6 Cara Memerahkan Bibir Dengan Kunyit Terbukti Ampuh

Kunyit adalah salah satu rempah yang tergolong ke dalam kelompok jahe – jahean. Kunyit jugamerupakan salah satu bahan rempah yang sudah banyak di kenal oleh banyak orang baik di Indonesia ataupun oleh negeri lainnya bahkan hingga ke daerah negara asia lainnya. Di india sendiri rempah yang satu ini merupakan bahan masakan utama yang selalu ada dalam tiap menu yang di sajikan dan selalu di gunakan dalam setiap tradisi upacara keagamaan atau kebudayaan mereka.

Selain memberikan warna yang menarik dalam sajian masakan, kunyit juga dibanyak di manfaatkan dalam kehidupan sehari – hari di luar dari penggunaannya sebagai bahan rempah masakan. Hal ini dapat din lihat dari banyak nya produk olahan kunyit dalam bidang kesehatan maupun kecantikan, bahkan produk yang berbahan kunyit mampu bersaing dengan produk lainnya di pasaran.

Kunyit mengandung beberapa zat zat aktif yang sangat bagus bagi tubuh yaitu seperti zar warna kurkumin yang sudah teruji manfaat nya bagi kesehatan, minyak atsiri atau biasa di sebutvolatil oil dan juga mineral – mineral lainnya yang sangat besar manfaatnya.

Bahan utama kunyit sebagai produk kesehatan sebenarnya sudah sangat melekat dan sudah ada sejak lama terdapat dalam kehidupan sehari – hari masyarakat Indonesia yaitu kunyit yang di olah menjadi minuman tradisional bernama Jamu. Walaupun minuman jamu kebanyakan tak hanya terbuat dari bahan kunyit tetapi tetap saja kunyit menjadi minuman atau lebih tepatnya ramuan tradisional yang sudah sejak dulu di olah dan di konsumsi oleh banyak orang. Dan jika sedang ingin melakukan cara menghilangkan bulu tangan kunyit mampu untuk mengatasinya.

Berikut 6 cara memerahkan bibir dengan kunyit yang patut di coba di rumah, selain mudah juga tak akan memberikan efek samping yang tak di inginkan.

  1. Dengan pasta kunyit

Seperti yang kita ketahui kalau kunyit memiliki pigmen berwarna kuning yang di sebabkan oleh kandungan kurkumin di dalamnya. Cara untuk membuat bibir merah dengan pasta kunyit, berikut beberapa langkah nya :

  • Bersihkan kulit kunyit dari tanah ataupun kotoran lainnya.
  • Kemudian parut atau bisa juga di giling menggunakan blender kunyit yang telah di bersihkan.
  • Tuang kunyit yang telah di haluskan ke dalam satu wadah.
  • Lalu biarkan kunyit yang telah di haluskan tersebut mengendap agar air dan sari kunyit nya dapat terpisah, lalu ambil sari kunyit nya saja sehingga dapat menjadi pasta kunyit yang siap di gunakan.
  • Langkah selanjutnya oleskan pasta kunyit tersebut ke bibir.
  1. Dengan menghaluskan daging kunyit

Selain zat kurkumin pada kunyit yang dapat di manfaatkan dalam dunia kesehatan ternyata kunyit juga memiliki zat lainnya yang dapat membantu regenerasi sel – sel kulit mati yaitu berupa mineral dan minyak atsiri. Bahkan banyak juga loh produk kecantikan yang memasukan kunyit ke dalam bahan produk kecantikannya. Adapun cara memerahkan bibir dengan kunyit ini sangat gampang yaitu sebagai berikut :

  • Bersihkan kulit kunyit dari tanah ataupun kotoran lainnya.
  • Haluskan kunyit yang telah di bersihkan.
  • Kunyit yang telah halus ini lah yang selanjutnya akan di gunakan langsung ke bibir dengan cara mengoleskannya ke bibir secara merata lalu diamkan beberapa saat.
  • Jika kunyit di rasa sudah meresap, bilas bibir dengan air hangat.
  1. Dengan menggosokkan kunyit ke bibir

Adapun cara lainnya yang dapat di lakukam untuk memerahkan bibir dengan kunyit ialah  bersihkan terlebih dahulu kunyit yang akan di pakai agar bersih dan terhindar dari kuman dan bakteri yang tak di inginkan,  lalu potong kunyit menjadi dua bagian, kemudian bagian dalam daging kunyit tersebut tinggal di gosokan langsung ke bibir. Biarkan beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Kunyit juga mengandung beberapa bahan yang dapat di jadikan sebagai cara memutihkan ketiak hitam secara alami tanpa membawa efek samping.

