Sponsors Link

10 Manfaat Susu Untuk Kulit Wajah dan Tubuh

Sponsors Link

Minuman yang telah dikenal manfaatnya bagi kesehatan ini mempunyai kandungan gizi yang sangat bagus untuk dikonsumsi oleh semua kalangan dan usia, terutama manfaatnya untuk pertumbuhan tulang karena kandungan kalsium yang dimilikinya. Bahkan sejak lahir manusia sudah dibiasakan untuk meminum susu. Manfaat susu diantaranya yaitu mencegah osteoporosis, menghindarkan kerusakan gigi, membantu pertumbuhan anak, melindungi pencernaan dan usus dari kanker usus, serta banyak lagi. Kandungan susu yaitu kalsium, zat besi, kalium, vitamin A, D, B6, B12 dan protein.

ads

Tahukah Anda, susu tidak hanya berkhasiat untuk tubuh bila diminum. Telah banyak salon atau tempat perawatan kecantikan yang menggunakan susu sebagai salah satu bahan dalam jenis perawatan mereka. Susu juga telah banyak dijadikan sebagai salah satu bahan yang dipakai dalam produk – produk perawatan kecantikan atau kosmetik yang banyak beredar di toko.

1. Regenerasi Kulit

Asam laktat dalam susu mempunyai khasiat menghilangkan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru yang akan menggantikan lapisan kulit yang telah rusak. Sel kulit mati yang menumpuk menghalangi pembentukan sel baru pada kulit. Dengan demikian kulit selalu terjaga kesegaran dan kehalusannya serta senantiasa tampak bersih. Susu mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA). Mengangkat sel kulit mati pada kulit merupakan salah satu fungsi AHA untuk kulit.

2. Memutihkan Kulit

Keinginan memiliki kulit wajah dan tubuh yang putih pada sebagian besar wanita dimanfaatkan oleh para produsen dengan menciptakan berbagai macam produk pemutih yang membuat kita seringkali lupa akan adanya resiko krim pemutih palsu yang mengandung bahan pemutih wajah berbahaya.  Kulit kusam atau tidak terlihat putih bisa juga disebabkan karena sering terpapar sinar matahari dan kotoran sehingga warna kulit tampak kusam dan kotor. Kandungan protein dan vitamin dalam manfaat susu untuk kulit berguna mengatasi masalah pigmentasi pada kulit.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mencoba perawatan dengan mandi susu yang bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mencampurkan susu bubuk atau susu murni ke air mandi. Namun karena banyak yang mengeluhkan bau amis dari susu yang tertinggal di tubuh usai mandi susu, sekarang ada produk bernama organic milk bath yang telah dicampur dengan bahan alami lainnya untuk digunakan mandi dan tidak akan menyisakan bau amis.

Jika anda tidak ingin repot, bisa mencari salon yang menyediakan jasa perawatan mandi susu. Mandi susu adalah salah satu tips agar kulit menjadi putih secara alami. Selain menggunakan susu anda juga bisa mencoba manfaat Aqua Skin Whitening.

Sponsors Link

3. Mengencangkan Kulit Wajah

Selain mulus dan bersih, kekencangan kulit wajah juga sangat penting. Kulit wajah yang kendur akan membuat seseorang tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Cara perawatannya yaitu dengan masker yang terbuat dari dua sendok makan susu murni yang dicampur dengan satu sendok makan madu dan satu kapsul vitamin E. Oleskan ke wajah kemudian bersihkan setelah 30 menit.

Selain susu, manfaat totok aura wajah dan kandungan kalium sebagai salah satu manfaat kiwi bagi kulit juga dapat membuat kulit wajah menjadi kencang kembali. Perawatan sederhana dengan susu untuk mengencangkan wajah lebih baik daripada menempuh bahaya suntik kolagen dan bahaya suntik silikon sebagai resiko dari kedua perawatan tersebut.

4. Membersihkan Wajah

Susu dapat menghilangkan kotoran dalam pori – pori wajah yang bisa menyebabkan jerawat dan komedo. Caranya cukup dengan membasuhkan susu murni ke seluruh wajah, kemudian diusap dengan gerakan melingkar menggunakan kapas. Bilas wajah setelahnya. Bisa dilakukan setiap hari. Anda juga bisa merasakan manfaat air hangat untuk wajah yang salah satunya adalah membersihkan wajah dari kotoran yang menempel.

