25 Tips Memanjangkan Kuku dengan Cepat dan Aman

Kuku merupakan bagian dari tubuh manusia yang tumbuh pada jari-jari, baik jari tangan maupun jari kaki. Sedangkan menurut Wikipedia.com “Kuku adalah bagian tubuh manusia yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari.”

Fungsi Kuku

Kuku tidak hanya tumbuh begitu saja, tanpa memiliki fungsi yang bermanfaat bagi manusia. Tahukah kamu jika kita bisa mendeteksi penyakit dari kuku, penyakit yang bisa terdeteksi dengan kuku ialah :

  • Jantung
  • Ginjal
  • Pencernaan
  • Saluran pernapasan / paru-paru
  • Cacar
  • TBC
  • Campak
  • Hipertensi, dll.


Baca Juga : Cara Menumbuhkan Alis Yang Rontok  Vitamin Untuk Rambut Kering

Cara Merawat Kuku

Cara merawat kuku bisa dilakukan setiap 1 kali dalam seminggu, dan cara merawatnya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu memberikan kuku vitamin kuku, baik dari bahan alami maupun produk kecantikan. Merawat kuku juga bisa dilakukan dengan rutin memotong kuku, dan dengan begitu kuku akan terangsang untuk tumbuh dan meregenerasi kuku yang sudah lama.

Memanjangkan Kuku Dengan Alami

1. Memanfaatkan Minyak Zaitun

Salah satu tips dalam memanjangkan kuku adalah dengan memanfaatkan minyak zaitun. Minyak zaitun mampu membantu proses perbaikan pada kuku, selain itu minyak zaitun juga mampu menutrisi kesehatan kuku secara maksimal. Caranya sangat mudah sekali loh ladies, hanya oleskan minyak zaitun pada kuku dan biarkan hingga mengering dengan sendirinya.

 2. Memanfaatkan Minyak Kelapa

Memanfaatkan minyak kelapa sebagai bahan alami untuk memanjangkan kuku, merupakan salah satu ide yang bagus. Tahukah kamu jika minyak kelapa mampu menutrisi kuku yang kering dan rusak. Kamu bisa memanfaatkan minyak kelapa setiap malam, atau bisa juga kamu membuatnya sendiri saat ada waktu luang. Oleskan minyak kelapa pada bagian kuku, baik kuku tangan maupun kaki dan diamkan hingga mengering dengan sendirinya.

Baca Juga :

 3. Minyak Kemiri

Minyak kemiri mampu membantu proses perbaikan kuku yang rusak dan ingin cepat panjang. Kamu bisa membuat sendiri minyak kemiri di rumah, cara membuatnya sangat mudah sekali. Ambila 2-3 biji kemiri dan bakar pada api kecil, kemudian pencer sedikit kemiri yang sudah dibakar dan oleskan minyak hasil kemiri bakar. Diamkan hingga minyak mengering dengan sendirinya, dan lakukan perawatan tersebut setiap 2 hari sekali untuk hasil yang maksimal.

 4. Minyak Esensial

Memanfaatkan kandungan minyak esensial untuk memanjangkan kuku, adalah ide yang bagus sekali loh ladies. Kamu bisa memanfaatkan minyak esensial sebagai bahan alami pemanjang kuku. Cara menggunakannya juga sangat mudah sekali, oleskan minyak esensial pada kuku dan diamkan semalaman. Lakukan perawatan tersebut setiap hari untuk mendapatkan kuku yang cantik, sehat dan cepat tumbuh.

 5. Air Lemon

Air perasan lemon mamou membersihkan kuku yang kusam, serta mampu merangsang proses pertumbuhan kuku. Kamu bisa menggunakan air perasan lemon sebagai bahan alami perangsang kuku. Cara ini sangat alami dan aman dilakukan dalam jangka panjang ya ladies. Menggunakan air perasan lemon juga sangat mudah, pertama siapkan air perasan lemon dan oleskan pada kuku mu lalu diamkan hingga mengering sendiri. Lakukan hal tersebut 2 hari sekali, agar mendapatkan kuku yang cantik, halus dan sehat.

 6. Air Jeruk Nipis

Mengonsumsi air jeruk nipis untuk menghilangkan lemak mungkin sudah biasa terdengar ditelinga kita. Tapi pernahkah kamu menggunakan air perasan jeruk nipis untuk memanjangkan kuku ?? Menggunakan air perasan jeruk nipis untuk memanjangkan kuku adalah ide yang bagus, dan kamu juga bisa mencobanya untuk beberapa kali. Oleskan air perasan tersebut pada kuku menggunakan kapas yang bersih, atau bisa juga kamu menggunakan kuas kecil yang dapat menjangkau kuku mu. Biarkan saja hingga air tersebut mengering dengan sendirinya, dan ulangi hal tersebut secara rutin.

