Mikrodermabrasi – Manfaat, Prosedur dan Efek Samping

Bagi anda pengamat kecantikan dan kesehatan, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Mikrodermabrasi merupakan salah satu bentuk penanganan masalah jerawat yang timbul di wajah. Tentu saja pada beberapa orang, sangat berupaya untuk menghindari diri dari masalah jerawat. Maka tak jarang mereka menggunakan senjata dari mikrodermabrasi serta melakukan laser jerawat agar masalah tersebut hilang.

mikrodermabrasiMelakukan mikrodermabrasi menjadi salah satu metode tepat untuk menghilangkan jerawat. Hal ini sudah teruji klinis dan medis, bahwa penggunaanya aman. Anda yang tertarik untuk melakukan pembersihan wajah atau mempercantik, patut mencoba hal ini. Pasalnya melakukan mikrodermabrasi juga membantu mengatasi lubang bekas jerawat. Sama dengan laser jerawat, mikrodermabrasi sama-sama dilakukan oleh tenaga medis.

Banyak orang yang sekarang lebih menyarankan menggunakan mikro dermabrasi. Sebenarnya apa sih itu? Apakah bisa menjadikan kulit kita cantik lagi? Apakah aman? Berbagai pertanyaan yang akan muncul jika anda menyarankan mikro dermabrasi. Tapi sebenarnya, apa itu mikro dermabrasi?

Apakah Mikrodermabrasi itu?

Di namakan mikro dermabrasi, yakni merupakan salah satu bentuk tindakan yang bertujuan untuk me-renormal atau menormalkan lagi wajah anda dari jerawat. tentu saja penghilangan jerawat dan mengembalikan kulit wajah bekas jerawat yang biasanya banyak lubang lubang menjadi utuh secara normal.

Apa yang dilakukan saat proses Mikrodermabrasi ?

Prosesnya adalah ketika terjadi luka, bagian kulit yang terbentuk luka tadi di namakan dengan jaringan fibrotik. Lalu anda melakukan proses mikrodermabrasi. Kemudian akan membantu merangsang pembentukan sel baru yang berguna untuk menutupi luka tersebut. Jadi dengan melakukan mikro dermabrasi ini selain mengambil bagian jaringan luka, seperti jerawat, flek hitam, dan lain sebagainya, juga berguna untuk merangsang pembentukan sel baru yang bisa menutupi luka tadi. Hal ini akan membuat kulit anda kembali sehat seperti sedia kala sebelum terkena jerawat.

Mikro dermabrasi ini merupakan salah satu bentuk perwujudan tindakan taraf ringan dari dermabrasi. Dalam melakukannya, mikro dermabrasi menggunakan suatu alat khusus. Bahan utamanya adalah bubuk organik yang bentuknya mirip dengan kristal halus. Sedangkan melakukan dermabrasi lebih tinggi tarafnya. Pembersihannya menggunakan sikat khusus untuk wajah. maka lebih aman dan terkontrol dengan melakukan mikro dermabrasi.

Manfaat

Mikrodermabrasi, tentu bisa menjadi pilihan wajah berjerawat, namun perawatan yang di butuhkan juga sangat beragam. Anda sendiri juga harus telaten. Berbagai macam bentuk tindakan juga harus di hindari. Namun, apakah sepadan dengan hasil yang anda dapatkan?

Jawabannya adalah YA. Mengapa? karena manfaat melakukan mikro dermabrasi ini sungguh banyak, berikut ini diantaranya :

1. Kulit bopeng hilang

Mikro dermabrasi pada dasarnya memang membantu memicu perkembangan sel kulit baru. Tujuannya adalah untuk meratakan kulit anda. dengan begitu adanya bopeng pada kulit juga hilang dan tidak nampak. Sebab seluruh permukaanya sudah sama dan rata semua

2. Mengangkat jerawat

Hal ini tentu saja di lakukan. Sebab mikro dermabrasi memiliki tujuan lain yakni mengangkat luka pada kulit wajah. termasuk pula jerawat, flek hitam, komedo, dan lain sebagainya. Maka siapkah anda memiliki wajah cantik?

