12 Cara Merawat Kuku Agar Tidak Mudah Patah

Tangan adalah salah satu anggota badan yang sering digunakan sehari-hari. Kegunaan tangan misalnya untuk mengekspresikan isi pembicaraan atau untuk bersalaman. Kuku yang terletak di ujung jari tangan pun pastinya sering terlihat pertama kali dan sering terkespos kepada benda – benda yang disentuh tangan. Bayangkan seandainya sedang bersalaman, tangan dan kuku tampak kotor tidak terawat, tentu akan menimbulkan kesan yang kurang baik, karena terkadang kebersihan tangan dan kuku menjadi tolok ukur untuk menilai kepribadian seseorang. Banyak profesi yang menuntut kebersihan kuku, seperti dokter, ahli kecantikan, juru masak, dan lain – lain.

Ciri-ciri kuku yang sehat yaitu yang berwarna merah muda, aliran darah ke ujung jari tersebut lancar sehingga kuku mendapat nutrisi yang baik. Tekstur kuku juga halus dan tidak ada gelombang di permukaannya. Kuku sehat juga tidak rapuh atau mudah patah. Kondisi kesehatan tubuh seringkali bisa dilihat dari keadaan kuku kita. Memperhatikan kebersihan juga merupakan salah satu cara merawat kuku agar tidak kuning. Salah satu masalah yang bisa terjadi pada kuku adalah :

Penyebab Kuku Patah

Kuku menjadi mudah patah karena rapuh. Kerapuhan kuku ini bisa terjadi karena berbagai faktor, yaitu:

  • Kekurangan zat besi dan vitamin dalam tubuh.

Hemoglobin yang diproduksi oleh zat besi berperan menjaga kekuatan kuku. Kekurangannya bisa menyebabkan kuku yang rapuh dan mudah patah. Zat besi dapat diperoleh melalui konsumsi  sayur – sayuran hijau. Sedangkan vitamin  dapat diperoleh dengan konsumsi buah – buahan.

  • Bahan kimia

Kuku yang terlalu sering diwarnai lama kelamaan akan kehilangan penampilan alaminya karena terlalu lama terekspos bahan kimia, apalagi jika menggunakan cat kuku yang kurang aman bahannya. Sekarang ini dengan banyaknya kosmetik palsu, kita harus meneliti kandungan bahan kosmetik yang berbahaya, apa saja isi dari kosmetik yang dipakai, termasuk cat kuku. Selain itu juga ada bahaya kandungan paraben pada kosmetik. Selain cat kuku, terkespos kepada deterjen saat mencuci pakaian juga dapat mempengaruhi kekua kuku dan kondisi tangan menjadi kasar dan mengelupas kulitnya.

Anda bisa memilih perawatan menggunakan herbal yang banyak mempunyai cara melembutkan telapak tangan yang kasar dan cara mengatasi kulit mengelupas di tangan. Bisa pula karena pemakaian cat kuku yang tidak cocok atau terlalu lama. Waspadai bahaya cat kuku jika dipakai terlalu lama dan sering, sebaiknya sekali – sekali istirahatkan kuku dari pemakaian kuteks sambil mempraktekkan cara merawat kuku agar cantik dan bersih.

  • Aktifitas Pekerjaan

Kegiatan yang dilakukan tangan dalam perkerjaan sehari – hari juga beresiko membuat kuku mudah patah, misalnya mencuci, mengetik, memasak, bertukang dan lain – lain. Bagi Anda yang ingin memiliki kuku panjang tentu sulit memanjangkan kuku dengan berbagai aktivitas yang dapat membuatnya patah sehingga untuk menjadi panjang dibutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu banyak orang yang ingin mencari cara memanjangkan kuku dengan cepat.

  • Kuku Kering

Kurangnya kelembaban pada kulit tangan juga berpengaruh terhadap kondisi kelembaban kuku. Kegiatan mencuci baik tangan ataupun piring dan pakaian bisa membuat kuku kering akibat kontak dengan deterjen dan sabun cuci yang teratur. Maka pelembab untuk kulit kering dan kusam bisa digunakan secara teratur untuk memulihkannya.

  • Gejala Penyakit

Jika Anda mencurigai bahwa kuku yang mudah patah merupakan petunjuk dari gejala suatu penyakit, maka tidak ada salahnya untuk  berkonsultasi dengan dokter.

Perawatan Untuk Kuku Patah

Selain karena gejala penyakit yang memerlukan penanganan ahli medis, masalah kuku yang mudah patah ini  bisa diatasi sendiri dengan perawatan yang tepat. Apa sajakah perawatan dan tindakan pencegahan yang bisa dilakukan? Memberikan ramuan khusus untuk kuku yang berasal dari bahan alami bisa dicoba untuk cara merawat kuku agar tidak mudah patah. Perawatan ini bisa dilakukan setiap hari jika Anda inginkan. Ada beberapa macam bahan yang bisa dicoba:

1. Bawang Putih

Cara merawat kuku dengan bawang putih bisa Anda terapkan jika ingin mencoba perawatan dari luar. Kandungan zat dalam bawang putih sangat bagus untuk memulihkan kondisi kuku yang mudah patah. Oleskan sari bawang putih yang telah dihancurkan ke permukaan kuku, lalu bersihkan dan cuci bersih setelah beberapa menit.

