Sponsors Link

Fungsi AHA Untuk Kulit dan Efek Sampingnya

Sponsors Link

AHA adalah salah satu zat asam yang bisa diperoleh secara alami dari beberapa macam buah-buahan, yang biasanya juga banyak terkandung pada produk-produk kecantikan dan juga kesehatan kulit. AHA sendiri merupakan kependekan dari Alpha Hydroxy Acids atau yang dalam bahasa Indonesia kita kenal dengan nama asam alfa hidroksi. AHA sendiri diketahui bisa kita temukan secara alami pada berbagai macam buah-buahan seperti :

ads
  • Jeruk
  • Anggur
  • Apel
  • Tebu
  • Dan banyak lagi buah yang mengandung asam

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa senyawa AHA ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kecantikan, terutama kecantikan kulit. Karena itu, AHA saat ini dijadikan sebagai ekstrak yang terkandung di dalam berbagai macam produk-produk kecantikan yang banyak kita temui dipasaran. Hampir semua produk kecantikan, terutama yang berhubungan dengan kecantikan kulit memiliki kandungan AHA di dalamnya.

Fungsi

Nah, seperti sudah disebutkan sebelumnya, AHA sendiri memiliki banyak sekali manfaat dan juga fungsinya bagi kulit kita. apa saja fungsi dari AHA bagi kulit berikut ini adalah beberapa fungsi dari AHA untuk kulit :

  1. Anti aging dan mengurangi penuaan
  2. Membantu menyamarkan kerutan dan juga garis halus pada kulit
  3. Mengurangi pembesaran pori-pori pada kulit
  4. Mencerahkan kulit
  5. Menyamarkan kemunculan bintik-bintik hitam pada kulit
  6. Membantu mempercepat proses pengelupasan pada kulit
  7. Menghaluskan kulit
  8. Mengencangkan kulit
  9. Dapat membantu mengurangi luka akibat jerawat.

Dari seluruh manfaat AHA tersebut, maka sudah sewajarnya bahwa bahan AHA ini memiliki tempat tersendiri pada banyak produk-produk kosmetik yang ada di pasaran. Terutama produk dengan label kecantikan dan juga kesehatan kulit.

Sponsors Link

Bagaimana AHA bekerja ?

Sebenarnya, fungsi AHA sebagai bahan utama dalam berbagai macam produk kecantikan dan juga kesehatan kulit ini tidak lepas dari cara kerja dari bahan AHA itu sendiri. Ya, secara alami, AHA memang bekerja untuk kulit dengan cara membantu melepaskan sel-sel kulit mati yang ada didalam tubuh kita. Kemudian menampilkan kulit yang sehat dan juga bersinar, sehingga banyak digunakan untuk mereka yang ingin tampil cantik dengan kulitnya.

Kemampuan AHA inilah yang kemudian menjadi primadona untuk berbagai macam teknik perawatan kecantikan dan juga kesehatan kulit. Namun demikian, perlu diperhatikan untuk kandungna AHA dalam produk-produk kecantikan yang anda gunakan. Cukup gunakan produk kecantikan dan juga kesehatan kulit yang memiliki kandungan AHA sebesar 5 hingga 10% saja. Apabila membutuhkan produk kecantikan dengan kandungan AHA lebih dari 10%, maka ada baikny aanda konsultasikan terlebih dahulu degnan dokter keprcayaan anda.

Efek samping

Mengapa ada pembatasan kandungan AHA pada kosmetik dan juga produk perawatan kecantikan dan juga kesehatan kulit? Jawabannya adalah karena AHA sendiri memiliki beberapa efek samping yang mungkin bisa timbul pada penggunannya.

Efek samping dari penggunaan AHA tersebut dapat muncul ketika penggunaan AHA mencapai lebih dari 10% di dalam satu produk kosmetik dan juga perawatan kulit, dan bisa saja menyebabkan efek samping pada kulit yang sensitive dan mengalami alergi terhadap zat ini. ada beberapa efek samping yang mungkin bisa terjadi, seperti :

  • Iritasi kulit

Efek samping yang mungkin terjadi dengan penggunaan AHA ini adalah kemungkinan terjadinya iritasi pada bagian kulit. Iritasi ini akan menyebabkan kulit menjadi gatal; – gatal, perih, hingga muncul ruam dan juga bintik kemerahan pada bagian kulit. Hal ini lebih sering dialami oleh mereka yang memiliki kulit yang sensitif dan mungkin memiliki alergi terhadap zat asam tersebut, sehingga dapat menyebabkan iritasi kulit yang sangat mengganggu.

Sponsors Link

  • Kulit menjadi lebih sensitif terhadap matahari

Ternyata AHA yang terdapat pada kosmetik dan juga produk perawatan kulit malahan membuat penggunanya menjadi sensitif terhadap sinar UV. Jadi, bukannya menjaga agar kulit terhindar dari paparan sinar UV, justru kulit penggunannya akan menjadi semakin sensitif terhadap sinar UV, yang tentu saja menjadi membahayakan kulit.

  • Kulit terbakar sinar UV

Hal ini merupakan efek samping AHA lanjutan dari kulit yang menjadi lebih sensitif. Kulit akan menjadi lebih mudah mengalami gosong akibat terbakar sinar UV, yang tentu saja akan menyebabkan kecantikan kulit anda menjadi menurun. Untuk mencegah hal ini, maka disarankan untuk menggunakan sunblock ketika anda akan menggunakan produk kesehatan yang memiliki kandungan AHA, agar kulit anda tidak sensitif terhadap sinar UV. Kondisi ini akan menghindari dari gangguan kulit, seperti kulit yang terbakar akibat radiasi sinar UV tersebut.

Apabila ternyata anda mengalami iritasi dan juga gangguan kulit yang bertambah parah ketika menggunakan produk yang mengandung AHA, maka ada baiknya anda langsung mengkonsultasikannya ke dokter kepercayaan anda. Berhenti menggunakan produk tersebut sampai ada penjelasan medis mengenai iritasi dan gangguan kesehatan kulit yang anda alami tersebut.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 12th, January 2016 / 09:36 Oleh :
Kategori : Nutrisi