Cara Memutihkan Kuku dengan Bawang Putih Praktis dan Ampuh

Kuku merupakan salah satu bagian yang sangat diperhatikan oleh para wanita. Sebab, kuku yang indah dan cantik akan menunjang penampilan. Hanya saja, tak sedikit wanita yang mengalami masalah pada kukunya. Salah satu masalah pada kuku yang sering dialami yaitu kuku berubah warna menjadi kusam kekuningan. Perubahan pada warna kuku tersebut tentu disebabkan oleh berbagai hal. Dan berikut ini beberapa penyebab kuku menjadi kusam kekuningan.

Penyebab Kuku Kuning dan Kusam

Penyebab kuku menjadi kuning dan kusam bisa menjadi salah satu tanda adanya penyakit serius. Namun, tidak selamanya kuku kuning menunjukan penyakit serius. Berikut ini beberapa penyebab kuku kuning dan kusam.

1. Jamur

Jamur yang terdapat di bawah kuku akan membuat warna kuku anda berubah. Kuku yang terinfeksi oleh jamur akan menjadi kekuningan dan kering, serta perlahan-lahan akan mengeluarkan aroma yang tidak sehat. Bau yang ditimbulkan disebabkan karena jamur tersebut merusak komponen kuku.

2. Sering Memakai Cat Kuku

Kuku yang sering dimenikur dan pedikur justru akan berubah warna menjadi kekuningan. Cat kuku yang anda pakai bisa menjadi penyebab mengapa kuku berubah warna menjadi kekuningan. Selain  itu, cat kuku juga akan meimbulkan beberapa bahaya cat kuku untuk kesehatan. Nah, jika anda ingin melakukan perawatan pada kuku  dengan melakukan menikur pedikur, itu boleh-boleh saja hanya saja anda perlu meluangkan waktu untuk kuku agar bisa bernafas.

3. Merokok

Seperti yang kita ketahui, merokok memiliki efek buruk untuk  kesehatan. Merokok bisa menjadi penyebab wajah kusam dan tidak bercahaya. Selain itu, merokok juga dapat mempengaruhi kuku anda. Merokok akan membuat kuku anda berubah warna menjadi kekuningan dan terlihat kusam.

Itu merupakan beberapa penyebab kuku kuning dan kusam. Untuk mempertahankan kecantikan kuku, tentu diperlukan cara merawat kuku agar tidak kuning.

Cara Memutihkan Kuku  dengan Bawang Putih

Cara memutihkan kuku secara alami dan cara merawat kuku dengan bawang putih bisa dilakukan dengan beberapa cara. Anda bisa memilih cara yang menurut anda paling mudah dilakukan sendiri di rumah. Berikut ini kami sajikan cara memutihkan kuku secara alami dengan menggunakan bawang putih.

1. Menggosokan Bawang Putih Pada Kuku

Cara memutihkan kuku dengan bawang putih yang pertama yaitu dengan menggosokan bawang pada kuku. Cara ini termasuk cara yang paling mudah dan sederhana. Yuk simak caranya di bawah ini.

  • Pertama-tama silahkan siapkan bawang putih secukupnya saja.
  • Kemudian, gosokan bawang putih yang sudah anda siapkan tadi pada kuku.
  • Jika sudah, anda bisa membilas kuku anda sampai bersih.

2. Bawang Putih yang Sudah Halus

Selain dengan cara digosokan langsung pada kuku, anda juga bisa menggunakan bawang putih yang dihaluskan sebagai cara memutihkan kuku dengan bawang putih dengan cara menghaluskan bawang putih. Untuk menghaluskan bawang putih itu sendiri anda bisa melakukannya dengan cara diparut atau dicincang sampai halus.

  • Setelah itu, aplikasikan bawang putih yang sudah dihaluskan pada kuku anda dengan merata.
  • Terakhir, bilas kuku anda sampai bersih dengan menggunakan air.

3. Serum Bawang Putih

Selain digosokan langsung pada kuku atau dihaluskan, anda juga bisa memanfaatkan bawang putih untuk memutihkan kuku dengan dibuat serum. Penasaran seperti apa caranya? Yuk simak di bawah ini.

  • Langkah pertamakali yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Dimana bahan-bahan yang dibutuhkan diantaranya yaitu, bawang putih secukupnya, air secukupnya dan botol kutek yang sudah tidak terpakai.
  • Setelah itu, ambil bawang putih yang sudah anda siapkan dan cincang sampai halus.
  • Kemudian masukan bawang putih ke dalam botol kutek sebanyak 1/4 botol.
  • Selanjutnya tambahkan air. Dan diamkan selama 5 sampai  7 hari sebelum anda menggunakannya dengan tujuan untuk difermentasi sebelum digunakan.

Itulah cara memutihkan kuku dengan bawang putih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya lakukan cara ini dengan rutin. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.