8 Bahaya Serum Vit C Untuk kulit Yang Patut Diwaspadai

Vitamin C merupakan satu dari sekian banyak elemen penting yang memiliki banyak khasiat untuk kulit dan bisa berfungsi sebagai antioksidan, anti aging, meningkatkan produksi kolagen, anti bakteri dan juga anti inflamasi. Salah satu cara untuk mendapatkan vitamin C terbaik yang sering dilakukan banyak orang adalah menggunakan serum vit C. serum vit C sendiri merupakan perawatan kulit yang terdiri dari konsentrasi vitamin C tinggi sehingga bisa digunakan untuk merawat kulit hingga ke lapisan terdalam. Serum vit C sendiri juga umumnya memiliki kadar asam yang lebih tinggi dibandingkan jenis perawatan lain yang mengandung vitamin C dan terkadang juga memiliki pH yang lebih rendah. Dibalik begitu banyak kegunaan serum vit C, ternyata juga ada beberapa bahaya serum vit C yang bagi sebagian orang akan menyebabkan kulit jadi bermasalah. Agar lebih jelas dan menjadi bahan pertimbangan, berikut ini akan kami berikan beberapa efek samping dari penggunaan serum vit C yang harus diwaspadai.

  1. Terlalu Tinggi Produksi Melanin

Vitamin C pada dasarnya akan mempengaruhi produksi melanin pada kulit. Semakin banyak kulit menggunakan serum vit C ini, maka semakin tinggi juga produksi melanin pada kulit. Melanin merupakan senyawa penting yang bertugas untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB, namun saat kulit terlalu banyak terkena serum vit C, maka kulit semakin sensitif dengan sinar matahari dan akhirnya bisa menjadi penyebab kulit hitam.

  1. Kulit Kering dan Mengelupas

Untuk sebagian orang, menggunakan serum vit C juga bisa menyebabkan beberapa masalah pada kulit seperti kulit yang semakin kering dan akhirnya menjadi penyebab kulit mengelupas di sekitar hidung dan beberapa area wajah lainnya. Selain itu, akan timbul juga sensasi seperti terbakar serta kemerahan dan timbul sebum yang berat dan merata pada wajah serta kerusakan kulit lainnya. Hal ini akan semakin parah jika kulit lebih sering terpapar sinar matahari sesudah menggunakan serum vit C tersebut.

  1. Menyebabkan Iritasi Kulit

Serum vit C juga akan menghasilkan pH yang jauh lebih asam sehingga menyebabkan serum bekerja semakin korotif penyebab wajah cepat tua. Jika penggunaan serum vit C tidak dilakukan secara tepat dan terlalu berlebihan, maka timbul iritasi pada kulit dan juga kerusakan di kulit wajah. Sementara untuk jenis kulit sensitif juga harus lebih berhati hari dan membutuhkan adaptasi lebih baik dengan kandungan asam tinggi dalam serum vit C.

  1. Menyebabkan Jerawat

Masalah lain yang bisa ditimbulkan dari penggunaan serum vit C adalah penyebab wajah bruntusan dan timbulnya masalah jerawat. Hal ini bisa terjadi karena kadar asam pada serum vit C yang berlebihan. Meskipun serum vit C memang terbilang ampuh untuk mengatasi jerawat namun jika dosisnya terlalu banyak maka bisa menyebabkan masalah sebaliknya yakni lebih banyak jerawat yang timbul di area wajah anda.

  1. Membuat Kulit Keriput

Bahaya lain yang ditimbulkan dari penggunaan serum vit C adalah penyebab kulit cepat keriput selama beberapa hari. Tingkat keasaman tinggi dalam serum ini bahkan bisa menyebabkan pendarahan dan timbul bekas luka. Namun umumnya efek samping ini bisa mereda hanya dalam beberapa minggu pemakaian serum vit C asalkan dosis yang digunakan tepat dan tidak berlebihan.

  1. Meningkatkan Sumber Radikal Bebas

Penggunaan serum vit C pada kulit berjerawat terlalu berlebihan baik itu serum vit C atau pun kolagen juga bisa menyisakan zat yang tidak berguna pada tubuh. Sisa dari kandungan serum vit C yang tidak diserap oleh tubuh ini nantinya berubah menjadi sumber radikal bebas dan bisa merusak berbagai sel sehat dalam tubuh dan mengubahnya menjadi sumber penyakit. Pertumbuhan dari kumpulan sel tidak normal ini juga bisa terjadi sangat cepat dibandingkan sel yang sehat. Jika terus berkumpul semakin menumpuk, maka dalam jangka panjang bisa berubah menjadi kanker dan merusak sistem kekebalan tubuh pengguna.

  1. Berpotensi Menyebabkan Kanker

Dari beberapa penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat membuktikan jika pengguna serum vit C pada kulit yang berjerawat juga meningkatkan potensi kanker kulit. Hal ini dibuktikan dalam tes pada tikus yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan serupa dengan serum vit C yang kemudian berubah menjadi sel kanker tingkat tinggi. Serum ini bisa mengakibatkan mutasi sel DNA dan kemudian perkembangannya jadi tidak terkontrol sehingga membentuk tumor dan kanker.

  1. Menopause Dini

Wanita dewasa memang lebih sering menggunakan serum vit C ini untuk mendapatkan kecantikan kulit dalam waktu yang singkat seperti cara mengencangkan kulit leher dengan cepat. Salah satu tujuan menggunakan serum vit C ini adalah untuk mendapatkan kulit yang terlihat lebih cerah dan lebih kencang secara instan. Namun hanya saja serum ini juga bisa memberikan dampak buruk bagi kulit seperti salah satunya menyebabkan menopause dini.

Ada banyak bahaya serum vit C yang patut anda waspadai sebelum memutuskan menggunakan perawatan kulit ini selain berbagai manfaat yang bisa didapatkan dalam serum ini. Jika anda masih ingin menggunakan serum vit C ini, maka perhatikan dengan baik cara penggunaannya dan pastikan tidak digunakan secara sering dan hindari beberapa larangan sesudah memakai serum ini untuk mencegah efek samping yang bisa berbahaya.