8 Cara Agar Rambut Tidak Keluar Saat Memakai Jilbab dan Tetap Rapi

Saat ini semakin banyak muslimah yang tidak lagi merasa ragu untuk menggunakan jilbab dan kerap memadu padankan jilbab dengan fashion terkini. Banyaknya pilihan busana muslim dan kerudung yang dapat ditemukan di pasaran memancing para wanita juga tertarik untuk menggunakan jilbab, karena tidak akan tampak ketinggalan zaman. Ketika memakai jilbab, perlu diperhatikan bahwa tidak hanya unsur modis yang diperlukan tetapi juga harus memperhatikan kenyamanan. Misalnya tekstur bahan jilbab, bahan pakaian dan kebersihan rambut sehingga tidak menimbulkan masalah di lain hari. Resikonya dari menggunakan jilbab adalah bahwa penampilan bisa terlihat kurang rapi dan membuat Anda tidak fokus karena sibuk membenahi jilbab yang berantakan. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara agar rambut tidak keluar saat memakai jilbab, simaklah beberapa cara berikut ini.

1. Merapikan rambut

Untuk Anda pemilik rambut panjang, cara pertama yang harus diperhatikan adalah kerapihan rambut. Sisir rambut dengan rapi dan ikat  sempurna sebelum mengenakan hijab Anda. Kerapihan ini sangat penting untuk menghindari rambut yang mencuat keluar ketika menggunakan kerudung agar tidak tampak berantakan. Cara merawat rambut berjilbab juga penting dilakukan, itu sebabnya Anda perlu mengetahui penyebab rambut rontok pada wanita berjilbab dan cara menghilangkan ketombe pada rambut berhijab.

2. Menggunakan ciput atau inner

Jika Anda sudah mengikat rambut dengan rapi tetapi masih saja keluar dari kerudung maka Anda dapat menggunakan cara agar rambut tidak keluar saat memakai jilbab dengan ciput atau inner. Inner tidak hanya dapat menjaga rambut dari berantakan tetapi juga akan menjaga bentuk kerudung tetap rapi dan tidak meleset dari penataan yang Anda lakukan. Menjaga kerapian kerudung sangat diperlukan jika Anda ingin mengikuti cara berdandan istri nabi yang tidak menyalahi syariat dalam al – Qur’an.

3. Menggunakan bandana

Untuk sebagian wanita, menggunakan inner hijab atau ciput terasa tidak nyaman karena kerap menyebabkan pusing akibat kepala tertekan. Anda bisa menggunakan bandana sebagai gantinya. Pilih bandana yang berbahan nyaman dan tidak menjepit kepala, juga tidak licin sehingga tidak mudah lepas dan berubah posisi. Pilih bandana yang menyerap keringat dan berbahan lembut agar rambut tidak mudah lembab.

4. Menggunakan hair spray

Kegunaan hair spray sebagai cara agar rambut tidak keluar saat memakai jilbab lumayan ampuh untuk menahan rambut yang keluar dari kerudung Anda. Produk penata rambut ini ditujukan untuk menahan rambut agar tetap dalam bentuk semula sehingga tidak akan berantakan. Anda yang memiliki banyak anak rambut direkomendasikan untuk menggunakan hair spray agar dapat mengatur rambut lebih rapi ketika berhijab. Tetapi batasi penggunaan hair spray hanya pada acara khusus saja untuk menghindari resiko rambut rusak seperti kering dan mudah patah.

5. Gunakan jepit rambut

Anda juga bisa melakukan cara agar rambut tidak keluar saat memakai jilbab dengan jepit rambut. Gunakan di bagian atas kepala atau pada poni dan anak rambut, bagian kanan dan kiri, atau atas telinga untuk mencegah rambut yang keluar dari sisi samping rambut. Siapkan bobby pin berukuran paling kecil agar tidak tampak mengganjal di kerudung Anda. Jangan gunakan penjepit yang beraneka bentuk karena kerudung Anda bisa terlihat mengganjal.

6. Mengepang rambut

Menguncir rambut saja walaupun rapi tetapi terkadang tidak dapat menjadi cara agar rambut tidak keluar saat memakai jilbab yang efektif. Anda bisa mencoba mengepangnya jika rambut Anda cukup panjang untuk mencegah agar rambut tidak keluar dari bagian depan atau belakang. Jangan mengepang rambut terlalu ketat jika Anda tidak ingin rambut menjadi rapuh dan rontok. Lakukan cara merawat agar rambut tidak bercabang dengan manfaat VCO untuk rambut.

7. Memilih potongan rambut

Model rambut dengan poni pendek sangat memungkinkan rambut keluar dari tatanan hijab Anda. Jika rambut Anda pendek atau berponi pendek, maka Anda mau tidak mau perlu menggunakan penjepit rambut atau ciput dan bandana untuk menahannya supaya tidak keluar dari hijab. Jika mau Anda juga bisa memilih model rambut tanpa poni atau poni panjang. Coba juga cara membuat sanggul untuk potongan rambut pendek agar rambut Anda bisa rapi ketika menggunakan jilbab.

8. Memilih bahan hijab

Gaya hijab setiap orang berbeda – beda, begitu juga dengan pilihan bahan jilbab. Tetapi ada satu tips yang perlu Anda perhatikan. Hindari hijab yang berbahan licin karena mudah sekali bergeser pada rambut, terlebih jika Anda tidak menggunakan inner atau ciput untuk menahan rambut. Ada banyak bahan hijab lain yang bisa Anda pilih dan lebih nyaman di kepala seperti katun, kasmir atau viscose yang lebih mudah diatur walaupun tidak menggunakan ciput. Hindari material sifon atau satin yang membuat kerudung sulit diatur, juga katun tipis yang mudah berantakan dan tampak transparan.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Hindari kesalahan saat menggunakan jilbab yang bisa menyebabkan rambut Anda berantakan dan mencuat keluar seperti:

  • Tidak menggulung rambut. Bagi Anda yang memiliki rambut panjang, menggulungnya perlu dilakukan agar tidak keluar dari bagian belakang jilbab.
  • Bahan ciput yang tidak menyerap keringat. Kulit kepala akan sulit bernapas ketika berjilbab sehingga mudah berkeringat. Ciput yang menyerap keringat akan membuat rambut tidak mudah bau.
  • Memastikan ukuran ciput pas dengan kepala juga sangat penting. Ciput longgar bisa membuat rambut keluar dan mencuat dari kerudung, sedangkan yang terlalu ketat akan membuat kepala menjadi pusing.
  • Jaga kebersihan rambut dengan keramas secara rutin, mengganti ciput setiap hari, memakai masker rambut atau kondisioner.

Rambut adalah aurat wanita, jadi Anda juga perlu memastikan melakukan cara agar rambut tidak keluar saat memakai jilbab . Tentu penting juga untuk menyesuaikan model hijab Anda dengan fashion dan trend terkini, tetapi sebaiknya Anda tidak membabi buta mengikuti model hijab tanpa menyesuaikan kondisi. Beberapa model hijab bisa memancing rambut untuk keluar dari tatanannya jika Anda tidak memakainya dengan benar. Juga jangan memaksakan untuk mengikuti model tertentu jika tidak cocok dengan Anda.