  1. Dengan kunyit dan madu

Madu sendiri merupakan campuran gula dengan senyawa – senyawa lainnya seperti glukosa dan fluktosa di dalamnya. Madu  pada dasarnya merupakan nektar bunga yang di kumpulkan oleh lebah sehingga kandungan asli dari nektar bunga itu tak berubah karena tak mengalami proses secara kimia. Madu merupakan bahan alami yang dapat di manfaatkan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat. Madu juga dapat mengangkat sel – sel kulit mati yang ada pada bibir serta melembabkan bibir sekaligus. Adapun cara untuk memerahkan bibir dengan kunyit dan madu adalah sebagai berikut :

  • Gunakan bubuk kunyit sebagai bahan yang akan di campurkan dengan madu, jika tidak memiliki bubuk kunyit kamu dapat menghaluskan kunyit menggunakan blender ataupun di parut.
  • Campurkan bubuk kunyit atau kulit yang telah di haluskan dengan madu secukupnya.
  • aduk madu dan kunyit secara merata kemudian oleskan pada bibir untuk membuat bibir merah merona serta melembabkan bibir sekaligus.
  1. Dengan kunyit dan susu

Susu banyak di gunakan sebagai bahan alami untuk membuat kulit menjadi cerah dan putih serta melembabkannya sekaligus. Semua ini tak lepas dari peran asam laktat yang terkandung dalam susu yang dapat mencerahkan warna kulit. Selain itu susu juga dapat bermanfaat untuk mengangkat sel – sel kulit mati. Adapun cara memerahkan bibir dengan kunyit dan susu adalah :

  • Gunakan bubuk kunyit sebagai bahan yang akan di campurkan dengan madu, jika tidak memiliki bubuk kunyit kamu dapat menghaluskan kunyit menggunakan blender ataupun di parut.
  • Campurkan susu dan juga kunyit yang telah di haluskan secukupnya menjadi satu.
  • Oleskan madu dan kunyit tersebut pada bibir dan diamkan selama 15-30 menit untuk mendapatkan warna bibir yang merah.
  • Dan terakhir bilas bibir dengan air hangat.
  1. Dengan kunyit dan garam

Garam dapat bermanfaat dalam memerahkan bibir  dengan mencampurkan garam dengan kunyit yang akan di pakai. Pada umumnya garam hanya di gunakan sebagai penambah rasa dalam masakan dan kini manfaat lainnya dari garam yaitu dapat di manfaatkan untuk hal lainnya yaitu untuk memerahkan bibir. Garam bermanfaat dalam proses pengelupasan leksfoliasi dan dapat mengangkat sel – sel kulit mati dan menghaluskan kulit bibir juga loh.

Cara memerahkan bibir dengan kunyit dan garam yaitu :

  • Gunakan bubuk kunyit sebagai bahan yang akan di campurkan dengan madu, jika tidak memiliki bubuk kunyit kamu dapat menghaluskan kunyit menggunakan blender ataupun di parut.
  • Campurkan garam dan kunyit yang telah di haluskan secukupnya.
  • Kemudian oleskan bahan tersebut pada bibir secara merata dan diamkan selama kurang lebih 15-30 menit.
  • Dan langkah terakhir ialah bilas bibir dengan air hangat untuk menghilangkan kunyit dan garam.

Manfaat Kunyit dalam Bidang Kesehatan

  • Manfaat kunyit untuk mengobati peradangan sendi

Kunyit mengandung banyak minyak volatile dan kurkumin yang terbukti bermanfaat sebagai anti inflamasi atau lebih di kenal dengan istilah peradangan. Kurkuim sendiri dapat mengatasi atau mencegah kambuh nya peradangan terutama peradangan pada sendi yang di sebabkan oleh autoimun. Zat kurkumin yang terdapat pada kunyit juga membantu penyembuhan reumathoid arthritis atau biasa di sebut penyakit rematik yang biasa dialami oleh manula.

  • Manfaat kunyit untuk mencegah penyakit kanker

Banyak penelitian yang telah di lakukan selama ini oleh para ilmuan untuk menemukan obat – obatan yang mampu mencegah penyakit kanker pada manusia. Dari hasil penelitian tersebut terdapat banyak hasil yang cukup memuaskan berupa penemuan obat – obatan pencegahan kanker baik berupa obat yang terbuat dari bahan alami ataupun secara kimiawi.

Salah satu bahan alami yang telah teruji dapat di jadikan sebagai obat pencegah kanker. Warna kuning pada kunyit sebenarnya mengandung kurkumin yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan salah satu nya dapat bermanfaat untuk melindungi dan  mencegah sel kanker berkembang serta dapat mencegah perkembangan suplai dari darah tambahan yang sangat di perlukan oleh sel kanker untuk berkembang. Adapun kunyit sebagai pencegah penyakit kanker dapat mencegah kanker hati, usus besar, dan kanker darah prostart.

Manfaat kunyit lainnya yang dapat di rasakan ketika dengan rutin mengkonsumsi obat ataupun jamu dari bahan dasar kunyit itu sendiri yaitu Kunyit dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh yang sangat berperan penting untuk menetralkan radikal bebas yang di terima oleh tubuh akibat radiasi yang berasal dari elektronikn ataupun paparan sinar matahari secara langsung dan dapat meningkatkan fungsi hati agar dapat berfungsi dengan maksimal dan mengurangi resiko leukimia yaitu penyakit darah pada manusia.

Selain beberapa manfaat di atas, ternyata kunyit juga dapat di gunakan sebagai bahan alami memerahkan warna bibir. Hal ini tentu saja di dukung dengan kandungan yang terdapat dalam kunyit yang sangat bermanfaat sepeti untuk di gunakan sebagai cara mencegah bibir hitam. kunyit juga dapat dijadikan sebagai bahan dasar produk kecantikan seperti beberapa merk bedak yang bikin glowing.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memerahkan bibir dengan menggunakan kunyit. kunyit tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh namun khasiatnya juga dapat berdampak pada kecantikan dan menutrisi bibir agar dapat memancarkan warna asli bibir yang sehat.