13 Tips Menghilangkan Komedo di Bawah Bibir Paling Aman

Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang cukup menganggu penampilan Anda. Komedo terdiri menjadi dua macam yaitu komedo putih dan komedo hitam. Komedo terjadi pada bagian kulit wajah manapun termasuk juga komedo di bawah bibir. Untuk komedo di bawah bibir biasanya dilatar belakangi oleh produksi kelenjar minyak yang berlebih pada bagian ini. Akibatnya pori-pori wajah menjadi tersumbat dan timbullah komedo. Meskipun bukan termasuk masalah kulit yang berbahaya sebaiknya komedo tetap harus di hilangkan dari kulit wajah. Cara untuk menghilangkan komode khusus di bawah bibir Anda dapat menggunakan bahan alami dan menerapkan kebiasaan yang tepat setiap harinya. Nah, berikut ini tips menghilangkan komedo di bawah bibir antara lain sebagai berikut :

1.Pembersih yang tepat

Pembersih yang tepat merupakan tips pertama untuk menghilangkan komedo di bawah bibir. Memilih pembersih yang tepat yang merupakan kebiasaan rutin untuk membersihkan wajah secara menyeluruh dari debu yang menempel pada wajah. Cara untuk memilih pembersih yang tepat adalah dengan mengenali jenis kulit Anda. Jenis kulit terbagi menjadi empat yang pertama kulit normal, kulit kering, kulit berminyak dan kulit kombinasi. Kulit kombinasi memiliki pengertian berupa kulit yang cenderung berminyak hanya dibagian dagu, dahi dan hidung saja. Sedangkan bagian kulit lainnya terasa kering. Setelah tahu jenis kulit Anda belilah dan pakailah produk pembersih yang memang di rekomendasikan untuk jenis kulit Anda. Ini penting sebagai langkah pencegahan dan menghilangkan komedo dari kulit di bawah bibir.

(Baca juga : Pembersih wajah alami)

2. Cukupi gizi kulit

Tips yang kedua untuk menghilangkan komedo di bawah bibir adalah dengan memperhatikan kebutuhan kulit akan gizi. Kulit juga membutuhkan gizi yang cukup seperti vitamin-vitamin yang berguna untuk mengoptimalkan manfaat kulit. Vitamin yang sangat diperlukan oleh kulit setiap harinya adalah :

  • Vitamin a yang bertugas untuk mengecilkan pori-pori pada kulit secara alami.
  • Vitamin b yang membuat kulit tampak halus dan lembut.
  • Vitamin c yang berguna untuk membantu mencerahkan warna kulit.
  • Vitamin e yang meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kekenyalan kulit.

Semua vitamin ini diperlukan sesuai dengan takaran yang pas untuk kulit. Jadi jika Anda mencukupi semua gizi untuk kulit, maka dengan sendirinya berbagai masalah kulit akan hilang secara alami.

Baca juga :

3. Facial

Ketiga cara untuk menghilangkan komedo di bawah bibir adalah dengan melakukan facial. Biasanya facial wajah dilakukan di klinik atau salon kecantikan, dengan harga yang cukup tinggi. Tergantung dimana Anda biasanya melakukan facial. Facial diperlukan untuk menghilangkan komedo karena facial memang bertujuan untuk membersihkan masalah wajah. Minimal facial dilakukan satu bulan sekali agar kulit wajah bebas dari komedo. Namun jika Anda tidak memiliki uang yang cukup untuk sering facial, maka prinsipnya facial bisa dilakukan sendiri dirumah dengan melihat tata cara melakukan praktek facial sendiri. Dan yang paling utama alat-alat untuk melakukan facial di rumah sudah Anda punya sendiri.

(Baca juga : Bahaya facial di salon)

4. Banyak konsumsi buah dan sayur

Konsumsi buah dan sayur juga merupakan tips menghilangkan komedo di bawah bibir selanjutnya. Konsumsi buah dan sayur diwajibkan karena buah dan sayuran memiliki kandungan antioksidan dan serat yang tinggi. Sebagaimana diketahui antioksidan berperan penting untuk menangkal serangan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Sedangkan serat berguna untuk melancarkan sistem pencernaan, dimana kesehatan sistem pencernaan juga sangat erat kaitannya dengan kecantikan kulit. Jadi jika ingin mendapatkan kulit yang sehat maka penting juga untuk memperhatikan kesehatan pencernaan dalam.

Baca juga :

5. Lidah buaya

Cara yang kelima untuk menghilangkan komedo di bawah bibir adalah menggunakan tanaman lidah buaya. Tanaman lidah buaya ini memiliki kandungan gel didalamnya yang dapat membuat komedo hilang dan mengatasi masalah jerawat. Gel dari lidah buaya didapatkan dengan mengupas kulit dari batang lidah buaya. Setelah itu oleskan gelnya pada bagian kulit yang berkomedo. Cara ini sangat ampuh mengatasi komedo asalkan di pakai secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Baca juga :

6. Jeruk nipis

Berikutnya tips untuk menghilangkan komedo di bawah bibir adalah dengan menggunakan perasan air jeruk nipis. Air dari perasan jeruk nipis mengandung vitmain c yang sangat tinggi. Selain itu air perasan jeruk nipis juga membantu ntuk menyamarkan noda hitam karena adanya kandungan AHA didalamnya. Cara untuk mendapatkan air perasan jeruk nipis adalah dengan membelah dua jeruk nipis. Setelah itu peras hingga mengeluarkan air. Air perasannya kemudian di oleskan pada bagian wajah yang berkomedo dan diamkan hingga 30 menit. Jika suah 30 menit baru bilas hingga bersih.

