Sponsors Link

8 Manfaat Susu Kedelai Untuk Kulit – Wajah dan Tubuh

Sponsored Links

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kacang kedelai. Kacang kedelai yang merupakan salah satu sumber protein nabati ini memang banyak dikonsumsi sehari-hari. Produk olahan dari kacang kedelai seperti tempe, tahu, kecap, yoghurt dan susu ini memang banyak diminati khususnya oleh orang Indonesia. Bahkan susu kedelai dikenal sebagai minuman yang menyegarkan dan menyehatkan juga. Sehingga selain rasanya yang enak, susu kedelai juga mempunyai manfaat yang penting untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Susu Kedelai

Kandungan yang terdapat di dalam susu kedelai adalah :

  • Protein – Kedelai mengandung sembilan asam amino essensial yang membentuk menjadi protein baru, termasuk antibodi untuk sistem kekebalan tubuh, serta enzim pembentuk energi.  Asam amino ini meliputi lisin, isoflafon, seran, niasin, leusin, dan tryptohan.
  • Karbohidrat.
  • Serat (fiber).
  • Vitamin dan mineral – Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalam susu kedelai ini dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, meliputi vitamin  A, B1, B2, B12, E, dan K, kalsium, zat besi, dan riboflavin.

Banyaknya kandungan baik yang terdapat di dalam susu kedelai ini, maka susu kedelai tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh tetapi juga banyak manfaatnya untuk kecantikan kulit. Adapun manfaat susu kedelai untuk kulit adalah :

1.Untuk menjaga kelembaban kulit

Susu kedelai dapat menjaga kelembaban kulit alami Anda, karena susu kedelai mengandung pelembab kulit yang lembut yang dapat memperbaiki sel-sel kulit yang mati dan mengontrol dehidrasi pada organ tubuh. Maka dengan rajin minum susu kedelai akan membuat kulit Anda juga terlihat tidak kering, segar dan lembut.

2.Untuk menghilangkan noda hitam di wajah

Noda hitam yang berupa bintik-bintik hitam atau yang sering disebut flek ini biasanya disebabkan karena faktor penuaan, sering terkena paparan sinar ultraviolet, atau kurang menjaga kebersihan kulit wajah setelah make up atau beraktivitas. Noda hitam di wajah tentu saja mengganggu kecantikan wajah kita. Maka salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah dan cara menghilangkan flek hitam di hidung adalah bisa dengan rajin mengkonsumsi minuman susu kedelai ini. Bahkan bisa menjadi bahan alami untuk cara menghilangkan komedo membandel. Sebab kandungan vitamin B kompleks yang terdapat pada susu kedelai dapat menyamarkan noda hitam di wajah secara perlahan. Sehingga wajah Anda akan terlihat tetap bersih dan terhindar dari noda hitam di wajah.

3.Untuk mengatasi kulit kusam dan berminyak.

Nutrisi yang terkandung di dalam susu kedelai dapat mengatasi kulit wajah yang kusam dan berminyak. Karena susu kedelai dapat mendorong produksi kolagen secara alami dan merangsang perbaikan serat elastin. Sehingga dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin merupakan cara merawat wajah agar tidak kusam dan akan mengurangi kadar minyak yang berlebih pada kulit dan dapat menjaga kesegaran kulit wajah Anda juga.

sponsored links

4.Sebagai anti aging.

Munculnya penuaan dini dapat mempengaruhi kecantikan alami kulit wajah Anda. Tanda penuaan dini adalah seperti timbulnya kerutan halus pada kulit wajah atau munculnya kantung mata. Tetapi cara mencegah penuaan dini ini bisa diatasi jika Anda rajin minum susu kedelai. Karena nutrisi yang terkandung di dalam susu kedelai khususnya vitamin B1 dan vitamin E, dapat membuat kulit wajah tetap kencang sehingga bebas dari penyebab kulit keriput di usia muda. Selain itu susu kedelai juga berfungsi sebagai detoksifikasi atau membersihkan racun dari dalam tubuh.

5.Dapat meningkatkan kolagen di dalam kulit.

Kolagen di dalam kulit berfungsi untuk mempertahankan kelembaban dan elastisitas kulit sehingga mencegah kulit mengendur. Dengan bertambahnya usia, maka produksi kolagen di dalam kulit tubuh pun juga akan semakin menurun. Sehingga dengan rajin mengkonsumsi susu kedelai maka dapat meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh dan merawat keremajaan kulit wajah Anda.

6.Untuk menjaga elastisitas kulit.

Susu kedelai yang mengandung isoflavon ini bermanfaat untuk mencegah munculnya kerutan di kulit dan menjadikan kulit terlihat awet muda. Zat isoflavon mempunyai manfaat yang sama dengan hormon estrogen. Sehingga dengan minum susu kedelai dapat meningkatkan kadar hormon estrogen di dalam tubuh juga.

7.Untuk mengatasi kulit kering dan bersisik.

Ada banyak pelembab untuk kulit kering dan kusam, dan salah satu pelembab alaminya adalah susu kedelai. Susu kedelai mengandung vitamin B1 atau tiamin yang berperan penting untuk mengatasi kulit kering dan bersisik. Karena susu kedelai berfungsi sebagai pelembab alami kulit, sehingga kesehatan kulit dapat tetap terjaga bila Anda rutin mengkonsumsi susu kedelai.

8.Sebagai antioksidan.

Kandungan vitamin E memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas penyebab penuaan dini, melindungi kulit dari pengaruh buruk polusi udara dan pengaruh buruk obat-obatan atau bahan kimia lainnya. Sehingga susu kedelai dapat menyehatkan kulit tubuh dan wajah.

