11 Cara Membersihkan Daki Di Punggung Agar Mulus

Punggung adalah bagian tubuh yang sama pentingnya dengan area tubuh lain, dan kebersihan kulit punggung perlu sangat diperhatikan untuk memiliki punggung yang mulus sebagaimana kulit tubuh Anda yang lainnya. Membersihkan punggung adalah suatu hal yang lumayan sulit untuk sebagian besar orang karena tangan tidak mampu mencapai bagian punggung dengan leluasa. Seringkali orang – orang telah berusaha membersihkan punggungnya namun berakhir dengan kelelahan karena sulit menjangkau bagian – bagian tertentu dari punggung dengan benar. Kulit yang sehat di punggung dapat diperoleh hanya jika dibersihkan dengan sewajarnya, dan jika tidak maka kotoran atau daki akan menumpuk di punggung. Anda perlu membersihkan bagian punggung secara rutin setiap hari ketika sedang mandi agar kulit punggung tetap lembut, lembap dan bebas jerawat, dan juga mencegah penyebab kulit mengelupas di punggung. Berikut ini adalah cara membersihkan daki di punggung yang dapat dilakukan dengan mudah.

Membersihkan Punggung Saat Mandi

  1. Mandi dengan air hangat untuk cara membersihkan daki di punggung dan jangan menggunakan air panas. Air panas bisa mengeringkan kulit Anda dan menghilangkan minyak alaminya. Menggunakan air hangat akan membantu Anda menjaga punggung tetap lembap.
  2. Gunakan loofah dan tuangkan sabun mandi untuk menggosok bagian punggung Anda. Tahan loofah dengan tangan kiri dan gosok bagian kanan bahu, lalu lakukan sebaliknya. Jika Anda sulit menggunakan loofah untuk menggosok punggung, gunakan loofah yang bertongkat agar lebih mudah.
  3. Gosok bagian punggung bawah dengan loofah untuk cara membersihkan daki di punggung. Pegang loofah dengan tangan kanan dan gosok bagian kanan belakang punggung. Ganti ke tangan yang satunya dan gosok bagian kiri bawah punggung dengan loofah.
  4. Bilas punggung secara menyeluruh, keringkan dan beri body lotion pada punggung bawah dan atas untuk mencegah kulit menjadi kering dan mengelupas.

Mengeksfoliasi Kulit Punggung

  1. Gunakan sikat tubuh berbahan alami sebelum mandi, sikat akan mengeksfoliasi sel kulit mati di punggung Anda. Gosok punggung dengan gerakan melingkar di kulit punggung.
  2. Gunakan body scrub untuk mengeksfoliasi punggung Anda selagi mandi. Body scrub mengandung partikel kecil seperti garam dan gula yang bisa membantu mengeksfoliasi kulit dan menghilangkan sel kulit mati. Menjaga punggung tetap di eksfoliasi untuk cara membersihkan daki di punggung akan membantu mencegah pori – pori punggung tersumbat. Anda juga bisa menggunakan loofah untuk menggosok body scrub ketika Anda mandi.
  3. Gunakan kain eksfoliasi khusus untuk cara membersihkan daki di punggung jika sulit mencapai bagian belakang Anda. Kain ini didesain untuk bersifat abrasif dan memudahkan eksfoliasi punggung. Ambil ujung kain di setiap tangan dan gosokkan di punggung Anda.
  4. Lakukan eksfoliasi punggung untuk cara membersihkan daki di punggung setiap hari ketika sedang mandi. Eksfoliasi harian akan membantu menjaga kulit punggung tetap lembut dan mencegah pori – pori punggung tersumbat dan menyebabkan jerawat. Eksfoliasi dengan lembut agar kulit punggung tidak mengalami iritasi. Anda bisa mencoba manfaat scrub kopi untuk badan, lulur untuk memutihkan kulit dengan cara membuat lulur kunyit untuk memutihkan kulit punggung.

Membersihkan Jerawat Punggung

  1. Gunakan sabun mandi mengandung asam salisilat untuk membantu mengeksfoliasi punggung Anda. Asam salisilat bisa membantu merawat jerawat punggung dengan mengelupas kulit dan menghilangkan sumbatan pada pori – pori. Carilah sabun mandi yang mengandung asam salisilat pada keterangan produknya dan gunakan untuk cara membersihkan daki di punggung ketika sedang mandi.
  2. Oleskan krim berbahan benzoyl peroksida pada punggung Anda sebelum tidur di malam hari. Benzoyl peroksida adalah obat jerawat non resep yang bisa ditemukan dalam bentuk krim dan lotion, dapat membantu mengurangi jerawat dengan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Gosokkan lotion yang mengandung benzoyl peroksida pada punggung setiap malam sebelum tidur. Gunakan baju lama untuk tidur jika Anda menggosokkan lotion tersebut karena benzoyl peroksida bisa meninggalkan noda putih pada pakaian. Mungkin akan membutuhkan waktu sekitar empat minggu sebelum Anda melihat adanya perbaikan pada jerawat punggung setelah menggunakannya.
  3. Mandilah setelah berolaraga atau beraktivitas karena keringat di punggung bisa menyebabkan jerawat. Segera mandi setelah melakukan latihan intensif dan bilas punggung dengan sabun untuk cara membersihkan daki di punggung dan keringat untuk mencegah jerawat.

Bahan Alami Untuk Scrub Punggung

Jika Anda ingin mencari cara terbaik untuk mengeksfoliasi punggung, namun memiliki kulit yang sensitif maka Anda dapat menggunakan produk berbahan dasar organik. Gunakan bahan – bahan rumahan sekali seminggu untuk cara membersihkan daki di punggung dan juga untuk cara memutihkan punggung badan belakang.

  • Untuk kulit normal – Siapkan campuran dari satu sendok teh tepung beras, madu, susu dan beberapa tetes minyak patchouli, dan gosokkan pada bagian punggung dalam gerakan melingkar. Lakukan selama 10 menit lalu bilas.
  • Untuk kulit kering – Siapkan satu sendok teh gula, minyak zaitun, susu, gliserin dan beberapa tetes minyak patchouli. Pijat punggung dengan lembut dan bilas setelah 15 menit.
  • Untuk kulit berminyak – Campur ssatu sendok teh madu, garam laut dan beberapa tetes minyak patchouli. Gosok selama 10 menit pada punggung sebelum membilasnya dengan air.

Cara membersihkan daki di punggung yang terbaik adalah dengan menjaganya tetap lembap. Anda bisa membersihkan punggung setiap hari untuk mendapatkan kulit punggung yang bagus, sehingga memiliki kulit punggung bersih, lembap dan bebas jerawat. Membersihkan punggung adalah suatu keharusan, karena dapat membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan lainnya yang menyumbat pori – pori pada kulit punggung Anda dan menyebabkan jerawat. Cobalah cara membuat lulur beras atau cara menggunakan lulur shinzui untuk punggung Anda.