7 Kandungan Dalam Produk Lipcare Untuk Bibir Sehat

Kesehatan cara mengatasi bibir kering agar tetap sehat menjadi hal yang sangat penting, sehingga perlu diperhatikan kandungan dalam produk lipcare untuk bibir sehat. Dengan memilih produk yang memiliki kandungan-kandungan tertentu maka dapat memberikan nutrisi untuk bibir yang sehat.

Selain untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, pemilihan kandungan-kandungan tertentu pada lipcare juga bertujuan untuk menghindari alergi. Karena ada beberapa orang yang memiliki alergi pada kandungan tertentu, sehingga harus berhati-hati. 

Pemilihan kandungan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan bibir kering, kandungan yang dapat berpotensi menyebabkan bibir kering misalnya seperti mentol, kapur barus, humektan, hingga mineral oil. Berikut ini adalah kandungan dalam produk lipcare untuk bibir sehat

1. Castor Oil

Castor oil atau juga disebut minyak jarak telah terkenal sejak zaman dahulu untuk dijadikan obat. Kandungan ini dapat masuk ke dalam kulit lebih baik daripada minyak nabati lainnya. Salah satu minyak nabati ini juga telah banyak terdapat pada produk-produk lipcare

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), castor oil dan minyak biji rami adalah beberapa minyak nabati yang direkomendasikan oleh para dokter kulit untuk membantu sebagai perawatan bibir pecah-pecah.

2. Madu

Khasiat memerahkan bibir dengan madu sudah cukup terkenal untuk kesehatan, dan ternyata madu juga sangat bermanfaat untuk bibir sehat. Jai kandungan satu ini dapat menjadi pertimbangn sebelum memilih lipcare.

Madu dianggap sebagai humektan , yang berarti madu dapat menarik kelembapan. Sebagai bahan pelembab bibir, madu dapat membantu pengelupasan kulit bibir dan menjaganya tetap terhidrasi dan sehat.

3. Lanolin

Lanolin merupakan jenis lilin yang dikeluarkan oleh hewan berbulu seperti domba. Lanolin dapat meredakan bibir yang teriritasi karena membantu mengikat kelembapan. Sebuah studi menemukan bahwa lanolin mampu mengurangi kehilangan air di kulit sebesar 20% hingga 30%.

Namun perlu diperhatikan, ada beberapa orang yang alergi terhadap kandungan ini. Jadi pastikan tidak memiliki alergi terhadap kandungan ini jika ingin memilih produk lipcare dengan kandungan tersebut. 

Untuk mengetahui apakah memiliki alergi terhadap lanolin, maka dapat memeriksanya pada dokter kulit, atau jika sudah menggunakan produk lipcare dengan kandungan lanolin dan muncul ruam, kemerahan, dan rasa terbakar pada bibir maka hal itu dapat menjadi tanda alergi.

4. Petroleum jelly

Zaman dahulu manfaat petroleum jelly sudah sering digunakan sebagai salep. Hingga saat ini petroleum jelly dimanfaatkan untuk membantu melembabkan bagian tubuh yang kering.

Minyak mineral adalah salah satu bahan dalam petroleum jelly. Baik petroleum jelly dan minyak mineral biasanya digunakan dalam lip balm karena dapat meningkatkan kelembapan pada bibir dan menyembuhkan bibir pecah-pecah. 

5. Shea butter dan cocoa butter

Shea butter dan cocoa butter adalah jenis lemak alami yang masing-masing berasal dari pohon shea dan biji kakao. Kedua kandungan ini cukup bagus untuk membuat bibir sehat dan telah digunakan pada beberapa produk lipcare.

Mentega, seperti shea dan kakao, membantu bibir mempertahankan kelembapan dan membantu menyembuhkan bibir pecah-pecah.

6. Vitamin E

Manfaat Vitamin E merupakan antioksidan yang telah digunakan dalam produk kosmetik selama bertahun-tahun. Antioksidan adalah zat yang membantu mencegah atau menunda kerusakan sel dan bermanfaat untuk perawatan kulit.

Banyak produk lipbalm yang biasanya menggunakan kandungan satu ini. Namun ada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap Vitamin E, sehingga perlu dihindari jika memiliki alergi terhadap kandungan ini.

7. Seng oksida dan Titanium dioksida

Sama seperti kulit, bibir juga sensitif terhadap sinar matahari, dan terlalu banyak sinar matahari dapat menyebabkan bibir pecah-pecah. 

Seng oksida dan titanium dioksida yang biasanya terdapat pada sunscreen, dapat bermanfaat untuk bibir karena membantu melindungi dari sinar UV. Kedua kandungan ini juga dapat mencegah bibit kanker seperti kanker kulit.

Penggunaan lipbalm dengan kandungan SPF juga sangat disarankan, minimal jumlah SPF 30  dan dapat memilih SPF lebih tinggi jika sering berkegiatan di luar ruangan.

Memilih kandungan-kandungan yang tepat untuk produk lipcare adalah salah satu cara untuk mendapatkan bibir yang sehat.

Manfaat air putih adalah cara lain untuk mencukupi kebutuhan menutrisi bibir, karena air putih juga sangat penting untuk membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan bibir.