Cara Membuat Masker Susu Kedelai

Anda pasti sudah banyak mengetahui berbagai bahan alami yang dapat digunakan masker untuk mengencangkan kulit dan masker untuk kulit kering dan flek hitam. Seperti :

sponsored links
Selama ini kita hanya tahu penggunaan susu kedelai untuk diminum. Tetapi untuk perawatan kecantikan dan kesehatan wajah, manfaat susu kedelai untuk wajah ini dapat digunakan sebagai masker. Caranya pun mudah dan Anda bisa terapkan sendiri di rumah. Berikut cara membuat masker dari susu kedelai :

  • Sediakan kacang kedelai sebanyak setengah gelas.
  • Rendam kacang kedelai tersebut dengan air semalaman.
  • Haluskan kacang kedelai dengan diblender atau ditumbuk hingga terlihat kental seperti pasta.
  • Tambahkan dua sendok makan susu sapi ke dalam adonan tadi dan aduk hingga tercampur rata.
  • Bersihkan wajah dahulu dan keringkan dengan handuk.
  • Oleskan masker yang telah jadi tadi ke seluruh permukaan wajah sambil dilakukan pemijatan lembut agar meresap ke dalam kulit.
  • Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan wajah dengan air hangat.

Tetapi bila cara yang pertama tadi dianggap kurang praktis, Anda dapat mencoba cara lainnya yang lebih mudah, yaitu :

  • Anda dapat membeli susu kedelai instan yang siap diminum dan biasanya dijual di toko-toko atau supermarket.
  • Tuangkan susu kedelai instan tersebut ke dalam gelas atau wadah lainnya.
  • Bersihkan wajah dengan menggunakan pembersih dan penyegar yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.
  • Celupkan kapas ke dalam susu kedelai dan oleskan pada wajah hingga merata.
  • Lakukan pemijatan ringan pada wajah Anda agar nutrisi yang terkandung di dalam susu kedelai dapat meresap ke dalam pori-pori kulit.
  • Diamkan selama 15 menit hingga susu kedelai mengering.
  • Lalu bilas wajah dengan air hingga bersih.

Dengan rutin melakukan masker susu kedelai ini Anda juga mendapatkan manfaat eksfoliasi wajah, sehingga wajah tampah halus, segar, lembab alami dan bebas kusam ataupun flek hitam.

Efek Samping Susu Kedelai

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa susu kedelai selama ini memang dikenal baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena susu kedelai dapat mengatasi penyakit jantung, diabetes, stroke, darah tinggi, sebagai anti kanker, mengurangi kadar kolesterol di dalam darah, dan dapat dipakai sebagai pengganti susu sapi buat orang yang alergi, anak autis, dan vegetarian.

Tetapi penggunaan susu kedelai bila dikonsumsi secara rutin ternyata juga mempunyai efek samping, karena susu kedelai ini mengandung antinutrient atau racun alami. Sejumlah senyawa di dalam susu kedelai justru dapat membahayakan kesehatan, seperti goitrogen dan asam fitat. Berikut efek samping dari susu kedelai di antaranya adalah :

  • Dapat menyebabkan perut kembung.

Susu kedelai mengandung sumber protein yang cukup tinggi. Sehingga hal ini seringkali dapat meningkatkan jumlah produksi gas. Tetapi jumlah gas yang dihasilkan berbeda-beda tergantung jumlah susu kedelai yang dikonsumsi dengan jumlah yang dapat diterima oleh masing-masing tubuh kita. Maka bila susu kedelai tidak dikonsumsi secara berlebihan, maka kemungkian kedelai tidak menimbulkan masalah gas di dalam perut.

  • Alergi terhadap kedelai.

Orang yang alergi terhadap kacang kedelai dapat mengalami gejala alergi, seperti gatal-gatal, wajah bengkak, diare, muntah-muntah, batuk, pingsan, dan sebagainya. Penyebab alergi kulit wajah tidak hanya terhadap makanan tertentu, seperti alergi telur, kerang, udang dan lainnya tetapi bisa juga karena paparan sinar UV, bahan kosmetik yang berbahaya dan faktor lainnya. Bila Anda mengalami gejala alergi terhadap kacang kedelai tentunya sebaiknya Anda berhenti mengkonsumsi susu kedelai.

  • Mempengaruhi fungsi kelenjar tiroid.

Susu kedelai mengandung goitrogen yang merupakan zat yang dapat mengganggu fungsi kelenjar tiroid. Zat ini juga dapat mengganggu penyerapan yodium sehingga menyebabkan terjadinya pembesaran kelenjar tiroid.

  • Dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi.

Banyaknya jumlah asam fitat yang terdapat di dalam susu kedelai yang tidak difermentasi dapat mencegah tubuh menyerap mineral dan vitamin di dalam saluran pencernaan. Sehingga penyerapan vitamin dan mineral seperti kalsium, zat besi dan yodium dapat terhambat walaupun kita telah mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral.

Untuk penggunaan susu kedelai sebagai masker jarang ditemukan efek sampingnya, kecuali untuk jenis kulit yang sensitif dan alergi terhadap kacang kedelai. Tetapi bila Anda suka mengkonsumsi susu kedelai untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit, ada baiknya tidak terlalu berlebihan. Sebab memang segala sesuatu dikonsumsi secara berlebihan pasti tidak baik untuk tubuh. Untuk itu minum susu kedelai cukup sehari atau dua hari sekali. Dan bila saat mengkonsumsi susu kedelai memberikan efek samping untuk tubuh segera hentikan penggunaannya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 26th, July 2016 / 07:56 Oleh :
Kategori : Minuman Sehat