Baca Juga :

7. Pisang dan Kulit pisang

Makanlah pisang setiap hari agar kuku mu cepat tumbuh dengan cantik, selain itu kulit pisang juga sangat bermanfaat untuk menyehatkan kuku mu. Hal ini memang terbilang jarang, namun apa salahnya mencoba cara-cara alami seperti ini bukan ?? Gosokkan kulit pisang pada kuku mu, dan biarkan hingga getahnya menempel pada kuku.

 8. Susu

Jika kamu ingin kuku mu tumbuh atau panjang dengan cepat, maka konsumsilah susu setiap hari. Kandungan vitamin  dalam susu mampu merangsang proses tumbuhnya kuku dengan baik, sehingga hal tersebut sangat dianjurkan dari pada menggunakan kuku sambung. Kamu bisa mengonsumsi susu biasa atau susu kalsium, pilih saja manakah yang kamu suka tanpa harus merasa was-was ya ladies.

 9. Gandum

Salah satu cara memanjangkan kuku dengan alami, ialah dengan menggunakan gandum. Gandum merupakan salah satu makanan yang mengandung biotin, sehingga bagus sekali untuk pertumbuhan kuku. Konsumsilah paling tidak satu kali sehari, dan bisa dikonsumsi dalam bentuk biskuit, sereal atau bahkan dicampurkan dengan bahan makanan lainnya.

 10. Tomat

Mengonsumsi buah tomat akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, mulai dari menjaga kekebalan tubuh, kecantikan kulit dan lain sebagainya. Tapi tahukah kamu jika tomat juga dapat dimanfaatkan sebagai masker kuku ?? fungsi dari tomat nantinya adalah untuk memanjangkan kuku lebih cepat. Kamu bisa menggunakan lendir dari tomat, oleskan secara merasat pada permukaan kuku mu. Diamkan hingga mengering dengan sendirinya, dan lakukan cara tersebut berulang-ulang atau setiap hari untuk hasil yang maksimal.

 11. Getah Pepaya

Pepaya tidak hanya bisa dikonsumsi dagingnya saja loh, tapi juga getahnya. Getah pepaya ternyata dapat dimanfaatkan untuk merangsang proses pertumbuhan kuku supaya lebih cepat. Getah akan lebih banyak keluar dari pepaya yang masih muda, oleskan saja getah pepaya pada bagian kuku menggunakan kuas kecil. Diamkan getah pada kuku hingga mengering dengan sendirinya, selanjutnya lakukan seperti itu dengan teratur.

 12. Kacang Almond

Mengonsumsi kacang almond ternyata dapat membantu proses tumbuhnya kuku lebih cepat. Kamu bisa mengonsumsi kcang alamond setiap hari, baik dalam bentuk kacang biasa ataupun olahan. Kacang ini mengandung biotin yang sangat baik bagi pertumbuhan kuku mu, dan kuku juga akan lebih cepat panjang dari biasanya.

Baca Juga :

 13. Bunga Kol

Bunga kol atau kubis ternyata tidak hanya dimakan sebagai lalap biasa loh ladies. Tahukah kamu bunga kol atau kubis ini mampu mempercepat proses pertumbuhan kuku ?? Kamu bisa mengonsumsi bunga kol dalam bentuk sop, lalap dan lain sebagainya. Pada umumnya orang memang akan merasa kembung, namun apa salahnya jika kita mencobanya terlebih dahulu.

 14. Tempe

Tempe adalah makanan yang terbuat dari kedelai, tempe merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan biotin. Kamu bisa mengonsumsinya setiap hari, karena tempe adalah makanan yang aman dikonsumsi jangka panjang ya ladies. Kamu bisa mengolahnya menjadi masakan berkuang atau menggorengnya setengah matang, masaklah sesuai dengan selera mu.

 15. Potong Kuku

Ladies !! Salah satu cara untuk membuat kuku panjang lebih cepat, adalah dengan rutin memotongnya. Dengan rutin memotong kuku, maka kuku akan lebih cepat terangsang untuk tumbuh kembali dan bahkan lebih cepat. Kamu bisa memotongnya 1-2 kali dalam seminggu, dan jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihan kuku mu ya ladies.

 16. Hindari Cat Kuku

Hindari penggunaan kutek atau cat kuku secara berlebihan, namun lebih baik tidak menggunakan cat kuku ya ladies. Jika kamu ingin kuku mu lebih cepat panjang, maka gunakan saja vitamin kuku tanpa harus mengecatmya. Kamu juga bisa melakukan spa tangan atau kaki, untuk mendapatkan efek relax pada bagian jari-jari mu. Dengan keadaan relax otomatis proses pertumbuhan kuku juga akan lebih lancar dan cepat.

