperas minyaknya.
  • Batangnya berbentuk terpelintir dan mengkerut
  • Sedangkan bunganya berwarna putih berbelah sepuluh, dan tanaman ini berbiji tunggal.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bibir

Dalam agama Islam buah zaitun sangat istimewa, karena terdapat dalam alquran yang secara lansung menyebutkan tanaman ini. Sebagai tanda bahwa zaitu adalah tanaman yang banyak manfaat dan gunanya. Minyak zaitun sangat bagus bahkan paling bagus diantara minyak dari tumbuhan lain. Karena minyak zaitun tidak menyebabkan kolesterol. Sangat cocok digunakan sebagai olahan bahan makanan sehat.

Sponsors Link

Adapun manfaat dari minyak zaitun untuk kesehatan bibir adalah sebagai berikut :

1. Menjaga kelembaban bibir

Banyak dari kaum perempuan yang menggunakan minyak zaitun untuk perawatan kulit mereka, termasuk untuk bibir, karena minyak zaitun dengan kandungan vitaminnya yang banyak bisa menutrisi kulit bibir  dan membuat lebih segar dan lembab. Cara yang dapat digunakan untuk membuat bibir lembab dengan kinyak zaitun adalah :

  • Bersihkan bibir anda dengan air hangat
  • Keringkan menggunakan handuk bersih
  • Oleskan minyak zaitu pada bibir secara merata
  • Pijat bibir anda secar lembut agar minyak zaitun meresap
  • Biarkan sampai bosok pagi
  • Lalu bersihkan bibir dari minyak zaitun

Cara ini bisa dilakukan secara teratur  namun jangan berlebihan karena minyak zaitun yang berlebihanbisa menimbulkan jerawat pada kulit terutama jenis kulit berminyak.

baca juga : Cara Mencerahkan Bibir Hitam

2. Membuat bibir tampak lebih merah alami

Setiap orang menginginkan bibir yang merah dan segar, namun penggunaan produk kosmetik yang berbahan kimia membuat bibir jadi kehitaman, selain itu paparan asap rokok juga memperburuk warna bibir, untuk itu minyak zaitun bisa membuat bibir anda lebih merah alami dengan cara :

  • Campurkan satu sendoh teh minyak zaitun dan madu kedalam gelas,
  • oleskan pada bibir yang sudah dibesihkan terlebih dahulu
  • Pijat agar minyak zaitun dan madu bisa meresap sempurna
  • Diamkan beberapa saat
  • Lalu cuci dengan airn

3. Mengangkat sel kulit mati pada bibir

Minyak zaitun bisa membuat bibir anda tampak halus dan lembut karena minyak zaitun bisa mengangkat sel-sel kulit yang mati pada bibir anda dengan cara :

  • membersihkan bibir dengan sikat gigi yang dicelupkan ke air hangat
  • lalu oleskan campuran satu sendok teh minyak zaitun dan gula
  • aduk hingga menjadi pasta
  • aplikasikan pada bibir, selama kurang lebih 3 menit.
  • Setelah itu bilas bibir dengan air hangat dan handuk bersih secara lembut.

Hal ini bisa dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu secara teratur.

artikel terkait : vitamin untuk kulit kering

Sponsors Link

4. Meremajakan bibir

Anda juga bisa meremajakan bibir anda dengan menggunakan minyak zaitun dengan cara;

  • Campurkan sedikit minyak zaitun dengan pisang yang sudah dihaluskan
  • Aduk sampai menjadi pasta
  • Oleskan pada bibir anda, dan pijat secara lembut agar menyerap dengan sempurna
  • Diamkan selama 20 minit dan setelah itu basuh dengan air hangat

Selain untuk bibir minyak zaitun juga bisa digunakan untuk perawatan rambut  dan kulit serta juga berkhasiat untuk mencegah berbagai  penyakit. Karena memang minyak zaitun adalah minyak nabati yang kaya vitamin, anti oksidan yang tinggi serta mengandung  lemak tak jenuh. Seperti terdapat dalam dalam artikel berikut :

Dengan bagitu banyaknya khasiat atau manfaat minyak zaitun makanya tidak heran kalau dari segi harga saja minyak ini jauh lebih mahal dibanding dengan minyak makan yang lain. Karena fungsinya tidak hanya untuk makanan saja namun juga untuk perawatan kecantikan dan juga obat.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 15th, December 2016 / 05:05 Oleh :
Kategori : Herbal Sehat