15 Manfaat Cuci Muka dengan Air Hangat yang Wajib Diketahui

Apakah Anda mengetahui beberapa manfaat mencuci muka dengan air hangat di pagi hari? Jika tidak maka tugas saya disini adalah untuk membagikan informasi yang saya tahu mengenai beberapa manfaat tersebut. Dan jika Anda telah mengetahuinya, mungkin ada beberapa hal yang belum Anda tahu dan ingin saya bagikan disini. Mencuci muka adalah hal yang paling mendasar dalam bidang perawatan diri dan kecantikan kulit. Kesalahan mencuci muka sering terjadi akibat minimnya pengetahuan banyak orang mengenai hal yang sederhana dan mendasar ini.

Ada juga beberapa akibat tidak mencuci muka sebelum tidur yang mungkin terjadi disamping banyaknya manfaat mencuci muka sebelum tidur. Ada beberapa syarat yang bisa menentukan cara mencuci muka yang baik dan benar dan ada juga cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat. Salah satu faktor yang menentukan baik tidaknya mencuci muka adalah penggunaan suhu air.

Baik air dingin maupun air hangat memiliki keunggulannya masing – masing untuk kulit wajah kita. Hanya saja, pastikan apabila Anda menggunakan air hangat jangan gunakan air dengan suhu yang terlalu tinggi atau terlalu panas. Dan pada artikel ini saya akan membagikan tentang manfaat mencuci muka dengan air hangat.

1. Mencegah jerawat

Pada pagi hari seusai proses regenerasi telah usai adalah waktu yang cocok untuk membasuh wajah. Hal ini dilakukan untuk membersihkan wajah dari sisa – sisa kotoran yang ada selama proses regenerasi sel. Apabila kotoran – kotoran ini telah terbuang secara sempurna maka Anda telah melakukan satu hal yang benar untuk mencegah datangnya jerawat.

2. Melembutkan kulit

Penggunaan air hangat ternyata lebih dianjurkan dibandingkan menggunakan sabun cuci muka pada pagi hari. Penggunaan sabun cuci wajah kebanyakan akan membuat kulit kering dan hal ini akan mengurangi kelembutan kulit. Hanya dengan menggunakan air hangat saja Anda tetap bisa menjaga kelembutan kulit Anda.

3. Mencerahkan kulit wajah

Cara mencerahkan kulit wajah yang paling banyak Anda temui tentunya adalah berbagai perawatan kecantikan seperti facial, masker wajah, penggunaan krim, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang ingin mencerahkan wajah dengan mudah, saya memiliki tips mencerahkan wajah paling mudah yaitu dengan mencuci wajah hanya dengan air hangat di pagi hari.

4. Menyembuhkan iritasi

Iritasi yang disebabkan oleh faktor kelembaban udara yang tinggi dapat membuat kulit wajah kita menjadi kering, berwarna kemerahan, dan gatal. Untuk mengatasi iritasi satu – satunya cara adalah dengan meningkatkan kelembaban kulit yang bisa Anda lakukan dengan mencuci muka dengan air hangat.

5. Mencegah timbulnya kerutan

Cara mengatasi kerutan di wajah mungkin  menjadi topik yang paling sering dicari baik oleh kaum hawa dan kaum adam. Memang ada beberapa cara menghilangkan kerutan di wajah yang bisa Anda coba. Tetapi, sebelum terjun ke dalam perawatan yang mahal coba dulu perawatan secara rutin dan alami hanya dengan mencuci muka dengan air hangat secara rutin di pagi hari.

6. Membersihkan sisa – sisa sel kulit mati

Pada proses regenerasi sel, sel kulit yang sudah tua akan mati dan digantikan oleh sel baru. Dalam proses ini tentunya Anda akan sangat perlu untuk membersihkan wajah Anda untuk memastikan tidak adanya penumpukan sel kulit mati pada kulit wajah Anda yang bisa membuat penampilan Anda menjadi tidak maksimal.

7. Mencegah iritasi

Tidak hanya mengatasi iritasi, tetapi dengan secara rutin mencuci wajah dengan air hangat di pagi hari juga dapat membuat Anda terhindar dari iritasi kulit wajah. Dengan terjaganya kelembaban kulit dengan secara rutin menggunakan air hangat maka Anda akan terhindar dari permasalahan kulit ini.

8. Mencegah pertumbuhan jerawat

Setelah sel – sel kulit mati yang ada pada wajah dibersihkan secara maksimal karena bantuan air hangat Anda bisa mencegah pertumbuhan jerawat sejak dini. Oleh karena itu, maka wajah tidak mendapatkan tumpukan kotoran yang berlapis yang bisa menjadi sarana tumbuhnya jerawat.