2. Minyak Zaitun

Caranya sangat mudah, tinggal mengoleskan sedikit minyak zaitun pada permukaan kuku, biarkan selama beberapa menit lalu dicuci bersih. Gunakanlah minyak zaitun jenis extra virgin oil. Selain manfaatnya untuk perawatan kuku, manfaat minyak zaitun bagi rambut anak Anda  juga bisa diterapkan.

3. Jeruk Nipis

Caranya dengan merendam kuku dalam air hangat yang telah dicampur dengan jeruk nipis selama beberapa menit. Kemudian bersihkan tangan dengan lap kering. Lakukan sampai kuku Anda terasa menguat kembali.  Tidak hanya untuk merawat kuku, manfaat jeruk nipis untuk rambut juga sangat baik untuk menyehatkan rambut. Jeruk nipis juga dapat menjadi cara menghaluskan telapak tangan.

4. Getah Pepaya

Caranya sama dengan bahan lainnya, yaitu tinggal menggosokkan getah pepaya ke permukaan kuku, lalu cuci bersih setelah beberapa menit. Anda juga bisa merasakan manfaat pepaya untuk rambut sebagai perawatan untuk membuat rambut semakin indah.

Melakukan pencegahan dengan beberapa tindakan ini dan melakukan perawatan dari dalam tubuh juga dapat berguna mencegah kuku menjadi patah :

1. Bersihkan dan Gunting Kuku

Jangan lupa untuk menggunting kuku secara teratur jika kuku sudah cukup panjang. Untuk Anda yang ingin memanjangkan kuku, bisa saja hanya dengan merapikan sedikit ujung kuku dengan kikir. Cara mengikir pun tidak boleh berulang-ulang seperti menggergaji, ya. Yang benar adalah mengikir kuku ke satu arah saja.

2. Manikur dan Pedikur

Bisa juga melakukan manikur dan pedikur. Perawatan untuk kuku ini perlu dilakukan secara berkala gunanya untuk menjaga kebersihan kuku dan menjaga bentuknya, juga membersihkan kutikula yang menumpuk di pinggiran kuku. Cara merawat kuku kaki yang rusak dan bau juga dapat dipertimbangkan untuk memulihkan kondisi kuku. Manikur dan pedikur bisa dilakukan di salon jika Anda enggan melakukannya sendiri. Sembari merawat kuku, Anda juga bisa melakukan rawat wajah dengan facial sekaligus mencoba jenis perawatan rambut di salon. Hanya saja, waspadai bahaya facial di salon yang bisa terjadi.

3. Memakai Sarung Tangan

Mengenakan sarung tangan saat melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan deterjen, sabun cuci dan bahan kimia lainnya.

4. Makan banyak sayuran dan buah – buahan

Tidak hanya dirawat dari luar, kuku juga memerlukan nutrisi yang ada pada tubuh kita. Kekurangan nutrisi berakibat kuku juga tidak akan tumbuh sehat. Sayuran hijau seperti bayam, sawi, kangkung dan lainnya merupakan sumber gizi yang sangat baik untuk tubuh kita. Selain itu ada edamame yang mengandung vitamin A dan C yang sangat diperlukan tubuh, ada juga manfaat edamame untuk kecantikan. Begitu pula buah – buahan yang merupakan sumber vitamin seperti pepaya, apel, jeruk dan melon. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh kita saja, manfaat melon untuk kecantikan juga dapat Anda dapatkan apabila memakan buah melon.

5. Banyak minum air putih

Karena tubuh kita terdiri dari sekitar 70% cairan, tentunya kebutuhan untuk minum air putih juga tinggi. Sering mengonsumsi sir putih akan mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

6. Minum Suplemen

Jika Anda termasuk orang yang kurang suka mengonsumsi sayur atau buah, minum suplemen bisa menjadi salah satu solusinya. Kekurangan vitamin yang diderita tubuh bisa diatasi dengan suplemen yang tepat. Pilihlah produsen yang terpercaya setelah berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter Anda.

7. Konsumsi Sumber Kalsium

Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang yang kuat. Karena pertumbuhan kuku merupakan bagian dari tulang, maka kekurangan kalsium dapat mempengaruhi kondisi kuku. Banyak minum susu, keju, ikan, sayuran bisa mencukupi kebutuhan kalsium untuk tubuh.

Nah, jika kuku sudah terawat, pastinya penampilan tangan pun perlu diperhatikan juga. Perawatan pada tangan bisa menjadi cara mengatasi kulit mengelupas di tangan dan juga menjadi cara melembutkan telapak tangan yang kasar.  Diatas semua itu, menjaga gaya hidup dan asupan makanan ke dalam tubuh sebenarnya adalah yang paling penting untuk menjaga agar masalah seperti kuku yang mudah patah tidak terjadi. Makanan yang tidak tepat, seperti makanan cepat saji, minuman bersoda, makanan dan minuman berpengawet, kurang berolahraga, bisa menghambat asupan kalsium di dalam tubuh. Menjaga keseimbangan gaya hidup dengan makanan yang sehat adalah kunci untuk menjaga keseimbangan kondisi tubuh pula.