5. Menyembuhkan Sengatan Matahari

Sengatan sinar matahari yang membakar dan membuat panas kulit dapat diredakan efeknya dengan susu agar kulit menjadi dingin kembali. Caranya dengan mencelupkan kapas ke dalam susu, kemudian ditekankan ke bagian kulit yang terbakar secara perlahan – lahan. Sengatan matahari juga merupakan salah satu penyebab kerusakan pada rambut. Manfaat air teh untuk wajah juga dapat mengatasi sengatan matahari.

6. Sebagai Anti Aging

Manfaat anti aging atau anti penuaan dini pada kulit juga didapatkan dari susu dengan mengkonsumsinya sebagai cara mencegah penuaan dini. Susu mengandung antioksidan yang sangat baik untuk memerangi radikal bebas dalam tubuh yang terbentuk akibat terkena polusi dan sinar matahari yang dapat menjadi penyebab keriput di usia muda. Ada beberapa cara untuk mencegah penuaan dengan susu:

  • Hangatkan susu murni secukupnya kemudian oleskan di wajah menggunakan kapas, biarkan hingga menjadi agak dingin lalu bilas dengan air bersih.
  • Campurkan susu skim bubuk dengan air hangat, kemudian tambahkan madu atau perasan jeruk nipis. Biarkan selama maksimal 15 menit, kemudian bersihkan. Bisa dilakukan dua atau tiga kali seminggu.
  • Campur pisang yang sudah dihaluskan dengan sedikit susu hingga menjadi pasta yang kental lalu oleskan ke wajah, diamkan selama 15 menit kemudian dibersihkan.

7. Mengatasi Kulit Berminyak dan Memperkecil Pori-Pori

Pori – pori wajah yang besar berisiko menimbulkan masalah jerawat dan komedo karena timbulnya minyak yang berlebih pada wajah. Manfaat susu untuk kulit yang digunakan sebagai cara mengatasi muka berminyak adalah jenis susu asam atau sour cream. Cara pemakaiannya yaitu dengan dibalurkan ke seluruh wajah dan leher secara merata sambil sedikit dipijat, biarkan selama maksimal 20 menit lalu dibersihkan.

Sponsors Link

Bisa juga menggunakan campuran susu dan madu yang dioleskan ke bagian wajah yang mempunyai pori-pori besar. Susu juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan komedo secara alami, begitu pula manfaat masker beras kencur yang sangat baik untuk mengatasi kulit berminyak.

8. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat eksfoliasi wajah bisa didapatkan dari scrub yang terbuat dari susu dicampur dengan oatmeal yang digosok dengan gerakan melingkar ke seluruh tubuh dan wajah selama beberapa menit. Mengangkat kotoran pada kulit juga merupakan salah satu manfaat oatmeal untuk kulit sensitif. Campuran susu dan oatmeal dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran tanpa membuat kulit menjadi iritasi. Lakukan scrub ini sebelum mandi.

9. Menghaluskan Kulit

Kulit yang halus dan lembut bisa didapatkan dari kandungan vitamin A, B6, B7, D dan protein dalam susu. Mandi susu sangat baik untuk menghaluskan kulit. Caranya, campurkan susu segar ke dalam air hangat yang akan dipakai mandi, tambahkan sedikit madu dan minyak esensial pilihan Anda, lalu gunakan untuk berendam. Perawatan ini bisa dilakukan satu atau dua kali seminggu. Kulit yang halus juga merupakan salah satu manfaat tomat untuk kulit.

10. Mengobati Jerawat

Kulit yang indah dan halus akan rusak apabila ditumbuhi jerawat, apalagi jika sampai meradang dan merah-merah. Jerawat bisa terjadi karena banyak faktor. Diantaranya kulit wajah yang kurang bersih sehingga kotoran menyumbat pori dan menimbulkan jerawat. Susu bisa mengatasi jerawat yang meradang. Caranya hanya dengan mencuci wajah menggunakan susu, diamkan beberapa saat agar meresap kemudian bilas dengan air hingga bersih. Selain manfaat  susu, manfaat jeruk lemon untuk wajah dan manfaat daun mint untuk wajah salah satunya juga untuk menghilangkan jerawat.

Mungkin Anda ragu untuk menggunakan susu sebagai bahan perawatan wajah karena berpikir tidak ingin wajah didatangi semut yang tergoda oleh manisnya susu. Yang perlu diketahui adalah, susu yang digunakan untuk perawatan adalah susu murni dan susu skim bubuk yang tidak mempunyai campuran gula sehingga aman untuk kulit. Perawatan dengan susu ini sangat mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya besar – besaran, jadi sangat direkomendasikan untuk Anda mencobanya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Friday 24th, June 2016 / 07:14 Oleh :
Kategori : Minuman Sehat