9. Mencegah datangnya komedo

Manfaat cuci muka dengan air hangat di pagi selanjutnya adalah mencegah datangnya komedo. Komedo bisa menjadi cikal bakal pembentukan jerawat apabila tidak segera dicegah. Penyebab dasarnya juga sama yaitu adanya penumpukan kotoran pada bagian kulit wajah.

10. Membersihkan komedo

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan komedo, mungkin tidak asing lagi ditelinga Anda mengenai manfaat tomat untuk menghilangkan komedo dan manfaat pisang untuk komedo. Beberapa cara tersebut memang bisa membantu Anda. Untuk membantu kedua cara tersebut secara lebih maksimal, maka gunakan air hangat untuk membuka pori – pori wajah Anda pada pagi hari sebelum melakukan kedua perawatan tersebut agar hasilnya menjadi lebih maksimal.

11. Menyamarkan noda hitam

Penyebab bintik hitam pada wajah sangatlah beragam. Mulai dari paparan sinar matahari yang terlalu sering hingga noda hitam yang timbul karena bekas jerawat. Cara menghilangkan bintik hitam di wajah pria juga menjadi topik yang disegani karena pria juga memperhatikan penampilan mereka. Air hangat yang Anda gunakan pada pagi hari dapat membantu menyamarkan noda hitam karena ia membantu membersihkan sel kulit mati yang memiliki noda hitam. Sel ini akan digantikan dengan sel baru yang lama kelamaan akan membuat kulit wajah Anda bersih dari noda hitam.

12. Membuat kulit wajah rileks

Sama seperti manfaat totok aura wajah, air hangat juga akan membuat kulit wajah Anda menjadi rileks. Setelah semalaman berproses untuk memiliki sel baru, kulit juga ingin memiliki waktu sejenak untuk rileks. Air hangat yang Anda gunakan akan sangat membantu kulit mendapatkan sensasi tersebut. Dan, sensasi tersebut pun dapat Anda rasakan secara langsung.

13. Anti aging alami

Setelah terlepas dari stress yang diakibatkan oleh penumpukan sel kulit mati, debu, pulosi, make up, dan kotoran lainnnya maka kulit akan merasa rileks. Dalam kondisi rileks dan tidak terbebani, maka kulit wajah dapat menjalankan fungsinya secara maksimal dan dengan baik sehingga hal ini dapat membuat Anda terlihat awet muda.

14. Menjaga elastisitas kulit

Apabila kulit Anda tidak sering mengalami stress dan Anda juga secara rutin mencuci wajah dengan air hangat, hal ini bisa menjaga tingkat elastisitas kulit Anda. Perawatan yang tepat seperti mencuci wajah dengan air hangat di pagi hari akan membantu kulit untuk memaksimalkan kinerjanya seperti menjaga tingkat elastisitas kulit.

15. Pelembab alami kulit wajah

Pelembab oil free dan non comedogenic bisa menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kelembaban kulit Anda. Manfaat yang Anda dapatkan dari pelembab wajah untuk kulit kering juga bisa membantu untuk melembabkan kulit Anda secara maksimal. Tetapi, dibalik segala produk buatan untuk melembabkan kulit, masih ada cara alami yang bisa dilakukan dan terbukti hasilnya. Yap! Anda benar sekali, dengan mencuci wajah secara rutin pada pagi hari menggunakan air hangat. Hal ini tidak akan membuat kulit Anda kering dan tetap terjaga kelembabannya.

Pada dasarnya memang ada banyak manfaat dari penggunaan air hangat seperti manfaat mengompres wajah dengan air hangatmanfaat cuci muka pake air hangat sebelum tidur, dan manfaat air hangat untuk wajah berjerawat. Poin penting yang perlu Anda ingat adalah jangan menggunakan air yang terlalu panas untuk membasuh wajah Anda terutama bagi Anda yang jerawatnya sedang meradang. Karena, apabila suhu ai terlalu tinggi, hal ini hanya akan memperparah keadaan peradangan jerawat Anda. Apabila Anda tetap ingin menggunakan air hangat, pastikan bahwa kulit Anda yang berjerawat tidak terasa perih pada saat Anda menggunakan air hangat.

Mengenai manfaat – manfaat cuci muka dengan air hangat di pagi hari yang telah saya jelaskan diatas, saya mengharapkan artikel ini berguna untuk Anda. Terimakasih telah menjadi pembaca dan pengikut setia kami di klinik kecantikan. Tetap ikuti perkembangan artikel – artikel seputar klinik kecantikan pada website ini karena kami akan berbagi berbagai artikel yang bisa membantu Anda keluar dari permasalahan kecantikan. Sekian dan terima kasih!