3. Muka lebih bersinar dan bersih

Setelah wajah bebas dari jerawat, pastilah masih meninggalkan bekas luka atau jejak. Nah dengan melakukan mikro dermabrasi akan membantu anda menyamarkan luka atau bekas jerawat. sebab mikro dermabrasi membantu untuk mengangkat pengelupasan kulit mati. Kulit ini sudah tidak di gunakan oleh wajah anda. maka lebih baik di kupas, sehingga kulit sehat dan cantik anda akan terlihat

4. Menyamarkan garis halus wajah

Dengan menjalani terapi mikro dermabrasi juga bisa membantu anda untuk menyamarkan garis garis halus pada kulit wajah. hal ini biasanya banyak di jumpai oleh wanita yang sudah berada pada usia di atas 38 tahunan. Masalah ini umum menjadi tanda bahwa kulit sudah tidak seremaja dahulu.

5. Tekstur kulir menjadi lebih halus

Kemudian salah satu kelebihan melakukan mikro dermabrasi adalah menjadikan kulit anda lebih halus teksturnya. Sebab mikro dermabrasi sama saja menyamakan bentuk dan perataan kulit wajah anad. Sehingga teksturnya sama semua.

Prosedur Perawatan

Dengan melakukan mikrodermabrasi, medis akan berupaya untuk mengikis sel sel kulit yang sudah mati. Biasanya menggunakan mycro crystal alumunium tri oksida atau AI(OH)3. Beberapa klinik yang sudah maju akan mencampurkan dengan beberapa bahan lain yang lebih merangsang lagi. Seperti menggunakan ujung berlian. Penggunaan berlian dengan kristal akan membantu pengikisan sel kulit mati lebih maksimal dan optimal.

Sponsors Link

Bagaimana caranya bekerja?

1. Penyemprotan

Penyemprotan langsung dengan zat mikro kristal dan vakum yang menggunakan hand piece. Tujuannya adalah untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Kemudian sel tersebut akan tumbuh lagi, dengan bentuk kontur kulit wajah yang lebih halus, berseri, dan bersih. Seperti yang sudah di sebutkan, melakukan mikro dermabrasi dengan menggunakan berlian dan kristal memiliki hasil lebih maksimal. Karena benar benar bisa mengesatkan kulit wajah anda.

2. Proses vakum

kemudian di lanjutkan dengan proses vakum. Pada tahap ini bertujuan untuk membersihkan sisa kulit mati yang tadi sempat menempel di wajah. Selain sel kulit mati, pada proses vakum juga bisa membersihkan komedo yang membandel di hidung. Hasil ini akan semakin memaksimalkan proses pengambilan dan pembersihan. Maka setelah itu, kulit anda akan semakin cerah, bersih, dan berseri.

3. Peeling

Jika anda tidak ingin pengambilan sel kulit mati ini perih, anda bisa menggunakan cara lain. Salah satunya dengan menggunakan peeling. Pada saat ini, peeling sudah banyak di gunakan untuk pengambilan sel kulit mati. Sudah banyak di jual bebas pula di pasaran. Anda bisa menemukannya di toko terdekat, dengan aneka rasa dan manfaat yang berbeda beda. Inilah salah satu alasan mengapa peeling banyak peminatnya. Selain lebih mudah di dapatkan, juga lebih nyaman untuk di pakai. Tidak menimbulkan rasa perih di wajah.

Dalam praktiknya, melakukan mikrodermabrasi membantu untuk semakin memicu keluarnya produksi kolagen. Sehingga kulit anda akan tumbuh dengan berseri dan sehat. Baik di gunakan untuk berbagai jenis kulit. Seperti kulit yang memiliki pori pori kecil atau tertutup. Bisa juga untuk yang berminyak dan sangat mudah berjerawat. Atau untuk kulit yang mudah terhiper pigmentasi.

Ada beberapa tips dari seseorang yang pernah melakukan mikro dermabrasi. Salah satunya adalah dengan meminta terapis memijat wajah anda dengan lembut. Bukan berarti lembut ini pelan-pelan, Namun lembut saat memegang, ada ketegasan saat menakannya. Mintalah pada mereka untuk jangan menyeret kulit wajah anda. di takutkan terjadi luka karena adanya gesekan saat melakukan mikro dermabrasi ini.