Baca juga :

7. Lemon

Cara yang ketujuh untuk menghilangkan komedo di bawah bibir adalah dengan menggunakan lemon. Sama dengan jeruk nipis bagian lemon yang digunakan adalah air perasan lemon. Air perasan lemon ini kemudian diaplikasikan pada bagian wajah yang berkomedo, jika sudah kering pada bagian wajah yang berkomedo baru cuci wajah dengan air bersih. Untuk optimalnya sebelum mengaplikasikan perasan air lemon pada wajah yang berkomedo, bilas dulu wajah yang berkomedo dengan menggunakan air hangat. Tujuannya adalah untuk membuka pori-pori pada bagian tersebut agar air perasan lemon cepat meresap dan melunakkan komedo sehingga komedo segera keluar.

Baca juga :

8. Putih telur

Berikutnya tips menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan putih telur. Caranya sediakan satu buah putih telur dan beberapa lembar tisu. Lalu oleskan putih telur pada tisu dan tempelkan pada kulit wajah yang berkomedo. Biarkan hingga tisu mengering selama beberapa menit. Setela itu baru tarik tisu yang mengering dengan perlahan.

Baca juga :

9. Pisang

Cara yang kesembilan untuk menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan masker pisang. Sebagaimana kita ketahui buah ini juga bermanfaat untuk pelaku diet. Cara membuat masker pisang adalah kupas kulit pisang terlebih dahulu. Setelah itu haluskan pisang dengan menggunakan sendok secara manual. Jika sudah halus baru oleskan pada wajah dan tunggu hingga 30 menit. Setelah itu baru bilas wajah hingga bersih. Pemakaian masker pisang ini dapat dilakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Baca juga :

10. Tomat

Selanjutnya cara untuk menghilangkan komedo dari kulit bagian bawah bibir adalah dengan menggunakan masker tomat. Masker tomat ini bertujuan untuk mengecilkan pori agar komedo tidak dapat muncul kembali. Tomat merupakan sayuran merah yang mengandung vitamin c, vitamin e dan likopene. Cara untuk membuat masker tomat untuk kulit wajah adalah mencuci tomat terlebih dahulu. Setelah dicuci tomat selanjutnya di haluskan dengan cara diblender agar biji tomat ikut halus. Lalu setelah itu baru oleskan pada wajah secara merata dan tunggu hingga masker tomat mengering. Setelah kering baru bilas wajah Anda dengan bersih.

Baca juga :

11. Mentimun

Tips menghilangkan komedo di bawah bibir untuk yang kesebelas adalah dengan menggunakan mentimun. Sayuran ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga baik juga untuk dikonsumsi untuk mengatasi sembelit. Mengenai cara menghilangkan komedo dengan mentiun cara yang pertama adalah dengan mengupas kulit mentimun. Selanjutnya buah mentimun dihaluskan menyerupai masker yang disebut juga dengan masker mentimun. Baru oleskan pada wajah secara merata dan diamkan di wajah selama lebih kurang 30 menit. Kemudian jika sudah 30 menit baru di bilas wajah dengan menggunakan air yang bersih. 

Baca juga :

12. Uap air panas

Tips yang ke dua belas yang bermanfaat untuk menghilangkan komedo di bawah bibir adalah dengan menggunakan uap air panas dan alat pembersih komedo. Langkah-langkahnya adalah tuangkan air panas ke dalam suatu wadah. Setelah itu hadapkan wajah keatas wadah secara hati-hati agar uap dari air panas mengenai kulit wajah nda. Biarkan sekitar 10 menit hingga kulit wajah Anda terasa hangat. Tujuan melakukan hal tersebut adalah untuk membuka pori-pori wajah secara menyeluruh. Jika sudah baru gunakan alat pembersih komedo dan angkat komedo dari kulit secara perlahan. Jika sudah melakukannya sampai kulit bersih dari komedo terutama daerah bawah bibir. Selanjutnya bilas wajah dengan menggunakan air dingin yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah Anda.

13. Baking soda

Terakhir tips menghilangkan komedo dari kulit wajah adalah dengan menggunakan baking soda. Caranya adalah masukkan air secukupnya pada wadah dan tuangkan baking soda secukupnya juga. Lalu aduk rata kedua bahan ini pastikan tidak terlalu encer. Jika sudah baru oleskan pada wajah yang berkomedo dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah 30 menit bilas wajah dengan menggunakan air yang bersih.

Baca juga :

Itulah beberapa penjelasan mengenai tips menghilangkan komedo di bawah bibir untuk Anda praktekkan sendiri dirumah.