 17. Tidak Mengigit Kuku

Kebiasaan buruk menggigit kuku adalah hal yang buruk, dan kebiasaan ini harus dihilangkan secara permanen. Menggigit kuku bukanlah hal yang baik, selain itu kebiasaan ini bisa memperburuk kondisi kuku mu. Kuku bisa rusak dan tidak tumbuh dengan sebagaimana mestinya, dan lebih baik jika menggunakan gunting kuku untuk merapikan kuku agar lebih aman.

Baca Juga :

 18. Bawang Putih

Jika pada umumnya bawang putih digunakan untuk menghilangkan rasa sakit gigi, maka kali ini kamu harus mencobanya untuk memanjangkan kuku. Kandungin yang ada dalam bawang putih mampu merangsang proses pertumbuhan bawang putih lebih cepat dari biasanya. Cara menggunakannya juga sangat mudah, pertama kupas bawang putih dan haluskan. Kemudian oleskan pada kuku, diamkan hingga mengering dengan sendirinya lalu bilas dengan air hangat. Kamu bisa melakukan perawatan kuku ini secara rutin, karena cara ini dinilai aman untuk dilakukan jangka panjang.

 19. Air Cucian Beras

Air cucian beras ternyata tidak hanya bisa menghaluskan kulit wajah, tapi juga bisa memanjangkan kuku lebih cepat dari biasanya. Kamu bisa merendam telapak kaki dan telapak tangan mu dengan air cucian beras. Diamkan kaki dan tangan sekitar 20 menit lamanya, setelah itu kamu bisa mengeringkannya dengan tisu yang bersih ya ladies.

 20. Ayam

Ayam merupakan salah satu makanan yang bisa merangsang proses pertumbuhan kuku mu lebih cepat. Kamu bisa mengonsumsi ayam paling tidak 3 kali dalam seminggu, dengan begitu proses pertumbuhan kuku mu akan berjalan lebih cepat dari biasanya.

 21. Daging Sapi

Cepatnya proses pertumbuhan kuku tidak hanya bisa didapatkan dari mengonsumsi ayam saja, namun juga daging sapi ya ladies. Kamu bisa mengonsumsi daging sapi untuk mempercepat proses pertumbuhan kuku mu. Masaklah daging sapi untuk sup, digoreng, dikukus dan lain sebagainya. Perhatikan juga kualitas daging yang akan kamu masak ya ladies, agar nantinya tidak membahayakan diri kita sendiri.

 22. Telur

Makanan yang mengandung biotin sangat bagus bagi kamu yang ingin memiliki kuku cantik, lembut dan cepat tumbuh. Salah satu sumber makanan yang mengandung biotin adalah telur. Kamu bisa mengonsumsi telur secara teratur, masaklah telur hingga matang ya ladies. Telur bisa kamu goreng, bisa direbus atau dikukus, perhatikan kebersihan cangkang telur juga agar tidak berbahaya bagi kesehatan.

 23. Tidak Memaksa Kuku

Tidak memaksa kuku artinya tidak menggunakan kuku untuk semestinya. Pada umumnya orang terbiasa untuk memaksakan kukunya, misalnya membuka sesuatu dengan kuku, menyobek sesuatu dan lain sebagainya. Ingatlah ladies, jika kuku bukanlah alat bantu yang bisa digunakan kapan saja. Jika ingin membuka kemasan atau sesuatu gunakan alat bantu sebagaimana mestinya.

 24. Ikan

Ikan adalah sumber makanan yang banyak sekali mengandung vitamin, dan makanan ini banyak direkomendasikan dokter untuk menjaga kesehatan kuku loh. Kamu bisa mengonsumsi ikan dalam jangka waktu yang sering, selain baik bagi kuku ikan juga baik bagi kesehatan otak, mata, jantung dan lain sebagainya.

 25. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh merupakan salah satu buah yang sangat asam, dan biasanya sekali berbuah pasti dalam jumlah yang sangat banyak. Kamu bisa memanfaatkan belimbing wuluh untuk merawat pertumbuhan kuku mu ya ladies. Cara menggunakannya juga sangat mudah, pertama potong belimbing wuluh dan oleskan air nya pada kuku. Diamkan hingga air belimbing wuluh mengering dengan sendirinya, dan ulangi proses tersebut sesuai dengan keinginan mu. Dengan melakukan perawatan tersebut, maka kuku akan lebih terangsang untuk tumbuh lebih cepat.

Baca Juga :

Nah ladies, sekarang sudah tahukan apa saja sih tips untuk memanjangkan kuku lebih cepat. Kamu bisa memilih salah satu cara dari tips diatas, dan tentu perhatikan juga kebersihan kuku mu ya ladies. Jangan meremehkan kebersihan kuku, karena kuku juga sangat penting dirawat agar tidak mudah dimasuki penyakit.