Cara Menghilangkan Kotoran Pada Pinggir Kuku Kaki

Penumpukan kotoran di kuku kaki Anda adalah masalah yang umum terjadi. Bagaimanapun Anda membersihkannya, kotoran tersebut sepertinya terus saja muncul kembali dengan cepat. Area di bawah dan pinggir kuku kaki kita pasti akan menjadi kotor bagaimanapun juga, tidak penting apakah berkutat dengan kotoran tanpa alas kaki atau mengenakan kaus kaki bersih seharian dan sepatu tertutup.

Bahkan ketika kuku kaki Anda tidak terlihat kotor, mungkin saja masih ada organisme mikroskopik dan bakteri yang berdiam di bawah atau pinggir kuku kaki Anda. Pengganggu ini bisa menyebabkan jamur pada kuku kaki, juga infeksi dan bau tidak sedap. Kuku kaki akan terlihat kotor dan tidak enak dilihat, terutama ketika Anda menggunakan alas kaki terbuka. Karena itulah membersihkan bagian kuku kaki Anda seharusnya menjadi bagian dari kegiatan rutin dari perawatan kebersihan diri Anda.

Penyebab Kotoran Pada Kuku Kaki

Beberapa penyebab bagian pinggir kuku kaki dan juga bagian lainnya menjadi kotor yaitu:

  • Penumpukan kotoran, debu dan sel kulit mati atau keratin. Keratin adalah struktur protein berseratt yang membentuk lapisan terluar kulit dari bagian bawah kuku.
  • Keringat juga dapat menyebabkan kotoran hitam yang ada di pinggir kuku dan menimbulkan bau tidak sedap serta menyengat di ujung kuku kaki. Bakteri tumbuh dengan subur pada keringat dan bisa menyebabkan bau yang tidak sedap tersebut.
  • Penumpukan sel kulit mati di bawah kuku yang menyebabkan jamur berkumpul di area tersebut juga akan menyebabkan kotoran dan bau tidak sedap di pinggir kuku jari kaki.
  • Pemakaian kaus kaki atau sepatu/sandal yang kotor, alas tidur, kotoran yang berasal dari telapak kaki, bahkan krim kulit yang dioleskan ke jari kaki juga bisa menumpuk dan menyebabkan kotoran pada pinggir jari.

1. Membersihkan Kuku Kaki

Anda bisa melakukan cara menghilangkan kotoran pada pinggir kuku kaki melalui beberapa langkah berikut. Pertama – tama Anda perlu melunakkan kotoran yang menumpuk di pinggir kuku kaki Anda yang bisa dilakukan dengan menggunakan larutan pelembut pilihan Anda beserta air hangat. Jaga suhu air hangat agar tidak lebih dari 40 derajat celcius.

  • Larutan 1 – Siapkan satu cup garam epsom, satu cup garam laut, dua cup baking soda, beberapa tetes minyak lavender atau minyak peppermint dalam toples berisi air hangat atau air panas, lalu rendam kaki Anda selama 5 – 8 menit.
  • Larutan 2 – Siapkan 6 tetes tea tree oil, setengah cup cuka apel dan dua tetes minyak peppermint dengan seteko air hangat. Rendam kaki Anda selama 5 – 10 menit lalu keringkan dengan handuk.

2. Menyikat Kaki

Sikat bagian pinggir kuku kaki Anda dengan sikat kuku yang lembut atau menggunakan sikat gigi. Saat terbaik untuk melakukan ini adalah ketika kaki Anda masih terendam dalam air hangat. Bersihkan kotoran dengan lembut dari pinggir kuku kaki dengan ujung runcing pembersih kuku, yang terdapat di banyak alat pemotong kuku biasa. Anda juga bisa menggunakan ujung tusuk gigi atau ujung datar dari alat pendorong kutikula. Menyikat kaki harus dilakukan jika Anda mencoba cara merawat kaki yang rusak dan bau serta cara membersihkan kuku jempol kaki.

3. Rendam Kuku Lagi

Masukkan kembali kaki Anda ke dalam air rendaman dan gosok perlahan bagian pinggir dan bawah kuku kaki menggunakan sikat kaki atau sikat gigi untuk membuang sisa kotoran. Ketika Anda selesai, bilas kaki dan keringkan dengan handuk yang kering serta bersih. Merendam kuku juga bisa menjadi cara merawat kuku agar tidak mudah rapuh dan cara merawat kuku di rumah  dan juga cara memutihkan kuku secara alami.

4. Menggunakan Benang Gigi

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan benang gigi untuk cara menghilangkan kotoran pada pinggir kuku kaki. Rendam kaki lebih dulu dalam air hangat selama 15 – 20 menit lalu tambahkan satu sendok makan garam pada 1 liter air. Posisikan benang gigi di bawah kukudan gerakkan untuk mengangkat kotoran dengan lembut. Ulangi setiap hari sampai jari kaki benar – benar bersih. Anda juga bisa melakukan cara merawat kuku kaki dengan menggunakan berbagai produk perawatan kuku yang tersedia di pasaran. 

Tips Pembersihan Kuku Kaki

  • Kuku kaki adalah bagian tubuh yang sangat rentan terhadap bakteri dan jamur. Agar tetap bersih, Anda perlu rajin melakukan cara menghilangkan kotoran pada pinggir kuku kaki secara teratur. Perhatikan beberapa tips berikut ini dalam merawat kuku kaki Anda.
  • Cuci kaki setiap kali Anda habis bepergian atau datang dari luar rumah dengan segera, karena sepatu atau kaus kaki tidak melindungi kuku dari kotoran dan bakteri.
  • Gunakan sikat yang lembut setiap kali membersihkan kotoran kuku kaki dan oleskan sabun antiseptik ketika akan menyikat. Lakukan secara teratur ketika mandi atau setelah keluar rumah.
  • Menjaga kuku kaki tetap pendek dapat mempermudah cara menghilangkan kotoran pada pinggir kuku kaki.
  • Gunakan pelembab pada kaki secara teratur agar kuku tetap tampak lembut dan lembab alami.

Kunci utama dalam cara menghilangkan kotoran pada pinggir kuku kaki Anda adalah dengan memperhatikan kebersihan diri. Jika Anda terbiasa hidup kurang bersih, besar kemungkinan kuku kaki Anda juga akan ditumbuhi jamur dan bakteri sehingga kotorannya sulit dihilangkan. Ganti kaus kaki setiap hari terutama jika Anda banyak berkeringat sehingga bakteri tidak menumpuk pada jari kaki Anda dan menyebabkan bau menyengat yang kelak susah dihilangkan.