6 Cara Melembutkan Kuku Kaki yang Keras dan Tebal

Mempertahankan rutinitas perawatan kuku kaki  yang baik sangat penting untuk menjaganya tetap sehat dan cantik, juga untuk mencegah kuku tumbuh kedalam dan menyebabkan infeksi. Kuku kaki juga harus diberi perhatian sebagaimana kuku tangan, bahkan walaupun biasanya berada di luar jangkauan penglihatan. Memelihara kuku kaki tetap pendek, bersih dan segar cukup terhidrasi adalah cara terbaik untuk menjaganya tetap sehat.

Tetapi merawat kuku kaki tidak selalu mudah khususnya jika kuku kaki Anda keras dan tidak lembut. Jika kuku kaki Anda keras dan tebal maka akan sulit untuk dipotong. Penyebab kuku kaki menjadi tebal dan keras karena beberapa kondisi seperti onychomyosis, infeksi jamur kuku, sirkulasi darah yang buruk dan pemakaian sepatu yang terlalu ketat. Untuk memotong kuku yang keras, Anda pertama – tama harus melakukan cara melembutkan kuku kaki agar lebih mudah dipotong dengan langkah – langkah berikut ini.

1. Merendam Kaki

Cara melembutkan kaki bisa Anda lakukan dengan tips tradisional ini yang cukup mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan banyak peralatan. Merendam juga bisa menjadi cara merawat kuku kaki yang rusak dan bau serta cara membersihkan kuku jempol kaki yang bagus.

  • Siapkan baskom yang diisi air hangat. Pilih baskom yang cukup dalam untuk merendam kaki Anda.
  • Tambahkan 2 – 3 sendok makan garam Epsom
  • Rendam kaki dalam baskom selama sekitar 30 menit. Jika kuku kaki Anda sangat keras, rendamlah lebih lama.
  • Keluarkan kaki dari air dan keringkan.
  • Oleskan krim pelembut kuku kaki.

2. Menggunakan Vicks Vaporub

Balsem ini tidak hanya dapat digunakan untuk menggosok dada yang tersumbat akibat flu tetapi juga dapat digunakan sebagai cara merawat kuku agar tidak mudah rapuh.  Untuk cara melembutkan kuku kaki. Vicks mengandung mentol, kamper dan minyak eucalyptus. Kombinasi dari bahan – bahan ini tidak saja akan menghidrasi kuku kaki tetapi juga diduga dapat mencegah jamur. Untuk menggunakannya, gosokkan langsung pada kuku kaki dua kali sehari. Anda dapat mengembangkan kebiasaan rutin pada pagi atau malam hari agar perawatan kuku bisa dilakukan secara konstan.

3. Menggunakan Tea Tree Oil

Minyak ini memiliki manfaat anti jamur, anti bakteri dan antiseptik sehingga bisa digunakan untuk jamur di kuku kaki. Tea tree oil juga dapat digunakan untuk cara melembutkan kuku kaki. Campur beberapa tetes minyak ini dengan minyak carrier lain seperti minyak zaitun lalu oleskan langsung pada kuku kaki Anda untuk cara merawat kuku  kaki agar terhindar dari kuku yang keras.

4. Menggunakan Cuka Putih

Cuka putih juga memiliki kandungan anti bakteri didalamnya. Rendam kapas dengan sedikit cuka dan air, lalu oleskan langsung pada kuku kaki Anda untuk cara melembutkan kuku kaki. Ulangi cara ini dua kali sehari sampai kuku kaki Anda terasa cukup lembut untuk dipotong dengan aman. Jangan biarkan kuku kaki Anda menjadi terlalu lembut karena bisa sobek ketika dipotong. Gunakan perawatan ini sampai kuku kaki menjadi cukup lembut untuk dipotong agar rapi. Cuka putih juga dapat membersihkan jamur yang membuat kuku kaki menguning sehingga bisa digunakan sebagai cara memutihkan kuku secara alami.

5. Menggunakan Nail Nippers

Nail Nippers adalah alat yang didesain untuk memotong kuku yang mengeras dan biasa digunakan dalam cara merawat kuku dirumah. Bentuknya ringan, umumnya terbuat dari stainless steel dan bisa dibeli di hampir semua apotek atau toko obat modern. Anda perlu berhati – hati ketika menggunakannya karena alat ini sangat tajam. Ambil potongan kecil dan mulai dari sudut kuku kaki. Daripada menggunting kuku melengkung, Anda perlu mengguntingnya secara lurus untuk menghindari kuku yang tumbuh kedalam. Setelah itu Anda bisa menggunakan kikir kuku untuk cara melembutkan kuku kaki, pastikan Anda mengikir semua ujung yang tajam dari kuku kaki.

6. Menggunakan Krim Pelembut

Belilah krim pelembut kuku kaki dan aplikasikan pada kuku kaki yang tebal dan kasar. Banyak produk perawatan kuku berupa krim pelembut kuku kaki bekerja dengan menghidrasi kuku sehingga menjadi semakin lembut seiring waktu. Beberapa krim pelembut kuku kaki harus diaplikasikan sebelum tidur. Keesokan paginya, kuku kaki akan menjadi lebih lembut sehingga mudah dipotong. Bacalah aturan pakai pada kemasan sebelum menggunakannya.

Cara Mencegah Kuku Mengeras

Anda bisa melakukan cara pencegahan agar kuku tidak mengeras dan menebal atau mencegah kemunculan jamur di jari kaki seperti berikut ini:

  • Jaga agar kaki tetap bersih dengan mencucinya menggunakan air dan sabun secara teratur. Keringkan dengan handuk setelahnya.
  • Jaga kaki tetap kering selama mungkin, ganti kaus kaki Anda beberapa kali sehari, gunakan kaus kaki berbahan katun yang menghilangkan kelembaban dari kaki Anda dan ganti sepatu dengan yang bersih atau kering jika memungkinkan.
  • Gunakan sepatu yang memungkinkan kaki untuk bernapas dan tidak mengekang kaki Anda. Gunakan alas kaki baru jika Anda baru sembuh dari jamur kaki.
  • Cobalah bubuk untuk kaki agar kaki tetapi kering.
  • Gunakan sandal atau alas kaki lain ketika berada di ruang loker atau di area kolam renang.

Kondisi kuku kaki yang menebal dan keras pastinya tidak enak untuk dilihat. Selain itu, rasanya juga akan sangat tidak nyaman dan lebih buruk lagi apabila tumbuh berlebihan maka akan terasa sakit Karena itulah apapun penyebabnya, apakah itu karena kondisi kesehatan atau hanya rentan mengalami kuku yang mengeras, akan selalu perlu untuk melakukan cara melembutkan kuku kaki sebelum dipotong. Jika diperlukan, Anda dapat menggunakan beberapa produk medis untuk melembutkan atau mengunjungi podiatrist, yaitu dokter yang terlatih untuk mengatasi masalah dengan kaki, jari, pergelangan dan terkadang seluruh bagian kaki.