10 Cara Menghias Kuku dengan Selotip Mudah dan Praktis

Kecantikan kuku menuntut kreativitas dan seni. Ada beraneka macam hiasan kuku yang bisa digunakan untuk menghias kuku. Oleh karena itu, banyak yang memakai jasa nail art karena merasa tidak bisa melakukannya sendiri. Tapi, ada juga yang memutuskan untuk menghias kukunya sendiri. Salah satu hal yang bisa Anda gunakan untuk menghias kuku adalah selotip. Cara menghias kuku dengan selotip ini sangat mudah dan praktis.

Membuat kuku menjadi cantik tidak harus pergi ke salon kecantikan. Dengan menggunakan selotip dan kutek, Anda dapat menghias kuku Anda supaya cantik dan indah. Biasanya, kuku dihias dengan kutek saja. Namun, hal ini tampak membosankan, karena dengan kutek saja, Anda hanya bisa menggunakan satu jenis warna untuk diaplikasikan pada semua bagian kuku Anda. Namun, dengan kutek dan selotip, Anda dapat membuat kuku menjadi lebih unik dan artistik. Hal ini dapat dilakukan tanpa menggunakan teknik nail art 3D yang menyusahkan. Sebelum mengaplikasikan selotip dan kutek, pastikan Anda sudah mengikuti cara membuat kuku mengkilap.

Berikut beberapa cara menghias kuku dengan selotip yang mudah dan praktis untuk Anda lakukan.

1. Stripes Nails

Cara melakukannya:

  1. Siapkan bahan dan alat yang akan digunakan, diantaranya kutek berwarna hitam dan putih, base coat, selotip, dan gunting.
  2. Awalnya, oleskan base coat pada kuku-kuku Anda.
  3. Gunakan kutek berwarna putih sebagai warna primer.
  4. Gunting selotip menjadi bagian yang tipis dan kecil.
  5. Tempelkan selotip pada kuku-kuku Anda.
  6. Mulailah dengan mewarnai kuku menggunakan kutek berwarna hitam sehingga timbul motif belang.
  7. Anda bisa juga menggunakan kombinasi warna yang lain agar tampilannya semakin indah dan unik.

2. Blue shades nail

Cara melakukannya:

  1. Sediakan selotip, gunting, base coat untuk kutek dasar, dan kutek dengan warna biru gelap dan biru terang.
  2. Pakaikan base coat pada kuku-kuku Anda.
  3. Sebagai warna dasar (basic), Anda bisa mengoleskan kutek berwarna biru terlebih dahulu.
  4. Gunting selotip.
  5. Tempelkan selotip miring pada bagian bawah kuku.
  6. Oleskan kutek dengan warna biru gelap.
  7. Setelah kuteknya kering, Anda bisa menempelkan lagi selotip di atas biru gelap.
  8. Oleskan lagi kutek berwarna biru terang.

3. Simple Diagonal

Motif simple diagonal sangat sederhana dan praktis. Meskipun simpel, motif ini bisa membuat kuku Anda terlihat lebih cantik dan indah. Dalam hal ini, Anda perlu menyiapkan selotip. Kemudian, tempelkan selotip dengan posisi diagonal atau miring. Lalu, oleskan kutek pada bagian yang tidak ditutupi oleh selotip. Diamkan sampai mengering. Setelah itu, lepaskan selotipnya. Motif ini salah satu motif termudah dalam cara menghias kuku dengan selotip yang mudah dan praktis. Agar kuku lebih cantik, bisa juga melakukan cara memutihkan ujung kuku seperti susu dan membuat kuku cepat panjang.

4. Gold Wave

Selain simple diagonal, motif yang satu ini juga mudah untuk dilakukan. Anda perlu menyiapkan selotip. Gunting selotipnya menggunakan gunting bergelombang. Tempelkan selotip ini pada kuku Anda. Namun, sebelum melakukan hal ini, Anda harus mewarnai kuku dengan kutek yang warnanya solid.

Jika kuku sudah ditempel selotip, Anda bisa menggunakan kutek dengan warna yang lain. Jika sudah kering, Anda bisa mencabut selotipnya. Untuk motif yang satu ini, Anda bisa mengkombinasikan dua warna, misalnya hitam dengan emas.

5. Colorful

Motif yang ini lebih sulit daripada motif gold wave dan simple diagonal. Sama seperti motif gold wave, Anda perlu mewarnai kuku Anda terlebih dahulu dengan kutek berwarna solid. Tempelkan stiker untuk membentuk motif tertentu. Lalu, gunakan kutek dengan warna lain.

Diamkan agar mengering. Lepas stiker motifnya. Anda bisa gunakan stiker motif yang lain, misalnya motif polkadot. Gunakan kutek lagi dengan warna yang berbeda.

6. Persegi dan Segitiga

Nail art yang satu ini juga cukup simple. Caranya, Anda tinggal menggunting selotip agar berbentuk segitiga dan persegi. Kemudian, tempelkan selotipnya di atas kuku Anda. Aplikasikan kutek pada kuku Anda. Tunggu sampai kering. Setelah itu, lepaskan selotipnya. Hasilnya akan memuaskan jika Anda melakukannya dengan teliti dan hati-hati.

7. Motif 3 warna

Beberapa warna kutek dapat membuat kuku Anda semakin unik dan enak dilihat. Anda bisa mengkombinasikan tiga warna sekaligus: emas, putih, dan pink. Gunakan kutek berwarna putih pada kuku Anda. Jika sudah kering, selotip saja kuku Anda. Jika sudah, gunakan kuku berwarna merah muda (pink). Setelah itu, gunakan kutek berwarna emas. Tunggu hingga mengering. Jika telah mengering, lepaskan selotipnya.

8. Splatter Paint Nail Art

Dengan menggunakan nail art ini kuku Anda akan lebih terlihat artistik. Kuku Anda akan tampak seperti lukisan abstrak yang dibuat oleh pelukis terkenal yang indah. Cara melakukannya tidak sulit. Anda tidak memerlukan keahlian yang khusus. Yang perlu disiapkan hanyalah dua buah sedotan, top coat, dua jenis cat kuku dengan warna kesukaan Anda, dan base coat atau kutek dasar.

Caranya diawali dengan menggunakan base coat pada kuku-kuku Anda. Tunggu hingga mengering. Agar hasilnya tidak berantakan atau belepotan, gunakan selotip sebagai pelindung antara kuku dengan kulit tangan. Tuangkan dua kutek yang ingin Anda pakai ke dalam sebuah tempat. Anda bisa juga menuangkanya di atas meja yang sudah dialasi plastik.

Ambil dua buah sedotan. Celupkan sedotan pada kutek. Tiupkan secara perlahan ke atas kuku-kuku Anda. Lakukan hal ini secara berulang-ulang ke setiap kuku. Gunakan sedotan lain jika Anda akan mengaplikasikan warna yang lain. Jika sudah selesai, Anda bisa membersihkan kutek yang berantakan dengan cotton bud. Diamkan sampai mengering. Gunakan top coat.

9. Motif zig-zag

Untuk motif zig-zag, Anda perlu menyiapkan gunting yang pisaunya berbentuk zig-zag dan selotip dengan warna transparan atau bening. Gunakan gunting zig-zag untuk memotong selotipnya. Gunakan selotip yang sudah digunting ke atas kuku yang sudah diberi kutek warna kesukaan Anda. Jika selotipnya sudah ditempelkan, Anda bisa menggunakan kutek dengan warna yang lain. Apabila sudah mengering, Anda bisa melepas selotipnya.

10. Kombinasi antara garis dan gambar hati

Anda bisa melakukan langkah yang sama dengan motif zig-zag ketika membentuk motif garis-garis pada kuku Anda. Yang membedakannya adalah Anda tidak perlu menggunakan gunting zig-zag. Anda bisa menggunakan gunting yang biasa saja. Jika Anda memiliki selotip yang berwarna putih susu, Anda bisa menempelkannya pada kuku sebagai bagian dari nail art. Lalu, tambahkanlah gambar hati pada kuku Anda. Yang Anda perlukan adalah tusuk gigi yang bersih dan kutek. Gunakan tusuk gigi untuk membuat dua titik sejajar pada kuku. Kemudian, bentuklah gambar hati. Poleslah bagian tengah hati.

Itulah beberapa cara menghias kuku dengan selotip yang mudah dan praktis. Anda dapat menerapkannya di rumah. Hal yang perlu diperhatikan adalah cara memakai kutek. Jika Anda mengaplikasikannya dengan rapi, maka hasilnya sesuai dengan keinginan Anda. Direkomendasikan bagi Anda yang memiliki kulit hitam atau sawo matang untuk menggunakan warna kutek untuk kulit gelap.