12 Cara Merawat Kuku Agar Tidak Kuning dan Bersih

Memiliki kuku yang cantik dan sehat akan menunjang penampilan anda dan menambah rasa percaya diri. Namun karena berbagai hal, terkadang kuku bisa berubah warna menjadi kuning dan terlihat tidak sehat. Terdapat beberapa cara merawat kuku agar cantik dan bersih sehingga tidak berwarna kuning. Cara-cara berikut ini bisa menjadi pilihan untuk anda yang ingin memiliki kuku-kuku cantik tanpa harus melakukan perawatan mahal di salon.

1. Rajin membersihkan kuku

Menjaga kebersihan kuku adalah salah satu cara menjaga penampilan diri wanita. Kuku kaki dan kuku tangan adalah bagian tubuh yang mudah terselip kotoran atau debu pada sela-selanya. Pastikan ketika anda mandi, mencuci kaki, dan mencuci tangan, anda tidak lupa untuk membersihkan sela-sela kuku. Kuku yang tidak secara teratur dibersihkan bisa menjadi sarang bakteri, kuman, dan jamur yang dapat merusak keindahan kuku.

2. Jagalah kebersihan barang-barang

Kesehatan kuku tergantung pada seberapa sering anda memperhatikan kebersihan diri. Termasuk juga kebersihan benda-benda yang anda pakai. Misalnya saja, anda memakai sepatu yang kurang bersih, kuman dan bakteri yang ada pada sepatu bisa masuk ke sela-sela kuku jari kaki. Bukan hanya itu saja. Sarung tangan yang sering digunakan jika anda adalah orang yang sering mengemudikan motor untuk bepergian, jika tidak sering dicuci bisa saja membuat kuman dan bakteri yang bersarang di sana pindah ke kuku-kuku jari tangan anda.

3. Rajin memotong kuku

Mungkin sebagian orang lebih menyukai kuku yang panjang dan lentik dan bahkan mencari cara memanjangkan kuku dengan cepat. Tapi perlu anda ketahui bahwa kuku yang panjang memerlukan perawatan yang lebih banyak lagi. Jika anda bukanlah orang yang terampil merawat kuku atau punya waktu ke salon, lebih baik jagalah kuku anda agar tidak terlalu panjang dengan memotongnya. Kuku yang terlalu panjang bisa membuat kulit anda tidak sengaja tergores. Selain itu, kuku kaki yang panjang lebih berisiko ketika anda tersandung saat berjalan. Anda boleh saja memelihara kuku panjang, namun harus dibarengi juga dengan perawatan ekstra.

4. Tidak memakai cat kuku sembarangan

Bahaya cat kuku memang telah banyak diulas di berbagai media. Cat kuku yang harganya murah dan dijual sembarangan mengandung bahan kosmetik yang berbahaya karena kandungan kimia di dalamnya. Cat kuku yang tidak aman bahkan bisa membuat anda terserang berbagai penyakit seperti kanker. Lebih baik anda tidak sembarangan dalam membeli cat kuku. Sebenarnya anda tidak perlu mengecat kuku ketika anda telah memiliki kuku-kuku yang cantik. Keindahan alami kuku anda akan lebih menarik daripada cat kuku termahal sekalipun.

5. Jangan terlalu lama memakai cat kuku

Kapan terakhir kali anda membersihkan cat kuku yang anda pakai? Terlalu lama memakai cat kuku akan membuat kuku tidak bisa “bernapas” dengan lega. Bahan kimia yang ada pada cat kuku seharusnya tidak digunakan terlalu lama. Jika anda memang tipe orang yang menyukai pemakaian cat kuku untuk menunjang penampilan, sebaiknya anda rajin mengganti cat kuku anda 2 atau 3 minggu sekali. Berikan jeda agar kuku-kuku anda dapat beristirahat dari bahan-bahan kimia itu.

Sponsors Link

6. Memakai sarung tangan

Anda banyak beraktivitas dengan melibatkan tangan atau jari-jari tangan? Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan ketika diperlukan. Selain untuk dapat menjaga kehigienisan barang-barang yang anda sentuh, anda juga bisa terhindar dari kotoran yang akan terselip di sela-sela kuku cantik anda. Jika anda tidak punya waktu untuk membersihkan sarung tangan, sebaiknya gunakanlah sarung tangan sekali pakai.

7. Gunakan sabun batang

Anda hobi berkebun? Mungkin anda sedang mencari cara untuk menyelamatkan kuku-kuku anda ketika anda melakukan aktivitas berkotor-kotoran seperti berkebun. Anda tetap bisa merawat kuku-kuku anda dengan cara menusukkannya ke dalam sebatang sabun sebelum memulai aktivitas berkebun. Hal ini juga bisa anda lakukan ketika anda harus membersihkan rumah. Sabun batang akan melindungi sela-sela kuku anda dari kotoran yang bisa masuk ke sela-selanya. Jika anda sudah selesai beraktivitas, bersihkan sabun-sabun yang menempel pada kuku anda dengan bersih.

