12 Cara Membuat Kuku Mengkilap dan Indah 

Ingin memiliki kuku putih dan mengkilap? Keindahan kuku tentu akan menyempurnakan penampilan anda. Untuk membuat kuku indah nan cantik, anda tidak perlu melakukan perawatan di salon. Sebab anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan mudah. Beberapa bahan alami efektif membuat kuku mengkilap. Ingin tahu seperti apa cara membuat kuku mengkilap dengan alami dan mudah tanpa ke salon? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

1. Air Putih

Seperti yang kita ketahui, air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Cara paling mudah membuat kuku mengkilap yaitu dengan air putih. Bukan dioleskan, anda hanya cukup memperbanyak minum air putih. Dengan memperbanyak minum air putih, maka kuku anda akan menjadi lebih kuat, serta kuku akan menjadi lebih indah.

2. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh menjadi salah satu bahan alami yang efektif untuk merawat kuku. Belimbing wuluh dapat digunakan untuk membuat kuku mengkilap. Caranya mudah, anda hanya perlu menggosokan belimbing wuluh yang sudah dipotong pada kuku anda. Setelah didiamkan beberapa saat, anda bisa langsung membilas kuku sampai bersih. Cara ini akan dapat membersihkan segala kotoran yang terdapat pada sela-sela kuku anda. Selain itu, kuku anda pun akan menjadi kuat dan mengkilap.

3. Lidah Buaya

Siapa bilang lidah buaya hanya bermanfaat untuk rambut saja?  Manfaat lidah buaya untuk kecantikan juga ternyata bisa kita manfaatkan untuk kecantikan kuku. Lidah buaya dapat menjaga keindahan kuku dan membuat kuku menjadi lebih mengkilap. Caranya mudah, silahkan siapkan lidah buaya secukupnya saja. Kemudian oleskan gel lidah buaya dengan merata pada kuku anda. Cara ini dapat membuat kuku menjadi bening dan cantik.

4. Jeruk Nipis

Untuk kecantikan kulit dan manfaat jeruk nipis untuk wajah sudah tidak bisa diragukan lagi. Namun selain itu, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk perawatan kuku. Silahkan campurkan air perasan  jeruk nipis dengan pasta gigi. Campuran ini dapat mengatasi kuku berwarna kuning dan membuatnya menjadi lebih mengkilap. Oleskan campuran jeruk nipis dan pasta gigi pada kuku  anda. Kemudian diamkan sampai mengering. Jika sudah kering, bilas kuku anda dengan menggunakan air  hangat. Lakukan dengan rutin untuk  hasil yang maksimal.

5. Jus Lemon

Selain jeruk nipis, anda juga bisa menggunakan jus jeruk lemon untuk perawatan kuku agar bening dan mengkilap. Cara memanfaatkan lemon untuk kuku yaitu dengan direndam atau dioleskan langsung. Jika ingin lebih ampuh lagi, anda bisa mencampurkan jus lemon dengan baking soda. Oleskan campuran bahan tersebut pada kuku anda hingga mengering.  Selain itu, cara lainnya  yang bisa anda lakukan yaitu dengan mencampurkannya dengan air sabun. Anda cukup merendam kuku dalam campuran  jeruk lemon dan air sabun selama kurang lebih 5 menit, kemudian bilas sampai bersih. Kemudian anda bisa mengolesi kuku dengan lotion.

6. Pasta Gigi

Dalam pasta gigi biasanya terkandung zat abrasive yang efektif untuk menghilangkan kerak pada gigi.  Nah, anda juga bisa memanfaatkannya pada kuku sebagai cara mengkilapkan kuku dengan pasta gigi. Kemudian gosok pelan dengan menggunakan sikat gigi.

7. Cuka

Untuk mengkilapkan kuku, anda juga bisa memanfaatkan cuka. Cara membuat kuku mengkilap dengan cuka sangat mudah, anda cukup menuangkan beberapa tetes cuka ke dalam air hangat. Setelah itu, rendam kuku selama kurang lebih 8 menit. Jika sudah, anda bisa membilas kuku sampai bersih.

8. Bawang Putih

Selain dijadikan sebagai bumbu masakan, bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai cara memutihkan kuku dengan bawang putih, cara merawat kuku dengan bawang putih atau untuk membuat kuku menjadi bening.  Cara menggunakannya mudah, anda hanya perlu menggosokan bawang putih pada kuku anda. Diamkan beberapa saat hingga zat dalam bawang putih meresap. Jika sudah anda bisa membilas kuku hingga bersih.

9. Hydrogen Peroxide

Hydrogen peroxide yang dicampurkan dengan baking soda dapat membuat kuku menjadi bening. Aplikasikan campuran bahan ini pada kuku anda dan diamkan selama 3 menit. Kemudian anda bisa membilasnya sampai bersih.

10. Mentega

Meskipun memiliki tekstur yang lengket,  namun mentega memiliki manfaat yang bagus untuk membuat kuku mengkilap. Tidak perlu menggunakan mentega yang  baru, anda bisa menggunakan mentega yang sudah tersedia di rumah. Caranya mudah, anda tinggal melelehkan mentega hingga cair. Jika mentega sudah meleleh dan dingin, anda bisa langsung mengaplikasikan pada kuku anda dan diamkan beberapa saat. Jika  sudah, anda bisa membersihkan kuku dengan air bersih.

11. Kulit Semangka

Saat memakan semangka, jangan buang kulitnya karena kulit semangka bisa digunakan untuk mengkilapkan kuku. Cara mengkilapkan kuku dengan kulit semangka sangat mudah. Anda cukup mengoleskan kulit semangka pada kuku anda dan biarkan hingga mengering. Jika sudah anda bisa membersihkannya dengan  tisu.

12. Biji Jinten

Kuku yang kusam dan kuning penyebabnya bisa dikarenakan infeksi jamur. Nah, agar kuku terlihat lebih indah dan berkilau, anda bisa memanfaatkan biji jinten. Pertama, hancurkan biji jinten. Kemudian masukan jinten yang sudah halus ke dalam air bersih. Dengan cara ini kuku anda yang kuning akan menjadi lebih berkilau.

Itulah cara membuat kuku mengkilap dengan alami dan mudah. Selamat mencoba.