5 Perawatan Bibir Sebelum Tidur Agar Tidak Kering dan Pecah-Pecah

Melakukan perawatan sebelum tidur pada bibir merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan jika ingin memiliki bibir yang sehat. Bibir yang terlihat kenyal, lembap dan merah alami menjadi impian banyak orang.

Untuk mendapatkan bibir yang sehat perlu dilakukan berbagai perawatan, entah itu di pagi hari, siang hari, atau bahkan menjelang tidur di malam hari. Semalaman tidur tanpa memberikan pelembap apapun pada bibir akan menyebabkan bibir kering dan mungkin terlihat kurang sehat.

Kondisi mulut yang terbuka ketika tidur juga menjadikan bibir dapat semakin kering. Masalah pada bibir biasanya meliputi bibir kering dan gatal, bibir gelap, hingga bibir pecah-pecah. Untuk itu sangat penting melakukan beberapa cara perawatan bibir sebelum tidur.

1. Membersihkan bibir

Rutinitas membersihkan make up sebelum tidur sudah menjadi hal yang umum, apalagi bagi yang sudah terbiasa memakai make up setiap harinya. Lipstik menjadi salah satu komponen make up yang hampir tak pernah terlewatkan, sehingga jangan lupa membersihkan bibir dari lipstik yang menempel.

Jika merasa lipstik telah luntur, tetap pastikan membersihkan bibir dengan pembersih. Karena dapat saja sisa-sisa lipstik masih menempel apalagi lipstik yang bersifat waterproof. Gunakan lip remover atau pembersih lainnya untuk membersihkan sisa-sisa lipstik pada bibir.

2. Melakukan eksfoliasi bibir

Eksfoliasi bibir sangat penting untuk dilakukan, dengan eksfoliasi maka kulit mati pada bibir dapat terangkat, serta membantu membuat bibir terasa lebih halus dan lembut. Namun, eksfoliasi ini tidak perlu sering dilakukan, cukup 2-3 kali saja setiap minggunya.

Untuk melakukan eksfoliasi dapat menggunakan produk scrub bibir yang sudah tersedia banyak di pasaran, atau juga dapat dengan scrub alami yang biasanya terbuat dari campuran madu dan gula pasir. Cara penggunaannya cukup mudah, yakni oleskan scrub pada bibir kemudian gosok secara perlahan dan bersihkan sisa scrub.

3. Mengoleskan pelembab bibir

Tidur sepanjang malam tanpa mengoleskan pelembab bibir akan menyebabkan bibir kering ketika bangun di pagi harinya. Untuk itu jangan lupakan mengoleskan pelembab bibir sebelum tidur.

Pelembab bibir yang dapat digunakan misalnya produk lipbalm dan petrolium jelly, jika ingin bahan yang alami maka dapat menggunakan madu, atau manfaat minyak zaitun. Dengan mengoleskan pelembab bibir maka mendapati bibir yang lembab dan sehat di pagi hari akan lebih mungkin didapatkan.

4. Aplikasikan lipmask

Untuk mendapatkan kelembapan ekstra pada bibir, maka mengaplikasikan lipmask sebelum tidur adalah pilihan yang tepat. Ada dua jenis lipmask yang dapat digunakan, yakni lipmask dalam bentuk lembaran dan lipmask dalam bentuk krim atau gel.

Lipmask lembaran yang biasanya berbentuk bibir penggunaannya mirip seperti sheetmask wajah, yakni ditempelkan kemudian tunggu 15-20 menit setelah itu dapat dilepaskan. Sedangkan lipmask dalam bentuk gel dapat diapliksikan sebagai lapisan terakhir pada bibir dan kemudian biarkan semalaman, bersihkan di pagi hari setelah bangun tidur.

Dengan rutin menggunakan lipmask sesuai prosedur pada produk lipmask tersebut, maka bibir dapat terlihat lebih lembap, lembut, kenyal, sehat, bahkan merah alami.

5. Minum air putih yang cukup

Mencukupi kebutuhan air minum memberikan banyak manfaat bagi tubuh, selain untuk kesehatan juga membantu membuat kulit lebih sehat tak terkecuali bibir. Manfaat minum air putih sebelum tidur akan membantu mencukupi kebutuhan cairan selama tidur berlangsung.

Karena menggunakan pelembab bibir adalah hal yang penting dalam perawatan bibir, maka perlu diperhatikan kandungan yang terdapat dalam lipcare tersebut. Kandungan lipcare yang dapat membuat bibir lebih sehat adalah Castor oil, petrolium jelly, shea butter an cocoa butter, dan vitamin E.