Lamanya Proses Mikrodrrmabrasi

Biasanya melakukan mikro dermaberasi ini membutuhkan waktu cukup lama, yakni antara 5 sampai dengan 7 hari. Hal ini tentu saja di dasarkan seberapa parah wajah bopeng anda. jika cukup banyak, maka memerlukan waktu yang cukup lama. Sebab dalam proses mikro dermabrasi, harus satu persatu di rawat lekuk wajah anda dari bagian dahi, pipi, hidung, dagu, dan sebagainya. Maka bisa di bayangkan berapa lama proses pemulihannya bukan? Sedangkan waktu pengerjaanya tergantung seberapa parah kerusakan. Ada yang hanya 10 kali saja. Namun juga ada yang mencapai 24 kali. Jika memang hanya ringan, ada yang hanya kembali 4 kali saja. Kualitas kulit dan jaringan wajah anda yang paling menentukan seberapa lama proses melakukan miro dermabrasi ini.

Pada setiap kali melakukan terapi mikro dermabrasi tidak terlalu lama. paling maksimal adalah 30 menit dalam satu kali terapi. Namun kebanyakan orang tidak akan hanya berhenti pada satu kali terapi. Mereka melakukannya berulang kali, kembali lagi agar hasilnya lebih optimal. Melakukan mikro dermabrasi ini cenderung perih. Maka jika semakin lama, kasihan pasien yang melakukan terapi ini.

Beberapa rekomendasi dari pihak klinik melakukan terapi mikro dermabrasi ini adalah sebanyak 4 sampai 6 kali. Dan ini di lakukan pada setiap 2 minggu. Kemudian di lakukan lagi penjadwalan melakukan mikro dermabrasi 3 bulan kemudian. Hal ini bertujuan untuk tetap mempertahankan perkembangan dan kesehatan kulit cantik anda. selain itu, dalam jangka waktu ini, kita di minta untuk melihat pembentukan kulit baru yang menutupi luka bopeng bekas jerawat, komedo, dan flek hitam kita.

Catatan Penting saat Melakukan Mikrodermabrasi

  • Bukan untuk penderita penyakit akut

Melakukan mikro dermabrasi pada dasarnya menggunakan bahan bahan yang cukup memiliki kandungan zat kimia tinggi. maka tidak cocok di gunakan untuk orang orang yang sedang mengalami keadaan tidak sehat atau tidak normal. Jika anda adalah pasien dari keratosis, tumor, dan herpes, usahakanlah untuk menghindarinya. Di khawatirkan jika terjadi hal hal yang tidak di inginkan atau malah membahayakan penyakit anda

  • Bukan untuk wanita hamil dan menyusui

Proses kehamilan dan melahirkan adalah proses yang amat penting. Maka anda tidak boleh coba coba untuk melakukan suatu hal yang bisa membahayakan kesehatan dari calon bayi atau bayi kecil anda. melakukan mikro dermabrasi ini menggunakan berbagai bahan kimia. Makanya sangat di wanti wanti untuk tidak melakukan hal hal yang bisa beresiko untuk janin. Salah satunya dengan melakukan mikro dermabrasi. Untuk itu, anda bisa melakukan mikro dermabrasi setelah bayi di sapih.

  • Tidak boleh melakukan aktivitas renang

Mikro dermabrasi ini prosesnya sangat panjang. Salah satunya membantu untuk merangsang sel kulit baru muncul dan tumbuh. Jika anda melakukan renang, akan merusak proses pertumbuhan sel baru tersebut. Oleh sebab itu, anda di larang melakukan renang. Terlebih air adalam kolam renang tidak terlalu bersih. Pemakai dari kolam renang juga bukan anda seorang. Maka ada banyak kotoran dalam air kolam renang. Selain itu, kolam juga berada di bawah sinar matahari. Maka sudah banyak reaksi reaksi kimia yang terjadi di dalam sana.

  • Tidak melakukan chemical peeling

Sebenarnya melakukan mikrodermabrasi dan chemical peeling sama-sama membutuhkan bahan kimiawi. Sangat di khawatirkan jika anda melakukan mikrodermabrasi dan chemical peeling dalam waktu yang bersamaan. Sebab bahan dasarnya berbeda. Takutnya ada reaksi kimia baru ketika anda melakukan ke dua hal tersebut. Jika memang menghendaki untuk melakukan prosedur chemical peeling, anda bisa melakukannya dengan berjarak beberapa hari kemudian. Paling tidak sampai 14 hari kemudian setelah melakukan terapi mikro dermabrasi anda bisa menjalani chemical peeling.

  • Harus memakai tabir surya

Tentu saja anda tidak bisa seenaknya keluar masuk rumah setelah melakukan mikro dermabrasi. Maka harus ada pelindung wajah, seperti menggunakan tabir surya. Mikro dermabrasi itu menggunakan cukup banyak campuran kimiawi. Makanya sangat di haramkan terkena sinar matahari langsung. Takutnya terjadi reaksi kimia lain ketika berada di bawah sinar matahari.

  • Harus telaten dan rajin

Tentu saja menggunakan bahan kimia, anda tidak bisa seenak udel mengabaikan wajah anda. setelah melakukan mikro dermabrasi, anda harus lebih telaten membersihkan wajah, merawatnya, termasu memberikan perlindungan saat berada di luar rumah. bisa menggunakan tabir surya, atau memakai topi saat berada di bawah sinar matahari. Hal ini bertujuan semakin memaksimalkan hasil dari mikro dermabrasi tadi.

Efek Samping

Sudah seperti yang di sebutkan di awal, bahwa melakukan mikrodermabrasi sama saja melakukan exfoliation atau pengelupasan kulit mati. Sudah pastinya rasa yang di timbulkan adalah sakit. Namun apakah sekedar sakit saja? Sebelum anda menentukan apakah memang benar benar hendak melakukan mikro dermabrasi, maka renungkanlah efek samping di bawah ini :

1. Kulit ruam kemerahan

ads
Sudah di jelaskan bahwa melakukan mikro dermabrasi adalah melakukan pengelupasan kulit. Maka salah satu reaksi normal yang di tunjukan kulit anda adalah muncul kemerahan, ini sudah secara alamiah, dan reflek. Sama seperti ketika kulit paha anda di tampar keras. Apakah tidak ada bekas tanda kemerahan? Tentu saja ada. Sama pula dengan anda melakukan mikro dermabrasi ini.

2. Lebih sensitif

Keberadaan kulit yang luka, akan lebih sensitif dari biasanya. Seperti ketika anda terjatuh dari sepeda, kulit normal yang jaraknya berada 0,5 centi meter dari luka ketika di tekan juga akan terasa sakit. Sama ketika anda melakukan mikrodermabrasi. Kulit menjadi lebih sensitif. Baik di sentuh, apalagi jika sampai terkena gesekan dengan benda lain. Atau bisa jadi lebih sensitif saat terkena paparan sinar matahari langsung.

3. Tidak bisa berada di bawah sinar matahari

Sinar matahari mengandung beberapa zat zat yang tidak baik untuk kulit. Salah satunya adalah radiasi sinar ultra violet, baik A maupun B. oleh sebab itu, jika anda memang benar benar hendak melakukan mikro dermabrasi, harus segera jauh jauh dari sinar matahari. Paling tidak selama 48 jam ke depan, anda tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Dalam waktu ini, sel kulit baru anda sedang dalam tahap produksi. Maka tidak boleh terekspos dahulu. Untuk melindunginya langsung, bisa menggunakan SPF 30 sebagai bentuk perawatan.

4. Hentikan merias wajah

Selama melakukan perawatan dari terapi mikro dermabrasi, anda sangat di larang untuk merias wajah menggunakan apapaun. Entah BB cream, bedak, pelembab, foundation, atau apapaun jenisnya. Hal ini bisa mengganggu proses produksi. Selain itu juga menghindari infeksi dengan produk kosmetik lain jika anda melakukan periasan pada wajah. tapi apakah selama berbulan bulan anda tidak bisa merias wajah? tentu saja tetap bisa. Anda bisa merias wajah setelah 6 jam ke depan selanjutnya. Anda perlu untuk membiarkan kulit baru beradaptasi dengan teman teman kulit yang lama. biarkan kulit baru yang baru saja muncul ini bisa menyamakan diri dan menyesuaikan dengan yang lainnya.

