9 Cara Memakai Toner Spray Dengan Benar

Ada ribuan jenis produk skincare di pasaran yang membuat para wanita terus memperluas rutinitas skincare harian mereka. Walaupun demikian, dengan banyaknya pilihan mungkin saja para wanita sebenarnya akan memilih produk skincare yang sudah ada sejak waktu lama seperti toner wajah. Toner adalah produk perawatan kulit yang memiliki konsistensi seperti cairan yang seharusnya digunakan setelah membersihkan wajah dan sebelum mengaplikasikan serum serta pelembap. Toner biasanya dimaksudkan untuk digunakan hanya di kulit wajah, dan cara umum yang diketahui untuk mengaplikasikan toner adalah menggunakan kapas.

Tergantung pada toner yang digunakan, manfaatnya bisa memastikan bahwa kotoran, minyak berlebih, sisa pembersih dan lainnya akan terangkat dari kulit wajah setelah dibersihkan. Sebuah toner dapat menyegarkan kulit, membantunya tampak lebih terang, dan membuatnya lembut serta halus. Toner adalah produk yang serbaguna dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah Anda. Tidak seperti toner yang diproduksi pada zaman dulu, saat ini sudah banyak toner yang tidak mengandung alkohol dan karena itu tidak akan mengeringkan kulit. Bahkan Anda kini dapat memilih antara toner yang berjenis botol biasa atau yang dikemas dalam botol spray.

Pemakaian Toner Spray

Menggunakan toner yang dikemas dalam botol semprot akan lebih memudahkan dan hemat untuk sebagian orang karena dapat mengurangi resiko menuang toner terlalu banyak sehingga tumpah dan menjadi boros. Walaupun kemasan toner sekarang ini sudah menjadi lebih praktis, sebaiknya toner tidak terlalu sering digunakan karena bisa mengikis minyak alami di kulit wajah sehingga produksi kelenjar minyak menjadi lebih banyak. Hal ini akan mengakibatkan tersumbatnya pori – pori sehingga muncul komedo dan jerawat. Cara memakai toner spray atau toner biasa idealnya dilakukan hanya dua kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari terutama bagi pemilik kulit berminyak. Cara memakai toner yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

  1. Sebelum melakukan cara memakai toner spray, Anda perlu membersihkan muka lebih dulu. Jika menggunakan make up, maka hapus lebih dulu dengan make up remover dan baru menggunakan sabun pencuci muka atau susu pembersih.
  2. Pilih toner yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pahami juga mengenai apa perbedaan serum dan toner, perbedaan micellar water dan toner serta efek samping toner cuka apel.
  3. Toner yang dibuat dalam bentuk spray harus diaplikasikan dengan menyemprotkannya langsung pada kulit wajah. Cara memakai toner spray demikian harus dilakukan karena teksturnya cenderung menyerupai air dan cukup cair sehingga mudah mengalir.
  4. Jarak penyemprotan ke wajah pun harus tepat agar toner bisa langsung menyerap pada kulit wajah yaitu sekitar 15 cm.
  5. Semprotkan toner spray pada wajah dengan mulut yang dirapatkan dan mata yang tertutup. Lakukan dua atau tiga kali pada wajah Anda. Jangan menyemprotkan terlalu banyak karena akan mudah meleleh di wajah.
  6. Setelah menyemprotkan toner, tepuk – tepuk wajah dengan tangan untuk memastikan toner menyerap pada kulit wajah. Anda juga bisa melakukan cara memakai toner spray dengan menunggunya mengering dan menyerap pada kulit wajah setelah disemprotkan.
  7. Bilas mata dan mulut dengan air jika toner mengenai kedua area tersebut.
  8. Setelah cara memakai toner spray, gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.
  9. Lanjutkan dengan pemakaian skincare atau kosmetik lainnya seperti biasa.

Fungsi Toner

Toner pada umumnya merupakan cairan yang berbasis air dengan konsistensi seperti cuka dengan kandungan bahan – bahan aktif yang tujuannya untuk membantu mengatasi masalah kulit secara spesifik. Toner tidak hanya berguna untuk membersihkan sisa residu minyak dan make up pada kulit wajah tetapi juga dapat menenangkan, memperbaiki dan menghaluskan kulit wajah, mengurangi bintik hitam, dan meminimalisir kemerahan serta peradangan pada kulit wajah. Menggunakan toner juga bisa mempersiapkan wajah sebelum menggunakan serum atau perawatan anti penuaan dalam rangkaian skincare harian Anda. Pemakaian toner akan memudahkan kandungan bahan – bahan tersebut lebih menyerap pada kulit wajah. Beberapa macam toner cocok untuk kulit berjerawat karena mengandung bahan untuk manfaat eksfoliasi kulit wajah seperti amino fruit acid atau asam glikolat. Beberapa cara lain untuk mengaplikasikan toner pada wajah adalah:

  • Tisu – Toner yang terbuat dari krim atau gel paling baik diaplikasikan dengan tisu. Hindari untuk menggunakan tisu pada toner cair karena teksturnya terlalu berair. Tisu dapat mengontrol jumlah toner yang Anda aplikasikan ke kulit. Sedangkan kapas bisa menyerap terlalu banyak toner daripada tisu.
  • Kapas – Salah satu cara paling baik untuk mengaplikasikan toner ke wajah adalah menggunakan kapas. Kapas mudah menyerap toner yang terbuat dari gel, cream atau toner cair.
  • Tangan – Toner cream dan gel memiliki tekstur yang ringan sehingga paling cocok untuk kulit berminyak. Tangan adalah cara terbaik untuk mengaplikasikan toner ini pada wajah. Jangan lupa untuk membersihkan tangan Anda sebelum mengaplikasikan toner.

Beberapa produsen kosmetik mengemas toner wajah mereka dalam botol semprot yang memungkinkan para pengguna mengaplikasikan toner dengan mudah setelah membersihkan wajah. Walaupun ini bisa menjadi cara yang mudah dan nyaman untuk mengaplikasikan toner pada kulit wajah, menyapukan toner menggunakan kapas menjadi metode yang lebih disarankan oleh para ahli. Menyapukan toner pada wajah ditujukan untuk menghilangkan residu pembersih dan yang paling penting, membersihkan garam, klorin serta bahan kimia lain dari air ledeng yang mungkin bisa membuat kulit menjadi dehidrasi. Pastikan untuk menggunakan toner non alkohol untuk menghindari kulit kering dan iritasi. Pastikan Anda meninggalkan toner agak lembap di kulit wajah sebelum mengaplikasikan serum atau pelembap untuk menyegel semua manfaat hidrasi dari toner tersebut. Anda juga bisa mencoba menggunakan toner berbahan alami seperti cara menggunakan air mawar sebagai toner, manfaat viva face tonic lemon dan manfaat teh hijau untuk wajah.