8 Manfaat Suntik Kolagen Bagi Kulit

Suntik kolagen menjadi resep yang banyak direkomendasikan dokter untuk para pasien yang menginginkan kulitnya cerah. Meskipun namanya suntik kolagen, kandungan yang diinjeksi pada tubuh sang pasien bukanlah kolagen semata, akan tetapi juga vitamin C. Penggunaan jarum suntik diyakini sebagai cara efektif agar kandungan vitamin C lebih terserap tubuh dengan maksimal karena, tidak harus melalui usus yang dapat menyerap sekian persen dari saripati vitamin C yang dikonsumsi. Fungsi dasar vitamin C sendiri adalah menjaga daya tahan tubuh serta mengembalikan kulit ke warna aslinya, yakni kulit yang belum pernah terkena kontak langsung dengan sinar matahari, seperti bagian paha dan perut. Fungsi yang demikian didukung oleh kandungan kolagen yang dapat mencerahkan kulit.

Apa Itu Kolagen ?

Kolagen sendiri adalah protein alami yang terdapat dalam tulang, kulit, tulang rawan dan tendon. Tubuh manusia memiliki 27 jenis kolagen yang beberapa diantaranya terdapat di bagian kulit dan berfungsi mengencangkan dan menjaga elastisitas kulit. Dengan demikian, tambahan kolagen dari luar akan meningkatkan kerja kolagen alami yang sudah tersedia di dalam tubuh sehingga menghasilkan kulit yang tak hanya kencang, akan tetapi juga cerah. Apalagi seiring bertambahnya usia, kolagen dalam tubuh perlahan menipis sehingga menjadi penyebab kulit keriput di usia muda dan kerutan di berbagai titik. Tak heran banyak yang menggunakan kolagen sebagai terapi anti-aging.

Nah, secara lebih spesifik, berikut adalah manfaat suntik kolagen bagi kulit yang dapat diandalkan untuk penampilan bahkan juga kesehatan :

1. Menguatkan daya tahan tubuh

Seperti disebutkan di atas, suntik kolagen juga mengandung vitamin C yang berfungsi menjaga daya tahan atau imunitas tubuh. Karena itu, suntik kolagen sebenarnya juga bermanfaat bagi kesehatan karena dapat menghalangi akses bakteri dan virus sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit.

2. Membantu Proses Recovery

Ini berfungsi bagi mereka yang baru sembuh dari sakit dan tengah menjalani proses recovery dan pemulihan. Dengan demikian, selain dapat mempercantik penampilan, suntik kolagen juga baik untuk kesehatan mengingat masa-masa pemulihan tak jarang menjadi masa yang rentan sehingga banyak yang membutuhkan waktu lama untuk melewatinya ataupun kembali mengalami gejala-gejala penyakit yang sudah sempat sembuh.

Sponsors Link

3. Membentuk bibir

Fungsi yang satu ini berkait erat dengan tampilan dan kecantikan, karena suntik kolagen dapat mempertegas garis bibir sehingga bagi yang ingin membentuk bibir cara ini bisa efektif. Namun demikian, pastikan Anda melakukan suntik kolagen di dokter kulit ataupun di klinik-klinik yang bersertifikasi. Selain untuk keamanan, ini juga dimaksudkan agar Anda mendapat hasil terbaik. (baca juga : cara alami memerahkan bibir)

4. Mengurangi Kerutan

Kolagen terbuat dari bahan alamiah, yakni tunjang hewan, umumnya sapi, yang kemudian diekstrak dan diubah bentuknya menjadi cair. Karena itu pada dasarnya, kolagen tidaklah berbahaya bagi tubuh karena ia berfungsi ‘mendukung’ kolagen alami dalam tubuh yang semakin menyusut seiring bertambahnya usia. Salah satu fungsi utama kolagen adalah menjaga kekencangan dan elastisitas tubuh. Cara mengatsuntik kolagen dapat mengurangi kerutan dan keriput yang tampak di titik-titik tertentu di wajah ketika usia mulai menua. (baca juga : cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami)

5. Meminimalkan Dampak Pemakaian Kosmetik

Kosmetik yang dipakai sehari-hari seringkali menggunakan bahan kimia sehingga pemakaian rutin dapat membahayakan kulit. Suntik kolagen disini berfungsi meminimalisir dampak tersebut dengan memasukkan bahan alami ke dalam sistem tubuh yang dapat mengurangi resiko dari pemakaian bahan-bahan kimia secara berkelanjutan. Termasuk menghindari bahaya kosmetik yang berbahaya.

6. Menghaluskan Kulit dan Garis Wajah

Seperti diketahui, kolagen berfungsi menjaga kesehatan serta kelembaban kulit sehingga adanya kolagen alami yang disuntikkan akan memaksimalkan kerja kolagen alami dalam tubuh yang mulai lemah karena usia. Tak heran setelah melakukan suntik kolagen, pasien biasanya mengalami perubahan yang cukup signifikan dalam waktu singkat, yakni menghalus dan semakin cerahnya kulit sekujur tubuh utamanya garis wajah yang semakin halus.

Sponsors Link

7. Mengisi Lubang Bekas Jerawat

Titik-titik tempat tumbuhnya jerawat seringkali menyisakan lubang yang begitu mengganggu penampilan. Lubang-lubang tersebut dapat ‘ditimbun’ dan diisi oleh cairan kolagen sehingga akan rata dengan bagian kulit wajah yang lain. Ini akan membuat tampilan lebih memesona karena wajah akan cerah, kencang dan bebas dari lubang-lubang bekas jerawat.

8. Membantu Proses Regenerasi Sel Kulit

Kolagen dapat mencerahkan dan menyehatkan kulit karena ia dapat mempercepat regenerasi sel kulit sekaligus membuang sel kulit mati yang menempel di wajah. Karena itu, tidak akan ada sel kulit mati yang memadamkan kecerahan warna kulit Anda sehingga wajah Anda cerah bersinar.

Beberapa manfaat di atas secara umum menunjukkan bahwa suntik kolagen amat bermanfaat karena selain dapat menunjang kesehatan, ia juga bisa mempercantik dan membuat pasien terlihat lebih muda dengan kulit wajah yang cerah dan kencang. Bahan baku kolagen yang merupakan bahan alami serta campuran vitamin C di dalamnya membuat suntik ini diminati banyak kalangan karena aman, sehat dan relatif murah.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 21st, December 2015 / 09:23 Oleh :
Kategori : Medis