5 Cara Mencuci Muka dengan Air Dingin yang Harus Diketahui

Mencuci muka menjadi salah satu perawatan wajah yang harus diperhatikan demi kesehatan dan kebersihan wajah. Mencuci muka itu sendiri bisa menggunakan air hangat atau air dingin sesuai dengan kebutuhan. Hanya saja, saat mencuci muka disarankan untuk melakukan dengan cara yang baik dan benar untuk mendapatkan manfaatnya baik dengan air hangat maupun air dingin.  Penasaran dan ingin tahu seperti apa cara mencuci muka dengan air dingin? Yuk simak pada pembahasan di bawah ini.

  • Air dingin memiliki banyak manfaat untuk masalah kulit. Air dingin mampu menjaga kecantikan dan menenangkan kulit, serta membersihkan dari infeksi.
  • Cara mencuci muka dengan air dingin sebenarnya sama seperti anda mencuci muka pada umumnya. Hanya  saja, pastikan anda tidak menggunakan air yang terlalu dingin karena akan merusak kulit wajah anda.
  • Sebaiknya jangan terlalu sering mencuci muka dengan menggunakan air dingin atau air es. Anda cukup mencuci muka dengan air dingin sebanyak dua kali dalam seminggu. Mencuci muka dengan air dingin atau air es sebanyak dua kali dalam seminggu dapat membantu  membersihkan jerawat dan noda pada muka.
  • Sebelum mencuci muka dengan menggunakan air dingin anda harus memastikan jika muka anda sudah terlebih dahulu dibersihkan menggunakan pembersih wajah. Cuci muka anda dengan menggunakan sabun pembersih yang cocok dengan kulit muka anda. Sehingga dengan begitu jangan cuci muka anda langsung dengan menggunakan air dingin. Sebab anda perlu membersihkan terlebih dahulu sisa kotoran atau make up pada muka.
  • Jika keadaan muka anda sudah bersih, anda bisa langsung mencuci muka dengan air dingin untuk mengurangi minyak yang berlebih dan debu menempel pada kulit.

Manfaat Mencuci Muka dengan Air Dingin

Ada beberapa manfaat mencuci muka dengan air es atau manfaat air dingin untuk wajah. Untuk mengetahuinya anda bisa langsung saja simak pada pembahasan di  bawah ini.

1. Melembabkan Kulit Wajah

Cara melembabkan kulit wajah, selain dengan menggunakan pelembab wajah juga dapat  mencuci wajah dengan air dingin.  Caranya yaitu dengan memasukan es batu pada air biasa. Lalu gunakan air dingin tersebut untuk mencuci muka anda.  Diamkan beberapa saat, setelah itu anda bisa mencuci muka dengan menggunakan air biasa.

2. Mengatasi Jerawat

Mencuci muka dengan air es dapat membantu anda mengatasi  jerawat.

3. Mengatasi Bintik  Hitam

Cara menghilangkan flek hitam di wajah atau bintik hitam bisa dilakukan dengan mencuci muka menggunakan air dingin. Caranya yaitu anda bisa menempelkan langsung es batu pada muka anda dengan perlahan sambil diberikan pijatan ringan.

4. Menutup  Pori-Pori

Mencuci muka dengan menggunakan air dingin dapat membantu cara menutup pori-pori wajah. Tidak hanya itu, mencuci muka dengan air dingin juga dapat menenangkan mata anda.

5. Mencegah Kerutan

Air dingin dapat menjadikan kulit muka lebih segar dan muda. Anda bisa menggunakan air dingin untuk mencuci wajah. Selain itu, air dingin dapat mencegah  proses penuaan dini, serta membantu mengisi kerutan pada wajah.

6. Menghilangkan Efek Berbahaya

Efek berbahaya dari sinar matahari bisa disingkirkan dengan mencuci muka menggunakan air dingin. Sebab air dingin dapat melindungi pori-pori yang terbuka saat  terkena sinar matahari.

Demikian cara mencuci muka dengan air dingin dan beberapa manfaat mencuci muka dengan air dingin.  Selamat mencoba di rumah dan semoga bermanfaat.