6 Cara Membersihkan Softlens yang Benar

Memakai lensa kontak adalah cara yang nyaman untuk memperbaiki penglihatan tanpa harus menggunakan kacamata. Ketika seseorang memakai lensa kontak, mudah untuk melupakan bahwa softlens sebenarnya juga merupakan peralatan medis yang harus diperlakukan dengan hati – hati. Sangat penting untuk membersihkan lensa setiap setelah pemakaian, sebagaimana ketika jatuh atau menjadi kotor. Apakah Anda menggunakan lensa kontak sekali pakai atau lensa rigid, Anda akan perlu melepas, membersihkan dan menyimpan lensa kontak dengan benar, juga melakukan pencegahan untuk menjaganya tetap bersih. Higienitas adalah faktor terpenting dalam mencegah infeksi dan masalah lain yang bisa mempengaruhi kesehatan mata dan juga kemampuan penglihatan jangka panjang. selain memperhatikan tips membeli softlens, Anda juga perlu memperhatikan cara memakai softlens yang benar dan tips memilih softlens.

Membersihkan Softlens Dengan Benar

Berikut ini adalah cara membersihkan softlens yang benar yang perlu Anda lakukan untuk memastikan perawatan softlens yang aman bagi mata Anda.

  1. Sebelum melakukan cara membersihkan softlens, pastikan untuk mencuci bersih tangan Anda sehingga tidak memindahkan kotoran dan kuman ke mata. Hindari menggunakan sabun yang melembapkan karena tidak bagus untuk lensa kontak. Keringkan tangan dengan handuk yang tidak berserat.
  2. Keluarkan satu softlens dari mata dan bersihkan dengan larutan khusus  . Cara membersihkan softlens akan menghilangkan kotoran yang diproduksi mata, kosmetik dan debu lainnya yang merusak kenyamanan memakai softlens. Untuk membersihkan softlens dengan larutan serbaguna khususnya, tempatkan lensa di telapak tangan dengan jari telunjuk menggunakan gerakan ke depan dan ke belakang, bukan gerakan melingkar. Direkomendasikan untuk menggosok lensa di telapak tangan dengan beberapa tetes larutan, bahkan jika sedang menggunakan produk berjenis no-rub.
  3. Bilas lensa lagi untuk menghilangkan sisa kotoran dan memastikan bahwa lensa sudah benar – benar bersih. Buang isi larutan pada wadah softlens dan bersihkan juga wadahnya dengan digosok menggunakan jari Anda. Kosongkan wadah softlens dari cairan softlens yang lama.Bilas wadah dengan larutan lensa kontak baru. Biarkan wadah softlens kering di udara terbuka, balikkan ke arah bawah dengan dialasi tisu bersih.
  4. Ganti wadah lensa kontak Anda secara teratur, biasanya  wadah lensa harus diganti setiap bulan.
  5. Tempatkan lensa pada tempat lensa bersih dan isi dengan larutan baru. Jangan pernah mencuci softlens dengan air ledeng karena bisa mengkontaminasi atau merusak lensa Anda dan menyebabkan infeksi atau cedera mata. Selalu gunakan larutan lensa kontak baru.
  6. Ulangi cara membersihkan softlens pada mata yang satu lagi, tutup wadah softlens dan biarkan softlens Anda terendam. Perhatikan instruksi pada larutan softlens untuk detilnya dan berapa lama waktu perendaman lensa kontak atau seberapa sering harus mengganti larutannya jika Anda tidak memakainya setiap hari.

Jenis Produk Perawatan Softlens

Cara membedakan soflens kanan dan kiri perlu Anda ketahui agar tidak salah melangkah.

  • Larutan Saline

Digunakan untuk membilas dan menyimpan lensa kontak, jika Anda menggunakan suhu panas atau sistem disinfeksi menggunakan UV. Jangan pernah menggunakan larutan saline untuk membersihkan dan disinfeksi.

  • Daily Cleaner

Larutan ini digunakan untuk membersihkan lensa kontak. Anda dapat meneteskannya ke telapak tangan dan menggosok lensa selama yang diperlukan dengan hati – hati. Waktu yang dibutuhkan biasanya hanya 20 detik. Pastikan untuk membersihkan kedua sisinya. Gunakan produk lain untuk membilas dan mendisinfeksinya.

