Cara Membersihkan Komedo Dengan Pasta Gigi Terbukti Ampuh

Pasta gigi merupakan sebuah pasta yang dapat menjaga dan membersihkan gigi. Tapi tahukah kamu asal usul pertama kali munculnya pasta gigi? Pasta gigi sejak 5000 tahun yang lalu telah di gunakan oleh bangsa mesir kuno, dimana bahan yang di gunakan dalam membuat pasta gigi pada saat itu adalah campuran dari beberapa bahan yang sangat berbeda dengan pasta gigi saat ini yaitu campuran dari kuku lembu yang di haluskan, tepung yang terbuat dari batu apung, dan debu yang berasal dari pembakaran cangkak telur dan dalam penggunaanya sendiri kala itu tanpa menggunakan sikat gigi sehingga pasta tersebut hanya di gosokan ke gigi menggunakan tangan.

Di Indonesia sendiri pasta gigi lebih di kenal oleh masyarakat luas dengan sebutan odol karena sejak jaman dulu salah satu produk pasta gigi yang di produksi secara massal bermerek ODOL yang di pasarkan oleh negara jerman yaitu Dresden Chemical Laboratory Lingner pada tahun 1892 yang mana produknya berupa cairan pencuci mulut.

Seiring berjalannya waktu pasta gigi telah mengalami perkembangan dan inovasi yang terus di perbaharui dan di sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Di luar dari pada fungsi utama pasta gigi itu sendiri ternyata kini banyak orang yang telah memanfaatkan odol sebagai salah satu bahan kecantikan. Dengan demikian pasta gigi yang mula nya hanya di gunakan untuk kesehatan gigi kini pasta gigi dapat di manfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah yang timbul pada wajah, bibir bahkan kulit. Salah satu contoh nya adalah pemanfaatan odol untuk membersihkan komedo di hidung maupun di daerah sekitarnya.

Berikut 5 cara membersihkan komedo dengan pasta gigi yang patut untuk di coba :

  1. Dengan hanya menggunakan pasta gigi

Pasta gigi adalah pembersih gigi yang telah banyak di gunakan bahkan setiap rumah tentu menggunakan produk yang satu ini. Jika pada zaman dulu pasta gigi berbahan dasar alami dalam pembuatannya, pasta gigi di jaman modern ini terbuat dari bahan-bahan non-alamiah dan lebih memiliki banyak manfaat dari pada pasta gigi jaman dulu.

Pasta gigi mengandung fluoride, natrium benzoat, hidrogen peroksida, triclosan dam sodium bikarbonal. Semua kandungan yang terdapat dalam pasta gigi ini bermanfaat untuk menjaga, memelihara dan memutihkan gigi dalam penggunaanya. Adapun cara membersihkan komedo dengan pasta gigi sebagai berikut :

  • Bersihkan hidung ataupun daerah lainnya yang terdapat komedo seperti pipi dan dagu
  • Ambil pasta gigi secukupnya dengan menggunakan jari lalu oleskan pada bagian yang terdapat komedo secara merata. Dalam memilih pasta gigi sebagai bahan pembersih komedo sebaiknya memilih pasta gigi yang berwarna putih dan mengandung mint. Hal ini karena biasanya pasta gigi yang berwarna putih lebih memiliki bahan dasar yang di perlukan dalam membersihkan komedo yang membandel.
  • Setelah mengoleskan pasta gigi pada daerah yang terdapat komedo nya diamkan dan biarkan selama beberapa saat sekitar 15-30 menit. Pada awal penggunaan biasanya ketika pasta gigi di oleskan kulit akan merasakan sensasi perih dan dingin.
  • Kemudian bilas dengan air sambil di sikat dengan sikat yang halus agar dapat mengangkat sel kulit mati dan komedo yang membandel.
  • Setelah membersikan sisa pasta gigi, pastikan langsung gunakan pelelmbab wajah atau kulit agar tidak terjadi pengeringan dan iritasi kulit berlebih.
  1. Dengan menggunakan campuran garam dan pasta gigi

Garam yang beryodium dapat di gunakan dalam membersihkan komedo dengan mencampurkan garam dengan pasta gigi yang akan di pakai. Pada umumnya garam ata garam beryodium hanya di gunakan sebagai penambah rasa masakan ternyata dapat di manfaatkan untuk hal lainnya yaitu untuk kacantikan. Garam beryodium memiliki manfaat dalam proses pengelupasan leksfoliasi dan dapat mengangkat sel – sel kulit mati dan menghaluskan kulit sehingga dapat juga di manfaatkan sebagai masker untuk kulit kering mengelupas.

Oleh karena itu garam juga dapat di manfaatkan untuk membersikan komedo yang membandel karena pada dasarnya komedo dapat muncul akibat penumpukan sel –  sel kulit mati pada pori – pori wajah ataupun hidung. Cara untuk membersihkan komedo dengan garam dan pasta gigi sebagai berikut :

  • Gunakan garam yang beryodium secukupnya dan campurkan pada pasta gigi yang hendak di pakai untuk membersihkan komedo.
  • Campur dan aduk hingga garam beryodium larut pada pasta gigi.
  • Setelah itu ambil sedikit demi sedikit pasta gigi yang telah tercampur dengan garam pada daerah yang berkomedo lalu diamkan 15 hingga 20 menit atau diamkan pasta gigi tersebut hingga agak kering namun jangan sampai di biarkan sampai benar – benar kering.
  • Kemudian gosok secara perlahan daerah wajah yang telah di oleskan oleh pasta gigi sebelumnya. dengan cara menggosokan sisa pasta gigi yang agak mengering pada kulit wajah dapat membantu mempercepat proses pengelupasan kulit mati dan mengangkatnya.
  • Langkah selanjutnya bilas sisa pasta gigi tersebut dengan air hangat dan pastikan tidak ada sisa pasta gigi yang tertinggal.
  1. Dengan menggunakan jeruk nipis dan pasta gigi

Jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang sudah banyak di gunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan. Hal ini di karenakan jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C yang sangat di butuhkan oleh kulit maupun untuk kesehatan tubuh. jeruk nipis juga banyak di manfaatkan oleh beberapa usaha salon sebagai perawatan salon untuk rambut rontok dan berketombe.