5. Area mata yang tidak normal

Setelah melakukan mikro dermabrasi, daerah sekitar mata anda menjadi berbeda. Seperti lebih sensitif dari sebelummya, lebih tampak tipis. Memang untuk beberapa jenis kulit tentu hal seperti ini juga termasuk salah satu efek samping yang sering muncul. Daerah mata juga akan terlihat lebih kemerahan dari sebelumnya. Memang hal ini sedikit mengganggu. Tapi ini juga menjadi efek samping yang cukup serius.

6. Resiko ada darah dari sekitar wajah

Beberapa jenis kulit yang tidak tahan dengan bahan bahan yang di pakai dalam praktik mikrodermabrasi. Salah satu bentuk efek samping yang parah adalah sampai keluarnya darah di sekitar area sensitifnya. Tentu saja hal ini tidak bisa anda diamkan. Harus segera di konsultasikan.

7. Tidak untuk kulit remaja

Jika kulit anda masih dalam tahap peremajaan diri, maka jangan lanjutkan untuk melakukan terapi ini. Mikro dermabrasi ini hanya di sediakan untuk orang tua yang sudah menginjak masa masa awal penuaan. Misalnya dari rentang umur 30 sampai dengan 50 tahun.

8. Resiko terkena infeksi kulit

Pastikan anda tidak dalam kulit yang terluka. Sebab melakukan mikro dermabrasi saat kulit terluka sama saja anda membiarkan diri masuk dalam jurang. Adanya luka sebelum melakukan mikro dermabrasi di khawatirkan akan anda infeksi baru dari luka tersebut. Lebih baik untuk membiarkannya sembuh dulu luka itu. Baru bisa melakukan mikrodermabrasi.

Apakah semua orang bisa melakukan mikro dermabrasi ?

Ini menjadi salah satu rahasia yang banyak di sembunyikan dari berbagai pihak. Apakah melakukan mikro dermabrasi jelas 100 % bisa berhasil? Apakah ada kemungkinan gagal dari praktik terapi ini? Seberapa parahkah kegagalannya?

Kasus Oplas di Cina

Anda pernah mendengar cerita mengenai operasi plastik? Memang sebagian besar mereka berhasil. Tapi apakah hal ini memungkinkan adanya kegagalan? Tentu saja. Begitu pula mengenai pemakaian obat kimia yang ada. Apakah semua jenis kulit sama sama akan menunjukan keberhasilan?

Ada seorang wanita cantik dari china. Ia melakukan perawatan wajah pada sebuah salon untuk menghilangkan bekas jerawat dan memutihkan wajah. bayarannya memang mahal. Tapi ternyata hal itu tidaklah jaminan untuknya memiliki wajah yang di impikan. Satu minggu setelah menjalankan perawatan kulit tersebut, wajah cantiknya berubah menjadi monster. Ia tidak bisa membuka mulutnya seperti biasa. Semakin besar mulutnya terbuka, yang ada malah wajahnya menjadi retak retak. Hasil putihnya kulit hanya sepeti tipuan saja. Lama-lama retakan wajah tadi mengeluarkan banyak darah.

Jika di kaitkan dengan mikro dermabrasi, akankah hal itu sama? Apakah mikro dermabrasi juga memiliki taraf kegagalan? Menurut sumber, tidak semua orang yang menjalani mikro dermabrasi bisa sukses. Beberapa jenis kulit yang menjalani mikro dermabrasi memang tampak berseri, sehat, dan bercahaya. Namun beberapa jenis kulit lainnya malah menjadi kusam dan kasar.

Bahan yang di pakai saat melakukan mikro dermabrasi tidak semuanya bisa cocok. Ada beberapa orang yang mungkin memiliki sejarah alergi dengan bahan tersebut. Maka untuk meminimalisir terjadinya hal buruk setelah melakukan mikro dermabrasi, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu bahan bahan apa saja yang digunakan. Setelah itu sesuaikan dengan wajah, kemudian ketahui pula efek samping yang mungkin timbul setelah melakukan mikrodermabrasi. Jika anda menemukan perbedaan mencolok antara efek samping yang sudah di sebutkan dengan apa yang terjadi dengan kulit, maka ada baiknya untuk konsultasikan pada ahlinya dahulu.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 04th, December 2015 / 04:31 Oleh :
Kategori : Medis