5 Efek Samping Memerahkan Bibir dengan Pasta Gigi dan Cara Mengatasinya

Bibir yang pucat dan gelap dapat membuat tampilan menjadi kurang percaya diri. Sehingga banyak cara yang dilakukan oleh wanita demi mendapatkan bibir yang tampak merah cerah untuk menunjang penampilan. Mulai dari sulam bibir untuk mendapatkan bibir merah secara instan maupun cara alami memerahkan bibir yang hitam dengan menggunakan bahan-bahan alami. Menurut sebagian orang, cara memerahkan bibir dengan odol adalah salah satu cara yang paling alami dan mudah untuk dilakukan. Caranya adalah dengan mengoles pasta gigi pada bibir secara rutin untuk membuat sel kulit mati bibir. Padahal terdapat efek samping memerahkan bibir dengan pasta gigi yang tidak banyak orang ketahui. Nah, berikut ini adalah beberapa efek samping penggunaan pasta gigi untuk memerahkan bibir:

1. Bibir kering

Terlalu sering menggunakan pasta gigi untuk memerahkan bibir dapat membuat bibir menjadi kering. Kenapa? Ada kandungan pasta gigi seperti penyegar yang bisa membuat bibir menjadi kurang nutrisi dan kering karena kehilangan kelembabannya. Cara mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan pelembab bibir setelah menggunakan pasta gigi, agar bibir tetap terjaga kelembabannya.

2. Bibir pecah-pecah

Bibir kering biasanya akan membuat bibir pecah-pecah dan mengelupas kulitnya. Hal ini malah akan membuat penampilan Anda semakin tidak bagus dan bisa membuat Anda kurang percaya diri. Daripada menggunakan pasta gigi, Anda bisa mencoba cara memerahkan bibir dengan gula pasir atau cara memerahkan bibir dengan kunyit. Hal ini karena kandungannya jelas lebih alami daripada pasta gigi dan pasti lebih aman digunakan.

3. Bibir terluka

Kondisi bibir yang kering dan kulit bibir yang mengelupas bisa membuat bibir terluka lho. Kulit yang mengelupas, apabila terkelupas bisa membuat bibir berdarah dan sakit jika digunakan untuk tersenyum serta bisa membentuk garis vertikal memerah karena saking perihnya. Solusinya adalah jangan sekali-sekali mengelupaskan kulit yang pecah-pecah agar luka tidak semakin parah.

4. Sariawan

Kulit bibir yang kondisinya kering juga bisa membuat bibir sariawan. Bibir yang sariawan pasti sangat merepotkan karena akan terasa perih saat digunakan untuk makan dan minum. Cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi air putih yang banyak untuk menghilangkan sariawan.

5. Bibir menghitam

Sapa sangka ternyata salah satu efek samping memerahkan bibir dengan pasta gigi adalah membuat bibir menghitam? Nah, bahan-bahan yang digunakan dalam pasta gigi belum tentu cocok dengan bibir Anda. Salah-salah malah akan membuat bibir menjadi kering dan menjadi semakin hitam.

Tanpa disangka, ternyata banyak sekali efek samping penggunaan pasta gigi sebagai cara memerahkan bibir hitam. Bukannya membuat bibir menjadi merah, malah akan membuat bibir rusak dan makin menghitam. Tapi jangan khawatir, efek samping tersebut hanya akan terjadi jika Anda menggunakan pasta gigi sebagai pemerah bibir terlalu sering atau dengan kandungan pasta gigi yang tidak cocok. Ada beberapa tips yang perlu diketahui agar pasta gigi aman untuk digunakan sebagai pemerah bibir, yaitu:

  1. Pastikan membersihkan kulit bibir dari kotoran atau sisa lipstik yang menempel.
  2. Oleskan pasta gigi ke seluruh permukaan bibir dengan rata.
  3. Diamkan seperti itu selama kurang lebih 5 sampai dengan 10 menit.
  4. Basuh dengan air.
  5. Keringkan dengan tissue atau handuk dengan cara di tepuk-tepuk, jangan digosok.

Nah, agar Anda tidak mengalami efek samping memerahkan bibir dengan pasta gigi, lakukan tips di atas 1 hingga 2 kali saja dalam seminggu. Jangan terlalu sering karena dapat merusak bibir. Semoga bermanfaat.