8. Gunakan bawang putih

Bawang putih memang tidak hanya dikenal sebagai umbi yang dapat melezatkan masakan. Manfaat bawang putih untuk kesehatan sangatlah beragam. Namun tahukan anda jika bawang putih juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kuku? Selain digunakan sebagai cara merawat kuku agar tidak mudah rapuh, bawang putih juga dapat melindungi kuku dari serangan kuman dan bakteri karena sifat anti inflamasinya. Dengan menancapkan kuku-kuku pada satu siung bawang putih yang telah dikupas, anda bisa terbebas dari peradangan atau infeksi pada kuku.

9. Gunakan belimbing wuluh

Belimbing wuluh tidak hanya bisa ditambahkan sebagai penguat rasa asam pada beberapa jenis masakan. Anda dapat menggunakan buah asam ini untuk membersihkan kuku-kuku anda dari kuman dan bakteri. Kuku anda tidak hanya akan menjadi bersih, namun juga akan lebih kuat. Cara penggunaannya sama dengan bawang putih, yaitu dengan menancapkan kuku anda pada daging buahnya.

10. Jaga pola makan

Pola makan akan mempengaruhi keadaan kuku anda. Kuku adalah bagian tubuh yang terdiri dari protein. Makanan yang mengandung protein tentu diperlukan untuk pembentukan kuku yang sehat. Zat protein bisa anda dapatkan dari kedelai, susu, dan daging ayam. Kuku yang kuning bisa mengindikasikan anda kekurangan beberapa zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Mulai sekarang jagalah pola makan anda dengan menu makanan sehat seimbang setiap hari.

11. Perbanyak minum air mineral

ads
Banyak orang yang masih menyepelekan pemenuhan kebutuhan tubuh akan air mineral. Umumnya, manusia membutuhkan air sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari. Air mineral diperlukan oleh tubuh untuk mengikat racun dan mengeluarkannya sehingga anda terhindar dari berbagai penyakit. Beberapa penyakit memunculkan gejala yang dapat membuat kuku berubah menjadi kuning. Jika tubuh kekurangan air, anda akan lebih berisiko menderita penyakit tersebut.

12. Olahraga teratur

Jangan pernah menjadikan kesibukan sebagai alasan untuk tidak sempat berolahraga. Olahraga akan membantu menjaga kesehatan tubuh anda secara keseluruhan. Selain itu terdapat juga manfaat olahraga untuk kecantikan, termasuk bagian terkecil seperti kuku. Orang yang tidak pernah berolahraga akan cenderung memiliki daya tahan tubuh yang kurang baik sehingga kemungkinan untuk terserang penyakit lebih besar.

Penyebab Kuku Menjadi Kuning

Berikutnya, kita akan menguraikan mengapa kuku bisa menjadi kuning. Kuku dapat menjadi kuning karena berbagai sebab. Akan lebih baik jika anda bisa mencegah sebab-sebab tersebut terjadi dengan melakukan tindakan preventif seperti yang telah dijelaskan di atas. Ketahui sebab-sebab kuku menjadi kuning melalui penjelasan berikut ini!

1. Kebiasaan merokok

Jangan heran jika anda mempunyai kuku yang kuning ketika anda seorang perokok. Zat-zat berbahaya dalam rokok, seperti nikotin dapat membuat kuku anda terkontaminasi. Sebaiknya buang kebiasaan buruk tersebut agar kuku anda tidak kuning. Untuk mengembalikan warna kuku yang terlanjur kuning karena terpapar rokok, akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan perawatan yang lebih intensif.

2. Jamur

Penyebab kuku menjadi berwarna kuning yang paling sering dijumpai adalah jamur. Untuk menghilangkan jamur yang terdapat pada kuku, anda memerlukan obat khusus anti jamur. Jika memang anda merasa perlu untuk berobat, jangan ragu untuk pergi menemui dokter anda. Jamur yang bersarang di kuku lama-lama bisa menyebabkan infeksi yang akan memberi efek lebih berbahaya.

3. Cat kuku palsu

Cat kuku sebenarnya memang tidak baik jika digunakan terlalu sering. Apa lagi jika cat kuku tersebut ternyata palsu. Anda tidak pernah tahu bahan kimia berbahaya seperti apa yang terdapat di dalamnya. Pastikan bahwa anda hanya membeli cat kuku dari merk dan penjual yang terpercaya.

4. Gejala penyakit tertentu

Mungkin anda tidak bisa meremehkan warna kuku yang berubah menjadi kuning. Kuku yang kuning dapat mengindikasikan anda terserang oleh penyakit tertentu. Sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. Jika sudah, anda akan mendapatkan pengobatan yang anda butuhkan.

Itulah ulasan mengenai cara merawat kuku agar tidak menjadi kuning dan beberapa penyebab kuku dapat berubah menjadi kuning. Jangan takut ketika anda mendapati kuku berubah menjadi kuning. Anda bisa menggunakan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas untuk mengatasinya. Sekian dan semoga bermanfaat!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 20th, May 2016 / 15:23 Oleh :
Kategori : Kuku dan Jari