  • Larutan Serbaguna (Multipurpose Lens Cleaner)

Produk ini digunakan untuk membersihkan, mencuci, menyimpan dan mensuci hamakan lensa kontak Anda. Bersihkan lensa Anda dengan pembersih harian lalu bilas dan sterilkan dengan larutan yang sama. Anda juga bisa membilas softlens dua kali dan menyimpannya dalam wadah softlens bersih berisi larutan untuk membersihkan dan mensterilkannya. Ketika Anda sudah siap untuk memakai lensa kontak, bilas lagi. Dengan larutan serbaguna, tidak ada produk lensa kontak lain yang perlu digunakan. Produk ini didesain untuk mempertahankan kelembapan pada permukaan lensa kontak sehingga mata tetap lembap seharian.

  • Larutan Hidrogen Peroksida

Produk ini digunakan untuk membersihkan, mensterilkan, membilas dan menyimpan lensa kontak. Dengan produk ini, Anda menempatkan lensa dalam wadah yang disediakan dan membilasnya, lalu simpan wadah pada kemasan dan isi larutan untuk cara membersihkan softlens. Beberapa wadah lensa untuk produk hidrogen peroksida memiliki penetral yang telah menjadi satu dalam wadahnya untuk mengubah hidrogen peroksida menjadi air agar tidak membuat mata perih. Tetapi ada pula yang memerlukan tablet penetral tambahan. Jangan pernah membilas lensa kontak dengan larutan hidrogen peroksida dan langsung memakainya pada mata tanpa menyelesaikan seluruh proses steril dan netralisir larutan sebelumnya. Akibatnya bisa mendatangkan cedera kimia yang menyakitkan pada mata Anda.

  • Tetes Mata

Fungsi tetes mata untuk softlens adalah untuk memberi pelumas pada bola mata dan membasahi ulang softlens. Pastikan Anda memilih merk yang aman untuk lensa kontak. Tetes mata tidak dimaksudkan untuk lensa kontak bisa mempengaruhi bagaimana pemasangan lensa kontak di mata Anda, atau merubah warna lensanya. Perhatikan juga cara membuka softlens baru , macam – macam softlens dan tips menggunakan softlens yang aman.

  • Daily Protein Remover

Produk ini juga menghilangkan protein dari lensa kontak tetapi dibuat dengan bentuk cairan untuk digunakan setiap hari selama proses disinfeksi dengan larutan serbaguna. Sebelum menggunakan produk ini, bersihkan dan bilas lensa kontak dengan produk jenis lainnya. Isi kedua bagian wadah lensa kontak dengan larutan serbaguna lalu tambahkan setetes protein remover untuk masing – masingnya.

  • Pembersih Enzim

Anda bisa menggunakan produk ini untuk menghilangkan protein dari softlens biasanya dalam waktu mingguan. Anda bisa menggunakan tablet berisi larutan saline atau larutan disinfektan berupa larutan serbaguna atau hidrogen peroksida. Sebelum menggunakan pembersih ini, bersihkan dan bilas lensa kontak Anda dengan produk lain. Isi wadah lensa  dengan larutan lalu cemplungkan tablet enzim. Tunggu sampai larut lalu masukkan lensa kontak Anda. Biarkan selama waktu yang diperlukan, sekitar 15 menit. Setelah itu sterilkan dengan produk lain jika diperlukan. Beberapa produk membolehkan melewatkan tahap disinfeksi jika Anda sudah menggunakan larutan disinfeksi daripada saline, tetapi hal itu tidak selalu dapat dilakukan.

Kebanyakan pemakai softlens sekarang ini memilih larutan serbaguna karena kemudahan penggunaannya untuk perawatan lensa kontaknya juga untuk cara membersihkan softlens sekaligus mensterilkan dan membilasnya. Tetapi menggunakan hidrogen peroksida terkadang menjadi pilihan yang lebih baik, walaupun cara penggunaannya agak rumit khususnya jika Anda mengalami masalah ketidak nyamanan dengan lensa kontak silikon hidrogel.