Diketahui juga bahwa jeruk nipis juga dapat di manfaatkan untuk memerahkan warna bibir dan mengobati jerawat yang meradang ataupun menghilangkan bekas jerawat itu sendiri, manfaat dari jeruk nipis lainnya adalah dapat membersihkan komedo dengan mencampurkan sari jeruk nipis kedalam pasta gigi. Cara membersihkan komedo dengan pasta gigi yaitu :

  • Pilih jeruk nipis yang berwarna hijau dan fresh kemudian belah dan peras sari jeruk nipisnya serta jangan lupa untuk di tampung dalam satu wadah.
  • Masukan pasta gigi secukupnya kedalam wadah yang berisikan sari jeruk nipis yang telah di peras sebelumnya.
  • Aduk secara merata agar pasta gigi dan sari jeruk nipis tersebut dapat menyatu dengan sempurna.
  • Ambil bahan untuk membersihkan komedo tersebut sedikit demi sedikit oleskan pada bagian wajah yang terdapat komedonya.
  • Lalu jika sudah di oleskan secara merata, diamkan selama 15-30 menit agar kandungan yang terdapat dalam jeruk nipis dan pasta gigi dapat bekerja secara optimal. Pastikan campuran bahan ini tak mengenai mata jika tidak ingin mengalami perih pada mata akibat jeruk nipis maupun pasta gigi.
  • Jika sudah, bilas dengan air hangat dan pijat wajah agar kulit mati dan komedo nya dapat terlepas.
  1. Dengan menggunakan lemon dan pasta gigi

lemon merupakan salah satu bahan dasar pembuatan produk kecantikan yang sudah banyk di gunakan orang karena lemon merupakan bahan alami yang di dalamnya  terkandung vitamin C yang tinggi yang  bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, menutrisinya dan sekaligus mencerahkan kulit. Tak hanya berguna bagi perempuan lemon juga dapat di manfaatkan untuk cara memutihkan kulit pria.

Lemon sama seperti jeruk nipis yang dapat di gunakan dan di campurkan ke pasta gigi sebagai bahan pembersih komedo. Lemon juga dapatAdapun cara membersihkan komedo denga lemon dna pasta gigi yaitu sebagai berikut :

  • belah buah lemon dan peras sari lemon tersebut ke dalam satu wadah
  • ambil odol secukupnya dan masukan ke dalam wadah yang berisikan sari lemon yang telah di peras sebelumnya
  • aduk hingga rata lemon dan pasta gigi tersebut
  • ambil dan oleskan ke bagian wajah yang memiliki komedo yang hendak di bersihkan
  • diamkan selama 15-30 menit
  • gosok secara perlahan dan sambil di pijat
  • kemudian bilas dan bersihkan sisa pasta gigi yang menempel pada wajah.
  1. dengan menggunakan telur putih dan pasta gigi

telur putih ternyata tak hanya dapat di manfaatkan sebagai makanan saja ternyata loh. Telur putih biasanya banyak di gunakan oleh orang – orang sebagai bahan alami yang dapat mengencangkat dan mencerahkan kulit wajah. Telur atau lebih tepatnya telur putih mengandung banyak sekali protein di dalamnya, tak hanya itu vitamin A dan vitamin E juga terdpaat di dalamnya. Hal ini lah yang menjadikan telur putih sebagai masker wajar terbaik untuk menghilangkan keriput dan dapat mengencangkan kulit.

Walau dengan bau amis dari telur itu sendiri tak dapat menghilangkan minat orang untuk mencoba bermasker dengan telur putih. telur juga dapat di manfaatkan sebagai cream pemutih ketiak jika di campurkan dengan bahan lainnya. Selain itu telur putih juga dapat di manfaatkan untuk membersihkan komedo juga yaitu dengan cara mencampurkan telur putih dengan pasta gigi. Adapun cara nya sebafai berikut :

  • pecahkan telur dan ambil bagian putihnya saja secukupnya, lalu kocok telur putih tersebut hingga mengeluarkan buih
  • kemudian campurkan pasta gigi ke dalam kocokan putih telur tersebut
  • ambil dan oleskan bahan tersebut ke bagian wajah yang terdapa komedo
  • diamkan selama 15-30 menit jika di rasa bahan tersebut telah mengering langkah selanjutnya bilas wajah dengan air hangat agar telur dan pasta gigi tersebut hilang.

Demikian beberapa cara untuk membersihkan komedo dengan menggunakan pasta gigi, pasta gigi sebenarnya dapat di manfaat untuk beberapa hal lainnya. Hal yang terpenting dalam membuat dan menjaga agar kulit tetap sehat adalah dengan meminum air putih yang cukup dan menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga. Dan untuk memerahkan bibir dengan pasta gigi sangat di anjurkan untuk tidak terlalu lama membiarkannya terlalu lama di kulit karena dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi.