7 Cara Menghilangkan Cat Rambut Di Kuku Tangan Dengan Cepat

Cat rambut seperti cat kuku dapat menodai berbagai permukaan yang ada termasuk meja, lantai dan juga pakaian Anda. Cat tersebut sulit dihilangkan dari pakaian dan bisa menodai permukaan keras secara permanen. Cat rambut bahkan terkadang akan menodai kuku jari tangan Anda. Seringkali Anda telah berhasil mewarnai rambut dengan warna baru dengan sukses namun tangan Anda juga turut mengalami pengecatan. Substansi dari cat akan menyelinap ke sela – sela sarung tangan yang digunakan selama proses pengecatan rambut khususnya jika sarung tangan memiliki lubang kecil atau sebelumnya sudah pernah digunakan.

Jika Anda bergerak cepat, mungkin cat rambut yang masuk ke bawah kuku bisa dihilangkan dengan kapas yang dicelup ke dalam air hangat, namun cat kuku cepat mengering. Cara terbaik untuk mencegah cat rambut menodai kuku adalah dengan menggunakan sarung tangan lateks. Jika Anda tidak memiliki sarung tangan tersebut dan terpaksa menggunakan sarung tangan plastik namun tetap menodai kuku jari, maka Anda perlu mencari cara menghilangkan cat rambut di kuku.

Membersihkan Kuku dari Cat Rambut

Apakah kuku Anda asli, akrilik atau berupa gel nail extension, tetap saja cat rambut membandel akan menempel dan sulit dibersihkan. Ketika Anda menggunakan cara menghilangkan cat rambut di kuku, ada kemungkinan juga bahwa pewarna kuku apapun yang sedang digunakan juga akan ikut hilang.

1. Nail Polish Remover

Tuangkan satu sendok makan nail polish remover yang mengandung aseton ke waslap lembut, gosok noda di bawah kuku dengan lembut. Bilas jari tangan dengan air hangat lalu oleskan kembali nail polish remover menggunakan waslap. Lanjutkan menggosok sampai kuku jari Anda bersih dari noda cat rambut. Keringkan kuku dengan waslap atau lap biasa. Kandungan aseton dapat bekerja pada beberapa orang dengan prinsip yang sama dengan baking soda yaitu menghilangkan ciri – ciri sel kulit mati dan efek abrasifnya membersihkan dari noda. Perhatikan agar tidak menggunakan nail polish remover di bagian manapun dari wajah Anda.

2. Pasta Gigi

Pencet pasta gigi sedikit ke setiap noda cat rambut di kuku Anda. Biarkan menyerap selama 4-5 menit lalu gosok noda cat perlahan dengan lap lembut sampai terlihat mulai pecah.Cuci kuku jari dengan air hangat lalu keringkan. Pasta gigi mungkin tidak akan cocok untuk semua tipe kulit namun memiliki efek yang lembut dan tidak mengiritasi.

3. Petroleum Jelly

Bahan ini adalah salah satu dari ramuan rumahan yang aman untuk menghilangkan noda cat rambut yang digunakan untuk melindungi dan sebagai emolien untuk melembutkan kulit dan membentuk lapisan pelindung. Oleskan petroleum jelly di jari yang kukunya ternoda cat lalu gosok perlahan untuk menghilangkan noda cat rambutnya. Jika noda sulit dihilangkan, oleskan petroleum jelly pada malam hari dan bersihkan keesokan paginya. Ketahuilah perbedaan vaseline repairing jelly asli dan palsu agar Anda tidak salah membeli. Anda juga dapat melakukan cara memanjangkan bulu mata dengan vaseline.

4. Abu Rokok

Apabila cara lain sulit menampakkan hasilnya, cobalah abu rokok. Sebarkan satu sendok makan abu rokok pada kuku yang ternoda cat rambut. Gosokkan abu perlahan pada noda dengan waslap sampai noda catnya mulai menghilang. Bilas jari Anda dengan air hangat lalu keringkan. Ketahui juga manfaat air hangat untuk wajah berminyak dan apa saja manfaat mengompres wajah dengan air hangat.

5. Baking Soda dan Air

Baking soda dikenal memiliki sifat abrasif yang menjadikannya baik untuk penghilang noda sehingga dapat menjadi cara untuk mengangkat sel kulit mati dengan cepat. Campur baking soda dan air hingga kental lalu tambahkan petroleum jelly agak banyak. Biarkan selama beberapa menit lalu gosok dengan sikat gigi bekas atau sikat untuk kuku.

6. Baking Soda dan Cuka Apel

Buatlah pasta menggunakan dua sendok teh baking soda, dua sendok teh air dan dua sendok teh cuka apel. Oleskan pada noda di kuku jari dan gosok perlahan sampai noda menghilang. Baking soda karena sifatnya yang abrasif maka memiliki kemampuan untuk menghilangkan sel kulit mati sehingga noda apapun yang ada di permukaan kulit akan mengelupas atau meluruh.

7. Alkohol

Gunakan alkohol usap dengan cara yang sama dengan nail polish remover.  Manfaat alkohol untuk kulit bisa Anda gunakan untuk menghilangkan cat rambut dari kuku. Ketika Anda menggunakan alkohol usap atau pengganti apapun dari nail polish remover, penting untuk mencuci tangan Anda dengan sabun dan air setelahnya agar kulit tangan tidak terasa terlalu kering.

Tips Tambahan Membersihkan Noda Cat Rambut

Untuk cara menghilangkan cat rambut di kuku, ada beberapa tips tambahan yang perlu Anda perhatikan agar memahami bagaimana cara yang tepat.

  • Waktu pengecatan juga terhitung penting, maka sangat dianjurkan untuk mencuci noda cat sesegera mungkin sebagai salah satu tips mewarnai rambut. Semakin lama nodanya menempel maka akan semakin sulit dibersihkan.
  • Cara – cara dan bahan kimia ini tidak boleh digunakan di sekitar mata karena bisa menyebabkan reaksi berat.
  • Ketika dalam melakukannya Anda merasakan adanya rasa terbakar di kulit, bersihkan zat kimia tersebut dan bilas dengan air yang sangat banyak.

Cara menghilangkan cat rambut pada kuku mungkin memang akan menghilangkan cat kuku apapun yang digunakan maka Anda juga harus bersiap untuk memoles cat kuku itu lagi. Ketika Anda melakukan cara menghilangkan cat rambut di kuku, ada beberapa hal yang perlu diingat. Pembersih kuku yang digunakan haruslah yang berbahan aman agar dapat melindungi semua jenis cat kuku anda. Jika Anda menggunakan kuku akrilik atau gel, agen bebas aseton juga penting agar kuku Anda tidak menjadi luruh. Pada beberapa kasus, mungkin akan jauh lebih mudah untuk mengecat kuku akrilik Anda kembali daripada mencoba menghilangkan noda cat yang menempel.